Go to Top

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang. Berencana jalan-jalan ke Jepang? Jika Anda sudah fasih berbahasa Jepang, itu tentu sangat baik. Rekomendasikan Tensai Karawang sebagai lembaga pendidikan kursus bahasa Jepang. Tensai juga menyediakan jasa interpreter dan translasi.

Menjadi negara yang dikenal menjunjung tinggi warisan dan tradisi, tidak mengherankan Anda akan bisa menyaksikan banyak peristiwa di Jepang. Peristiwa atau perayaan di Jepang biasanya dimaksudkan untuk menghormati tradisi atau memperingati peristiwa sejarah.

Banyak perayaan tahunan telah menarik perhatian para tamu baik lokal maupun internasional untuk keagungan belaka mereka.

Berikut adalah lima tradisi Jepang yang paling menakjubkan dan menarik yang tidak pernah menjadi tua dan terus menjadi salah satu kebanggaan Jepang!

01 Lentera Mengapung


Tradisi ini secara lokal dikenal sebagai “Toro Nagashi,” sebuah peristiwa yang sering terlihat selama liburan Obon Jepang. Menurut kepercayaan tradisional Jepang, jiwa orang yang dicintai kembali ke dunia kehidupan pada titik tertentu. Lentera mengapung digunakan untuk melambangkan perjalanan jiwa ke akhirat.

Lentera mengapung juga terlihat untuk memperingati peristiwa tragis seperti Bom Atom Hiroshima.

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang

02 Dondo Yaki

Mengingat adanya ratusan dewa Shinto yang disembah di Jepang, tak perlu dikatakan lagi bahwa kepercayaan mereka akan keberuntungan sangatlah penting. Kepercayaan ini diilhami oleh Buddha dan dewa Shinto. Karena itulah jimat dan barang-barang yagn diyakini berhoki lainnya dijual di berbagai bagian negara, terutama selama acara-acara khusus.

Dondo yaki, umumnya dikenal sebagai pembakaran barang-barang yang keberuntungan, dilakukan di kuil Shinto sekitar Januari sebagai praktik umum untuk mendorong pemegang pesona untuk membakar barang-barang keberuntungan yang telah mereka simpan sepanjang tahun.

Dalam kepercayaan Jepang, nasib buruk untuk membuang jimat keberuntungan di tempat sampah. Jadi, membakar barang-barang ini akan mengusir nasib buruk itu.

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang

03 New Year’s Day Sunrise

Tahun Baru merupakan awal baru bagi banyak orang, dan penduduk setempat Jepang merayakan ini dengan melihat matahari terbit pertama Tahun Baru atau apa yang mereka sebut sebagai “Hatsuhinode.” Pada 1 Januari, banyak keluarga Jepang bangun pagi untuk menyaksikan matahari terbit yang indah.

Banyak yang merayakan ini secara berkelompok dengan menyiapkan jamuan makan tradisional Jepang. Ritual dan berbagai kegiatan juga menemani perayaan.

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang

04 Hina Nagashi

Anda tidak boleh terlalu tergila-gila dengan nasib baik dan buruk di Jepang. Ini masalah serius. Hina Nagashi, atau mengapungkan boneka, adalah praktik umum yang dilakukan pada Girls ‘Day di Jepang. Dalam acara ini, boneka-boneka tradisional Jepang diapungkan di laut atau sungai. Dikatakan bahwa nasib buruk dapat ditransfer dari gadis ke boneka, dan mengirim boneka-boneka itu adalah metode untuk mengusir nasib buruk.

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang
SONY DSC

05 Senpai-Kohai Relationship

Senioritas adalah sesuatu yang sangat berharga dalam hierarki Jepang. Mungkin itu di kantor atau sekolah, menjadi senior atau junior dari grup Anda memiliki tanggung jawab tertentu yang harus dijaga. Senior (senpai) terutama diharapkan menjadi model peran untuk junior mereka (kohai). Yang terakhir, di sisi lain, diharapkan untuk melakukan tugas-tugas kasar sebagai bagian dari proses mendapatkan tempat yang berhak mereka dalam tim.

Bahkan dalam samurai kuno dan hierarki militer Jepang, dinamika senpai-kohai benar-benar diperhatikan dan dihormati oleh setiap anggota tim.

Mengenal tradisi Jepang juga membuka Anda untuk beberapa praktik paling menarik yang dilakukan orang-orang untuk agama dan warisan mereka. Ada banyak hal hebat lainnya yang dapat Anda lihat pada acara-acara khusus saat melakukan tur keliling negara. Luangkan waktu untuk mengamati, berbicara dengan penduduk setempat, dan mengalami praktik otentik budaya negeri ini selama Anda tinggal di Jepang!

5 Tradisi Jepang Paling Menarik yang Tidak Pernah Usang

Sumber: http://jpninfo.com/84626

, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.