Go to Top

Bagi Penggemar Balapan Mobil Inilah 8 Sirkuit Terkenal di Jepang

Sirkuit Terkenal di Jepang

Bagi penggemar balapan mobil Inilah 8 Sirkuit terkenal di Jepang. Tersembunyi di dalam lanskap alam Jepang yang tenang dan damai dan tidak banyak wisatawan mungkin memperhatikan, inilah 8 jalanan beraspal panjang yang menjadi rumah bagi event-event internaionoal seperti Formula 1 dan kejuaraan Super GT.

Bagi Anda semua penggemar balapan, berikut ini adalah 8 sirkuit balap terbaik yang harus Anda kunjungi saat berada di Jepang Timur. Kapan jalan-jalan ke Jepang? Ayo ajak rekan dan teman Anda untuk lebih banyak tahu tentang budaya Jepang. Kursus yg tepat di Karawang Galuh Mas dan sekitarnya tentu di Tensai Karawang ini. Lembaga ini menawarkan juga jasa interpretasi dan translasi bahasa Jepang. Tersedia interpreter Jepang yang handal begitu juga translasi dokumen dan file-file baik word pdf excel hingga audio video.

1. Fuji International Speedway

  • Terletak di Prefektur Shizuoka, Fuji Speedway merupakan salah satu area balap paling populer tidak hanya di Jepang tetapi di seluruh dunia. Berlokasi hanya beberapa kilometer dari Gunung Fuji, sirkuit ini dikenal karena memiliki salah satu jalur terpanjang (1.5km) di jalur olahraga motor. Selain itu juga dikenal karena memiliki Gunung Fuji sebagai latar belakangnya yang menakjubkan. Meskipun didirikan pada tahun 1963, lintasan ini telah terlihat banyak renovasi. Sekarang dalam konfigurasi ke-5, lintasan sepanjang 4.563 km dan memiliki total 16 putaran. Peristiwa balap utama termasuk Kejuaraan Ketahanan Dunia, Super GT, Super Formula, Super Taikyu, dan sirkuit terkenal di Jepang ini juga telah menjadi tuan rumah untuk Formula 1.

Sirkuit Terkenal di Jepang

2. Twin Ring Motegi

  • Terletak di Prefektur Tochigi, Twin Ring Motegi, seperti namanya, sirkuit terkenal di Jepang ini adalah rumah bagi dua trek balap. Salah satunya adalah trek oval 2.493km dan yang lainnya adalah jalan 4,8 km. Dibangun oleh Honda pada tahun 1997, sebagai bagian dari upaya perusahaan untuk menghadirkan Seri IndyCar, sebuah seri balap roda terbuka Amerika, ke Jepang. Sejak itu, lintasan oval telah menjadi tuan rumah untuk CART dan Liga Balap Indy, serta perlombaan pameran untuk NASCAR pada tahun 1998. Jalan yang lebih populer adalah tempat MotoGP, Super GT, Super Formula, Super Taikyu, dan lainnya. Di dalam fasilitas ini juga ada Honda Collection Hall dan hotel bagi mereka yang ingin merasakan Motegi secara keseluruhan.

Sirkuit Terkenal di Jepang

3. Tsukuba Circuit

  • Sirkuit Tsukuba mungkin tidak sebesar sirkuit di daftar ini, tapi sirkuit terkenal di Jepang ini pasti salah satu yang paling populer. Terletak di prefektur Ibaraki, Sirkuit Tsukuba adalah salah satu trek terdekat dari Tokyo juga. Dibuka pada tahun 1970 untuk menarik orang-orang muda ke olahraga motor, lintasan ini hanya sepanjang 2.045 km dan memiliki 14 belokan. Lintasan mungkin tidak memiliki acara balap besar, tetapi dapat terlihat mengumpulkan banyak orang dengan acara populer pada acara oprek mobil dan kopdar sesama penggemar balapan.

Sirkuit Terkenal di Jepang

4. Sportsland SUGO

  • Dibuka pada tahun 1975, fasilitas motorsports yang berlokasi di Prefektur Miyagi ini memiliki luas 2,1 juta m². Di samping sebagai area balap mobil, juga sebagai area ajang motorcross, ajang uji coba, dan balap go-kart. Pemiliknya saat ini adalah Yamaha Motor Co., yang memproduksi jajaran sepeda motor, perahu, mobil salju, dan kendaraan bermotor lainnya. Balapan seperti Super GT, MFJ Superbikes, Super Formula, dan Super Taikyu dapat disaksikan pada ajang balap sepanjang 3.737km ini.

Sirkuit Terkenal di Jepang Sirkuit Terkenal di Jepang Sirkuit Terkenal di Jepang

5. Tokachi International Speedway

  • Hamparan tarmak yang agak baru terletak di desa Sarabetsu di Hokkaido. Tokachi menawarkan dua konfigurasi untuk balapan; Grand Prix Course yang akan menawarkan pembalap ke putaran maksimum 5.091km, dan Course Clubman yang akan 3.405km per lap. Sirkuit ini dibuka pada tahun 1993 dan telah menjadi tuan rumah untuk perlombaan seperti Formula Nippon dan Kejuaraan GT Jepang (sekarang dikenal sebagai Super GT). Meskipun relatif datar saja, mereka yang di Hokkaido akan memiliki banyak kesenangan mengemudi diarea datar ini.

Sirkuit Terkenal di Jepang

6. Suzuka Circuit

  • Sebuah trek balap motorsport yang terletak di Ino, Kota Suzuka Prefektur Mie dengan kapasitas 155.000, Sirkuit Suzuka memiliki banyak hal yang ditawarkan: dari Taman Hiburan, restoran, hotel hingga acara Motorsport dan track balap terbaik dengan 8 layout!Orang yang mengembangkan sirkuit permanen di daerah itu adalah Soichiro Honda (pada akhir 1950-an) dan pada tahun 1962, sementara itu seoarng orang Belanda bernama John “Hans” Hugenholtz mendesainnya sebagai jalur uji Honda.Selama kurun waktu itu, sirkuit Suzuka ini telah dimodifikasi 4 kali dan dapat digunakan dalam 5 konfigurasi: sirkuit penuh sepeda motor, sirkuit penuh mobil, “Suzuka East”, “Suzuka West car”dan “Suzuka West Motorcycle”.

    Sirkuit Suzuka ini merupakan salah satu trek tertua yang tersisa dari Kejuaraan Dunia Formula Satu sejak 1987. Selain itu Sirkuit Suzuka ini pun memiliki sejarah panjang balapan sebagai tempat Grand Prix Jepang dan kejuaraan dunia yang tak terhitung jumlahnya yang telah diadakan di trek ini.

Sirkuit Terkenal di Jepang

7. The Okayama Circuit

  • Sirkuit Internasional Okayama dikenal dengan nama Sirkuit TI Aida hingga 31 Desember 2004. Dengan jarak 3.7km. Trek balap motorsport, tidak hanya mengadakan acara balap, tetapi juga disewakan untuk sepeda dan go kart!Formula V6 Asia, FIA World Touring Car Championship adalah beberapa acara utama yang diadakan di Okatyama, sirkuit terkenal di Jepang ini.

Sirkuit Terkenal di Jepang

8. Autopolis (オートポリス Ōtoporisu)

  • Sirkuit internasional, Autopolis terletak di Prefektur Oita, dekat Desa Kamitsue (30km N-E Kumamoto) dan dibuka pada tahun 1990.Sirkuit ini terletak di Taman Nasional Aso Kujiyu dan dirancang oleh pemimpin proyek tim Honda F1 (1960-an), Yoshitoshi Sakurai.

    1991 World Sportscar Championship adalah balapan yang paling terkenal yang diadakan di Autopolis dan sirkuit saat ini mengadakan acara untuk Super Formula, Super GT, MFJ Superbike dan Super Taikyu!

Sirkuit Terkenal di Jepang

Sumber: http://jpninfo.com/25476

, ,