Imsakiyah Ramadhan 1440
Imsakiyah Ramadhan 1440 Hijriyah Tahun 2019
May 3, 2019
Selamat Menyambut Ramadhan 1441 H 2020 di Musim Covid-19 Ini
Selamat Menyambut Ramadhan 1441 H 2020 di Musim Covid-19 Ini
April 21, 2020
Tensai On The Road 2020

Tensai On the Road 2020. Keberadaan manusia sejak dari kelahirannya terus mengalami perubahan-perubahan, baik secara fisik maupun psikologis. Manusia yang merupakan makhluk hidup dengan akal budi memiliki potensi untuk terus melakukan pengembangan.

Sifat pengembangan manusia menunjukkan sisi dinamisnya, artinya perubahan terjadi terus-menerus pada manusia. Tidak ada yang tidak berubah, kecuali perubahan itu sendiri. Salah satu pengembangan manusia yaitu melalui pendidikan.

Tensai dan Visi Pendidikan

Menurut Ki Hajar Dewantara, pendidikan merupakan suatu desakan di dalam hidup tubuhnya anak-anak, sedangkan yang dimaksud pendidikan adalah menuntun semua kebutuhan kodrat yang ada pada anak-anak agar mereka sebagai manusia dan sebagai anggota masyarakat bisa mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya. Selain menurut Redja Mudyahardjo dan Ki Hajar Dewantara, terdapat pula Langeveld yang mendefinisikan pendidikan sebagai usaha, pengaruh, perlindungan, dan bantuan yang diberikan kepada anak-anak untuk menuju kepada kedewasaan anak itu, atau lebih tepat dapat membantu anak agar cukup cakap melaksanakan tugas hidupnya sendiri. Pengaruh itu datangnya dari orang dewasa (atau orang yang diciptakan oleh orang dewasa seperti sekolah, buku, putaran hidup sehari-hari dan sebagainya) dan ditujukan kepada orang yang belum dewasa.

Pentingnya Proses Pendidikan

Melalui pendidikan manusia berharap nilai-nilai kemanusiaan bukan sekedar diwariskan melainkan menginternalisasi dalam watak dan kepribadian. Nilai-nilai kemanusiaan menjadi penuntun manusia untuk hidup berdampingan dengan manusia lain.

Upaya pendidikan melalui internaslisasi nilai-nilai kemanusiaan menuntun untuk memanusiakan manusia. Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan sumber daya manusia bagi pembangunan bangsa dan negara.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan ke arah yang lebih kompleks. Hal ini menimbulkan masalah-masalah sosial dan tuntutan-tuntutan baru yang tidak dapat diramalkan sebelumnya, sehingga pendidikan selalu menghadapi masalah karena adanya kesenjangan antara yang diharapkan dengan hasil yang dapat dicapai dari proses pendidikan.

Cakupan pendidikan non formal

Kebutuhan pendidikan tidak hanya didapatkan di pendidikan formal saja, melainkan dapat diakses di pendidikan informal dan pendidikan nonformal. Di dalam pendidikan informal kebutuhan belajar didapatkan dari lingkungan keluarga, karena setiap orang sejak pertama kali dan untuk seterusnya belajar memperoleh pengembangan pribadi, sikap dan tingkah laku, nilai-nilai dan pengalaman hidup, pengetahuan dan keterampilan melalui interaksi sosial yang berlangsung setiap hari di antara anggota keluarga. Di dalam pendidikan nonformal, kebutuhan pendidikan individu atau kelompok dapat dipenuhi sesuai dengan kebutuhan individu atau kelompok tersebut.

  1. Pendidikan nonformal merupakan proses belajar yang terjadi secara terorganisasikan di luar sistem persekolahan atau pendidikan formal, baik dilaksanakan secara terpisah maupun merupakan bagian penting dari suatu kegiatan yang lebih besar dimaksudkan untuk malayani sasaran pserta didik tertentu dan belajarnya tertentu pula.
  2. Pendidikan nonformal memberikan suatu keterampilan (softskill), keahlian, pembinaan, pengetahuan, dan sikap kepada warga belajarnya guna membantu warga belajar akan kebutuhan pendidikan.
  3. Pembelajaran pendidikan nonformal dapat dilakukan di mana saja kapan saja dan dapat dilakukan dengan siapa saja dengan kondisi belajar yang fleksibel serta nyaman, sehingga warga belajar dapat memenuhi kebutuhan belajarnya dengan baik.
  4. Pendidikan nonformal tidak memiliki batasan usia setiap individu yang ingin tetap belajar. Semua orang dapat mengikuti program pendidikan nonformal tanpa terkecuali, baik anak jalanan, anak-anak yang tidak dapat mengikuti pendidikan di jalu formal, orang tua, orang-orang yang buta aksara, maupun masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilannya.

Apa itu Tensai On the Road 2020

Oleh karena itu di awal tahun 2020 Tensai akan mengadakan Tensai On the road 2 yang akan dilaksanakan pada tanggal 25 Januari 2020. Kok namanya tensai on the road 2??? Itu karena tensai sebelumnya sudah pernah melakukan kegiatan yang sama pada tahun 2016.

Tensai on the road merupakan Salah satu kegiatan sosial yang bekerjasama dengan Dinas Sosial Karawang untuk merangkul para anak jalanan di Karawang. Tujuannya apa? Tujuannya adalah untuk berbagi pengetahuan, pengalaman dan membuka pemikiran baru dari para anak jalanan bahwa ada kehidupan lain selain dijalanan, yang insya Allah akan lebih baik.

Ada apa di Tensai On the Road 2020

Di kegiatan Tensai On the Road ini kita tidak hanya mengajarkan Bahasa dan Budaya Jepang kepada anak-anak jalanan saja.

  • Kita juga saling tukar pengalaman, baik pengalaman sebagian pengajar yang pernah tinggal di jepang dengan tujuan agar anak jalanan termotivasi bisa menjadi para pengajar di tensai, dan juga dapat mengetahui alasan kenapa para anak jalanan ini memilih untuk terjun ke jalanan.
  • Tensai Nihongo Bunka Gakuin adalah lembaga yang bergerak di bidang Jasa dan Pendidikan diantaranya kursus dan penerjemah bahasa Jepang, juga pendidikan bahasa Indonesia untuk ekspatriat (orang Jepang) yang bekerja di Indonesia.
  • Tensai Nihongo Bunka Gakuin sangat peduli terhadap pendidikan dan perkembangan kualitas Sumber Daya Manusia di Karawang khususnya, sehingga berharap dapat memberikan kontribusi secara aktif terhadap perkembangan sumber daya manusia yang lebih berkualitas.

Pada akhirnya

Tensai Nihongo Bunka Gakuin didukung oleh tenaga professional di bidangnya yang notabene adalah para alumni Jepang yang bekerjasama dengan lembaga pendidikan formal seperti Universitas Padjadjaran Bandung, juga bekerja sama dengan sekolah-sekolah bahasa di Jepang seperti Kyoto Minsai Nihongo Gakkou, berharap tidak hanya dapat membuka peluang kerja baru bagi para lulusan dari lembaga-lembaga tersebut, tetapi juga untuk kemajuan bangsa Indonesia pada umumnya.

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?