Profil Perusahaan Jepang Nippon Telegraph & Telephone
July 7, 2022
Perusahaan Jepang Sony
Kisah Perusahaan Jepang: Sony, Konglomerat Teknologi Jepang yang Merambah ke Pasar Game
July 14, 2022

Bagi sebagian orang, terutama yang berkecimpung di bidang ekonomi, pasti sudah tidak asing lagi dengan Mitsubishi UFJ Financial. Perusahaan yang juga dikenal dengan sebutan MUFG ini merupakan grup keuangan Jepang dengan cabang yang tersebar di berbagai negara. 

Salah satu perusahaan utama dari Mitsubishi Group ini berkantor pusat di Chiyoda, Tokyo, Jepang. Tak tanggung-tanggung, aset yang dipegang oleh perusahaan ini mencapai US$2,7 triliun pada akhir Desember 2017 lalu. Sebagai perusahaan keuangan multinasional, MUFG membuka kantor cabang di Eropa maupun Asia. Tahun ini Mitsubishi UFJ Financial masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Perusahaan ini juga hadir di Indonesia sejak puluhan tahun lalu. Berikut ini profil dan sepak terjang Mitsubishi UFJ Financial yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Berdirinya MUFG Bank

Sebelum seterkenal saat ini, MUFG Bank didirikan dengan nama The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU). Pada awalnya perusahaan ini merupakan gabungan dari UFJ Bank yang juga merupakan bagian dari Mitsubishi UFJ Financial Group.

Di tahun 2018, tepatnya pada tanggal 1 April, The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ resmi berubah nama menjadi MUFG Bank. Perubahan ini disertai beberapa konsolidasi dari berbagai bank besar di Jepang, di antaranya adalah:

·         Sanwa Bank

Sanwa Bank memiliki sejarah panjang di mana perusahaan ini berawal dari keluarga samurai, Konoike. Perusahaan ini mengawali bisnis di bidang perkapalan pada tahun 1656 sebelum mendirikan perusahaan Konoike Money Exchange di kawasan Osaka, Jepang. Pada tahun 1933, Sanwa Bank berdiri dari hasil merger Konoike Bank (1877), Sanjuushi Bank (1878), dan Yamaguchi Bank (1879).

·         Mitsubishi Bank 

Seorang mantan Samurai, Baron Yataro Iwasaki, membuka perusahaan bernama Tsumoko Shokai pada tahun 1870. Perusahaan ini lalu berganti nama menjadi Mitsubishi Shokai dan berkembang menjadi Money Exchange Mitsubishi Kawase-ten pada tahun 1880. Selang lima tahun, Mitsubishi berhasil mengambil alih Dai Hyakujuukyuu Ginko atau Bank Nasional 119. Baru di tahun 1919 namanya berubah menjadi Mitsubishi Bank.

·         Bank of Tokyo

Pada tahun 1880, Yokohama Shokin Ginko mulai beroperasi di Jepang yang berpusat di Kota Pelabuhan Yokohama. Perusahaan ini berkembang secara pesat dan melakukan ekspansi hingga ke luar negeri, seperti New York dan Amerika Serikat pada tahun 1880. Sementara di tahun 1881, Bank ini melanjutkan ekspansinya ke beberapa wilayah, salah satunya adalah London. Perusahaan ini juga berpartisipasi dalam pembiayaan perdagangan dan mata uang asing.

·         Tokai Bank

Tokai Bank membuka cabang pertamanya di New York pada tahun 1969 dan melakukan ekspansi ke kawasan Amerika Utara seperti Kanada dan California. Perusahaan yang terbentuk dari 1941 ini merupakan gabungan dari beberapa bank di Nagoya, Jepang.

·         Merger

Pada tahun 1996 Bank of Tokyo dan Mitsubishi bergabung menjadi Bank of Tokyo-Mitsubishi. Selanjutnya, pada tahun 2002, Sanwa Bank, Toyo Trust & Banking Co, dan Tokai Bank melakukan merger menjadi United Financial of Japan (UFJ) Japan. Di tahun 2006, bank-bank besar di Jepang ini melakukan merger lagi dan berubah menjadi The Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ (BTMU) dan menjadi salah satu bank terbesar di dunia.

Keberadaan MUFG Bank di Indonesia 

Keberadaan MUFG Bank di Indonesia dapat ditelusuri sejak tahun 1918. Kala itu, Yokohama Specie Bank membuka kantor cabangnya di Surabaya, Hindia Belanda, dan perwakilan di Batavia yang didirikan pada 1919. Tak berhenti di situ, pada tahun 1957 Bank of Tokyo yang merupakan penerus dari Yokohama Specie membuka kantor perwakilan di Jakarta yang kemudian diresmikan sebagai kantor cabang pada tahun 1968.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan industri perbankan di Indonesia pun kian pesat berkat adanya Paket Kebijakan Oktober 1988 (Pakto 88). Bank-bank asing mulai masuk ke Indonesia. Ada tiga bank asal Jepang yang memulai bisnisnya di Indonesia pada tahun 1989, yaitu Mitsubishi Buana Bank, Tokai Lippo Bank, dan Sanwa Indonesia Bank.

Ketiganya mengikuti proses merger yang terjadi di bank pusat. Di tahun 1996, Bank of Tokyo dan Mitsubishi Bank berubah menjadi Bank of Tokyo-Mitsubishi. Sementara di tahun 2001, Sanwa Indonesia Bank dan Tokai Lippo Bank merger menjadi Bank UFJ Indonesia. Merger kembali terjadi pada tahun 2006 dan menjadi Bank of Tokyo-Mitsubishi UFJ. 

Prospek MUFG Bank di Indonesia

Sebagai salah satu bank terbesar, MUFG Bank telah membuka cabang di berbagai negara di wilayah Asia Tenggara. Di Indonesia sendiri, MUFG Bank telah beroperasi sekitar 50-100 tahun. Sebab itulah, Indonesia jadi fokus utama di wilayah Asia Tenggara, selain Thailand, untuk pengembangan bisnis bidang jasa perbankan.

Info Karir MUFG Bank di Indonesia 

Setiap tahunnya, MUFG Bank membuka kesempatan bagi para profesional maupun fresh graduate untuk bergabung. Ada berbagai macam program yang ditawarkan dengan jenjang karir cukup menjanjikan. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan eksposur global melalui tugas OJT di seluruh jaringan global atau kantor pusat MUFG dan berbagai lokakarya di luar negeri. Informasi lebih lanjut mengenai peluang berkarir di MUFG Bank dapat Anda lihat melalui situs resmi.

Prospek Kerja di Bidang Perbankan

Prospek kerja di bidang perbankan saat ini masih cukup menjanjikan, mengingat perekonomian Indonesia yang mulai tumbuh usai pandemi. Berikut ini beberapa peluang kerja terbaik yang bisa Anda ambil di industri keuangan dan perbankan.

·         Analis Kredit

Seorang analis kredit bertanggung jawab melakukan penilaian kredit dengan objektif, jujur, dan sesuai SOP dari bank tempatnya bekerja. Untuk menjadi seorang analis kredit diperlukan kemampuan analisis dan ketelitian tinggi.

·         Account Officer (AO)

Seorang account officer bertugas mengenalkan produk-produk perusahaan finansial atau bank, seperti pinjaman, jasa kredit, deposito, hingga asuransi. Dengan kata lain, account officer merupakan jembatan yang menghubungkan nasabah dengan bank.

·         Funding Officer

Funding officer bertugas menghimpun dana dari nasabah bank, salah satunya bentuk dana tabungan. Selain itu, funding officer juga membina relasi dengan nasabah agar tetap menaruh kepercayaan pada bank tersebut.

Selain ketiga posisi tersebut, ada sejumlah peluang karir di bidang perbankan yang tak kalah menjanjikan, seperti customer service, teller, staf akuntansi, staf operasi perbankan, star perencanaan dan administrasi, hingga manajer hubungan.

Kesempatan Karir Bagi Expat Jepang di Indonesia

Memulai karier di negara asing bukanlah perkara mudah. Salah satu syarat bagi expat Jepang yang ingin berkarir di MUFG Bank di Indonesia adalah memahami bahasa Indonesia. Untuk itu, Anda dapat bekerja sama dengan Tensei Karawang untuk meningkatkan skill bahasa Indonesia. Dengan begitu, expat Jepang tidak akan terkendala bahasa.

Itulah sejarah panjang tentang MUFG Bank di Indonesia, info karir, hingga prospek kerja di bidang perbankan. Jika tertarik untuk bekerja di perusahaan multinasional, pastikan Anda memiliki skill di berbagai bidang. Selain diperlukan skill di bidang keuangan dan perbankan, tentunya kemampuan dalam berbahasa juga menjadi pertimbangan utama. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: