5 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Murah Tenaga Kerja Pabrik di Surabaya

Rekomendasi Kursus Bahasa Indo Bersertifikat
May 20, 2022
Keuntungan dan Kerugian Membangun Pabrik Jepang di Surabaya dan Karawang
May 22, 2022

Apa sajakah Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Murah Tenaga Kerja Pabrik di Surabaya? Seberapa murah tenaga kerja pabrik di Surabaya? Di Indonesia standar upah terendah sudah ditentukan dengan adanya upah minimum, baik upah minimum provinsi (UMP), hingga penentuan upah minimum kabupaten/kota (UMK). Tetapi, setiap perusahaan biasanya juga memiliki kebijakan pemberian upah yang dipengaruhi sejumlah faktor baik internal maupun eksternal. Apa saja faktor-faktor tersebut? Simak penjelasannya di bawah ini.

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Seberapa Murah Tenaga Kerja Pabrik di Surabaya

1. Biaya Hidup

Setiap daerah memiliki tingkat biaya hidup yang berbeda-beda. Biaya hidup tinggi melahirkan tuntutan pekerja atas upah yang lebih tinggi juga, begitupun sebaliknya. Perusahaan yang mempekerjakan karyawan di daerah yang memiliki tingkat biaya hidup tinggi biasanya akan memberikan upah dan kompensasi lebih besar. 

2. Regulasi Pemerintah

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, besarnya upah juga dipengaruhi faktor peraturan perundang-undangan terkait upah. Meski persentase upah minimum setiap tahun di tentukan oleh Kementerian Ketenagakerjaan, besarnya UMP dan UMK juga ditetapkan oleh masing-masing gubernur. Oleh karena itu, besarnya gaji karyawan setiap daerah bisa berbeda walaupun jabatan dan bidang usaha yang sama.

3. Kemampuan Perusahaan

Upah dan kompensasi dipengaruhi faktor internal seperti kemampuan finansial perusahaan. Perusahaan yang berskala besar dan memiliki reputasi yang cukup baik bisa memberikan kompensasi yang besar bagi karyawannya.

Tetapi, jika perusahaan skala kecil dan menengah, walaupun ingin bersaing dengan kompetitor dalam merekrut karyawan yang cakap, harus tetap realistis mempertimbangkan kemampuan keuangan perusahaan.

4. Kompensasi Perusahaan Lain

Dalam menentukan upah juga perlu mempertimbangkan perusahaan lain yang bergerak di sektor usaha yang sama. Oleh karena itu, sebelum perusahaan menawarkan kompensasi kepada calon karyawan, perlu melakukan survei dari perusahaan lain.

5. Sertifikasi Kompetensi dan Tingkat Produktivitas Pekerja

Dari faktor-faktor diatas, besar kecilnya upah di suatu perusahaan, dipengaruhi oleh sertifikasi kompetensi pekerja. Semakin banyak sertifikasi kompetensi yang dimiliki seorang pekerja dan dibarengi semakin tingginya produktivitas yang dihasilkan maka otomatis akan mempengaruhi semakin besarnya gaji atau upah yang diperoleh. 

Sertifikasi kompetensi yang dimiliki bisa dari berbagai macam kemampuan dan keahlian, misalnya kemampuan bahasa. Pada perusahaan asing, memungkinkan tenaga kerjanya berasal dari negara yang berbeda. Oleh karena itu, kemampuan bahasa sangatlah penting untuk kemudahan komunikasi sehari-hari. Bagi anda yang membutuhkan pelatihan bahasa bisa menggunakan jasa Tensai Indonesia. Lembaga Tensai Indonesia menyediakan berbagai program kursus bahasa baik untuk bahasa asing maupun bahasa kursus bahasa indonesia untuk Expatriat Jepang di Surabaya.

UMP Jawa Timur dan UMK Surabaya Tahun 2022

Upah minimum Provinsi Jawa Timur tahun 2022 ditetapkan sebesar Rp 1.891.597. Persentase UMP ini tertuang dalam Surat Keputusan Gubernur Jatim Nomor 188/783/KPTS/013/2021 tentang Upah Minimum Provinsi Jawa Timur Tahun 2022. Sedangkan untuk UMK di Jawa Timur tertinggi adalah kota Surabaya yaitu sebesar Rp 4.375.479. 

Demikian ulasan mengenai faktor yang mempengaruhi besar kecilnya upah pekerja di Indonesia. Serta, sedikit informasi mengenai besaran UMP Jawa Timur dan UMK Surabaya, agar anda dapat memperkirakan sendiri seberapa murah tenaga kerja pabrik di Surabaya.

Leave a Reply

%d bloggers like this: