Go to Top

Agenda di Balik Kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang

Bupati Karawang baru-baru ini memboyong serombongan tim dari Karawang ke Jepang, Osaka tepatnya. Apa sajakah agenda di balik kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang tersebut?

Globalisasi menjadi sebuah gerbang interaksi sosial antar negara yang sebelumnya sangat sulit untuk dilakukakan. Secara bahasa, globalisasi merupakan sebuah kata majemuk yang berasal dari kata global yang berarti mendunia dan lization yang berarti proses. Sehingga secara umum globalisasi dapat diartikan sebagai suatu proses mendunia atau menyeluruh di mana setiap individu tidak terikat oleh batas-batas negara dapat tetap terhubung dan saling bertukar informasi.

Emanuel Ritcher mendifinisikan globalisasi sebagai suatu jaringan kerja global yang memersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi ke dalam saling ketergantungan. Dari pengertian tersbut kita dapat menarik kesimpulan bahwa proses globalisasi membuka kemungkinan terjalinnya hubungan antar negara untuk saling membantu dan bergantung. Kemudian dalam perkembangannya, Kabupaten Karawang pun turut terkena imbas baik dari proses globalisasi ini.

Sudah kita ketahui bersama bahwa Karawang adalah salah satu kota yang menjadi gerbang interaksi kerjasama ekonomi dengan negara lain, terutama Jepang. Hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya perusahaan Jepang yang berdiri di kawasan industri Karawang. Namun ternyata selain menjalin kerjasama dalam bidang ekonomi, Karawang juga telah menjalin kerjasama dalam bidang kebudayaan dan pendidikan dengan negeri sakura tersebut.

Kunjungan Bupati Karawang Ke Osaka, Jepang

Pada tanggal 18 Nopember 2017 lalu, Bupati Karawang Cellica Nurracandiana pergi ke Jepang bersama Katua DPRD Kabupaten Karawang, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga serta rombongan siswa SMPN 1 Karawang sebanyak 70 orang untuk menyuguhkan penampilan angklung dalam acara Osaka In TheWorld yang diadakan selama musim gugur tahun ini. Kunjungan Bupati beserta rombongan ke Jepang merupakan jawaban atas undangan dari Gubernur Osaka yaitu Ichiro Matsui.

Kunjungan yang dilaksanakan selama 3 hari tersebut membawa misi penting, yaitu menjalin Sister City dengan salah satu kota di Osaka untuk membuka jalan dalam pertukaran budaya dan kontak sosial antar penduduk. Bupati Karawang, Cellica sangat berharap dengan adanya program Sister City ini dapat membawa kebaikan untuk kota Karawang dalam segala bidang, tidak hanya di bidang budaya namun juga di bidang pendidikan dan ekonomi seperti program magang serta pertukaran pelajar.

Sesuai dengan harapan, Bupati beserta rombongan berhasil membawa banyak oleh-oleh yang tentunya akan sangat membantu perkembangan Kabupaten Karawang di berbagai sektor. Apa saja oleh-oleh yang dibawa Bupati Cellica kali ini?

Oleh-oleh dari Osaka

1. Bidang Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, Bupati Karawang berhasil mengadakan diskusi dengan Universitas ternama di Osaka yaitu Universitas Tenri dan berharap diskusi tersebut dapat menjadi gerbang kerjasama jangka panjang dalam kegiatan pertukaran pelajar maupun kerjasama lainnya dengan universitas-universitas yang ada di Karawang. Hal ini selaras dengan penyataan Ketua komisi D DPDRD Karawang Pendi Anwar, sebagai berikut:

“Kita diterima oleh Rektor Tenri University, yang sudah kerjasama dengan Unpad Bandung untuk pertukaran mahasiswa, dan berharap Karawang bisa kerjasama juga.”

Suasana diskusi antara Rektor Universitas Tenri dan romobongan Bupati Karawang.

Sumber:karawangplus.com

2. Bidang Ekonomi

Dalam sektor ekonomi oleh-oleh yang didapat adalah janji yang diutarakn oleh LSM Osaka in The World bahwa mereka akan berusaha untuk melobi perusahaan-perusahaan yang telah didirikan di Karawang untuk turut membantu pembangunan di Karawang.

3. Bidang Seni dan Budaya

Sementara Bupati sedang menghadiri diskusi-diskusi, rombongan angklung dari SMPN 1 Karawang telah menggelar pertunjukkan angklung selama dua hari lamanya di sejumlah sekolah di kota Sakai, Osaka.  Setelah pertunjukkan yang memukau tersebut, staf ahli Gubernur Osaka berjanji akan mengundang kembali tim angklung Karawang untuk turut tampil pada acara Osaka Expo tahun 2020 mendatang.

Selain itu, Walikota Sakai pun berjanji akan mengunjungi Karawang untuk melakukan kerjasama kesenian budaya dan sister city.

Agenda di Balik Kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang

Tim angklung yang telah selesai melakukan pertunjukkan. Sumber:karawangplus.com

Inilah Agenda di Balik Kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang.

Ternyata agenda di balik kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang ini luar biasa. Dan keberhasilan kunjungan dinas yang sangat penting ini, Tensai pun secara tidak langsung turut andil loh. Tensai Nihongo Bunka Gakuin sebagai lembaga pendidikan informal dan penerjemahan telah diberikan kepercayaan dari pihak pemerintah daerah kabupaten Karawang untuk menerjemahkan bahan presentasi saat di Jepang. Kepercayaan yang diberikan pemerintah daerah kabupaten Karawang ini merupakan sebuah kebanggan bagi Tensai karena dapat turut andil dalam progaram yang sangat dapat memberikan dampak positif bagi pembangunan kabupaten Karawang.

Tugas yang diamanahkan pemerintah daerah kepada Tensai merupakan titik awal untuk terus berkembang dalam bidang penerjemahan sekaligus membuka hubungan baik antara Tensai dan Pemda Kabupaten Karawang untuk terus bekerja sama. Baik dalam bidang pendidikan, budaya maupun dalam  bidang ekonomi. Demikianlah agenda di balik kunjungan Bupati Karawang ke Osaka Jepang.

Sumber: karawangplus.com// dan kompas.com

, ,