Go to Top

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang. Jepang merupakan negara di benua Asia yang sangat maju, dan negara ini pun dapat bersaing dengan negara negara Eropa hingga Amerika Serikat. Hal ini dipengaruhi oleh Restorasi Kaisar Meiji pada sekitar tahun 1800, dan hingga kini membawa Jepang menjadi negara dengan tingkat perekonomian terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Jepang juga pernah menjadi salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tertinggi di dunia. Semua ini dibuktikan dengan banyaknya produk produk Jepang yang membanjiri pasar dunia mulai mobil, elektronik, dan berbagai macam lainnya.

5 hal Pentingnya Belajar Bahasa Jepang

Berikut ini adalah beberapa alasan, mengapa anda harus banyak sedikit menguasai bahasa Jepang.

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang 1: Mempunyai kesempatan bekerja di perusahaan terbaik di dunia

Perusahaan perusahaan besar di dunia saat ini juga terdiri dari perusahaan perusahaan asal Jepang. Contohnya seperti Samsung, Toyota, Honda, dan lain lainnya. Perusahaan perusahaan tersebut tidak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi besar besaran ke Indonesia mengingat Indonesia adalah pangsa pasar yang besar di era globalisasi seperti saat ini. Dengan punya modal bahasa Jepang, tentunya ini akan menjadi nilai tambah bagi orang yang menguasainya jika akan melamar di perusahaan tersebut. Dengan bekerja pada perusahaan Jepang, tidak hanya menguntungkan dari segi pendapatan tapi juga dari etos kerja orang Jepang yang dikenal ulet, dan tangguh akan kemungkinan besar juga ikut melekat pada diri orang yang ikut bekerja bersama di dalamnya.

Dengan begitu jika suatu saat ingin keluar dari perusahaan Jepang tersebut, tentunya akan menjadi catatan bagus di riwayat pekerjaan untuk mendapatkan kesempatan penghasilan dan juga karir yang lebih bagus. Apalagi jika saingan utama perusahaan Jepang tersebut adalah perusahaan Eropa atau Amerika.

Tidak menutup kemungkinan akan membajak karyawan terbaik dari perusahaan Jepang yang menjadi saingannya tersebut untuk bekerja di perusahaan Eropa atau Amerika ini dengan tawaran gaji yang bisa naik berkali kali lipat. Sudah menjadi rahasia umum bahwa perusahaan dari Eropa atau Amerika dengan Jepang adalah perusahaan yang saling contek mencontek teknologi dan ilmu untuk memenangkan persaingan. Salah satu cara mencontek yang terbaik adalah dengan cara mendapatkan karyawan terbaiknya.

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang 2: Mudah mendapatkan beasiswa

Seperti yang sudah disebutkan tadi bahwa Jepang bukan hanya soal kemajuan ekonominya. Tapi pendidikan di Jepang juga merupakan salah satu yang terbaik di dunia. Pemerintah di Jepang dikenal cukup loyal untuk memberikan beasiswa baik kepada orang lokal maupun orang luar negri.

Beasiswa di Jepang tersebut juga berlaku mulai taraf pendidikan tingkat SMA hingga tingkat S3. Bagi yang tertarik untuk menimba ilmu lebih dalam lagi ke Jepang, harus siap siap dengan beberapa tes bahasa Jepang mulai bahasa bahasa dasar hingga tingkat lanjutan.

Mendapatkan beasiswa di Jepang sangat menarik karena selain dapat pendidikan gratis, ada juga yang memberikan hingga biaya hidup. Tidak menutup kemungkinan pula setelah lulus dapat bekerja di Jepang, dan tentunya hal ini akan memberikan keuntungan dari sisi pendapatan dan kesejahteraan dibandingkan hanya bekerja pada perusahaan lokal di negara sendiri.

Namun semuanya itu tidaklah mudah, anda yang memimpikannya harus ekstra belajar, siap mental, dan minimal harus fasih berbahasa Jepang.

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang 3: Jalan jalan jadi lebih menyenangkan

Jepang selain terkenal dengan sektor pendidikan, ekonomi, Jepang juga terkenal dengan wisatanya. Beberapa tempat terkenal di Jepang yang mendunia adalah Gunung Fuji, Disneyland Jepang, Shibuya, dan masih banyak lagi. Minimal jika fasih berbahasa Jepang akan memudahkan jika anda berkeliling negeri di Sakura tersebut.

