Go to Top

Nyuugakushiki, Upacara Penerimaan Siswa Baru di Jepang

Nyuugakushiki Upacara Penerimaan Siswa Baru di Jepang. Konnichiwa minna san, sebelumnya kami mengucapkan selamat kepada minna san yang pada hari Senin kemarin telah masuk di sekolah impian kalian. 😀 Gimana nih rasanya memasuki tahun ajaran baru? Semoga saja minna san cepat terbiasa dengan suasana yang baru tersebut yah..

Nyuugakushiki Upacara Penerimaan Siswa Baru di Jepang

Ngomongin soal tahun ajaran baru, pasti ga bakal jauh dengan yang namanya MOS / OSPEK. Nah seperti halnya di Indonesia, di Jepang juga ada kegiatan yang dilakukan untuk menyambut para peserta didik baru yang dikenal dengan nama “nyuugakushiki”. Berbeda dengan MOS / OSPEK yang umumnya dilakukan selama beberapa hari, nyuugakushiki ini hanya digelar selama satu hari saja loh minna san.

Nyuugakushiki ini diselenggarakan pada awal bulan April. Karena di Jepang umumnya tahun ajaran baru dimulai pada bulan April, berbeda dengan kita yang memulai tahun ajaran baru pada bulan Juli yah minna san.. Nyuugakushiki umumnya di gelar di aula olahraga sekolah, dihadiri oleh Kepala Sekolah, para guru, kakak-kakak kelas serta murid baru beserta orang tua mereka.

Nyuugakushiki Upacara Penerimaan Siswa Baru di Jepang

Umumnya upacara ini dibuka dengan para siswa baru yang memasuki aula sambil disambut oleh gemuruhnya tepuk tangan, sebelum kemudian dilanjutkan dengan pidato dari Kepala Sekolah, kemudian pengenalan para Wali Kelas dan pidato dari beberapa wakil siswa.

Selain untuk mengenalkan berbagai hal mengenai sekolah tersebut, Nyuugakushiki Upacara Penerimaan Siswa Baru di Jepang juga digelar untuk membuat para siswa baru yang umumnya masih gugup dan tegang menjadi lebih santai dan tentunya merasa disambut dan diterima oleh seisi sekolah yang akan segera menjadi tempat mereka menuntut ilmu tingkat selanjutnya.

Jadi minna san lebih pilih mana nih untuk acara penyambutan di hari pertama masuk sekolah baru? Apakah lebih suka MOS / OSPEK seperti yang marak di tanah air, atau lebih memilih cukup dengan upacara semacam nyuugakushiki ini??

Mau tahu informasi seputar Negeri Matahari Terbit lainnya? Ayoo gabung bersama Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang, karena di Tensai ga cuma belajar Bahasa Jepang tetapi juga belajar tentang Budaya Jepang..

, ,