Go to Top

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo. Sungai Sumida (Sumidagawa 隅田川), salah satu jalur air klasik kota Tokyo, bisa jadi adalah tempat impian bagi fotografer. Dengan teras tepi sungai, suasana yang menarik, dan pemandangan yang mempesona, mengunjunginya pasti menjadi sesuatu yang wajib dan harus ada di daftar setiap turis. Siap untuk jadi turis ke Jepang? Ayo ajak rekan dan teman-teman Anda yang belum mahir berbahasa Jepang untuk kursus di Tensai Karawang.  Tensai adalah lembaga pendidikan budaya Jepang sekaligus jasa interpretasi dan translasi.

Namun sayangnya, banyak yang gagal memanfaatkan kesempatan yang menyenangkan dan gratis ini. Sungai ini berhulu di Chichibu (秩 父), Saitama (埼 玉), Sumidagawa merupakan anak sungai dari Sungai Arakawa (荒 川) di Akabane-Iwabuchi (赤 羽 岩 淵) di ujung utara Tokyo. Berkelok-kelo melewati tempat-tempat seperti Asakusa (浅 草), Tokyo Skytree, dan Nihonbashi (日本 橋), sungai ini seperti membelah Tokyo sebelum akhrinya bermuara di Teluk Tokyo.

Selama periode Meiji (明治), ancaman banjir memaksa pemerintah untuk membagi sungai, mengirim sebagian besar air ke saluran buatan manusia. Sungai baru ini mempertahankan nama Arakawa. Air yang terus mengikuti rute asli Arakawa diberi nama Sumidagawa.

Sungai Sumidagawa merupakan media transportasi atau jalan yang paling mudah ditempuh, secara teknis, bisa ditempuh dalam sehari. Namun, jauh lebih baik untuk meluangkan waktu Anda dan memisahkan perjalanan selama beberapa hari.

Sungai Sumidagawa memiliki keheningan luar biasa yang membuat sulit untuk membayangkan Anda bertanya-tanya melalui jantung Tokyo. Sebagian besar sungai dapat dilalui menggunakan teras sungai yang disajikan dengan baik, namun, karena adanya beberapa aktivitas pemeliharaan sungai, Anda kadang-kadang perlu memutar ke daratan sebelum bergabung kembali dengan teras sungai ini lebih jauh.

Beberapa teknik Fotografi

Sebelum membahas sepuluh lokasi spot foto fantastik di Sungai Sumida Tokyo ini, inilah beberapa tips membidik objek di sepanjang sungai ini guna mendapatkan gambar-gambar dramatis yang sempurna.

Kunci fotografi yang baik adalah pencahayaan. Ikuti matahari dari timur ke barat jika Anda menginginkan pencahayaan yang lembut dan seimbang – atau beralihlah ke arah matahari untuk mendapatkan cahaya dan kontras yang kuat.

Komposisinya juga penting; berpikir sebelum kamu menentukan bidikan. Jangan mengacaukan foto Anda dengan terlalu banyak hal. Latar belakang yang sederhana membantu menyoroti bangunan dan pemandangan sungai. Pertimbangkan sudut mana yang akan menghasilkan bidikan paling dramatis.

Terkadang mengambil gambar dari atas atau di bawah tingkat mata bisa mengubah objek yang biasa menjadi sesuatu yang istimewa.

Gambaran umum objek wisata klasik sangat bagus, tetapi cobalah mempersonalisasi gambar Anda dengan bereksperimen dengan foto yang lebih tidak biasa.

Kontras warna di sungai tepat sebelum matahari terbenam sungguh menakjubkan. Bangunan yang membosankan tiba-tiba mengambil bentuk artistik.

Cahaya matahari malam membuat pemandangan biasa menjadi luar biasa. Ini adalah sesuatu yang kadang-kadang diabaikan mata kita, tetapi kamera pasti memperhatikan – jadi cobalah.

Di sisi teknis, cobalah mengatur kamera ke manual dan gunakan kecepatan film 100 ISO. ISO yang lebih rendah menghasilkan gambar yang lebih bersih. Kecepatan ISO yang lebih tinggi baik untuk aksi dan kondisi cahaya rendah, tetapi untuk jenis fotografi kisaran ISO 50-200 itu sudah lebih dari cukup.

Jika Anda suka, silahkan menggunakan kecepatan rana yang cepat – antara 1/200 hingga 1/400. Cobalah, teknik itu akan membantu memberikan ketajaman objek sungai dan lanskap.

Untuk menangkap gerakan silahkan kurang kecepatan secara signifikan, namun, “aliran sungai” bukan fitur kunci dari Sumidagawa.

Anda juga bisa menggunakna keseimbangan warna netral dengan penghentian otomatis. Ingat, untuk latar belakang dan latar depan yang terfokus (ideal untuk lanskap), bukaan yang lebih kecil (F-number yang lebih tinggi) adalah yang terbaik.

Akan tetapi pada akhirnya, semua penjelasan teknis menjepret ini jangan sampe membuat Anda pusing.

Anda dapat mengambil gambar yang sangat bagus menggunakan ponsel kamera. Ingat saja aturan – kesabaran, mata yang tajam, latar belakang yang rapi dan cahaya yang baik.

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

1. Taman Shioiri (汐入公園) hingga Jembatan Shirahigebashi (白髭橋)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Perjalanan satu jam kita Sumidagawa bermula dari Taman Shioiri di Senju (千 住). Shioiri adalah taman yang indah. Mulai dari Jembatan Senju Shioiri-Ohashi (千 住 汐 入 大橋) yang menawarkan pemandangan Skytree yang sempurna.Taman ini menjadi favorit burung air dan memiliki menara kecil observasi dari kayu dengan pemandangan sungai. Dari Shioiri, spot foto fantastik di Sungai Sumida pertama ini, mulailah perjalanan Anda ke selatan menuju Skytree.

2. Kuil Ishihama (石浜神社)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Tepat sebelum Shirahigebashi, Anda akan melewati Kuil Ishihama (Arakawa-ku) yang sangat indah. Spot foto fantastik di Sungai Sumida kedua ini sangatlah berusia tua. Dengan sejarah 1300 tahun, itu mengabadikan Jurojin (寿 老 神), salah satu dari tujuh dewa keberuntungan. Kuil ini dibuat oleh Kaisar Shomu (聖 武天皇) pada tahun 724. Kuil Ishihama ini memiliki kekuatan sejarah yang luar biasa dan selain itu, kuil ini juga terhubung dengan Kuil Ise yang terkenal (伊 勢 神宮).

Namun sayangnya, Tokyo Gas, sebuah perusahaan supplai gas besar di Tokyo, memutuskan untuk membangun fasilitas penyimpanan di belakang kuil beberapa tahun yang lalu. Dari tepi sungai, itu membuat pemandangan lucu dan penjajaran menarik antara tradisional yang sakral dengan dan keriuhan kehidupan modern.

3. Shirahige-bashi hingga ke Umayabashi (厩橋)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Perjalanan satu hingga dua jam ini dimulai sedikit ke pedalaman dari Shirahige-bashi di mana ada dua kuil terkenal – Sensō-ji (浅 草 寺) dan “adik kecilnya”, Matsuchiyama Shoden (待 乳山 聖 天).

Sensō-ji bisa dibilang kuil yang paling banyak difoto di Tokyo, tapi tolong jangan abaikan Matsuchiyama Shoden. The Matsuchiyama, terletak sangat dekat dengan sungai Sumida , memiliki cerita yang menarik. Rupanya, bukit tempat kuil dibangun di atasnya, adalah bukit yang muncul secara ajaib pada tahun 595 dan sejak itu, bukit ini pun dianggap sebagai tempat suci.

Selama zaman Edo (江 戸) kali, Matsuchiyama adalah tempat untuk menyaksikan keindahan sungai. Di sana telah ada cetakan Nishikie (錦 絵) dan puisi yang didedikasikan untuk itu. Kuil ini memiliki museum kecil, taman, dan kereta gantung yang membawa Anda dari permukaan jalan ke area doa sepuluh meter di atasnya.

4. Di Bagian Atas Sungai Sumida

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Di bagian selatan Matsuchiyama, Anda bisa memasuki bagian Sumidagawa yang paling terkenal dan paling banyak difoto. Antara Sakurabashi (桜 橋) dan jembatan Azumabashi (吾 妻 橋), spot foto fantastik di Sungai Sumida keempat ini, Anda akan menemukan pemandangan terbaik dari Skytree, patung seni emas di atas Asahi Beer Hall, dan banyak perahu air yang melintasi sungai.

Anda bisa mengambil foto foto klasik sebanyak mungkin di bentangan sungai ini. Di luar gambar yang lebih konvensional, cobalah mencari refleksi terhadap gedung kantor, atau aktivitas air untuk menghaslkan jepretan yang unik.

5. Umayabashi hingga ke Nihonbashigawa (日本橋川)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Perjalanan berikutnya adalah dua sampai tiga jam berjalan ke selatan Umayabashi di mana pemandangan berubah sekali lagi. Situs-situs wisata berubah menjadi kantor dan bangunan tempat tinggal. Perpaduan lama dan baru. Anda sekarang melewati salah satu daerah tertua di Tokyo. Di sebelah kanan Anda adalah Asakusabashi (浅 草橋), yang terkenal dengan toko boneka tradisional Jepangnya. Asakusabashi, yang dulu merupakan jembatan utama, sekarang menjadi nomor dua terhadap jembatan di kedua sisinya.

Sangat menarik untuk dicatat bahwa pada zaman Edo, kuil Sensō-ji membentang sampai ke sini. Di tepi kiri adalah Ryogoku (両 国), distrik yang identik dengan sumo. Ada Edo, serta Museum Sumida Hokusai yang baru dibangun (す み だ 北 斎 美術館) di sini. Daerah ini juga memiliki banyak toko ramen yang sangat baik dan Anda dapat sering melihat pegulat sumo junior berkeliling dengan pakaian tradisional mereka sambil menikmati makanan.

Jembatan sederhana yang membentang di air ini menawarkan kesempatan untuk mendapatkan foto yang jernih dan tersembunyi. Jangan hanya berjalan melewati mereka – ini adalah kesempatan Anda untuk menjadi sedikit kreatif! Pertimbangkan untuk mengambil bidikan Kuramaebashi (蔵 前 橋) – yang bisa menambahkan nuansa kuning yang kuat dan struktur metalik yang mencerminkan air dengan baik.

6. Jembatan Shin Ohashi (新大橋)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Melanjutkan menyususi sungai, Anda datang ke jembatan Shin Ohashi, yang diabadikan dalam cetakan woodblock Ukiyo-e (浮世 絵) oleh seniman Jepang ternama, Hiroshige (歌 川 広 重). Salinan gambar dapat dilihat di sisi Asakusabashi, menuju ke jembatan Shin Ohashi. Cetakan ini merupakan bagian dari Seratus Koleksi Terkenal dari Edo. Warna Hiroshige dan goresan diagonal membuatnya populer di Eropa, sehingga membuat seniman Eropa, Van Gogh menjadi penggemar yang tergila-gila.

Ukiyo-e woodblock print menggambarkan pedagang menyeberangi jembatan dalam hujan, sementara di latar belakang seorang tukang perahu mendorong rakitnya, mencari tempat berlindung. Jembatan saat ini tidak lagi memancarkan tradisi seperti itu akan tetapi bisa menciptakan foto yang indah.

7. Taman Teras Bantaran Sungai Sumida

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Penyair Jepang yang paling terkenal, Matsuo Basho (松尾 芭蕉), juga tinggal di sekitar jembatan Shin Ohashi di mana Anda akan menemukan beberapa taman teras bantaran sungai yang indah. Situs rumahnya sekarang adalah kuil dan ada museum yang indah yang berfokus pada karir dan kehidupannya. Dari sinilah ia memulai perjalanan terkenalnya ke “interior” – yang ia tulis dalam bukunya, Oku no Hosomichi (奥 の 細 道).

Area ini juga memiliki banyak celah-celah fotogenik yang dapat dieksplorasi, jadi layak menghabiskan sedikit waktu untuk melihat-lihat pemandangan.

8. Jembatan Tsukuda (佃) dan Eitaibashi (永代橋)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Melewati titik ini, pemandangan kembali berubah, ketenangan dan tradisi lenyap, diganti dengan “ledakan” modernitas! Tsukuda benar-benar menakjubkan. Selama zaman Edo, pulau itu lebih kecil dari pulau kecil yang biasa digunakan untuk penyimpanan, tempat bagi orang untuk berhenti ketika perjalanan. Hari ini, gedung pencakar langit modern mendominasi pemandangan. Gedung-gedung ini menjulang seperti monolit yang sangat kontras dengan pinggiran kota yang tenang sebelum itu.

Seperti Skytree di Asakusa, Tsukuda membuat pantai menjadi hidup. Di spot foto fantastik di Sungai Sumida ke 8 ini Anda akan mendapatkan menara hunian bergengsi yang dirancang untuk terlihat seperti pembentukan kabuto (兜), semaca helm pertempuran samurai tradisional. Efeknya mengejutkan, memungkinkan penduduk menikmati pemandangan sungai dan Teluk Tokyo. Menara itu sendiri tidak terbuka untuk umum, tetapi Anda dapat berjalan di sekitar taman sekitarnya. Daerah ini juga terkenal dengan hidangan lezat yang disebut monja-yaki (も ん じ ゃ 焼 き), pancake ala Jepang dan Kanto (関 東) yang menandingi okonomiyaki dari Osaka (お 好 み 焼 き).

9. Jembatan Chuo Ohashi (中央大橋)

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Jembatan Chuo Ohashi yang spektakuler menghubungkan “daratan” ke pulau itu. Dibangun pada tahun 1994, sekitar waktu yang sama dengan Jembatan Rainbow di Teluk Tokyo, Jembatan Chuo Ohashi adalah jembatan terbaru kedua di Sumidagawa. Jembatan Chuo Ohashi ini dirancang, seperti patung Asahi Beer, oleh tim Prancis untuk melambangkan persahabatan antara Sumidagawa dan “saudari” Perancis, Seine.

Dari Chuo-Ohashi, menghadap ke utara. Biarkan mata Anda mengikuti jalan kembali, melintasi Eitaibashi dan ke Skytree. Di tempat ini Anda mendapati spot foto fantastik di Sungai Sumida ke9. Anda akan mendapatkan foto yang indah dan nuansa perpisahan yang pas.

10 Titik Akhir Sungai Sumida

10 Spot Foto Fantastik di Sungai Sumida Tokyo

Inilah spot foto fantastik di Sungai Sumida ke 10. Berjalan sedikit lebih jauh ke selatan, sampailah Anda ke akhir resmi Sumidagawa, yaitu pasar Tsukiji (築 地 市場) dan Namiyoke Inari (波 除 稲 荷 神社), sebuah kuil yang didedikasikan untuk “perlindungan dari gelombang”. Di luar titik ini adalah Teluk Tokyo yang indah yang bisa menjadi cerita keindahan Jepang yang lain.

Jadi jika Anda menyukai fotografi, mengapa tidak mengambil tur yang disarankan di Sumidagawa dan menemukan beberapa pemandangan yang menakjubkan untuk Anda nikmati?

Sumber: http://jpninfo.com/71421

, ,