Perusahaan Jepang Sony
Kisah Perusahaan Jepang: Sony, Konglomerat Teknologi Jepang yang Merambah ke Pasar Game
July 14, 2022
Mari Mengenal Japan Post Holding dan Peluang Bisnisnya di Indonesia
July 16, 2022

Perusahaan Softbank adalah salah satu nama yang sering muncul untuk urusan investasi di Indonesia. Nama Softbank memikat masyarakat mainstream karena mereka batal menjadi penyedia dana pembangunan ibu kota baru Indonesia di Kalimantan

Apa sebenarnya perusahaan Softbank asal Jepang ini? Jika Anda ingin tahu lebih banyak, mari bahas bersama dalam artikel ini!

Peran Softbank di Indonesia

Softbank adalah perusahaan komunikasi di Jepang, namun karena asetnya yang besar, kinerjanya merambah ke berbagai hal. Di Indonesia, perusahaan ini lebih fokus sebagai penggerak investasi di perusahaan – perusahaan lainnya.

Tentu saja sebagai perusahaan komunikasi, banyak layanan tentang penyediaan mobile device, service dan pembangunan tower sinyal dapat ditemukan. Namun hal ini hanya sebagian saja. Di Indonesia, komunikasi di pegang oleh perusahaan BUMN Telkom. Jadi Softbank tidak beroperasi sendiri tapi bekerja sama dengan Telkom untuk pemenuhan infrastruktur mobile.

Di sisi lain, Softbank juga menjadi promotor investasi yang kuat di Indonesia. Seperti yang disinggung pada awal artikel, Softbank pernah menjalin kotak dengan pemerintah untuk investasi pembangunan ibu kota baru. Walaupun investasi gagal dilaksanakan, berita ini sudah menjadi bukti peran Softbank di ekonomi Indonesia.

Tahun ini Softbank masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Menurut data dari Databooks, Peran investasi Softbank yang paling besar di Indonesia ada 6 yaitu pada perusahaan Alodokter, Tokopedia, Ajaib, Grab Indonesia, OY! Indonesia dan Modalku. Total investasi Softbank di Indonesia bahkan mencapai 46,6 triliun Rupiah.

Dari ukuran investasi ini, Anda bisa bayangkan seberapa besar pengaruh Softbank dalam banyak perusahaan di Indonesia. Peran perusahaan ini diperkirakan akan lebih besar karena Indonesia membuka ekonominya untuk investor luar negeri sejak 2019 lalu.

Aspek ini tentu menarik bagi Anda yang ingin mengincar karir di perusahaan ini. Peran Softbank yang makin besar di Indonesia artinya keperluan staff juga makin terbuka. Apakah Anda tertarik untuk mendaftar kerja di Softbank?

Daya Tarik Bekerja di Softbank

Karena perannya di Indonesia tersebut, banyak orang tentu tertarik bekerja di sini. Sebagai perusahaan yang memiliki reach internasional, karir di perusahaan ini pasti lebih menarik. Ingin tahu apa saja yang bisa Anda dapatkan jika bekerja di sini? Mari bahas beberapa hal tersebut di bawah ini:

  • Memberi bayaran yang tinggi. Sebagai perusahaan internasional, batasan gaji di sini jauh lebih tinggi dibandingkan perusahaan dalam negeri pada umumnya.
  • Memberi status dan prestige tersendiri. Bekerja di perusahaan internasional pasti memberi pamor tersendiri.
  • Membuka peluang membuat koneksi lebih luas. Softbank memiliki jaringan di banyak negara lain. Jadi Anda yang bekerja di Softbank dapat mengenal orang – orang di bidang bisnis internasional lainnya.
  • Membuka jalur bekerja di negara lain. Walaupun awalnya bekerja di Softbank Indonesia, Anda bisa saja direkrut untuk pindah kerja di cabang Singapura contohnya.

Hal yang Penting Diperhatikan Untuk Peluang Karir Softbank

Sebelum Anda terjun bekerja di Softbank, ada tiga hal penting yang perlu Anda ketahui tentang peluang karir di sini. Berikut adalah penjelasannya:

Persaingan Lebih Ketat

Bagi Anda yang ingin bekerja di Softbank, Anda harus siap bersaing secara global. Memang banyak proyek perusahaan ini berhubungan dengan Indonesia, tapi bukan berarti perusahaan ini hanya ambil pekerja dari Indonesia.

Cabang Softbank sudah banyak ditemukan di berbagai negara Asia Tenggara dan para masing – masing cabang dapat bertukar. Karyawan yang bekerja di kantor cabang Softbank Indonesia misalnya dapat terdiri dari orang Indonesia, Jepang, Singapura, Malaysia dan Thailand.

Karena faktor ini, Anda harus siap bersaing dengan keras untuk peluang karir bekerja di sini. Tentu saja bobot bekerja di cabang Indonesia akan lebih terbuka pada situasi tertentu. Perusahaan ini bisa mencari karyawan yang fleksibel sebagai perantara komunikasi antara cabang – cabang yang lain. Jadi dapat disimpulkan Anda harus belajar berbagai bahasa untuk dapat bekerja nyaman di Softbank.

Ketahui Bagian Softbank yang Ingin Anda Masuki

Perusahaan Softbank di Indonesia memiliki 2 fungsi. Pertama adalah sebagai perusahaan Telecom dan yang kedua adalah perusahaan investasi. Peran investasi adalah yang membuat Softbank di kenal masyarakat, tapi Anda bisa membuka karir di sisi Telecom-nya.

Kualifikasi komunikasi tentu penting untuk bekerja di dua sisi Softbank tersebut. Namun skill ini hanya satu dari banyak kualifikasi yang dicari perusahaan ini. Anda harus aktif dan memiliki kemampuan bisnis tinggi terutama jika menarget peran di sisi investasi.

Bagi Anda yang tertarik masuk divisi investasinya, Anda harus pastikan memiliki kemampuan lebih dalam hal koneksi dan informasi. Pastikan selalu sensitive tentang proyek, startup dan usaha yang muncul sebagai potensi investasi. Semakin baik Anda soal ini, mekin bagus prospek Anda dalam perusahaan.

Pada beberapa waktu lalu, Softbank mulai meningkatkan jumlah investasinya pada beberapa proyek dan perusahaan di Indonesia. Untuk mengambil peran ini, koneksi dan tenaga kerja khusus pasti dibutuhkan. Anda bisa terjun untuk mengisi kebutuhan tersebut.

Jalur Lain Membuka Kesempatan Masuk Softbank

Banyak perusahaan baru yang menjadi tempat Softbank investasi. Sebagai Contoh, Anda bisa lihat dari listing kerja Jobstreet. Perusahaan seperti PT Mitrausaha Indonesia Grup dan AccelByte Inc masih berkembang dan membuka rekrutmen. Anda yang bekerja di Softbank bisa memegang peran sebagai jembatan perusahaan tersebut untuk komunikasi investasi.

Opsi bekerja sebagai subsidari di perusahaan tempat Softbank investasi juga menarik. Anda harus buka kesempatan membuat koneksi ke Softbank untuk pilihan jalan masuk yang lebih mudah. Coba saja pilihan perusahaan tersebut terlebih dahulu jika ingin cari pengalaman dan koneksi ke Softbank.

Pilihan jalur ini memang tidak memastikan Anda langsung bekerja di bawah Softbank. Namun mengingat kebutuhan kemampuan yang ketat, jalur koneksi bisa dimanfaatkan. Pastikan coba opsi ini jika sudah gagal memilih jalur lain untuk bekerja di Softbank.

Pastikan Skill Komunikasi Anda Bagus dengan Tensai Karawang

Bagi Anda yang ingin lancar komunikasi dengan expat Jepang yang ada di Softbank, pastikan coba belajar di Tensai Karawang. Jasa akademis bahasa ini memastikan Anda memiliki skill komunikasi bahasa asing berkualitas.

Kurikulum yang digunakan tepat guna dan mudah meningkatkan skill bahasa Jepang Anda. Banyak perusahaan Jepang lain bahkan bekerja saja dengan Tensai Karawang untuk pelatihan karyawan expat-nya belajar bahasa Indonesia. Hal ini menjadi bukti kualitas layanan penyedia jasa ini.

Softbank bisa membuka kerja sama dengan Tensai Karawang kedepannya jika melihat trend perkembangan perusahaan mereka di Indonesia. Semakin banyak pekerja asal Jepang menempati posisi di Indonesia, peran jasa translasi dan pelatihan dari Tensai Karawang makin diperlukan.

Jika Softbank bekerja saja dengan Tesai Karawang, Anda bisa belajar bahasa Jepang sambil berinteraksi dengan expat Softbank Jepang yang belajar bahasa Indonesia. Interaksi seperti ini membuat perusahaan terasa lebih dekat dari segi interaksi dan komunikasi.

Ayo bergabung dengan Tensai Karawang sekarang juga! Tingkatkan kemampuan bahasa Anda dan buka potensi karir agar diterima di Softbank lebih besar mulai dari sekarang!

Leave a Reply

%d bloggers like this: