Mitsubishi UFJ Financial
Profil Mitsubishi UFJ Financial dan Sepak Terjangnya
July 13, 2022
Mengenal Profil Perusahaan Jepang Softbank Serta Peluang Karirnya
July 15, 2022

Sony Corporation, namanya sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Perusahaan asal Jepang ini dikenal sebagai produsen perusahaan elektronik, rekaman suara, hingga game. Sony yang berkantor pusat di Minato, Tokyo, juga dikenal sebagai pemain terkemuka dalam industri hiburan film dan acara TV. 

Sony yang merupakan salah satu perusahaan terkaya asal Jepang memiliki total pendapatan tahunan sebesar US$ 76,93 miliar pada tahun 2020 dan menempati peringkat ke-122 dunia dalam daftar Fortune Global 500. Berikut ini profil dan sejarah singkat Sony yang perlu Anda ketahui.

Sejarah Berdirinya Sony Corporation

Sony memiliki sejarah panjang untuk bisa mencapai kesuksesan seperti saat ini. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1946 oleh Masaru Ibuka yang merupakan seorang kontraktor pertahanan dan Akio Morita yang berprofesi sebagai purnawirawan angkatan laut Jepang. Pada awal berdiri, perusahaan ini diberi nama Tokyo Tsushin Kogyo yang berarti Tokyo Telecommunications Engineering Corporation.

Masaru Ibuka dan Akio Morita pertama kali bertemu pada Perang Dunia II ketika mengembangkan teropong senjata night-vision dan sistem pemandu rudal pencari panas. Usai Perang Dunia II, atau tepatnya pada Mei 1946, keduanya menjalin kerjasama dan mendaftarkan perusahaan mereka dengan produk pertamanya adalah penanak nasi. Pada tahun 1958, nama perusahaan ini resmi berubah menjadi Sony Corporation.

Produk Sony Corporation yang Mendunia

Tahun ini Sony masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Sony telah menjelma menjadi perusahaan besar yang merambah di berbagai bidang. Perusahaan ini mencakup industry game, entertainment, finansial, telekomunikasi, dan masih banyak lagi. Beberapa produk Sony yang populer di antaranya adalah:

Televisi

Televisi jadi salah satu produk Sony yang populer di pasaran. Perusahaan ini menawarkan TV dengan fitur canggih, seperti port USB, layar LED Triluminos, resolusi Full HD 1080p, konektivitas HDMI, Motionflow, dan lain sebagainya. Namun, fitur-fitur ini hanya terdapat pada tipe-tipe tertentu.

Komputer

Selain TV, Sony juga memproduksi komputer dengan berbagai fitur yang menarik. Salah satu merk laptop yang merupakan produksi Sony adalah VAIO yang merupakan singkatan dari Visual Audio Intelligent Organizer. Laptopnya hadir dengan berbagai seri dan spesifikasi tinggi yang mumpuni untuk menjalankan berbagai pekerjaan.

Music Player

Sebelum dikenal dengan nama iPod, produk music player dari Sony ini bernama Walkman. Walkman merupakan salah satu produk yang sangat populer di pasaran dan terkenal sebagai music player legendaris. 

Konsol Game

Siapa yang tak kenal dengan PlayStation? Konsol game ini merupakan salah satu produk Sony yang sangat populer dengan tingkat penjualan yang fantastis. Bahkan, kehadiran PlayStation mampu menyaingi Nintendo dan Xbox. Setiap tahunnya, PlayStation mengeluarkan seri terbaru dengan berbagai fitur yang menarik.

Selain konsol, Sony memiliki anak perusahaan yang bergerak di bidang game, yaitu Sony Interactive Entertainment LLC di Amerika Serikat. Selain itu, ada Sony Interactive Entertainment Europe Ltd yang berada di Eropa dan Playstation.com yang berada di Amerika Serikat dan Eropa.

Produk dan Solusi Elektronik

Sony Corporation mengikuti perkembangan zaman yang kian canggih dengan menghadirkan produk dan solusi elektronik, seperti Sony Mobile (smartphone), Sony Network Communications, dan Sony Olympus Medical Solution.

Finansial

Sony juga merambah ke bidang finansial dengan mendirikan sejumlah perusahaan di Jepang. Beberapa di antaranya adalah Sony Financial Group Inc, Sony Bank Inc, Sony Life Insurance Co., Ltd, dan Sony Assurance Inc. 

