Mari Mengenal Japan Post Holding dan Peluang Bisnisnya di Indonesia
July 16, 2022
Profil Perusahaan Jepang Honda Motor; Info Karir, dan Peluang Bisnis
August 3, 2022

Bagaimana Peluang Bisnis Sumitomo Mitsui Financial di Indonesia?

Perusahaan Jepang Sumitomo Mitsui Financial sering dipandang sebagai salah satu perusahaan besar internasional yang sukses. Perusahaan ini menarik dibahas karena saat ini aktif mengembangkan kekuatan bisnisnya di Indonesia.

Banyak pengamat bisnis sering menimbang dan menganalisis apakah perusahaan ini memiliki kesempatan baik di Indonesia. Bagi Anda yang penasaran tentang perkembangan perusahaan ini, mari bahas bersama topik ini pada artikel ini!

Mengenal Perusahaan Sumitomo Mitsui Finansial

Sebelum bahas potensi perusahaan Sumitomo Mitsui Financial di Indonesia, ada baiknya bahas beberapa informasi dasar tentang perusahaan ini. Perusahaan ini tergolong baru karena baru berdiri di Jepang pada tahun 2002. Namun sejak berdiri, perusahaan ini berkembang cepat sampai saat ini.

Dari data The Banker Database, diketahui bahwa perusahaan ini termasuk golongan 1000 bank tersukses 2022. Dari sini dapat dilihat betapa suksesnya perusahaan ini bergerak di dunia perbankan. Mulai dari layanan perbankan umum, digital fintech service dan bahkan kebutuhan investasi, layanannya tersedia lengkap di sini.

Kemampuannya yang besar di Jepang mempermudah perusahaan ini berkembang ke berbagai negara lain juga. Anda dengan mudah melihat cabang Sumitomo Mitsui Financial di negara seperti India, Singapura, Amerika dan Arab.

Usaha Perusahaan Sumitomo Mitsui Finansial Masuk ke Indonesia

Perusahaan ini juga akhirnya membuka cabang di Indonesia tapi dengan bantuan perusahaan perbankan lain seperti CIMB Niaga dan Bank Sakura Swadharma. Perkembangan di Indonesia ini merupakan langkah baru untuk masuk sebagai investor dunia perbankan di Indonesia.

Sebagai bank dari luar, reach perusahaan ini diandang masih sempit. Anda yang melihat masyarakat Indonesia pasti bisa menebak tantangannya. Kebanyakan orang lebih percaya bank lokal. Selain itu, kebanyakan masyarakat Indonesia tidak terlalu mengerti soal perbankan.

Masih banyak orang hanya menggunakan bank untuk sekedar menabung tanpa tahu fungsi lain seperti investasi dan pembayaran digital. Walaupun penuh tantangan seperti ini, Sumitomo Mitsui Financial melihat potensi di Indonesia.

Potensi terbesar Indonesia adalah penduduk dan ukuran daya beli-nya. Jika melihat komposisi GDP Indonesia, konsumsi adalah bagian yang cukup besar. Karena spending masyarakat Indonesia besar, layanan finansial yang ditawarkan juga banyak opsi.

Jika Sumitomo Mitsui Financial bisa melayani sebagai layanan pembayaran 10% masyarakat Indonesia, jumlah konsumen yang di dapat sudah capai 27 juta orang. Jumlah ini bisa jadi pemasukan besar untuk perusahaan secara konstan.

Tahun ini Sumitomo Mitsui Financial masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes.

Selain perbankan, Sumitomo Mitsui Financial Group juga membuka berbagai perusahaan pendukung lain di Indonesia. Sebagian besar masih berupa finansial, tapi lebih diversifikasi ke arah asuransi kendaraan, leasing dan investasi. Berikut adalah beberapa nama cabang perusahaan tersebut:

  • Summit Investment Indonesia
  • Asuransi Sumit Oto
  • Oto Multiartha
  • Summit Oto Finance
  • Summit Auto Group
  • SMFL Leasing Indonesia
  • Nikko Sekuritas Indonesia
  • SBCS Indonesia

Menggunakan cabang tersebut, Sumitomo Mitsui Financial makin terintegrasi ke ekonomi Indonesia. Jika sudah terintegrasi, tinggal mengurus perusahaan agar bisa berkembang terus ke depannya.

Peluang Bisnis Sumitomo Mitsui Finansial Makin Terbuka Berkat BTPN

Potensi Sumitomo Mitsui Financial makin besar pada tahun 2019 lalu berkat berhasil merger dengan BTPN. Merger ini tidak hanya ditujukan untuk menembus pasar finansial Indonesia tapi juga area Asia Tenggara. Mengingat Indonesia memiliki peran penggerak ekonomi di ASEAN, hal ini tentu menarik diperhatikan.

Penggabungan ini dilakukan karena posisi Sumitomo Mitsui Financial yang membuka cabang sendiri tidak terlalu kuat. BPTN sendiri memiliki marketshare yang tidak terlalu besar jika dipandang dengan bank besar Indonesia lain. Karena hal ini, keduanya memutuskan menyatukan kemampuan agar bisa lebih kuat bersaing.

BPTN memiliki pengalaman lebih bekerja melayani masyarakat Indonesia. Jadi dengan dukungan dana dari Sumitomo Mitsui Financia Group, potensi perusahaan merger ini makin kuat. Diprediksi, BPTN baru ini akan menggunakan kemampuannya mendukung bisnis – bisnis baru startup dan invetasi UMKM.

Dari pemberitaan CNN Indonesia, BPTN devisi Syariah menekan terus pendanaan startup walau di situasi ekonomi yang cukup sulit di pertengahan 2022 ini. Pemberitaan dari Kontan juga menunjukkan bahwa BPTN punya platform khusus digital banking untuk lebih layani UMKM dan korporasi.

Dari bukti kinerja ini, tidak aneh jika banyak orang melihat peluang bisnis Sumitomo Mitsui Financial akan makin besar di Indonesia. Jika berhasil di Indonesia, banyak staff ahli Jepang bisa di datangkan ke sini untuk pergerakan bisnis yang lebih ekstrem.

Langkah Bisnis yang Memungkinkan Sumitomo Mitsui Financial Sukses di Indonesia

Walaupun sudah berkembang baik di Indonesia, bukan berarti posisi Sumitomo Mitsui Financial sudah optimal. Untuk berkembang lebih besar, Sumitomo Mitsui Financial dan BPTN harus menekan lebih baik soal layanan pasar finansial Indonesia.

Untuk melakukan pengembangan ini, berikut adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan oleh pihak Sumitomo Mitsui Financial:

Usahakan Selalu Networking dengan OJK

Dalam hal perbankan di Indonesia, OJK memegang kendali. Di dunia modern ini, perubahan aturan selalu terjadi dengan cepat. Fintech selalu bergerak cepat dibandingkan peraturan yang berlaku tentangnya. Jadi pastikan selalu kuat hubungan dengan OJK untuk dapat dengan cepat melakukan adaptasi menurut aturan perbankan baru yang berlaku.

Lebih Integrasi dengan Fintech di Sisi Konsumsi

Walaupun sudah mengembangkan sistem layanan dana UMKM, startup dan korporasi, BPTN dan Sumitomo Mitsui Financial harus menekan perkembangan di sisi masyarakat umum. Penggunaan fintech digital untuk pembayaran lebih besar pasarnya di Indonesia. Jika bisa masuk ke aspek ini, ukuran bisnis Sumitomo Mitsui Financial akan berkembang makin besar.

Gunakan Staff Ahli Dari Jepang Untuk Berperan di Indonesia

Sumitomo Mitsui Financial Group memiliki pusat kinerja di Jepang. Dari operasinya, banyak staff ahli asal Jepang dapat ditransfer untuk pegang beberapa job penting di Indonesia. Peranan staff ahli internasional akan menarik potensi Sumitomo Mitsui Financial di Indonesia. Apalagi untuk pengurusan proyek baru.

Staff di Indonesia memang banyak yang berkualitas, tapi proses screeningnya akan makan waktu. Jika transfer dari staff ahli Jepang, prosesnya jauh lebih cepat dilakukan. Cukup memastikan pelatihan komunikasi dan bahasan Indonesia saja jika ingin menggunakan staff ahli tersebut. Proses pelatihan tidak akan makan waktu sebanyak proses penyaringan karyawan ahli di Indonesia.

Pelatihan Staff Jepang Lebih Baik dengan Tensai Karawang

Untuk kebutuhan pelatihan staff Jepang dari pusat, Sumitomo Mitsui Financial bisa menggunakan jasa Tensai Karawang. Perusahaan ini sudah menjadi pilihan banyak perusahaan dengan staff expat di Indonesa. Edukasi yang menyenangkan, efisien dan modern membuat Tensai Karawang lebih diminati.

Staff yang cepat menggunakan bahasa Indonesia akan lebih mudah bekerja di proyek – proyek penting. Proses pembelajaran juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan individu itu sendiri. Jadi proses pelatihan bahasa tidak menekan dan tetap mudah digunakan.

Bila ingin rangkul lebih banyak staff ahli Sumitomo Mitsui Financial Group untuk aktif di Indonesia, peran Tensai Karawang pasti membantu. Ayo hubungi sekarang juga!

Leave a Reply

%d bloggers like this: