Go to Top

Peluang Bisnis Kuliner Khas Jepang di Indonesia

Di masa modern saat ini, berbagai jenis kuliner hits kekinian pun mulai bermunculan seolah memiliki pangsa pasar tersendiri. Masakan khas Jepang pun menjadi salah satu kuliner yang paling diburu dan memiliki banyak peminat di Tanah Air. Kini, baik restoran cepat saji maupun usaha rumah makan sederhana pun berlomba-lomba menyajikan beragam menu masakan khas Jepang demi menarik pelanggan.

Rasa keingintahuan orang Indonesia yang besar terhadap makanan khas dari negara lain pun menjadi salah satu sebab menjamurnya restoran-restoran dengan konsep Jepang. Selain itu, banyaknya perusahaan Jepang yang berada di Indonesia membuat beberapa petinggi perusahaan sering berkunjung kesini dan cukup kesulitan mencari makanan yang sesuai dengan selera mereka. Maka, terciptalah peluang bisnis bagi kalian yang tertarik membuka restoran atau rumah makan dengan konsep ala Jepang.

Konsep tempat yang ditawarkan pun beragam, mulai dari membuka toko atau kedai, memanfaatkan franchise, sampai membuka usaha kuliner pribadi menggunakan gerobak sederhana di pinggir jalan. Seiring dengan kebudayaan Jepang yang mulai menarik minat generasi muda di Indonesia, ragam kuliner khas Negeri Sakura kini telah dianggap sebagai salah satu makanan kekinian yang wajib dicicipi kelezatannya. Sebut saja beberapa kuliner Jepang yang sangat populer di kalangan masyarakat Indonesia seperti takoyaki, okonomiyaki, sushi, dan ramen.

Menjamurnya Bisnis Kuliner Ramen Jepang di Indonesia

Ramen menjadi salah satu kuliner khas Jepang yang paling pertama terbesit di pikiran kita kala berbicara makanan Jepang. Ramen juga seringkali menjadi hidangan utama yang paling dicari oleh pemburu kuliner khas Negeri Sakura tersebut. Mie nya yang kenyal serta kuahnya yang khas menjadi kelezatan yang menyatu di lidah kita saat menyantap hidangan berbahan dasar mie berkuah ini. Belum lagi berbagai toping tambahan yang biasanya ditawarkan oleh masing-masing restoran atau rumah makan ramen menjadi daya tarik tersendiri bagi kita selaku konsumen.

Kini, bisnis makanan khas Jepang tersebut mulai banyak bertebaran di seluruh Tanah Air. Harga yang ditawarkan pun beragam mulai dari belasan ribu sampai puluhan ribu, sesuai dengan jenis ramen yang dipesan. Begitu ramainya masyarakat Indonesia menyerbu kedai-kedai penjual ramen, beberapa toko pun mulai melakukan ekspansi kedainya ke beberapa daerah yang belum disentuh. Sehingga, kuliner lezat itupun kini dapat dinikmati oleh seluruh kalangan masyarakat dimanapun kita berada.

Omset yang didapat dari bisnis kuliner inipun cukup menjanjikan bagi pihak penjual, tergantung dari strategi pemasaran seperti apa yang dilakukannya. Itulah pentingnya saat kita membuka bisnis, ada baiknya memikirkan dimana bisnis kita akan ditempatkan, siapa target pasar kita, serta kisaran harga berapa yang akan kita patok sesuai dengan pangsa pasar yang hendak kita tuju. Ketiga hal tersebut baiknya diperhatikan sebelum membuka bisnis kuliner, jika ingin bisnis yang kalian jalani bisa bertahan lama dan bisa tetap bersaing di masa yang akan datang.

Berinovasi Dengan Bisnis Kuliner Jepang Bercitarasa Lokal

Selain ramen dan makanan Jepang yang sudah biasa ditemui, penting juga bagi kalian yang hendak membuka bisnis kuliner agar selalu memberikan sebuah inovasi pada produk kuliner yang kalian tawarkan. Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk berinovasi dalam bisnis kuliner mancanegara. Salah satunya yaitu, kalian dapat mengkombinasikan varian yang berbeda dari makanan khas Jepang dengan cita rasa kuliner lokal Indonesia, contohnya seperti kuliner bernama Batagor Jepang.

Batagor yang merupakan kuliner khas Jawa Barat ini ternyata juga sudah sangat dikenal hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Lezatnya adonan bakso yang dibalut pangsit bercampur dengan tahu yang digoreng renyah bertabur bumbu kacang, menjadikan batagor sebagai salah satu kuliner khas Nusantara yang digemari banyak orang. Selain terkenal akan kelezatannya, kuliner lokal ini juga biasa dikenal dengan harganya yang murah meriah.

Kini, kuliner lokal tersebut nampaknya telah bertansformasi dengan cita rasa ala Jepang, dalam menu Batagor Jepang yang dijual sebuah rumah makan di Malang, Jawa Timur. Dengan harga yang sangat murah, berkisar dari 7-13 ribuan saja, kita sudah dapat mencicipi beragam varian batagor bercitarasa Jepang tersebut. Inovasi yang mengkombinasikan antara makanan lokal Indonesia dan Jepang inipun bisa ditiru dalam bisnis kuliner yang kalian jalani.

Kedepannya, bisnis kuliner khas Jepang diprediksi akan semakin menjamur dan dicari penggila makanan Jepang di Tanah Air. Maka, penting bagi kalian yang berencana memulai usaha bisnis di bidang kuliner satu ini untuk segera meracik strategi dan inovasi yang hendak diterapkan di restoran atau tempat makan kalian nanti.

Selain dibutuhkan keahlian memasak masakan Jepang, kalian juga perlu mempelajari setidaknya dasar-dasar kosa kata Bahasa Jepang. Terlebih, jika pangsa pasar yang kalian tuju juga termasuk petinggi-petinggi perusahaan Jepang yang ada di sekitar tempat usaha kalian. Maka, pentingnya memiliki kemampuan berbahasa Jepang yang fasih untuk menarik pelanggan orang Jepang agar mau datang ke restoran yang kalian kelola. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang.

Bagi Anda yang membutuhkan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia, Tensai Karawang juga menyediakan jasa cepat penerjemah Bahasa Indonesia-Jepang yang terpercaya dan bersertifikasi. Lokasi yang mudah dijangkau dan dekat dengan perindustrian di Karawang menjadikan salah satu kelebihan kami. Kantor pusat Tensai sangat mudah diakses dari pusat kota Karawang. Hanya perlu waktu tempuh 15 menit dari Stasiun Karawang, 10 menit dari Gerbang Tol Karawang Barat.

Tensai Karawang telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan di wilayah Karawang dan sekitarnya. Bagi kalian yang penasaran dan butuh jasa cepat penerjemah dari Tensai bisa datang langsung ke kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi nomor kontak pelanggan, serta melalui beberapa akun media sosial pribadi kami untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

  • Facebook : Tensai Nihongo Bunka Gakuin
  • Instagram : kursusjepangkarawang
  • YouTube : Tensai Indonesia | Kursus Bahasa Jepang

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!
Powered by