10 Tips Pilih Kursus Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Jepang di Jakarta

Kursus Bahasa Indonesia
Jasa Kursus Bahasa Indonesia Untuk Ekspatriat Jepang
March 9, 2019
Kursus Bahasa Indonesia, Surabaya, Expat Jepang, Jasa Kursus, Cari Jasa Kursus, Sulit Cari Jasa Kursus, Tips Cari Jasa Kursus Bahasa Indonesia
Apakah Sulit Cari Jasa Kursus Bahasa Indonesia Untuk Expatriate Jepang Di Surabaya?
April 29, 2022

Sedang mencari kursus bahasa Indonesia untuk Expatriate Jepang di Jakarta? Kami, Tensai Nihongo Bunka Gakuin adalah tempat yang tepat! Hubungi marketing kami untuk informasi slengkapnya.

Kursus Bahasa Indonesia untuk expat Jepang? Anda wajib baca dulu tips – tips berikut ini. Bila menggunakan tips ini, Anda akan mudah menemukan tempat kursus yang berkualitas dan cepat membantu Anda jadi lancar berbahasa Indonesia. Berikut bahasan tips-nya:

1.     Cari Informasi Dulu Seputar Lulusan

Tips pilih tempat kursus bahasa Indonesia yang pertama adalah cari informasi dari expat Jepang lain yang sudah lancar berbahasa Indonesia. Mereka pasti memiliki info seputar pilihan tempat kursus di Jakarta yang bagus.

Bagi expat yang baru datang, mereka belum tentu punya hubungan bagus dengan orang Indonesia untuk cari informasi. Jadi mengandalkan kenalan asal Jepang juga, pasti lebih nyaman. Memang di dunia bisnis, hubungan Indonesia – Jepang cukup baik, tapi tetap saja orang Jepang pasti lebih percaya kenalan asal negara sendiri.

2.     Usahakan Cari yang Berpengalaman di Industri

Untuk kebutuhan skill bahasa Indonesia bagi manajer Jepang di Karawang tentu membutuhkan tempat kursus yang berkualitas. Jika tidak ingin ambil resiko salah pilih, coba cari penyedia jasa yang memiliki banyak pengalaman di Industri. Minimal mereka sudah mengajar expat Jepang sekitar 2 tahun. Di bawah pengalaman ini, biasanya keahlian penyedia jasa kurang terjamin.

3.     Pastikan Tempat Kursus Mengerti Budaya dan Moral Jepang

Hal yang paling sulit dalam memilih penyedia jasa kursus yang baik di Jakarta adalah seputar budaya dan moral. Orang jepang pasti memiliki perspektif sendiri soal tata karma dan sopan santun. Sayangnya pihak Indonesia belum tentu tahu soal ini. Jika dari interaksi saja sudah tidak cocok, pasti masalah pembelajaran tidak akan lancar.

Perbedaan kehidupan sehari – hari antara Jakarta dan Jepang sangat berbeda. Anda bisa cek beda Jakarta dan Tokyo dari macetnya. Di Indonesia frustrasi karena macet sudah biasa, tapi di Tokyo, semua serba lancar karena kendaraan umum.

Karena perbedaan ini, sebisa mungkin cari tempat kursus yang mengerti kebutuhan, budaya dan moral orang Jepang. Jika mengerti, pendekatan pembelajaran tidak lagi kaku dan bahkan lebih efek dilakukan.

Misal saja ajak peserta kursus ke spot hiburan orang Jepang di Jakarta. Cari tempat makan otentik Jepang untuk refreshing dan praktik berbahasa Indonesia secara kasual. Tempat kursus seperti ini lebih baik untuk digunakan.

4.     Pastikan Kurikulum Kursus Lengkap

Sebelum memilih tempat kursus bahasa Indonesia untuk Expatriate Jepang di Jakarta, cari tahu dulu seputar kurikulum yang ditawarkan. Apakah ada sesi praktik? Apakah ada kelas khusus grammar? Bagaimana dengan pendalaman bahasa Indonesia untuk kebutuhan dokumen kerja? Kurikulum pengajaran harus diperhatikan agar Anda dapat menikmati pengajaran yang lengkap.

5.     Pilih Tempat Kursus yang Memiliki Partner Perusahaan

Masih bingung cari kursus bahasa Indonesia di Jakarta buat Expat Jepang, tapi kerja di Karawang? Coba cari saja penyedia kursus yang memiliki koneksi dengan perusahaan. Banyak perusahaan menggunakan jasa kursus untuk melatih para karyawannya. Mengajarkan bahasa Jepang pada karyawan agar mereka bisa interaksi langsung dengan client Jepang sudah menjadi hal umum sekarang.

Jika perusahaan mempercayakan tugas mengajar ini pada penyedia jasa kursus, mereka pasti memiliki kemampuan yang bagus. Koneksi itu adalah bukti bahwa jasa kursus memang tinggi kualitasnya. Karena itu, usahakan cari jasa kursus bahasan Jepang dengan koneksi ke perusahaan.

6.     Kursus dengan Afiliasi Universitas Jauh Lebih Berkualitas

Kursus bahasa Indonesia bagi expat Jepang ada yang memiliki afiliasi dengan badan akademis seperti universitas. Umumnya penyedia jasa kursus seperti ini mampu membuka interaksi mahasiswa yang ingin belajar bahasa Jepang dengan orang Jepang asli yang ingin belajar bahasa Indonesia.

Karena afiliasi ini, tenaga pengajar yang tersedia juga lebih berkualitas. Profesor bahasa di universitas bisa datang mengisi beberapa sesi untuk kebutuhan kelas kursus. Hal seperti ini memang jarang ditemukan, tapi Anda bisa coba cari untuk dapatkan tempat kursus yang berkualitas.

7.     Memilih Jasa Kursus dengan Layanan Penerjemah

Tips untuk expat yang mau belajar bahasa Indonesia yang selanjutnya adalah mencari tempat kursus yang sedia layanan penerjemah juga. Banyak orang Jepang menyewa translator untuk percakapan sehari – hari. Bayangkan jika translator ini adalah orang yang mampu mengajarkan bahasa Indonesia juga.

Pendampingan seperti ini adalah layanan yang paling bagus untuk belajar. Selain belajar di kelas kursus, layanan penerjemah juga ikut membantu. Para peserta kursus nantinya lebih melihat kedekatan bahasa Indonesia dan Jepang dalam interaksi dengan penerjemah sehari – hari. Karena jelas lebih efektif, pastikan cari tempat kursus yang juga mampu sediakan penerjemah juga.

8.     Pilih Yang Menyediakan Layanan Online

Beberapa penyedia layanan kursus bahasa Indonesia sudah banyak yang sediakan kursus online. Kursus bahasan Indonesia online untuk orang Jepang tentu jauh lebih fleksible. Layanan ini memastikan pembelajaran bisa kapan saja dan di mana saja. Selama ada jaringan internet, peserta kursus tetap dapat ikuti pembelajaran.

Material belajar online juga lebih banyak. Contoh saja video tutorial, material artikel di internet dan juga ebook. Anda tidak harus memaksakan diri datang ke kelas kursus bila sibuk. Cukup cari saja penyedia kursus yang bisa mengajar di kelas dan juga online.

9.     Mencari Tempat Kursus dengan Size Kelas Kecil

Disaspora orang Indonesia di Jepang lebih berpusat di Jakarta. Jakarta di mata orang Jepang memang terkenal eksotik dan indah dan memang pantas jadi tujuan utama untuk tempat tinggal dan bisnis. Jadi tidak aneh jika tempat kursus di ibu kota sering penuh kelasnya. Hal ini sayangnya tidak baik.

Untuk belajar bahasa Indonesia dengan tepat, ukuran kelas maksimal adalah 24 orang saja. Lebih dari itu, penyerapan pelajaran tidak efektif. Selain itu pengajar tidak bisa fokus pada tiap peserta kursus secara lebih seksama jika jumlah banyak. Karena alasan ini, coba cari tempat kursus yang tidak terlalu penuh isi kelasnya.

10.  Pastikan Tempat Kursus Melayani Kelas Trial

Tidak semua orang Jepang di Jakarta adalah boss atau orang berkedudukan tinggi. Banya orang asal Jepang yang ingin belajar bahasa Indonesia berasal dari kaum yang berusaha cari kesempatan di negara ini. Contoh saja lulusan exchange universitas dari Jepang yang memilih kerja di Indonesia. Mereka memang belum punya kedudukan, tapi berusaha buka peluang dengan belajar bahasa Indonesia.

Golongan ini pasti lebih pilih – pilih soal pengeluaran. Jadi jika mencari tempat kursus, usahakan yang beri kelas trial. Kelas coba – coba ini dibuka gratis dan hanya beberapa sesi saja. Mereka yang tertarik bisa ikut kelas untuk merasakan sendiri bagaimana belajar bahasa Indonesia di tempat tersebut. Jika cocok, barulah mendaftar secara serius.

Sekian bahasan tips – tips cari kursus bahasa Indonesia untuk Expatriate Jepang di Jakarta. Menggunakan 10 tips di atas, Anda akan tahu bagaimana cara menemukan tempat kursus paling bagus di ibu kota ini. Mudah – mudahan bahasan di atas bermanfaat dan selamat belajar!

Leave a Reply

%d bloggers like this: