Mengagumkan, Inilah 10 Peringkat Perusahaan Jepang Terbesar dan Terbaik Menurut Pengamatan Forbes

Perusahaan Jepang Honda: 12 Fakta Menakjubkan Honda yang Akan Membuat Anda Terkagum-kagum
March 19, 2021
Mengenal Sejarah dan Profil Perusahaan Otomotif Raksasa Jepang Toyota Motor
July 6, 2022

Seperti yang kita tahu, bahwa Negeri Sakura, Jepang dikenal sebagai salah satu negara maju yang memiliki sistem perkembangan teknologi dan sumber daya manusia yang baik. Hal inilah yang menjadikan negara tersebut mampu menghadirkan banyak sekali perusahaan – perusahaan terbaik dan terbesar hingga mampu dikenal di seluruh penjuru dunia seperti sekarang. Berkaitan erat dengan hal tersebut, kali ini kita akan menyimak beberapa daftar perusahaan Jepang terbesar di dunia menurut pengamatan Forbes. Penasaran apa saja daftar perusahaan terbaik dan terbesar di Jepang yang dimaksud, simak informasi lebih lengkapnya di artikel berikut ini.

1. Toyota Motor

Urutan pertama perusahaan terbesar dan terbaik Jepang yang sudah pasti sangat familier di telinga masyarakat dunia yakni Toyota Motor Corporation dengan situs website resminya di https://www.toyota.astra.co.id/home. Ya, perusahaan Toyota Motor ini merupakan salah satu perusahaan manufaktur kendaraan dan juga dikenal sebagai perusahaan terbesar yang masuk dalam 10 perusahaan besar dan terbaik di dunia. Peringkat yang diperoleh perusahaan ini juga dilihat dari segi pendapatan yang diperoleh per Desember tahun 2019 silam. Menurut analisis Forbes, perusahaan Toyota Motor juga menduduki posisi ke-11 dengan perolehan aset mencapai $495,1 triliun dan nilai pasar yang mencapai sebesar $173,3 triliun.

2. Nippon Telegraph & Tel

Berikutnya ada Nippon Telegraph and Telephone Corporation (https://group.ntt/en/) yang mana merupakan perusahaan telekomunikasi yang juga tidak kalah populer di Jepang. Perusahaan Nippon Telegraph & Tel ini juga ditetapkan sebagai perusahaan telekomunikasi terbesar keempat di dunia dilihat dari segi pendapatan. Adapun di Forbes sendiri, perusahaan ini juga menduduki posisi ke-43 dan memiliki aset sebesar $211,1 triliun dan nilai pasar yakni sebesar $83 triliun. Adapun Nippon Telegraph & Telephone ini sendiri merupakan perusahaan swasta yang mana pemerintah Jepang memiliki sekitar 1/3 saham perusahaan di dalamnya.

3. Mitshubishi UFJ Financial

Bisa dilihat dari situs websitenya di https://www.mufg.jp/english/index.html, Mitsubishi UFJ Financial Group ini merupakan perusahaan induk yang muncul di pasaran dengan membawahi berbagai macam perusahaan bank dan finansial yang ada di negara Jepang. Dikenal sebagai perusahaan keuangan terbesar di Jepang, Mitsubishi UFJ Group ini juga dianggap sebagai perusahaan yang terkemuka di Grup Mitsubishi. Menurut pengamatan Forbes, perusahaan ini menduduki posisi ke-52 dengan memiliki aset sebesar $2.893 triliun dan juga nilai pasar yakni sebesar $51,8 triliun.

4. Sony

Dari banyaknya produk yang dijual di pasaran, Anda tentunya tidak asing lagi dengan perusahaan Sony yang satu ini, bukan? Ya, Sony Corporation ini merupakan perusahaan konglomerat yang mana dikenal sebagai salah satu perusahaan manufaktur teknologi terbesar di seluruh penjuru dunia. Melihat dari situs websitenya sendiri di https://www.sony.net/, perusahaan ini mampu mengeluarkan berbagai macam produk sehingga tidak heran jika dikenal sebagai perusahaan konsol video game terbesar di dunia dan  perusahaan pembuat video game tersebar kedua di dunia. Di Forbes, perusahaan Sony ini menduduki posisi ke-58 dengan aset yang dimiliki mencapai $208,3 triliun dan nilai pasar sebesar $78,7 triliun.

5. Softbank

Softbank dikenal sebagai pesaing utama dari perusahaan Nippon Telegraph & Telephone. Dari situs websitenya di https://www.softbank.jp/en/, Softbank Group Corporation ini merupakan perusahaan induk yang membawahi banyak perusahaan di berbagai bidang seperti bidang teknologi, energy dan finansial yang ada di Jepang. Meskipun perusahaan ini menjadi pesaing utama dari perusahaan Jepang terbesar di dunia seperti Nippon Telegraph & Telephone, akan tetapi Softbank mampu menyediakan spectrum yang lebih luas. Termasuk halnya dalam layanan e-commerce, pemasaran, keuangan dan media. Perusahaan ini menduduki posisi ke-66 di Forbes dengan aset sebesar $362 triliun dan nilai pasar sebesar $89,7 triliun.

6. Japan Post Holdings

Tidak kalah dengan perusahaan besar dan terkemuka lainnya, Japan Post Holding juga menempati posisi perusahaan Jepang yang dikenal luas di penjuru dunia. Bahkan jika melihat dari laman situs websitenya di https://www.japanpost.jp/en/, Japan Post Holdings ini merupakan sebuah perusahaan konglomerat yang mana fokus bisnisnya bergerak di berbagai bidang tertentu. Di antaranya yakni seperti bidang postal & logistic, bisnis bank, asuransi hidup dan juga bisnis finansial. Adapun dilihat dari pengamatan Forbes sendiri, Japan Post Holdings ini menempati posisi ke-72 dengan kepemilikan aset sebesar $2.680,2 triliun. Sementara itu, nilai pasar yang dimiliki perusahaan terbesar di Jepang ini yakni sebesar $32,7 triliun.

7. Sumitomo Mitsui Finansial

Dikenal sebagai bank terbesar kedua di negara Jepang, Sumitomo Banking Corporation Group (https://www.sumitomocorp.com/en/jp) ini merupakan perusahaan bank dan finansial yang berpusat di Yurakucho, Chiyoda, Tokyo, Jepang. Untuk bisnis yang dijalankan perusahaan Sumitomo ini yakni bergerak di bidang retail dan investasi bank yang ada di seluruh penuru dunia. Menurut pengamatan Forbes, perusahaan Sumitomo Mitsui Finansial ini menduduki posisi ke-80 dengan kepemilikan aset mencapai $1.954,8 triliun. Sedangkan untuk nilai pasar yang dimiliki yakni sebesar $36,4 triliun.

8. Honda

Selanjutnya ada perusahaan Honda Motor Company (https://global.honda/) yang mana merupakan perusahaan konglomerat di Jepang. Honda Motor ini cukup dikenal luas oleh masyarakat dunia lantaran merupakan perusahaan manufaktur kendaraan bermotor serta mesin – mesin besar. Selain itu, Honda Motor juga dikenal sebagai produsen sepeda motor yang terkemuka di seluruh penjuru dunia. Dikarenakan, perusahaan ini mampu menghasilkan sekitar 14 juta mesin per tahun dan sudah berkembang menjadi produsen mobil Jepang terbesar kedua. Adapun Honda Motor Company ini sendiri menduduki posisi ke-83 di Forbes dengan kepemilikan aset yakni sebesar $188,5 triliun dan juga nilai pasar sebesar $42,6 triliun.

9. Mitsubishi

Mitsubishi Corporation merupakan salah satu perusahaan trading terbesar di negara Jepang. Perusahaan ini juga merupakan bagian dari Mitsubishi Group yang mana menawarkan berbagai minat dalam bidang energy, permesinan, perbankan, makanan dan juga keuangan. Melihat dari situs websitenya sendiri di https://www.mitsubishi-motors.com/en/index.html, perusahaan terbaik dan terbesar Mitsubishi ini menduduki peringkat ke-104 dalam daftar pengamatan Forbes. Dimana, aset kepemilikan dari Mitsubishi yakni sekitar $167 triliun dengan nilai pasar yakni sebesar $32,4 triliun.

10. KDDI

Perusahaan terbaik dan terbesar di Jepang yang terakhir yang KDDI Corporation bisa dilihat di laman situs websitenya di https://www.kddi.com/english/. Sebagai informasi penting untuk Anda ketahui, KDDI Corporation ini merupakan sebuah perusahaan telekomunikasi yang mana sudah dibangun pada tahun 2000 silam. Awal mula berdirinya perusahaan ini dilakukan setelah terjadi penggabungan dari beberapa perusahaan seperti DDI Corp dan juga KDD Corp. Menurut hasil pengamatan Forbes, perusahaan KDDI Corporation ini menduduki posisi ke-104 dalam rangking Forbes Global 2000. Adapun total aset yang dimiliki perusahaan besar dan terbaik di negara Jepang ini yakni mencapai $86,5 triliun dengan nilai pasar seharga $66,9 triliun.

Dari beberapa daftar perusahaan Jepang terbesar di dunia menurut pengamatan Forbes di atas, ada juga beberapa perusahaan tersebut yang memiliki cabang di Indonesia. Demi mengembangkan bisnisnya di berbagai negara, diharapkan perusahaan tersebut turut menjalin kerja sama dengan Tensai Karawang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: