Industri Manga dan Anime di Jepang: Sejarah dan Perkembangannya

Film Jepang Siap Rilis 2020
Film Jepang Siap Rilis 2020
December 9, 2019
Karuta
Karuta, Permainan Kartu Tradisional yang Dibalut Puisi Klasik Asal Jepang
February 14, 2020
Industri Manga dan Anime di Jepang

Sumber: https://www.piqsels.com/

Selain dari segi kemajuan industri manufakturnya, Jepang juga memanfaatkan peluang ekonomi di dunia industri hiburan. Salah satu bidang industri hiburan Jepang yang telah mendunia adalah Manga dan Anime.  Beberapa anak-anak, remaja, atau bahkan orang dewasa di Jepang dan seluruh belahan dunia sangat menggandrungi sajian manga dan anime. Manga (漫画, manga) merupakan ilustrasi gambar dan percakapan yang dikemas menjadi sebuah cerita komik yang menarik untuk dibaca. Sedangkan, anime merupakan tayangan visual berupa video yang biasanya diadaptasi dari cerita dalam serial manga. Namun, terdapat beberapa anime yang orisinil tidak berasal dari adaptasi manga sebelumnya, contohnya anime berjudul Tsuki ga Kirei.

Manga dan Anime menjadi semakin populer dan dikenal masyarakat di seluruh dunia. Tidak heran bahwa banyak masyarakat di luar Jepang yang mengetahui informasi seputar bahasa dan kebudayaan Jepang melalui media Manga dan Anime. Di Jepang sendiri, manga ditujukan untuk segala usia dan kalangan, sesuai genrenya masing-masing. Sudah menjadi hal umum bila kita melihat laki-laki dewasa Jepang berpakaian jas rapih yang sedang duduk di dalam kereta pada jam berangkat atau pulang kerja sambil membaca buku komik tebal ditangannya. Hal tersebut sangat wajar ditemui karena manga merupakan salah satu bagian penting dari industri Jepang.

Manga umumnya berwarna hitam putih dan memiliki berbagai jenis genre mulai dari tema seputar kehidupan sehari-hari, romantisme anak muda, kegiatan olahraga, kasus misteri, sampai genre fiksi ilmiah yang futuristik. Di zaman modern seperti saat ini, beberapa manga juga menerbitkan edisi khusus untuk serial komik berwarna. Kebanyakan manga yang menyasar pembaca anak-anak memiliki gaya animasi yang sederhana serta penggambaran karakter yang lucu dan menggemaskan. Karakter manga juga biasanya digambarkan memiliki mata yang besar. Hal itu bertujuan agar para seniman manga (漫画家, mangaka) dapat lebih mudah menyampaikan emosi karakter didalam manga tersebut.

Menurut target pembacanya, komik Jepang terbagi atas empat kategori yaitu anak laki-laki (少年, shounen), perempuan (少女, shoujo), remaja (女性, josei), dan dewasa (青年, seinen). Deretan genre-genre manga tersebut dijual bebas dan dapat dengan mudah dijumpai di toko buku atau toserba yang tersebar di seluruh Jepang. Selanjutnya, karya manga yang populer dan meraih rating tinggi akan diadaptasikan menjadi karya animasi oleh sebuah studio produksi anime di Jepang. Salah satu studio anime terbaik di Jepang yang pernah meraih penghargaan pada anime produksinya adalah Studio Ghibli.

Salah satu hal yang juga penting dalam dunia industri anime adalah pengisi suara (声優, seiyuu). Umum bila kita mendengar suara anime satu dengan yang lainnya terdengar mirip namun dengan intonasi suara yang berbeda sesuai tipe karakter anime tersebut. Itulah hebatnya seorang seiyuu yang dengan totalitas membuat intonasi suara yang berbeda-beda, namun tetap membuat penontonnya meresapi jalan cerita di suatu film anime. Selain itu, lagu tema atau soundtrack pembuka dan penutup sebuah tayangan anime juga tak kalah penting. Artis-artis musik di Jepang pun berlomba-lomba mendapat kehormatan dengan membawakan lagu-lagu serial anime besar. Hal tersebut merupakan suatu jaminan yang menjanjikan naiknya popularitas artis J-pop dan J-rock pengisi sountrack anime di Jepang.

Sejarah Singkat Industri Manga dan Anime Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang memproduksi komik atau manga terbesar di dunia. Penjualan manga di Negeri Sakura per tahunnya bisa mencapai 500 juta manga dalam bentuk majalah, serta 450 juta dalam bentuk buku atau komik. Manga secara harfiah dapat diartikan sebagai lukisan bebas atau lukisan yang digambar semaunya tanpa tujuan tertentu.

Pada awal kemunculannya, manga berasal dari choju giga yang merupakan karya seorang pendeta Budha pada zaman Heian bernama Toba Sojo Kakuyu. Ia melukiskan berbagai raut wajah binatang menggunakan sebatang kuas. Choju giga diketahui juga merupakan gambar gulung tertua di Jepang yang berisi lukisan binatang seperti kelinci, kera, dan katak yang berperilaku layaknya manusia. Gulungan ini memiliki panjang 30 cm x 11,5 meter, serta terdiri dari 4 jilid. Penggunaan teknik menggambar manga sudah terlihat di choju giga, dengan adanya garis yang melukiskan efek suara dan karakter yang berlari kencang. Selain itu, juga terdapat adanya gambar semacam efek awan dan kabut yang menandakan peralihan waktu dan ruang.

Selanjutnya, pada periode tahun 1961, kesuksesan manga Jepang di era modern merupakan salah satu peran seorang dokter yang juga berbakat sebagai komikus, animator, serta produser animasi asal Jepang, ia bernama Tezuka Osamu. Ia telah mengubah dunia manga dengan menggunakan jalan cerita yang lebih menarik dan teknik menggambar yang berkualitas. Pada awalnya, ia meniru gaya animasi Disney yang pada akhirnya malah melahirkan karya-karya yang jauh mengungguli Disney di masanya. Ia juga yang pertama kali menerapkan sistem produksi dalam dunia manga, dengan membagi tugas-tugas kepada assistennya. Selain itu, ia juga berinovasi dengan memperbarui pembagian kotak dalam penulisan manga dan mengembangkan teknik menggambar melalui garis-garis efek didalam manga. Tezuka juga menjadi pelopor revolusi visual dalam dunia manga dengan membuat sebuah tayangan animasi TV berdurasi 30 menit untuk pertama kalinya di Jepang. Salah satu tayangan anime yang dipeloporinya adalah Astro Boy dan menjadi anime pertama yang ditayangkan hingga ke luar Jepang.

Di Indonesia sendiri, berdasarkan dokumen animindo.net, anime yang diketahui pertama kali diedarkan secara luas di Tanah Air adalah Wanpaku Omukashi Kumu Kumu pada akhir tahun 1970-an. Anime yang memiliki total 26 episode ini ditayangkan di stasiun TV tunggal saat itu, TVRI setiap sore pukul 17.30 WIB.

Beberapa Fakta Menarik Manga dan Anime

Jepang sangat serius dalam hal menggarap industri manga dan anime yang kini sudah tidak bisa dipandang sebelah mata lagi. Julukan tayangan film animasi hanya untuk anak-anak pun perlahan mulai berubah dengan munculnya berbagai macam genre anime sesuai target usianya masing-masing. Berikut adalah fakta-fakta yang menarik diulas seputar industri manga dan anime Jepang.

Rambut yang berwarna-warni merupakan salah satu ciri khas anime buatan Jepang. Hal tersebut bukanlah suatu kebetulan atau keisengan semata. Di Jepang sendiri warna merupakan sebuah simbolis yang merepresentasikan karakter atau sifat sesuatu, termasuk dalam hal warna rambut di anime. Misal, karakter dengan warna rambut hijau terang merepresentasikan orang yang dapat dipercaya dan memiliki toleransi tinggi namun mudah dilanda rasa cemburu. Sedangkan, warna rambut merah melambangkan kepribadian yang cenderung semangat, ambisius, dan berjiwa petualang.

Sutradara film Hollywood, Steven Spielberg dan James Cameron ternyata seorang penggemar berat film-film anime Jepang. Salah satu anime bergenre Mecha dan Fiksi Ilmiah, Ghost in the Shell merupakan anime visioner yang telah menginspirasi film-film besar Hollywood seperti The Matrix.

Mangaka sekaligus animator Astro Boy, Osamu Tezuka mengaku sangat terinspirasi oleh karya-karya Walt Disney. Sedangkan, karya manga dan anime Tezuka lainnya, Kimba The White Lion malah menjadi inspirasi terciptanya karya animasi populer kawakan Disney, The Lion King.

Sekitar lebih dari sepertiga dari seluruh buku yang dicetak di Jepang adalah manga.

Karakter Clefairy direncanakan menjadi maskot utama anime pokemon, sebelum akhirnya digantikan oleh Pikachu karena alasan kepopuleran.

Begitu populernya industri anime Jepang, hingga saat ini telah berdiri sekolah pengisi suara di Jepang yang berjumlah sekitar 130 sekolah.

Banyak mangaka profesional yang mengawali karir menulis mereka lewat Doujinshi. Doujinshi merupakan manga buatan fans yang memiliki alur dan akhir cerita berbeda dari manga aslinya.

Jepang menguasai hampir 60% produksi animasi dan komik yang beredar di seluruh penjuru dunia.

Di Indonesia, manga yang beredar biasanya berjenis Tankoubon, yang merupakan istilah penyebutan di Jepang untuk karya manga yang terbit dalam bentuk monograf atau komik yang habis dalam satu seri.

4 Pilihan Studio Anime Terbaik di Jepang

Selain peran seorang mangaka dalam menciptakan sebuah cerita manga dan anime, peran rumah produksi atau studio anime juga tidak kalah penting. Kerja keras mereka dalam memproduksi anime dengan visual yang menarik layak mendapat apresiasi. Nah, kira-kira apa saja sih studio anime pilihan terbaik dengan produksi anime-animenya populernya? Berikut kami hadirkan ulasannya.

Studio Ghibli

Salah satu studio animasi terbaik di Jepang yang juga dijuluki Disneynya Jepang adalah Studio Ghibli. Studio yang dipimpin oleh sutrada ternama Jepang, Hayao Miyazaki ini telah didirikan sejak tahun 1985 dan berlokasi di Koganei, Tokyo, Jepang. Studio Ghibli banyak meraih beberapa penghargaan pada anime-anime yang mereka produksi. Sebut saja salah satunya yaitu anime Spirited Away yang memenangkan Academy Award untuk kategori Best Animated Feature Film. Selain Spirited Away, banyak juga anime lain karya Studi Ghibli yang sukses dan mendunia seperti My Neighbor Totoro, Princess Mononoke, Howl’s Moving Castle, Kiki’s Delivery Service, dan Castle in the Sky.

Toei Company

Toei Company adalah salah satu perusahaan produksi film dan televisi terbesar di Tokyo, Jepang yang didirikan pada 1 Oktober 1950 dan merupakan hasil penggabungan tiga perusahaan yakni Tokyo-Yokohama Films (Tokyo Eiga), Oizumi Films (Oizumi Eiga), dan Tokyo Film Distribution (Tokyo Eiga Haikyu). Di masa lalu, Hayao Miyazaki dan Leiji Matsumoto pernah menjalin kerjasama dengan Toei. Beberapa seniman manga terkenal pun lahir lewat Toei Company, salah satunya adalah Eiichiro Oda selaku penulis serial anime paling terkenal di dunia, One Piece. Beberapa produksi anime ternama buatan Toei lainnya adalah Slam Dunk, Sailor Moon, World Trigger, dan Yu-Gi-Oh.

Studio Pierrot

Sumber: https://animeanime.jp/

 

Didirikan sejak Mei 1979 oleh mantan karyawan Mushi Production dan Tatsunoko Production, Studio Pierrot yang berlokasi di Mitaka, Tokyo merupakan salah satu studio animasi terbaik di Jepang selanjutnya. Perusahaan animasi itu memiliki logo berupa wajah badut berwarna hitam putih yang merupakan kata serapan dalam Bahasa Jepang untuk badut dan terinspirasi dari karakter klasik dalam dunia pantonim bernama “Pierrot”. Studio Pierrot sukses menghadirkan karya-karya visual tayangan anime ternama dan terkenal seperti Naruto, Bleach, dan Tokyo Ghoul. Selain itu, dua judul anime lainnya yaitu YuYu Hakushoku dan Saiyuki berhasil memenangkan penghargaan Animage Anime Grand Prix pada tahun 1993 dan 2000.

A-1 Pictures

A-1 Pictures disebut-sebut sebagai studio produksi anime terbaik saat ini. Studio ini mulai didirikan pada 9 Mei 2005 oleh eks-produse Sunrice Inc. bernama Mikihiro Iwata dan berlokasi di Naritahigashi, Suginami, Tokyo, Jepang. Studio ini terkenal dengan produktivitasnya dalam menggarap sebuah karya anime. Dalam satu season saja, studio A-1 Pictures mampu mengeluarkan hingga 4 judul serial anime yang masing-masingnya memiliki desain grafis animasinya yang memukau dan opening soundtracknya yang sangat populer di kalangan pecinta anime. Beberapa karya terbaik studio A-1 Pictures diantaranya yaitu Sword Art Online, Anohana, Darling in the FranXX, Your Lie in April, Black Butler, Persona 5 The Animation, Erased, Fairy Tail, dan The Seven Deadly Sins.

3 Rekomendasi Film Anime Paling Dinanti di Tahun 2020

Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-hen

Anime yang baru-baru ini dinobatkan sebagai anime terbaik di sepanjang tahun 2019, baru saja menghabiskan musim pertamanya sebanyak 26 episode pada akhir September 2019 lalu, dan akan melanjutkan sekuel lanjutannya yang dibalut dalam sebuah film berjudul Kimetsu no Yaiba: Mugen Ressha-hen. Dalam cuplikannya, film ini menceritakan tokoh utama, Tanjirou dan kawan-kawannya melawan sesosok iblis di dalam kereta yang mereka tumpangi. Disini juga muncul sang pilar api, Reingoku yang akan membantu Tanjirou dalam menumpas iblis-iblis itu. Belum ada kepastian tanggal dan bulan penayangan film ini, tapi yang pasti film ini menjadi salah satu film animasi yang patut ditunggu di tahun 2020 ini.

Stand By Me Doraemon 2

Film karya mangaka Fujiko F. Fujio ini sukses membuat penggemarnya baper dan terharu di seri movie pertama Doraemon Stand By Me tahun 2014 lalu. Nah, seri film si robot kucing berwarna biru ini akan mendapat sekuel keduanya di tahun 2020 dengan judul yang sama. Film Stand By Me 2 ini mengisahkan Doraemon dan Nobita yang kembali ke masa lalu, dan menemui neneknya Nobita. Para penggemar berat Doraemon harus sedikit bersabar karena film ini baru direncanakan tayang pada Agustus 2020 mendatang.

Digimon Adventure Last Evolution

Pecinta serial anime Digimon Adventure pasti sangat menantikan film seri Digimon yang terakhir dalam rangka perayaan 20 tahun anime ini. Kita akan dibuat bernostalgia oleh petualangan Taichi dan Agumon bersama karakter-karakter anak terpilih lainnya beserta monster Digimonnya. Di seri ini diperlihatkan seluruh karakter Digimon yang pernah menemani masa kecil kita, kini telah beranjak dewasa. Film ini direncanakan akan tayang di seluruh bioskop pada tanggal 21 Februari 2020.

Masa Depan Industri Manga dan Anime Jepang

Bila menilik dari perkembangannya, industri manga dan anime sangat menarik untuk dipelajari. Banyak peluang-peluang pekerjaan dan bisnis baru yang terbantu berkat adanya industri manga dan anime. Sebut saja contohnya sebagai seorang penyanyi di Jepang, menyanyikan soundtrack anime kini adalah sebuah hal yang menjanjikan bagi naiknya popularitas dari penyanyi tersebut. Selain itu, seorang yang telah lama bergelut di dunia pengisi suara atau seiyuu pun bisa tetap terus bekerja untuk mengisi suara dari anime satu ke yang lainnya.

Beberapa tempat, kendaraan bahkan festival di dalam maupun diluar Jepang juga kini banyak mengambil tema dari manga dan anime. Sehingga, menjadi peluang yang menjanjikan untuk terus melakukan inovasi terbaru di segala bidang industri di Jepang. Selain itu, manga dan anime juga dapat dimanfaatkan pemerintah Jepang untuk menyebarkan informasi seputar kebudayaannya kepada masyarakat luas yang dikemas secara lebih menarik. Maka, sangat menarik untuk terus melihat perkembangan industri hiburan Jepang ini, khususnya di dunia manga dan anime pada masa yang akan datang.

Nah, apakah Anda tertarik untuk berkunjung ke negara Jepang yang terkenal sebagai pelopor industri manga dan anime tersebut? Pergi ke Negeri Sakura tidaklah cukup dengan hanya mempersiapkan materi fisik berupa uang dan pakaian saja. Ada baiknya, Anda juga membutuhkan keahlian dalam bercakap-cakap dengan Bahasa Jepang. Seperti kita ketahui, mayoritas masyarakat di negara Jepang kurang fasih berbahasa asing seperti Bahasa Inggris. Maka, mau tidak mau kita yang hendak mengadu nasib atau hanya sekedar berkunjung kesana harus mempelajari Bahasa Jepang, baik untuk kondisi formal maupun bahasa yang dipakai sehari-hari disana.

Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang. Dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 9 Februari 2020, Tensai akan membuka kelas baru level Reguler A (N5 awal) yang akan rutin dilaksanakan setiap hari Minggu, pukul 14.00-18.30 WIB yang bertempat di Kantor Pusat Tensai Galuh Mas (200 m dari Mall Karawang Central Plaza ke arah Perum PERURI). Selain itu, kami juga menyediakan layanan jasa khusus penerjemah Jepang-Indonesia dengan translator handal yang telah teruji di bidang penerjemah Bahasa Jepang.

Profil Singkat Jasa Penerjemah Tensai Nihongo Bunka Gakuin

Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia dalam sektor industri logistik, Tensai Karawang menyediakan jasa cepat penerjemah Bahasa Indonesia-Jepang yang terpercaya dan bersertifikasi. Lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan perindustrian di Karawang menjadikan salah satu kelebihan kami. Kantor pusat Tensai sangat mudah diakses dari pusat kota Karawang. Hanya perlu waktu tempuh 15 menit dari Stasiun Karawang, 10 menit dari Gerbang Tol Karawang Barat.

Tensai Karawang telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan di wilayah Karawang dan sekitarnya. Bagi kalian yang penasaran dan butuh jasa cepat penerjemah dari Tensai bisa datang langsung ke kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor kontak pelanggan, serta melalui beberapa akun media sosial pribadi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

  • Facebook : Tensai Nihongo Bunka Gakuin
  • Instagram : kursusjepangkarawang
  • YouTube : Tensai Indonesia | Kursus Bahasa Jepang

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?