Produk Sony Corporation tidak sebatas itu saja. Perusahaan ini juga merambah ke bidang medis, pendidikan, internet, pictures, dan beberapa anak perusahaan yang berada di Tiongkok, Amerika Serikat, serta Eropa.

Sejarah Sony Corporation Merambah Industri Game

Ken Kutaragi yang dikenal sebagai Bapak PlayStation awalnya adalah pegawai di Sony, tepatnya pada akhir 1980-an. Konsol PlayStation pertama diluncurkan pada Desember 1994 di Jepang dan berhasil terjual lebih dari 100 juta unit. Selang beberapa tahun, tepatnya pada tahun 2000, Sony meluncurkan PlayStation 2 dan PSOne. 

Sampai saat ini, PlayStation 2 menjadi salah satu konsol game paling laris sepanjang masa karena jauh lebih unggul dibanding para pesaingnya. Memasuki tahun 2004, Sony meluncurkan PlayStation Slimline dan diikuti peluncuran PlayStation 3 pada November 2006, PlayStation 3 Slim pada September 2009, dan PlayStation Slim 3 pada 2012. Serta di tahun 2014 Sony luncurkan PlayStation 4. 

Sejarah Sony Corporation di Indonesia

Sony Corporation tidak hanya mendirikan perusahaan di Amerika Serikat dan Eropa saja, tapi juga Indonesia. PT Sony Indonesia didirikan pada tanggal 1 September 1995 sebagai perusahaan penjual dan pemasaran yang diberi wewenang oleh Sony Corporation. Didukung dengan 7 Sony Center dan lebih dari 600 dealer resmi, Sony Indonesia memiliki 4 kantor cabang. Perusahaan ini juga memiliki 61 service center resmi. Kantor cabang Sony Indonesia terletak di Wisma GKBI, Lantai 23, Suite 2301 Jl. Jend. Sudirman No. 28 Jakarta. 

Info Karier Sony Corporation

Sebagai konglomerat elektronik asal Jepang, Sony membuka kesempatan bagi setiap individu untuk berkarier. Sony memberikan tempat bagi tiap individu untuk berkembang dan berhasil sebagai bagian dari perusahaan global yang ambisius untuk memberikan dampak bagi masyarakat melalui inovasi. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk memulai karirnya bersama Sony. 

Perusahaan juga menyediakan sumber daya untuk membangun diri dan menawarkan program pembelajaran yang fleksibel. Sejumlah benefit ditawarkan bagi setiap individu yang bergabung bersama Sony, mulai dari flexi-time, pengobatan dan perlindungan asuransi yang lengkap, diskon produk, hingga Program Referral Karyawan. Menariknya, iklim di perusahaan Sony mendukung setiap individu untuk berkembang dan memastikan adanya keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan. Info lebih lanjut mengenai jenjang karier Sony di Indonesia dapat diakses melalui situs resmi.

Seberapa Menjanjikan Karir di Sony?

Sony Corporation merupakan perusahaan global yang merambah berbagai bidang dan tersebar di berbagai negara. Dengan sejarah panjang dan pencapain luar biasa yang telah dibuatnya, peluang karir di Sony amatlah menjanjikan. Tak sekadar profesi, setiap individu dapat mengembangkan relasi secara global dan meningkat skill mereka.

Skill yang Diperlukan untuk Bergabung dengan Sony Corporation

Sony membuka peluang bagi para profesional maupun fresh graduate untuk bergabung dengan skill yang mumpuni. Selain skill yang sesuai dengan bidang yang Anda inginkan, tentu diperlukan kemampuan dalam menguasai beberapa bahasa, seperti Inggris dan Jepang. Sementara bagi expat Jepang yang ingin bergabung bersama Sony Indonesia, diperlukan kemampuan berbahasa Indonesia agar tak terkendala bahasa dalam menjalankan pekerjaan. Untuk meningkatkan skill berbahasa Indonesia, Anda dapat bekerjasama dengan Tensai Karawang.

Demikian tadi sejarah berdirinya Sony Corporation, produk, kantor cabang Sony di Indonesia, hingga peluang kariernya. Dari waktu ke waktu, Sony terus berkembang menjadi perusahaan yang tidak hanya menciptakan produk-produk berkualitas, tapi juga peduli terhadap perkembangan setiap individu dan kesejahteraan para karyawan.

Leave a Reply

%d bloggers like this: