Go to Top

Ungkapan Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Inilah Ungkapan Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang. Perasaan senang, sedih, bahkan marah merupakan suatu hal yang wajar dan pasti pernah dialami oleh semua orang. Namun, sepertinya akan lebih menarik jika kita dapat mengekspresikan ungkapan-ungkapan perasaan tersebut dalam pelafalan bahasa Jepang. Hal ini juga bermanfaat untuk melatih kosa kata dalam berbahasa Jepang yang telah kalian kuasai, lho. Nah, penasaran kan kira-kira seperti apa jika kita hendak berekspresi mengungkapkan perasaan sehari-hari dalam bahasa Jepang? Berikut, Kami paparkan 20 macam ungkapan ekspresi dalam bahasa Jepang beserta contoh kalimat dan penjelasannya.

15 Macam Ungkapan Ekspresi Dalam Bahasa Jepang

1. Utsukushii (Indah)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://pixels.com/

Ungkapan ‘Utsukushii’ (うつくしい) digunakan untuk mengekspresikan rasa takjub akan ‘keindahan’ atau kemegahan sesuatu yang terdengar anggun dan elegan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 日本のじょせいはうつくしいです。(Nihon no Josei wa utsukushii desu). Wanita Jepang yang Anggun / Indah.

2. Ureshii (Senang)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.fluentu.com/

Secara harfiah, ‘Ureshii’ (うれしい) dapat diartikan sebagai ungkapan kebahagiaan seseorang ketika sedang merasa ‘senang’. Misalnya ketika Anda mendapatkan kejutan atau hadiah dari sahabat Anda, kemudian Anda merasa sangat senang dengan hadiah yang diberikan tersebut. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 私はプレゼントをもらってうれしいです。 (Watashi wa Purezento o moratte ureshii desu). Saya senang mendapatkan kado.

3. Subarashii (Luar Biasa, Hebat)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.pinterest.ch/

Kata ‘Subarashii’ (素晴らしい) biasanya dipakai ketika hendak memuji ‘kehebatan’ atau kebaikan seseorang. Namun, bisa juga untuk mengungkapkan rasa kagum terhadap sesuatu yang terlihat hebat. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • その飛行機は素晴らしいです。(Sono hikouki wa subarashii desu). Pesawat terbang itu luar biasa / hebat.

4. Kirai (Benci)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://aboutjapan.japansociety.org/

Ungkapan bahasa Jepang selanjutnya adalah ‘Kirai’ (嫌い) yang berarti ‘benci’ atau ungkapan ketidaksukaan seseorang terhadap suatu hal. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 私は数学が嫌いです。(Watashi wa suugaku ga kirai desu). Saya membenci pelajaran matematika.

5. Omoshiroi (Menarik)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.cheria-travel.com/

Kata dalam bahasa Jepang yang satu ini biasanya digunakan untuk mengungkapkan ketertarikan Anda pada sesuatu. ‘Omoshiroi’ (面白い) juga berarti ‘menarik’. Selain itu, pada beberapa kondisi, omoshiroi juga dapat dipakai ketika Anda melihat hal-hal yang lucu.  Jadi, penggunaannya disesuaikan kembali dengan situasi dan kondisi. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 花見まつりは面白いです。 (Hanami matsuri wa omoshiroi desu). Festival hanami itu sungguh menarik.

6. Suki (Suka)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.robertharding.com/

Salah satu kata ungkapan dalam bahasa Jepang yang paling populer ada ‘Suki’ (好き) yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘suka’. Suki tidak hanya digunakan untuk menyampaikan perasaan seseorang terhadap orang yang disukainya saja, namun juga berlaku sebagai ungkapan perasaan suka terhadap suatu hal atau benda. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 私はお茶が好きです。 (Watashi wa ocha ga suki desu). Saya suka minum teh.

7. Kanashii (Sedih)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.telegraph.co.uk/

Selanjutnya, ungkapan dalam bahasa Jepang yang mengekspresikan rasa sedih terhadap suatu hal dapat menggunakan kata ‘Kanashii’ (悲しい) yang juga berarti ‘sedih’. Misalnya saat Anda merasa sangat sedih ketika mengetahui bahwa kucing peliharaan Anda mati. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • ペットの猫が死んだ、私は悲しいです。(Petto no neko ga shinda, watashi wa kanashii desu). Saya merasa sedih karena kucing peliharaan saya telah mati.

8. Tanoshii (Menyenangkan)

Ekspresi Sehari-hari Dalam Bahasa Jepang

Sumber: https://www.liveabout.com/

Kata ‘Tanoshii’ (楽しい) bisa diartikan sebagai perasaan gembira atau ‘menyenangkan’ ketika melakukan suatu hal. Perbedaannya dengan ‘ureshii’ adalah ‘tanoshii’ merupakan perasaan senang yang hanya berlalu sesaat saja. Sedangkan, ‘ureshii’ adalah rasa senang yang cukup dimaknai mendalam oleh subjeknya sehingga sifatnya bertahan cukup lama. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 野球をするのはとても楽しいです。(Yakyuu o suru no wa totemo tanoshii desu). Bermain baseball sangat menyenangkan.

9. Kowai (Takut)

Sumber: https://en.compathy.net/

‘Kowai’ (怖い) merupakan kata dalam bahasa Jepang untuk mengekspresikan rasa ‘takut’ terhadap sesuatu, bisa berupa benda maupun peristiwa yang menakutkan atau menyeramkan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 私はジェットコースターに乗るのが怖いです。(Watashi wa jettokoosutaa ni noru no ga kowai desu) . Aku takut naik roller coaster.

10. Usotsuki (Pembohong)

Sumber: https://soranews24.com/

Kata ungkapan dalam bahasa Jepang selanjutnya adalah ‘Usotsuki’ (うそつき) yang jika diartikan merupakan ungkapan bagi seseorang yang dianggap sedang ‘berbohong’. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • あの ひとはうそつき です。 (Ano hito wa usotsuki desu). Orang itu adalah seorang pembohong.

11. Tsukareru (Melelahkan)

Sumber: https://www.japantimes.co.jp/

Saat Anda merasa kelelahan akibat melakukan atau mengerjakan sesuatu, penggunaan kata ‘Tsukareru’ (疲れる) adalah pilihan tepat, yang umumnya memiliki arti dalam bahasa Indonesia yaitu ‘lelah’. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 宿題はとても疲れるです。(Shukudai wa totemo tsukareru desu). Mengerjakan PR begitu melelahkan.

12. Akiramenai (Jangan Menyerah!)

Sumber: https://soranews24.com/

Ucapan atau kalimat ‘Akiramenai’ (あきらめない) ini sepertinya sudah cukup sering terdengar di film-film buatan Jepang. Kata ini juga dapat diartikan sebagai ungkapan semangat terhadap sahabat atau kerabat yang tengah dalam keadaan sulit dengan mengatakan ‘jangan menyerah’. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • あなたは悪いテストスコアをあきらめないでください. (Anata wa warui Tesuto sukoa o akiramenaide kudasai).  Tolong Anda jangan menyerah dengan nilai ujian yang buruk.

13. Shiawase (Bahagia)

Sumber: https://www.straitstimes.com/

Kata ungkapan dalam bahasa Jepang selanjutnya adalah ‘Shiawase’ (幸せ) yang juga berarti ‘kebahagiaan’ atau ungkapan bahagia seseorang atas suatu momen atau peristiwa yang sedang dialami. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • 私は妹の誕生を見て幸せです。 (Watashi wa imouto no tanjou o mite shiawase desu). Saya bahagia melihat kelahiran adik.

14. Hazukashii (Malu)

Sumber: http://cosplaying-niffer.blogspot.com/

Hazukashii (恥ずかしい) biasanya digambarkan sebagai perasaan ‘malu’ terhadap suatu hal atau barang yang dianggap memalukan untuk dilakukan atau dikenakan. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • このシャツはとても恥ずかしいです。 (Kono shatsu wa totemo hazukashii desu). Baju ini sangat memalukan

15. Kakkoii (Keren)

Sumber: https://soranews24.com/

Terakhir, salah satu kata yang juga cukup sering diucapkan oleh tokoh-tokoh dalam film atau animasi buatan Jepang yaitu ‘Kakkoii’ (かっこいい) yang berarti ‘keren’, atau bisa juga dikatakan sebagai ungkapan bagi seseorang yang takjub akan sesuatu yang dianggap keren. Contoh kalimatnya adalah sebagai berikut.

  • その車はかっこいいです。(Sono kuruma wa kakkoii desu). Mobil itu terlihat keren

Nah, itu dia beberapa kosa kata dalam bahasa Jepang yang digunakan untuk mengungkapkan perasaan atau ekspresi sehari-hari. Bagi kalian yang tertarik mengunjungi Negeri Sakura dan ingin mencoba berbicara langsung dengan orang Jepang, tidak cukup dengan hanya mempersiapkan perbekalan fisik dan informasi umum seputar Jepang saja. Namun, perlu juga untuk setidaknya mahir dalam menguasai bahasa Jepang yang baik dan benar. Maka, menjalani pendidikan bahasa Jepang di tempat-tempat kursus formal juga bisa menjadi salah satu solusi tepat bagi Anda untuk dapat menguasai bahasa Jepang dengan cepat dan lancar. Rutin berlatih dan belajar dengan giat juga dapat membantu Anda agar semakin mengingat beragam kosa kata dalam bahasa Jepang.

Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih dalam mengucapkan kalimat-kalimat berbahasa Jepang. Selain itu, Tensai juga mengadakan banyak program-program beasiswa pendidikan ke Jepang bagi siswa Kami yang berprestasi dibidang bahasa Jepang.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!
Powered by