Go to Top

Belajar Bahasa Jepang ala PT Hino Motors Manufacturing Indonesia

Belajar Bahasa Jepang ala PT Hino Motors Manufacturing Indonesia

Pada saat dalam sebuah perjalan yang cukup panjang, lalu mata kita yang sedang sibuk menyisir jalanan tiba-tiba terpaut mobil-mobil besar seperti truk dan bis, apakah pernah terlintas pertanyaan “sebenarnya perusahaan apa sih yang mampu membuat mobil raksasa seperti itu?” Tentu saja bukan sembarang perusahaan dong! Benar, kan? Karena barang yang dihasilkannya besar dan banyak tentu saja perusahaan tersebut adalah perusahaan yang besar juga. Yuk tengok keseruan belajar bahasa Jepang ala PT Hino Motors Manufacturing Indonesia.

Salah satu perusahaan yang memproduksi mobil-mobil besar tersebut adalah PT HINO. Mungkin teman-teman semua tidak asing dengan nama HINO, ya. Hal itu karena nama tersebut sering tertera pada ekor atau depan bis dan truk-truk besar. Berikut adalah profil singkat PT Hino Motors Manufacturing Indonesia:

Company Profile PT HINO INDONESIA

PT Hino adalah sebuah perusahaan manufaktur yang khusus memproduksi mobil-mobil besar. Awalnya perusahaan ini didirikan di Jepang, namun seiring dengan bertambahnya kebutuhan pasar di berbagai negara, maka PT Hino pun mendirikan beberapa perusahaannya di negara lain termasuk Indonesia. PT Hino Motors Manufacturing Indonesia merupakan pangkalan produksi strategis untuk kawasan ASEAN, yang dapat memenuhi semua kebutuhan dalam negeri maupun regional ini. Perusahaan ini terletak di daerah Kawasan Industri Kota Bukit Indah, Purwakarta.

Demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia, PT Hino Indonesia memberikan bekal berupa ilmu bahasa asing kepada banyak pegawainya. Bahasa asing yang diajarkan di antaranya adalah bahasa Inggris dan bahasa Jepang. Untuk pengajaran bahasa Jepang, PT Hino Indonesia memercayakan sekitar 30 orang lebih pegawainya untuk belajar bersama Tensai Nihongo Bunka Gakuin.

Belajar Bahasa Jepang ala PT Hino Motors Manufacturing Indonesia

Tensai Nihongo Bunka Gakuin adalah lembaga kursus yang sangat fleksible dimana siswa tidak selalu harus datang ke kampus Tensai, tapi kelas pun dapat diadakan di perusahaan. Seperti kelas bahasa Jepang PT Hino ini, di setiap hari Senin hingga Kamis gedung Learning Centre milik Hino selalu ramai oleh pegawai yang sedang belajar. Keramaian tersebut terus berlangsung dari sore hingga malam hari.

Kelas bahasa Jepang ini dimulai dari pukul 16.30 hingga 19.00 WIB yang dipimpin oleh Romi Sensei yang setia berangkat dari Karawang ke Purwakarta dari hari Senin hingga Kamis. Kelas bahasa Jepang ini sangat seru, selain karena siswanya yang kooperatif juga karena dilakukannya beberapa game di dalam kelas untuk membuat suasana menyenangkan dan memudahkan pemahaman.

Salah satu game yang diadakan adalah game untuk materi hiragana dan katakana. Game tersebut diadakan tentu saja untuk memudahkan siswa dalam menghapalkan huruf Jepang  yang sangat banyak dan tidak memiliki kemiripan sama sekali dengan huruf latin yang biasa digunakan oleh orang Indonesia.

Aturan mainya adalah setiap grup yang telah dibentuk harus membuat beberapa kata yang ditulis dengan huruf kana dan ditebak oleh kelompok lainnya. Aturan ini membuat persaingan menjadi ketat dan setap kelompok membuat kosa kata yang sulit-sulit. Namun, justru persaingan ketat inilah yang membuat kelas menjadi ramai.

Selain game, keakraban di kelas pun sangat terasa ketika para pegawai yang belajar bahasa Jepang tersebut membawa makanan untuk dimakan di kelas bersama saat jam istirahat, karena tentu saja logika tanpa logistik tidak akan berjalan lancar, bukan? Kemudian, percakapan ringan yang terjadi saat makan tersebut juga menumbuhkan keakraban antara siswa dan pengajar. Sehingga, walaupun kelas diadakan hampir setiap hari namun tetap memiliki suasana yang nyaman dan tidak membosankan.

Kelas bahasa Jepang di PT Hino ini selain mengadakan kelas untuk tingkat awal atau biasa disebut kelas N5 juga membuka satu kelas lagi untuk tingkat lanjut yaitu kelas N4. Kelas ini pun tidak kalah serunya dengan kelas N5. Maka dari itu setelah materi N4 selesai kelas ini pun  akan lanjut belajar hingga materi N3 juga, loh.

Demikianlah keseruan belajar bahasa Jepang ala PT Hino Motors Manufacturing Indonesia. Kapan perusahaan Anda bergabung dengan kami? Sumber: hino.co.id

, ,