Go to Top

10 Jenis Varietas Bunga Sakura yang Harus Pecinta Jepang Ketahui

inilah 10 jenis varietas bunga Sakura yang harus pecinta Jepang ketahui. Jika disebut ‘Sakura’, apa yang terpikir di benak Anda tentang Jepang? Bunga Jepang? Bunga berwarna pink? cherry blossom? Musim indah penuh nuansa romantis? Atau tokoh di serial anime Naruto?

Apapun itu, sepertinya tidak cukup satu atau dua kata mendeskripsikan bunga asli Jepang dan keindahannya. Mungkin mengejutkan bagi Anda ketika mengetahui bahwa ‘sakura’ tidak merujuk pada satu jenis bunga, melainkan beberapa varietas.

Semua bunga sakura memiliki beberapa sifat yang sama, ada beberapa perbedaan mencolok yang ditemukan dalam keluarga sakura. Lihatlah lebih dekat dan Anda akan menemukan variasi dalam warna, bentuk, ukuran, dan banyak lagi. Jepang adalah rumah bagi lebih dari 200 varietas sakura, termasuk jenis sakura liar dan sakura yang dibudidayakan.

Ketika berkunjung ke Jepang, sempatkan mempelajari beberapa varietas bunga sakura yang paling umum hingga Anda dapat melihatnya di alam liar! Punya rencana berkunjung ke Jepang? Pastikan Anda memiliki bekal bahasa Jepang yang cukup. Tensai Karawang adalah lembaga pendidikan kursus bahasa Jepang dan penyedia jasa interpretasi dan translasi.

10 Jenis Varietas Bunga Sakura

1 – Somei Yoshino (ソメイヨシノ, 染井吉野)

Sakura jenis ini adalah varietas sakura yang paling banyak dibudidayakan di Jepang. Bunga ini dapat terlihat di seluruh Jepang, mekar pertama pada akhir Maret di Kyushu dan Shikoku, berlanjut dengan mekar yang dapat dilihat pada akhir April di Tokyo, dan hingga Mei di daerah utara seperti Aomori.

Beragam bunga tunggal, masing-masing bunga terdiri dari hanya lima kelopak. Warnanya merah muda pucat hampir tampak putih. Bunga berkerumun dalam tandan, yang terbuka sebelum daun pohon.

Pohon sakura Yoshino juga pernah diberikan ke Washington DC dan Toronto, dan beberapa kota-kota di luar Jepang lainnya, sehingga orang-orang di seluruh dunia memiliki kesempatan untuk melihat sakura Jepang yang indah dan ikonik ini dekat dengan rumah mereka sendiri.

Jenis Varietas Bunga Sakura

2 – Yamazakura (ヤマザクラ, 山桜)

Yamazakura menempati posisi teratas di antara bunga sakura liar yang paling sering dilihat. Sakura ini, juga dikenal sebagai sakura gunung, sering dapat terlihat di antara pegunungan Jepang.

Seperti Yoshino, bunga-bunga sakura ini juga muncul dalam kelopak lima warna pink muda. Salah satu ciri khas Yamazakura adalah bahwa kembang-kembangnya biasanya terbuka bersamaan dengan daun pohon, antara Maret dan April di daerah Kanto.

Jenis Varietas Bunga Sakura

3 – Shidarezakura (シダレザクラ, 枝垂桜)

Karakteristik bunga Shidarezakura ini adalah memiliki cabang-cabang yang menjuntai ke bawah. Bunga ini menjadi bunga resmi Prefektur Kyoto. Sakura ini mekar cukup awal musim, sekitar seminggu sebelum Somei Yoshino. Shidarezakura paling terkenal adalah Miharu Takizakura (三 春 滝 桜) di Fukushima. Sakura Miharu Takizakura telah tumbuh lebih dari 1.000 tahun, adalah salah satu dari lima pohon sakura besar di Jepang!

Jenis Varietas Bunga Sakura

4 – Edohigan (エドヒガン, 江戸彼岸)

Edohigan adalah salah satu sakura yang mekar paling awal. Nama ini berasal dari mekarnya bertepatan dengan ekuinoks musim semi Jepang Barat, yang disebut higan (彼岸).  Kelopak bunga kecil berwarna merah muda pucat, dan dapat dibedakan dengan kelopak bundar yang bengkak. Pohon tertua yang diketahui di Jepang, Yamataka Jindai Sakura yang berusia 2.000 tahun adalah pohon Edohigan; Anda dapat melihatnya mekar di Yamanashi antara awal hingga pertengahan April.

Jenis Varietas Bunga Sakura

5 – Kanzan (カンザン, 関山)

Bunga Kanzan masuk dalam klasifikasi Yaezakura (ヤ エ ザ ク ラ, 八 重 桜), atau sakura “mekar ganda”, yang merupakan sakura dari lima atau lebih kelopak bunga per mekar. Kanzan sangat spektakuler, menunjukkan sebanyak 50 kelopak per bunga. Bunga-bunga sakura Kanzan yang mekar mudah dikenali dengan warna merah jambu yang dalam dan banyak tandannya.

Jenis Varietas Bunga Sakura

6 – Ichiyou (イチヨウ,一葉)

‘Ichiyo’ artinya adalah ‘satu daun.’ Ketika bungan dengan kelopak berjumlah 20-40 ini terbuka penuh, putik tunggal (yang dianggap sedikit mirip daun) menjulur dari tengah, karena itulaah id dinamakan sakura daun. Kelopak putih bagian dalam bunga ini amatlah banyak, terbungkus lapisan luar merah muda pucat, memberikan bunga ini warna yang halus. Daun hijau cerah mengelilingi sakura. Bunga-bunga ini sangat menonjol di Asakusa, sehingga festival yang didedikasikan untuk mereka diadakan setiap bulan April.

Jenis Varietas Bunga Sakura

7 – Kanhizakura (カンヒザクラ, 寒緋桜)

Bunga Sakura tidak hanya berada di daratan Jepang; pulau selatan Okinawa yang hangat memiliki sakura tersendiri. Kanhizakura mungkin tidak terlihat seperti bunga sakura pada umumnya, tetapi mencolok dan banyak digunakan dalam festival tidak hanya di Kepulauan Ryukyu Jepang, tetapi juga di Vietnam, Cina, dan Taiwan. Bunga fuchsia juga dikenal juga sebagai sakura Taiwan, sakura bellflower, atau sakura Formosa. Gambar ini adalah beberapa sakura mekar yang paling awal, dengan beberapa pembukaan paling awal Januari.

Jenis Varietas Bunga Sakura

8 – Kikuzakura (キクザクラ, 菊桜)

Nama bunga ini diterjemahkan menjadi “bunga sakura kiku (krisantemum)” karena kemiripannya dengan bunga Kiku yang juga disukai di Jepang. Kikuzakura dapat dikenali dari penampilan pom-pom mereka, dikelilingi oleh daun besar.

Setiap bunga memiliki 80 ~ 130 kelopak merah muda yang lembut. Varietas ini mekar relatif terlambat di musim; bunga dapat dilihat di daerah Tokyo terkadang hingga awal Mei.

Jenis Varietas Bunga Sakura

9 – Ukon (ウコン, 鬱金)

Biasanya warna sakura berada pada sepanjang spektrum putih dan merah muda, namun tidak dengan sakura Ukon. Dengan bunga-bunga berwarna kuning, sakura Ukon adalah sakura paling berbeda.

Dalam bahasa Jepang, ‘ukon‘ adalah kata untuk kunyit, rempah-rempah yang memberi warna kuning kari India (dan juga banyak digunakan di Jepang sebagai obat pencegahan mabuk). Karena kemiripan yang kuat, bunga-bunga berwarna kari ini juga dikenal dengan nama yang sama.

Ini adalah varietas yaezakura (mekar ganda) lainnya, dengan kelopak biasanya berjumlah antara 15 ~ 20 per bunga. Itu mekar kira-kira waktu yang sama dengan Ichiyou, biasanya pertengahan April di Tokyo.

Jenis Varietas Bunga Sakura

10 – Fugenzou (フゲンゾウ, 普賢象)

Jenis Varietas Bunga Sakura

Sumber: https://web.archive.org

, ,