Go to Top

Visa baru Jepang Bagi Calon Pekerja Asing: Inilah Ujian untuk Mendapatkannya.

Visa baru Jepang

Baru-baru ini Jepang mengadakan ujian pertama yang ditujukan untuk warga asing guna yang mau memperoleh visa kerja baru. Seperti ditulis di kyodonews pada Minggu, 14 April 2019 kemarin, skema baru pada visa ini dikeluarkan oleh pemerintah Jepang untuk mendatangkan pekerja asing ke Jepang. Seperti kami tulis dulu di Tensai ini bahwa Jepang saat ini tengah mengalami krisis tenaga kerja. Tenaga kerja yang dibutuhkan Jepang terutama sekali adalah pada sektor pariwisata dan perhotelan.

Dengan visa ber-skema baru tersebut pekerja asing akan lebih mudah masuk ke Jepang untuk bekerja, tidak seperti rumitnya mengurus visa kerja ke Jepang sebelumnya.

Ujian yang berlangsung serentak pada hari Senin, 15 April 2019 itu bertujuan untuk mengetahui dari calon pekerja tentang pengetahuan dan keterampilan yang mereka miliki. Pengetahuan dan keterampilan dari para pemohon visa ini sangat penting untuk menyesuaikan mereka pada sektor tempat mereka akan dipekerjakan. Sementara itu materi ujian sendiri isinya adalah pengetahuan tentang industri jasa dan juga keterampilan pelayanan konsumen.

Pemerintah Jepang untuk lima tahun mendatang menargetkan bisa mendapatkan lebih dari 300 ribu pekerja asing. Para pekerja asing ini nantinya akan mendapatkan status kependudukan sebagai Tenaga Kerja Khusus No. 1. Ada 14 sektor yang akan menjadi bidang kerja mereka. Dengan visa ber-skema baru ini, mereka akan terutama bekerja pada sektor konstruksi, pertanian, keperawatan, dan akomodasi untuk 5 tahun ke depan.

Dengan 7 lokasi ujian, hadir tida ratus sembilan puluh orang yang ikut ujian ini. Bebera lokasi di antaranya adalah Osaka, Nagoya, dan Tokyo dengan hasil yang akan diumumkan pada 25 Mei 2019 mendatang.

Salah satu peserta ujian tersebut ada yang dari Indonesia. WNI berusia 24 tahun itu bernama Elma Sulistia Ningrum dan tinggal di Prefektur Saitama. Ia mengaku sedikit kesulitan dalam tes pengetahuan terutama dalam bisnis perhotelan dan pariwisata meskipun ia telah menguasai bahasa Jepang dan Inggris. Elma tetap optimis bisa diterima di sektor lain karena ia merasa cukup memiliki bekal.

Sementara itu pemerintah Jepang mengharapkan agar para pemohon visa agar berbekal kemampuan bahasa Jepang. Nah untuk yang satu ini, kami dari Tensai Karawang bisa membantu Anda. Terutama Anda yang berdomisili di Karawang Cikarang Bekasi dan sekitarnya, bergabunglah dengan Tensai Karawang. Kami tidak saja mengajarkan bahasa, tapi juga pengenalan budaya Jepang dalam bentuk aneka event, lomba dan karnaval.

Bagi Anda yang berminat untuk bekerja di industri akomodasi, jika anda lolos, visa untuk sektor ini akan Anda dapatkan pada awal musim panas.

Dengan mendatangkan pekerja asing ini Pemerintah Jepang sangat berupaya agar bisnis wisata ke desa-desa Jepang semakin meningkat. Adapun ujian untuk masuk di sekotr industri kuliner dan restoran, ujiannya sendiri akan dijadwalkan dilaksanakan di Osaka dan Tokyo pada akhir April ini.

Kemudahan mendapatkan visa ini juga berlaku pada sektor-sektor yang membutuhkan keterampilan tinggi dan profesional seperti tenaga pendidik, pengacara dan dokter. Sepertinya mulai April ini Jepang memang serius untuk mengatasi persoalan kekurangan tenaga kerja karena meningkatnya jumlah populasi usia produktif.

Sumber:

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.