Profil Perusahaan Jepang Honda Motor; Info Karir, dan Peluang Bisnis
August 3, 2022

Seperti yang sudah Anda ketahui, Jepang merupakan negara yang kemajuan teknologinya sudah diakui di seluruh dunia. Salah satunya teknologi di bidang otomotif. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai perusahaan otomotif Jepang yang bahkan menempati peringkat atas daftar perusahaan top dunia.

Salah satu perusahaan otomotif Negeri Sakura yang mendunia adalah Mitsubishi Motors, atau yang biasa disebut sebagai Mitsubishi saja. Tak hanya terkenal di Indonesia, Mitsubishi juga sudah dikenal di berbagai negara di seluruh dunia. Maka dari itu, tak heran kalau banyak orang yang juga ingin berkarier di Mitsubishi jika mempertimbangkan skala perusahaan hingga potensi gaji yang bisa diperoleh.

Mengenal Mitsubishi Motors Corporation Jepang

Mitsubishi Motors Corporation sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, dengan aktivitas yang meliputi pengembangan, pembuatan desain, manufaktur, perakitan, dan pemasaran kendaraan berukuran kecil, SUV, van, truk, hingga suku cadang otomotif. Hingga saat ini, jangkauan operasional Mitsubishi menjangkau Asia, Amerika Utara, Amerika Latin, Oceania, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika melalui anak perusahaan serta kantor-kantor cabangnya.

Sedangkan kantor pusat Mitsubishi Motors sendiri berada di 1-21, Shibaura 3chome, Minato-ku, Tokyo 108—8410. Didirikan pada 22 April 1970, saat ini Mitsubishi Motors memiliki angka penjualan sebanyak 937 ribu unit di seluruh dunia. Dari angka tersebut, sekitar sepertiga atau 331 ribu unit merupakan angka penjualan untuk kawasan Asia.

Perusahaan Mitsubishi Motors di Indonesia

Untuk kawasan Asia, Mitsubishi Motors memiliki 8 distributor resmi atau kantor cabang yang berada di Thailand (2), Filipina (2), Cina (2), Vietnam, dan Indonesia. Keberadaan Mitsubishi Motors di Indonesia pun sebenarnya sudah tak lagi asing karena adanya distributor tunggal yang sudah menghadirkan produk-produk berkualitas dari Mitsubishi Motors sejak tahun 1970, yaitu PT New Marwa 1970 Motors.

Selang 3 tahun kemudian, nama perusahaan berganti menjadi PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), yang bertahan hingga 44 tahun. Karena sejak tahun 2017, nama perusahaan distributor tunggal Mitsubishi Motors berganti menjadi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

Tahun ini Softbank masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Kehadiran PT MMKSI ini juga menandai peresmian pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia yang secara khusus memproduksi model flagship untuk segmen small MPV di pasar Tanah Air, yaitu Xpander. Tak hanya itu saja, pabrik Mitsubishi Motors di Indonesia ini juga memproduksi Pajero Sport untuk segmen SUV flagship, serta L300 untuk segmen pickup truck yang sudah menjadi produk legendaris untuk segmen niaga di Indonesia.

PT MMKSI berlokasi di Jl. Jend. A. Yani, Proyek Pulo Mas, Jakarta Timur 13210. Anda dapat menghubungi PT MMKSI melalui nomor telepon 021 475 9000. Situs resminya bisa Anda kunjungi melalui https://www.mitsubishi-motors.co.id/, di mana Anda bisa mendapatkan beragam informasi resmi mengenai PT MMKSI hingga deretan produk Mitsubishi Motors di Tanah Air.

Peluang Bisnis Bersama Mitsubishi Motors Indonesia

Saat ini, PT MMKSI tengah menjalankan konsep branding terbaru bertajuk “Life Adventure” untuk pasar Indonesia. Konsep tersebut merupakan landasan PT MMKSI sebagai brand yang mendukung Anda menghadapi tantangan, meraih passion, hingga menghadapi perjalanan dalam petualangan hidup yang menantang serta menakjubkan.

Strategi branding terbaru ini merupakan tindak lanjut PT MMKSI setelah mencatat angka penjualan positif sepanjang tahun 2021. Menurut data yang diperoleh dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor (Gaikindo), PT MMKSI sukses menempati posisi ketiga angka penjualan tertinggi di seluruh Indonesia dengan 104.407 unit. Dari total angka penjualan tersebut, 36.225 unit merupakan kendaraan niaga dan 68.152 unit merupakan kendaraan penumpang.

Bagi PT MMKSI sendiri, angka tersebut juga menjadi rekor internal karena angka penjualannya melesat hingga 90,6% dibandingkan angka penjualan tahun 2020. Tak hanya itu saja, pencapaian PT MMKSI di tahun 2021 kemarin juga menjadi pencapaian terbesar perusahaan ini dalam kurun waktu 5 tahun terakhir.

Terlepas dari pencapaian yang fantastis tersebut, President Director PT MMKSI Naoya Nakamura menyatakan bahwa berada di urutan pertama, kedua, maupun ketiga angka penjualan unit kendaraan di Tanag Air bukanlah yang jadi fokus mereka. Justru kepuasan pelanggan merupakan hal yang terpenting, Dan di tahun 2021 kemarin, PT MMKSI sukses meningkatkan kepuasan produk serta jangkauan produk ke konsumen. Oleh karena itu, PT MMKSI bertekad untuk terus memberikan produk serta pelayanan terbaik demi mempertahankan kepuasan pelanggan.

Guna mencapai tujuan tersebut, PT MMKSI berkomitmen untuk terus berinovasi sekaligus melakukan monitoring, pengembangan, dan perbaikan atas seluruh inovasi yang sudah hadir. Harapannya, konsumen Mitsubishi di Tanah Air bisa terus menikmati manfaat dari kemudahan dalam memperoleh layanan PT MMKSI.

Oleh karena itu, PT MMKSI terus melakukan perluasan akses. Dan salah satu langkahnya adalah dengan membuka toko resmi suku cadang Mitsubishi Motors di platform online, tepatnya e-commerce. Dengan begitu, konsumen Mitsubishi bisa memperoleh suku cadang resmi dan bertransaksi dengan tenang dan nyaman, terutama karena konsumen tahu kalau produk yang mereka beli sudah terjamin keaslian dan kualitasnya.

Informasi Karier Mitsubishi Motors Indonesia

Bagaimana dengan informasi peluang karier di PT MMKSI? Anda bisa temukan berbagai peluang karier di PT MMKSI untuk beragam posisi, seperti:

  • Staf Accessories Product Planning
  • Staf Credit Control
  • Staf Financial Planning and Analysis
  • Staf PC Product Planning
  • Staf Research Data Marketing
  • Staf Tax
  • Staf Technical Service and CS Support After-Sales

Tentu saja masing-masing posisi memiliki job description dan tanggung jawab yang berbeda-beda. Dan untuk kualifikasinya juga beragam. Hanya saja, secara garis besar PT MMKSI membuka peluang karier untuk pria maupun wanita, baik itu lajang maupun sudah menikah, dengan pendidikan terakhir S1 segala jurusan. Sedangkan untuk usia, rentang usia yang disyaratkan berbeda-beda. Meski begitu, pada dasarnya PT MMKSI mensyaratkan batas usia di bawah 30 tahun bagi para calon pelamarnya.

Dan bergantung pada apa posisi yang dilamar, latar belakang pendidikan yang disyaratkan juga berbeda-beda. Misalnya Teknik Mesin, Teknik Elektro, atau Teknik Industri untuk Staf Technical Service dan After-Sales Support, dan Administrasi Fiskal, Perpajakan, Akuntansi, Manajemen, atau Ilmu Ekonomi untuk Staf Tax.

Saat ini, PT MMKSI sedang membuka lowongan pekerjaan untuk posisi-posisi di atas sampai dengan akhir Juni dan akhir Juli 2022. Anda bisa cek informasi lengkapnya di https://apps.mitsubishi-motors.co.id/career/hrpd/ untuk syarat administrasi dan kualifikasi lengkapnya, termasuk soft skill yang dibutuhkan serta garis besar tanggung jawab pekerjaan untuk masing-masing posisi.

Bagaimana dengan ekspatriat Jepang yang ingin berkarier di Indonesia? Adanya perbedaan bahasa tentu bisa mempersulit komunikasi, baik itu dalam aspek kehidupan sehari-hari maupun bisnis. Meski begitu, Anda tak perlu khawatir karena bahasa selalu bisa dipelajari. Ditambah lagi, PT MMKSI bisa bekerjasama dengan Tensai Karawang untuk menyediakan fasilitas pembelajaran bahasa Indonesia khusus bagi ekspatriat Jepang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: