Go to Top

Tips Magang Kerja di Jepang

Tips Magang Kerja di Jepang

Bagaimana tips magang kerja di Jepang? Tentu syarat pertama harus mumpuni dalam berhasa Jepang dan memahami budaya serat etos kerja Jepang. Kursus bahasa Jepang? Ya hanya Tensai tempatnya. Nilai plusnya? Diajarkan juga nilai-nilai kultur kebudayaan Jepang.

Beberapa orang mungkin akan beranggapan bahwa mengadu nasib di Jepang, atau negara lain sebagai pekerja magang merupakan pekerjaan yang tidak bergengsi. Padahal anggapan itu tidak benar, terutama jika negara tujuan Anda adalah Jepang. Apa enaknya kerja di Jepang? Bagaimana kiat agar bisa kerja di Jepang? Di mana tempat yang paling tepat untuk kursus bahasa Jepang? Di Tensai Karawang, tentunya.

Keuntungan Magang di Jepang

Bekerja di Jepang berbeda dengan menjadi TKI seperti di negara lain di kawasan Asia atau Timur Tengah yang terkadang kurang memperhatikan kesejahteraan dan keselamatan pekerjanya. Di Jepang, selain gaji karyawan, keselamatan kerja karyawan juga sangat diperhatikan, bahkan menjadi prioritas perusahaan. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa lihat dan nilai sendiri dari perusahaan-perusahaan milik Jepang yang ada di Indonesia. Karyawan magang di Jepang biasanya akan diberikan waktu kurang lebih tiga tahun untuk menjadi trainee di sana. Anda bisa magang di berbagai macam tempat seperti di pabrik tekstil, pabrik automotif, pabrik makanan, pabrik furniture, konstruksi, dan lain sebagainya.

Karyawan yang berstatus sebagai trainee dalam masa tida tahun tersebut akan mendapatkan gaji kurang lebih 250.000 yen, atau setara dengan 25 juta rupiah. Gaji ini bahkan tiga kali lipat lebih besar dibandingkan dengan gaji yang didapatkan oleh TKI yang bekerja di Malaysia dan Hong Kong. Dengan gaji sebesar itu, biasanya karyawan yang telah menyelesaikan masa tiga tahun kerja di Jepang akan mampu membawa pulang sekitar 300 hingga 400 juta rupiah ketika pulang ke tanah air. Tabungan tersebut bisa digunakan untuk modal usaha di Indonesia dan berbagai macam keperluan lainnya. Bahkan, selama 3 bulan setelah pulang ke Indonesia, mantan trainee akan tetap memiliki hak untuk menerima asuransi yang disebut nenkin yang besarnya sekitar 20 hingga 5 juta rupiah.

Tips Agar Bisa Magang di Jepang

Sebelum kami memberikan tips magang kerja di Jepang, alangkah baiknya jika Anda terlebih dahulu mengetahui jenis seleksi yang harus Anda lalui agar bisa lolos magang ke Jepang. Seleksi tersebut antara lain seleksi administrasi, yaitu pemeriksakan berkas dan kelengkapan pelamar. Yang kedua adalah seleksi fisik, yaitu pemeriksaan tinggi dan berat badan, ada tidaknya penyakit atau cacat fisik, dan lain sebagainya.

Kemudian ada tes Matematika, Bahasa Jepang, dan tes wawancara. Yang terakhir adalah tes kesehatan, biasanya calon trainee diharuskan tidak buta warna, dan tidak menderita penyakit berbahaya atau menular.

Untuk bisa lolos, Anda bisa mencoba bebrapa tips di bawah ini:

  1. Berdoa. Hal ini tentu saja sangat penting, terutama untuk membuat hati Anda tenang dan menambah kepercayaan diri.
  2. Persiapkan berkas jauh-jauh hari, sehingga tidak ada yang tertinggal.
  3. Pastikan Anda sedang dalam kondisi fisik yang prima dan baik sesuai persyaratan.
  4. Selain tekun mempelajari bahan yang akan diujikan, Anda juga harus belorah raga secara teratur, agar kondisi badan tetap fit, dan lolos uji ketahanan tubuh.
  5. Hindari kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan begadang.
  6. Ikuti bebrapa program belajar/kursus jika Anda merasa kesulitan belajar atau kurang percaya diri dengan persiapan magang ke Jepang. Salah satu tempat kursus yang paling direkomendasikan adalah Tensai.

Program Pemagangan Kerja di Tensai

Tensai Nihongo Bunka Gakuin adalah lembaga kursus bahasa Jepang yang berlokasi di Karawang. Tensai menyediakan beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan, yaitu kursus reguler bahasa Jepang, kursus privat bahasa Jepang, dan jembatan antara jepang dan Indonesia, melalui suatu lembaga bernama LPIH.

Jika Anda ingin mendapatkan info tips magang kerja di Jepang lebih lanjut dan juga mengenai Tensai, kontak kami. Mau kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang tempatnya.

,