Terutama bagi anda yang suka berbelanja dan jago dalam tawar menawar, kemampuan bahasa Jepang akan dapat membuat jurus tawar menawar anda menjadi lebih ampuh.

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang 4: Menambah penghasilan tambahan

Bagi anda yang sangat gemar untuk mempelajari bahasa bahasa asing, belajarlah juga bahasa Jepang. Karena saat ini sudah cukup banyak orang Indonesia yang berminat mempelajari bahasa ini, salah satu faktor pemicunya adalah pendidikan, pekerjaan, dan lain lain. Sehingga anda berpeluang untuk mengajar bahasa Jepang kepada orang lain.

Menariknya lagi adalah belum terlalu banyak yang mampu menggunakan bahasa Jepang sehingga anda yang bisa mengajar bahasa Jepang bisa mengenakan tarif ekstra.

Selain itu Jepang adalah negara yang memiliki empat musim, dan tingkat paparan matahari di Jepang tidak sebaik di Indonesia. Akhirnya banyak juga orang Jepang yang datang ke Indonesia seperti ke Bali untuk berjemur sambil berjalan jalan. Nah bagi anda yang bisa berbahasa Jepang hal ini akan menjadi sumber ekonomi yang bagus. Anda bisa saja menjadi translator bagi turis Jepang, ataupun orang Jepang lainnya yang melakukan perjalanan dinas perusahaan di Indonesia.

Pentingnya Belajar Bahasa Jepang 5: Sebagai antisipasi terhadap perubahan poros kekuatan dunia yang baru

Sudah sejak ratusan bahkan ribuan tahun bangsa Eropa menguasai dunia. Mulai sejak zaman Yunani kuno dan juga bangsa Romawi, hingga saat ini adalah negara Inggris yang begitu berjaya dengan sekutu sejatinya yaitu Amerika Serikat sehingga membuat bahasa Inggris menjadi bahasa Universal.

Namun di era globalisasi seperti ini persaingan menjadi sangat ketat, sehingga siapa pun yang lengah sedikit pasti akan kalah. Jepang boleh dikata adalah salah satu negara di dunia yang dapat menjadi kekuatan baru yang menguasai dunia jika Inggris ataupun Amerika Serikat sudah tidak sekuat sekarang ini.

Hal ini bukan hanya omong kosong belaka karena Jepang mempunyai kekuatan ekonomi dan juga sumber daya manusia yang walaupun tidak banyak namun mempunyai kualitas yang sangat baik. Sedikit kilas balik peristiwa perang dunia kedua, dimana Jepang adalah satu satunya bangsa Asia alias wakil asia satu satunya yang berperan aktif di perang dunia.

Dapat diklaim bahwa pada masa itu adalah masa dimana bangsa Jepang adalah bangsa terkuat di Asia dan setara dengan negara Inggris, Jerman, Amerika Serikat, dan juga Perancis. Walaupun akhirnya Jepang menyerah di tangan sekutu, namun buktinya saat ini Jepang mampu bangkit dari kubur dan kembali menjadi salah satu negara paling maju di dunia.

Hal ini tentunya tidak bisa dianggap remeh, karena hal ini sudah terbukti bahwa negara terkuat di dunia tidaklah selalu menjadi yang terkuat selamanya. Pada jaman ribuan tahun yang lalu bahasa Yunani, bahasa Romawi, ataupun bahasa Persia menjadi bahasa yang sangat universal karena kekuatan negaranya.

Namun saat ini sudah terbukti bahwa negara negara tersebut sudah tidak terlalu bertaji, hingga akhirnya pamor bahasanya pun kalah dengan bahasa Inggris yang notabene jauh lebih bertaji. Oleh karena itu tidak ada salahnya jika kita semua mempersiapkan diri terhadap segala kemungkinan yang dapat terjadi. Lagi pula jika sudah belajar bahasa Jepang tidak akan ada ruginya, yang adalah malah berbagai keuntungan yang dapat dirasakan dibandingkan orang orang rata rata lainnya.

Nah bagi anda yang berminat untuk mempelajari bahasa Jepang, belajarlah dengan salah satu lembaga yang sudah terbukti berkualitas dan berpengalaman. Lembaga itu adalah Kursus Bahasa Jepang di Lembaga Tensai International Karawang. Selamat mencoba, dan salam sukses.

,