Go to Top

Keret Api Cepat Jepang: Serba Serbi Kecanggihan Teknologi Transportasi

Jepang merupakan negara maju yang sangat diimpikan banyak orang untuk bisa sekedar berkunjung atau bahkan tinggal dan menetap disana. Selain itu, Jepang juga terkenal karena infrastrukturnya yang rapih dan tertata, salah satunya pada alat transportasinya. Kereta api menjadi salah satu transportasi yang paling umum digunakan sehari-hari oleh masyarakat Jepang, baik bekerja, sekolah, maupun berlibur. Kereta api hampir pasti menjadi pilihan alat transportasi utama bagi orang Jepang terutama bagi mereka yang hendak bepergian dengan jarak yang cukup jauh. Tercatat sekitar 22% penduduk Jepang menggunakan kereta api setiap harinya.

Salah satu yang membuat masyarakat Jepang gemar bepergian menaiki kereta yaitu penggunaan transportasi satu arah di Jepang ini memiliki beberapa kelebihan antara lain adalah telah meratanya jalur kereta dari kota-kota besar hingga ke daerah pedesaan. Kita bisa mengelilingi negara Jepang dari barat ke timur hanya dengan menaiki kereta api. Berdasarkan data dari Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism Japan yang diambil pada April 2019 lalu, terdapat sekitar 208 perusahaan Jepang yang bergerak di bidang perkeretaapian dengan total jalur kereta sebanyak 216 jalur yang saling terhubung dari Kyushu hingga Hokkaido.

Selain itu, jadwal tiba dan pemberangkatan kereta di Jepang pun sangat teratur dan tepat waktu. Kecepatan waktu jadwal kedatangan kereta di Jepang tergantung dengan intensitas pengguna di waktu-waktu tertentu. Saat jam sibuk misalnya, dengan banyaknya pengguna, kereta akan tiba sesuai jadwal setiap tiga sampai lima menit sekali. Sementara, kereta akan tiba per 30 sampai 60 menit sekali saat jam-jam sepi pengguna, seperti saat larut malam dan pagi-pagi buta. Masyarakat pun dimudahkan dengan adanya berbagai aplikasi untuk mengakses jadwal keberangkatan kereta dimanapun dan kapanpun. Sehingga, tidak perlu repot-repot lagi mengecek langsung jadwal di stasiun kereta terdekat.

Fasilitas keamanan saat menaiki transportasi kereta api di Jepang pun cukup terjamin. Kita hanya perlu menghubungi “Lost & Found Center” yang disediakan pihak penyedia jasa layanan kereta saat merasa kehilangan atau mendapati barang yang tertinggal. Maka, hampir dapat dipastikan barang kita akan kembali secara utuh. Di dalam kereta api Jepang juga terdapat  fasilitas khusus untuk orang-orang berkebutuhan khusus. Disediakan tempat khusus untuk kursi roda atau stoller bayi di dalam kereta dan area tangga stasiun yang tidak memiliki lift. Selain itu, petugas stasiun juga tidak segan untuk membantu dan menuntun orang yang berkebutuhan khusus dari stasiun keberangkatan sampai stasiun tujuan.

Sumber: https://steamcommunity.com/

Karena beberapa kelebihan transportasi kereta api tersebut, pada jam-jam sibuk terjadi penumpukan penumpang kereta di Jepang setiap harinya. Maka, disitulah peran seorang petugas “Oshiya” dalam mengatur dan mendorong masuk penumpang kedalam kereta yang penuh sesak itu agar tetap sesuai kapasitasnya. Petugas Oshiya menentukan kapan kereta siap diberangkatkan. Mereka juga berhak melarang penumpang yang memaksa masuk, padahal kondisi kereta yang sudah penuh terisi. Petugas ini biasanya berpakaian rapih dengan menggunakan sarung tangan putih bersih serta berbahasa sopan dan formal dalam melakukan tugasnya.

Sejarah Singkat Perkeretaapian Jepang

Sumber: https://www.vacationstravel.com/

Sama halnya seperti di Tanah Air, sejarah perkeretapian di Jepang diawali dengan mulai membangun jalur dan mengimpor kereta api dari negara lain diluar Jepang, seperti Jerman, Inggris, dan Amerika Serikat. Jepang masih membeli kereta uap dari beberapa negara tersebut, tepatnya pada tahun 1904. Selain digunakan sebagai transportasi massal, kereta uap tersebut juga dipakai untuk kereta kargo atau pengangkut barang, serta sebagai angkutan khusus bagi Kaisar Jepang pada masanya. Beberapa tahun setelah itu, perusahaan-perusahaan swasta maupun milik pemerintah Jepang pun mulai memikirkan cara untuk memproduksi sendiri kereta api mereka.

Pemerintah Jepang memiliki badan usaha yang khusus mengoperasikan jaringan kereta api yang dinamai Kereta Api Nasional Jepang (日本国有鉄道, Nippon Kokuyu Tetsudo) dan beroperasi pada periode tahun 1949-1987. Kereta Api Nasional Jepang tersebut akhirnya dibubarkan pada 31 Maret 1987. Namun, beberapa tahun sebelumnya, tepatnya pada tahun 1964 mulai juga dibangun proyek kereta berkecepatan tinggi dan beroperasi untuk pertama kalinya di dunia bernama Shinkansen.

Kemudian, untuk pertama kalinya Jepang mulai membangun infrastruktur yang sesuai dengan gagasan sistem super-ekspres, dengan Tokyo-Shin Osaka menjadi jalurnya melalui Nagoya atau Tokaido Shinkansen. Jalur ini memiliki jenis rel yang cenderung lebih lebar dari jalur kereta yang ada di Indonesia dan kini dikelola oleh Japan Railway Central. Keinginan negara Jepang untuk terus memproduksi dan merawat kereta api milik mereka sendiri semakin kuat dengan hadirnya sebuah tempat perakitan dan pembuatan kereta bernama Japan Rolling Stock Central.

Lalu, pada tahun 1997, perkeretaapian milik swasta mulai bangkit dan diberlakukan. Pihak swasta dapat membangun serta menggunakan fasilitas yang ada di lintasan kereta Shinkansen. Sejak itu, kereta api di Jepang benar-benar telah menjadi pilihan transportasi utama bagi masyarakat Jepang dengan ditandai munculnya satu perusahaan kereta kargo dan lima perusahaan lainnya yang memproduksi kereta penumpang.

Munculnya Shinkansen, Kereta Berkecepatan Peluru Milik Jepang

Sumber: https://www.asahi.com/

Proyek pembangunan Shinkansen sudah mulai digagas sejak periode tahun 1930-an dan berlandaskan terjemahan literatur dari bullet train (kereta peluru) kedalam Bahasa Jepang yang dinamai dengan ressha. Nama Shinkansen memiliki arti makna tersendiri yaitu “shin” = baru dan “kansen” = jaringan rel. Jadi, Shinkansen merupakan jaringan rel kereta baru di Jepang bahkan dunia pada saat itu, tepatnya tahun 1940-an saat nama Shinkansen dicetuskan.

Walaupun begitu, Shinkansen baru pertama kali dioperasikan pada 1 Oktober 1964, tepatnya seminggu sebelum perhelatan Tokyo Olympics. Shinkansen dinilai sebagai awal tanda kebangkitan Jepang pasca Perang Dunia II. Perilisan perdananya diawali dengan pengoperasian dua kereta Shinkansen bernama Hikari Super Express yang menempuh rute perjalanan Tokyo-Osaka. Kereta tersebut terus digunakan sebagai transportasi umum dengan nomor seri 0 hingga tahun 1999.

Pada awalnya, kereta ini memiliki kecepatan sekitar 210 km/jam dan dapat menempuh jarak Tokyo-Osaka hanya dalam waktu 4 jam saja, dimana kereta normal dengan jarak tempuh yang sama membutuhkan waktu selama 6 jam 40 menit. Namun, di masa modern sekarang, Shinkansen terus alami kemajuan dengan memperoleh kecepatan rata-rata hingga 320 km/jam. Jepang terus berinovasi dalam mengembangkan transportasi tercepat di darat itu dengan dirilisnya kereta dengan nama Hokkaido Shinkansen pada tahun 2016 lalu. Kereta peluru itu melaju melewati terowongan bawah laut yang menghubungkan kepulauan di utara Hokkaido dengan Pulau Honshu.

Sumber: https://www.nippon.com/

Sama halnya seperti kereta api biasa di Jepang, Shinkansen juga memiliki beberapa kasta atau kelas perjalanan. Mulai dari kereta super cepat dengan hanya berhenti di beberapa stasiun besar saja, sampai kereta yang sedikit lambat dengan berhenti di hampir setiap stasiun yang dilewati. Berbeda dengan istilah kasta atau kelas pada kereta api biasa yakni express, rapid, dan local train, kereta Shinkansen memiliki istilah kasta atau kelas sesuai dengan nama keretanya masing-masing. Kini, Shinkansen juga mulai diekspor oleh Jepang ke beberapa negara lain seperti Perancis, Jerman, China, Taiwan, serta Amerika Serikat dan India.

Selain itu, yang membedakan Shinkansen dengan kereta api biasa di Jepang yaitu dengan dilengkapi dengan fasilitas tambahan pada beberapa rangkaian kereta Shinkansen, seperti tersedianya vending machine yang ditujukan bagi penumpang yang hendak mencari minuman hangat maupun dingin. Fasilitas lainnya yang khusus terdapat pada Shinkansen bertipe terbaru yakni adanya wireless internet beserta colokan listrik atau stopkontak di masing-masing kursinya.

Dibanding kereta api biasa, Shinkansen memiliki sistem proteksi keamanan ganda yang telah terbukti dapat menjamin keselamatan penumpangnya. Kereta Shinkansen dilengkapi dengan sistem deteksi dini gempa bumi. Seluruh kereta Shinkansen akan otomatis berhenti secara perlahan ketika mendeteksi adanya getaran di bawah tanah yang biasanya terjadi saat terjadi bencana gempa bumi. Sehingga, jatuhnya korban jiwa akibat kecelakaan kereta saat guncangan gempa bumi pun bisa dihindari.

Desain Kereta-Kereta Unik di Jepang

Selain memiliki teknologi yang canggih dalam setiap rangkaian keretanya, Jepang juga berinovasi dalam segi desain-desain kereta yang kreatif demi menarik perhatian penggunanya dan sebagai lahan seniman-seniman Jepang untuk bisa berkreasi. Berikut adalah beberapa desain-desain unik kereta di Jepang.

Kereta One Piece

Sumber: https://www.japanbullet.com/

Kereta dengan desain karakter manga sekaligus anime paling populer di dunia ini beroperasi melewati jalur Yamanote Tokyo mulai 1-14 Agustus 2014 lalu. Kereta ini dihadirkan untuk perayaan ulang tahun anime One Piece ke-15. Selain desain unik di bagian luarnya, bagian dalam kereta ini juga dilengkapi dengan hiasan beberapa potongan cerita komik manga One Piece. Saat itu, banyak penumpang yang terkejut melihat kereta dengan desain anime favorit mereka melaju di jalur utama Tokyo.

Kereta Naruto

Sumber: https://www.deviantart.com/

Sebuah perayaan ulang tahun ke 1.300 Kota Mimasaka, Prefektur Okayama, Jepang menghadirkan sebuah rangkaian kereta berdesain anime Naruto.  Pencipta sekaligus mangaka serial Naruto, Masashi Kishimoto yang juga turut membantu kelancaran acara perayaan Prefektur kelahirannya tersebut. Kereta unik nan keren ini melaju di jalur Tsuyama, Kishin, dan Inbi di Prefektur Okayama.

Kereta Neon Genesis Evangelion

Sumber: https://ameblo.jp/

Neon Genesis Evangelion adalah salah satu anime legendaris Jepang keluaran tahun 1995 yang mengangkat genre Mecha dan Sci-Fi. Kini, tepatnya pada pertengahan Januari 2020 lalu, anime karya Hideaki Anno itu meluncur dalam desain sebuah kereta yang beroperasi dari Bandara International Chubu Centrair, Prefektur Aichi ke Stasiun Meitetsu Gifu. Operasional kereta edisi Evangelion terbaru ini nantinya akan berakhir pada 9 Maret 2020 mendatang. Kereta yang bertemakan Rei dan Shinji Ikari ini diluncurkan sebagai salah satu dari rangkaian promosi film Evangelion seri terbaru yang bertajuk Evangelion: 3.0 + 1.0.

Shinkansen Hello Kitty

Sumber: https://www.flickr.com/

Siapa yang tidak mengenal karakter animasi Jepang berwujud kucing putih yang lucu nan menggemaskan dengan pita merah di kepalanya bernama Hello Kitty? Kini, ikon kartun anak-anak yang populer tersebut hadir dalam wujud karya seni Kereta Shinkansen yang dioperasikan pada 30 Juni 2018 oleh West Japan Railway Co. Ltd. Desain didalam dan luar gerbong Shinkansen ini penuh dengan warna-warni pink khas Hello Kitty. Bahkan, salah satu gerbong berisi booth foto lengkap dengan petugas berkostum lucu Hello Kitty. Kereta berdesain imut ini melayani rute Shin-Osaka dari dan ke Hakata dengan estimasi waktu sekitar 4 jam perjalanan.

Shinkansen Genbi

Sumber: https://mainichi.jp/

Pada Oktober 2015 lalu, Japan Railways (JR) mengumumkan peluncuran sebuah kereta Shinkansen yang akan dihiasi karya seni yang biasa disebut Genbi atau kecantikan kontemporer. Kereta peluru ini melayani rute Niigata-Tokyo dan juga akan datang menuju Stasiun di Kota Sendai, Prefektur Miyagi. Genbi dioperasikan saat perayaan Festival Kembang Api Nagaoka di Niigata dengan tampilan yang berbeda dari Shinkansen pada umumnya. Hanya terdapat satu sisi jendala pada kereta ini yang bertujuan agar para penumpang dapat melihat pertunjukkan kembang api di udara dengan lebih jelas dan berbeda dari biasanya.

Nah, apakah Anda sudah tertarik untuk berkunjung ke negara Jepang yang terkenal sebagai dengan kereta-keretanya yang unik dan canggih tersebut? Pergi ke Negeri Sakura tidaklah cukup dengan hanya mempersiapkan materi fisik berupa uang dan pakaian saja. Ada baiknya, Anda juga membutuhkan keahlian dalam bercakap-cakap dengan Bahasa Jepang. Seperti kita ketahui, mayoritas masyarakat di negara Jepang kurang fasih berbahasa asing seperti Bahasa Inggris. Maka, mau tidak mau kita yang hendak mengadu nasib atau hanya sekedar berkunjung kesana harus mempelajari Bahasa Jepang, baik untuk kondisi formal maupun bahasa yang dipakai sehari-hari disana.

Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang. Dalam waktu dekat ini, tepatnya pada tanggal 9 Februari 2020, Tensai akan membuka kelas baru level Reguler A (N5 awal) yang akan rutin dilaksanakan setiap hari Minggu, pukul 14.00-18.30 WIB yang bertempat di Kantor Pusat Tensai Galuh Mas (200 m dari Mall Karawang Central Plaza ke arah Perum PERURI). Selain itu, kami juga menyediakan layanan jasa khusus penerjemah Jepang-Indonesia dengan translator handal yang telah teruji di bidang penerjemah Bahasa Jepang.

Profil Singkat Jasa Penerjemah Tensai Nihongo Bunka Gakuin

Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia dalam sektor industri logistik, Tensai Karawang menyediakan jasa cepat penerjemah Bahasa Indonesia-Jepang yang terpercaya dan bersertifikasi. Lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan perindustrian di Karawang menjadikan salah satu kelebihan kami. Kantor pusat Tensai sangat mudah diakses dari pusat kota Karawang. Hanya perlu waktu tempuh 15 menit dari Stasiun Karawang, 10 menit dari Gerbang Tol Karawang Barat.

Tensai Karawang telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan di wilayah Karawang dan sekitarnya. Bagi kalian yang penasaran dan butuh jasa cepat penerjemah dari Tensai bisa datang langsung ke kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor kontak pelanggan, serta melalui beberapa akun media sosial pribadi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

  • Facebook : Tensai Nihongo Bunka Gakuin
  • Instagram : kursusjepangkarawang
  • YouTube : Tensai Indonesia | Kursus Bahasa Jepang

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!
Powered by