Go to Top

Cara Membedakan Orang Jepang dari Orang Korea dan Cina

Cara Membedakan Orang Jepang dari Orang Korea dan Cina

Bagaimana cara Cara Membedakan Orang Jepang dari Orang Korea dan Cina? Dapatkah Anda mengetahui apakah seseorang berasal dari negara tertentu hanya dengan melihat penampilan awal mereka? Mungkin Anda melihat rambut mereka, bentuk wajah mereka, atau pakaian mereka, dan Anda dapat mencoba menebak di negara asal mereka sebelum Anda mendengar mereka berbicara.

Tentu saja, keliru menebak kebangsaan seseorang bukanlah sebuah kejahatan, banyak oran pernah mengalaminya. Meski demikian, bisa dengan cepat membedakan kebangsaan seseorang hanya dengan memperhatikan beberapa detail kecil dapat membantu Anda menghindari situasi yang canggung.

Artikel ini akan berfokus pada beberapa perbedaan dan persamaan dari ketiga kebangsaan ini, dan apa yang harus diantisipasi ketika Anda bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya sehingga Anda dapat menyimpulkan secara cepat asal kebangsaan merek.

Asal Usul Orang Jepang, Korea, dan Cina

Asal muasal tiga bangsa ini semuanya sangat berbeda, meski memiliki beberapa ciri yagn sama, mereka semua sebenarnya sangat berbeda satu sama lain.

Itu mungkin bisa dibandingkan dengan asal-usul pemukim Eropa, dengan orang Skandinavia umumnya memiliki proporsi yang lebih tinggi dari orang-orang dengan rambut pirang dan kulit lebih pucat, misalnya, dan orang-orang dari Mediterania cenderung menjadi lebih gelap dan dengan rambut cokelat. Bagi orang-orang yang tinggal di Barat, perbedaan ini mungkin mudah terlihat, tetapi bagi orang-orang di belahan lain dunia, mereka mungkin terlihat sangat mirip!

Pertama, akar Jepang dicampur tetapi disepakati bahwa mereka sebagian besar berasal dari Asia Tenggara dan Indonesia. Dalam sejarah, seperti “embargo massal” Sakushu yang diberlakukan negara di mana tidak ada orang luar yang diizinkan di negara ini, Jepang tidak memiliki banyak migrasi, dan untuk alasan ini, mereka cukup homogen dengan sedikit pengaruh genetik dari tempat lain.

Cina adalah negara besar dengan banyak minoritas berbeda-beda dengan campuran bermacam-macam genetika. Suku Han yang mendominasi China, ditengarai berasal dari Cina Tengah-Utara. China terdiri dari minoritas dengan pengaruh dari Mongolia, Timur Tengah, dan Rusia. Karena itu, penampilannya juga bervariasi tergantung pada wilayah China.

Sedangkan untuk orang Korea, dapat ditelusuri kembali ke permukiman awal di Cina Selatan dan Taiwan. Namun, ketiga negara ini letaknya cukup terisolir, setidaknya dalam sejarah terakhir, sehingga masyarakat di tiga negara ini cukup homogen di masing-masing negara. Bahasa ketiga negara ini benar-benar berbeda, begitu pula penampilan mereka.

Kesamaan Jepang Korea dan Cina

1. Kesamaan Jenis Kulit

Orang Jepang, Korea, dan Cina pada umumnya mirip dalam jenis kulit mereka. Secara umum sama atau warna yang sangat mirip, meskipun ini bisa sangat beragam di antara kelompok minoritas di ketiga negara. Misalnya, orang-orang dari Jepang utara seperti Aomori dan Hokkaido di mana dingin cenderung lebih pucat, tetapi di daerah selatan seperti Kyushu dan Okinawa tropis, orang bisa menjadi jauh lebih gelap. Daerah yang berbeda di Cina, juga, memiliki warna kulit yang beragam, seperti orang-orang di benua lain. Menurut penelitian, kulit mereka lebih tahan terhadap penuaan dibandingkan beberapa jenis kulit lainnya. Kadang sulit membedakan usia orang-orang di ketiga negara ini, sebab kulit mereka memang bersih mulus dalam jangka waktu yang lama. Namun, jenis kulit ini juga sangat sensitif terhadap lingkungan, terutama bahan kimia dan produk kulit yang kuat. Karena itulah iklan produk kecantikan dan perawatan kulit adalah bisnis besar yagn laris manis di negara-negara Asia. Orang Jepang, Korea, dan Cina cenderung lebih berhati-hati dalam memilih produk dan perawatan kulit mereka. Bahan organik menjadi pilihan mereka dalam produk kecantikan mereka. Itu sebabnya kulit mereka terlihat terawat dan sehat bahkan saat mereka semakin tua.

Jenis kulit inilah yang menjadi sebuah kesamaan mutlak dari ketiga bangsa ini. Warna kulit 3 bangsaini tidak mungkin tertukar dengan bangsa lain, dalam kasus identitas. Meski demkian, beberapa suku minoritas di negara-negara ini memiliki variasi jenis kulit serta keragaman yang sedikit bercampur aduk.

2. Kesamaan Bentuk Tubuh

Pada dasarnya bentuk tubuh sangat berbeda antar individu. Siapa pun bisa makan banyak dan menjadi kelebihan berat badan, atau berolahraga setiap hari dan terlihat seperti binaragawan. Orang kurus dan orang gemuk ada di seluruh dunia, tidak peduli pada etnis manapun.

Konon bentuk tubuh adalah kombinasi gen, pola makan, dan gaya hidup. Namun, secara umum orang-orang Korea, Cina, dan Jepang cenderung memiliki keserupaan tubuh yang pendek dan ramping jika dibandingkan dengan orang-orang dari belahan lain dunia. Ketinggian rata-rata untuk pria di Jepang,  adalah 171.2cm dibandingkan di Amerika Serikat dengan tinggi rata-rata 178.2cm  (data dari wecare4eyes.com). Ketinggian rata-rata untuk pria Cina dan Korea adalah 169,4 cm dan 175,26 cm masing-masing. Terutama di China, tinggi rata-rata bisa kadang berubah, karena terkait makin maraknya fastfood. Di China, tingkat obesitas kini meningkat, entah apakah ini akan berimbas terhadap tinggi dan berat badan dalam waktu yang lama atau tidak.

Orang-orang di Korea Selatan secara bertahap menjadi lebih tinggi selama beberapa dekade karena negara telah menjadi lebih berkembang. Sementara itu ironisnya di saudara mereka di Utara tampaknya kurang berkembang dengan rata-rata ketinggian rata adalah 165,6 cm menurut disabled-world.com.

Perbedaan Orang Jepang China dan Korea

1. Perbedaan Bentuk Muka

Seklias, tiga bangsa ini mungkin terlihat agak mirip. Tapi jika Anda perhatikan lebih dekat, Anda akan melihat beberapa perbedaan nyata dalam fitur wajah. Wajah Jepang umumnya lebih panjang dan lebih lebar, sedangkan wajah Korea memiliki rahang yang lebih menonjol dan tulang pipi yang lebih tinggi. Wajah orang Cina bervariasi, tetapi suku Han konon lebih memiliki wajah yang bulat.

Sebagai jendela hati,  mata, orang Jepang sering digambarkan sebagai lebih besar dan miring ke bawah, berbeda dengan mata Cina yang biasanya miring ke atas. Orang Korea sering memiliki mata yang lebih kecil. Tetapi sekali lagi, ini adalah secara umum dan tentu dapat sangat bervariasi!

2. Perbedaan Gaya Berpakaian

Orang Jepang menghargai harmoni dan keseragaman, maka ketika mereka berdandan, mereka bertujuan untuk berbaur dengan mayoritas. Warna polos, sederhana dan halus adalah kunci untuk pakaian khas Jepang. Tidak ada yang harus menonjol terlalu banyak. Mengenakan jas di Jepang adalah hal yang sangat umum. Entah itu untuk presentasi akhir di sekolah, magang kerja, wawancara kerja, atau kelulusan, pria Jepang biasanya memakai setelan jas. Mereka juga cenderung hanya mengenakan kemeja putih dan dasi hitam.

Berbeda dengan orang Jepang, kebanyakan orang Korea memakai pakaian yang cerah dan lebih berwarna. Orang korea suka mengenakan gaun warna-warni yang bagus ketika mereka melakukan magang dan terutama selama wawancara kerja! Juga, pakaian mode Korea mengikuti tren sementara pakaian mode Jepang lebih menekankan pada sentuhan yang sedikit lebih pribadi.

Adapun orang Cina cenderung sangat bervariasi dalam hal pakaian. Orang china secara umum lebih terlihat menggabungkan pengaruh dari mode Jepang, pakaian gaya barat, dan tren Asia Tenggara. Kaum muda Tionghoa mengambil banyak pengaruh dari fashion jalanan Jepang.

3. Perbedaan Makeup

Ketika menggunakan make-up, wanita Jepang menyukai tampilan alami yang netral atau gaya make-up yang terlihat seperti tidak bermake-up. Wanita Jepang kadang menyukai fashions ekstreem seperti “ganguro” yang silih berganti begitu cepat. Sementara itu gadis-gadis China menyukai tampilan bedak tebal dan lipstik merah, dan wanita Korea terkadang menyukai tampilan “alis lurus” (menyesuaikan alis sehingga terlihat lebih horizontal). Tentu saja, setiap orang berbeda dan memiliki gaya pribadi mereka sendiri.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa orang Jepang sering memakai riasan pemutih, dan ada sedikit preferensi untuk tampil lebih berkulit daripada warna kulit alami Anda. Ini juga menjadi agak populer di China sekarang, di mana praktek tata rias seringkali dipengaruhi oleh Jepang. Korea tampaknya sedikit kurang mendukung ini, tetapi di sisi lain, Korea Selatan sangat besar dalam operasi plastik, sehingga bisa menjadi perbedaan lain untuk dipertimbangkan.

Bagai siapa saja non Jepang yang telah lama tinggal di Jepang, konon masih menjadi tantangan untuk membedakan antara ketiga kebangsaan ini. Bahkan orang-orang dari negara-negara yang secara geografis dekat dapat berasal dari asal-usul yang sangat berbeda dan terlihat sama sekali berbeda. Yang paling penting untuk diingat adalah bahwa kita semua sama sekali berbeda dalam karakteristik dan ciri kepribadian kita. Seperti pepatah terkenal, “Ingat lah, kamu itu unik. Sama seperti orang lain! ”

Mudah-mudahan, dengan beberapa cara membedakan orang Jepang dari Orang Korea dan Cina ini, Anda akan dapat menebak dari mana seseorang berasal. Pakaian apa yang mereka kenakan? Seperti apa bentuk wajah mereka? Gaya apa yang mereka rancang? Lain kali Anda bertemu seseorang yang baru, lihatlah apakah Anda dapat menebak dari negara mana mereka berasal. Dan jika cara itu semua masih gagal, tanyakan langsung kepada mereka!

Sumber, http://jpninfo.com/12559 dengan penyesuaian

, ,