Go to Top

Penerjemah Jepang Industri Otomotif di Indonesia | Profesional Terpercaya

Penerjemah Jepang Industri Otomotif di Indonesia | Profesional Terpercaya

Anda mencari jasa penerjemah Jepang Indonesia khusus industri otomotif? Hubungan antara Jepang dengan Indonesia terus berkembang pada beberapa tahun kebelakang seiring dengan kemajuan teknologi dan modernisasi di segala sektor, salah satunya sektor industri Otomotif. Tidak dipungkiri lagi bahwa teknologi telah merambah hampir seluruh aspek kehidupan kita sehari-hari. Tidak terbayang oleh masyarakat yang hidup di masa tahun 1980-an dimana pada saat itu masih sangat mengandalkan kendaraan tradisional seperti angkutan umum atau bahkan hanya dengan mengayuh pedal sepeda untuk bepergian dengan jarak yang cukup jauh.

Penerjemah Jepang Industri Otomotif di Indonesia | Profesional Terpercaya

Pada masa sekarang, teknologi dalam industri Otomotif telah berkembang sangat pesat ditandai dengan semakin mudahnya masyarakat untuk bepergian jarak jauh menggunakan sepeda motor dan mobil pribadi. Yang terbaru, Indonesia bekerjasama dengan Jepang akan menggarap proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya dengan jarak tempuh 748 km dan hanya membutuhkan waktu 5,5 jam perjalanan dengan kecepatan rata-rata 160 km/jam.

Maka dari itu, Jepang hadir sebagai salah satu negara pelopor industri di bidang Otomotif terbesar di dunia dengan berbagai inovasi terbaiknya. Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan beberapa brand Otomotif terkemuka kawakan negeri Matahari Terbit tersebut, sebut saja Honda, Yamaha, dan Suzuki. Ketiga brand tersebut bahkan berhasil menguasai hampir sebagian besar pasar Otomotif di Indonesia.

Sejarah Kerjasama Indonesia Jepang

Dilihat dari sejarahnya, kerjasama Indonesia dengan Jepang sudah lama terjalin cukup lama dan beberapa kali mengalami naik turun. Dalam bidang politik misalnya, pernah terjadi kerenggangan hubungan antara kedua negara yakni pada pertengahan paruh pertama abad ke-20. Puncaknya yaitu pecahnya peperangan yang melibatkan kedua negara pada tahun 1940-an dimana Indonesia saat itu menjadi negara jajahan yang diduduki Jepang. Kemudian, Indonesia berhasil meraih kemerdekaannya pada tahun 1945 yang selanjutnya menimbulkan rasa kebencian rakyat Indonesia terhadap Jepang.

Penerjemah Jepang Industri Otomotif di Indonesia | Profesional Terpercaya

Tidak berlangsung lama, pada tahun 1950-an hubungan Indonesia dan Jepang perlahan mulai membaik. Kemudian, pada tahun 1962, presiden Indonesia saat itu, Ir. Soekarno menikahi seorang perempuan berkebangsaan Jepang yaitu Ratna Sari Dewi Soekarno yang mempunyai nama asli Naoko Nemoto. Mereka berdua berkenalan saat Bung Karno sedang menjalin relasi di Hotel Imperial, Tokyo. Beliau dinikahi oleh Soekarno pada usia 22 tahun yang merupakan istri ke-6 dari Soekarno. Hal tersebut itulah yang membuat hubungan kedua negara antara Indonesia dan Jepang semakin erat.

Selang beberapa tahun setelahnya, tepatnya pada tahun 1974, sempat terjadi ketegangan antara kedua negara, dimana pada saat itu ribuan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Jakarta turun ke jalan untuk melakukan aksi demonstrasi anti modal asing. Namun, hal tersebut tidak membawa pengaruh negatif bagi kedua negara. Bahkan, Perdana Mentri Jepang, Tanaka yang saat aksi demonstrasi berlangsung sedang berada di Indonesia untuk melakukan kunjungan pun tidak merasa kesal sedikitpun. Menurutnya, aksi tersebut tepat dilakukan dengan tujuan agar mendapat perhatian dari pihaknya selaku pemerintah Jepang. Ia bahkan berjanji bahwa kedepannya, akan menciptakan hubungan yang lebih baik antara kedua negara dengan meninjau kembali terkait hubungan kerjasama Indonesia dan Jepang tersebut.

Selain dari beberapa hal diatas, terdapat juga beberapa faktor yang mempegaruhi terjalinnya hubungan baik antara Indonesia dan Jepang, diantaranya yaitu:

Adanya Pengaruh VOC

VOC merupakan persekutuan dagang yang berasal dari Negeri Kincir Angin, Belanda yang memiliki monopoli untuk aktivitas perdagangan di Kawasan Asia. Didirikan pada tanggal 20 Maret 1602, VOC sejatinya adalah sebuah bentuk Kongsi Dagang atau Perusahaan Hindia Timur Belanda.

VOC juga turut andil dalam harmonisnya hubungan Indonesia dan Jepang saat berkuasa di Nusantara. Sebagai salah satu Kongsi Dagang yang paling penting di Asia, VOC juga pernah melakukan kegiatan perdagangan bersama kekaisaran Jepang pada masanya. Bahkan, Jepang menyediakan tempat berdagang khusus bagi VOC di sekitaran wilayah Pulau Deshima.

Peran Komunitas Jepang di Indonesia

Hubungan baik antara Indonesia dan Jepang tidak lepas dari peran sebuah komunitas Jepang yang terbentuk di Indonesia. Komunitas tersebut pada awalnya hanya berisikan orang-orang yang ditelantarkan oleh negaranya dan bertransformasi menjadi semacam agen hubungan bilateral antara Indonesia dan Jepang.

Orang-orang Jepang yang berada di Kawasan Asia Tenggara, termasuk Indonesia, biasanya disebut dengan istilah kimin yang terdiri dari para pekerja kelas rendahan. Bagi para kaum perempuan, mereka biasanya bekerja di bidang prostitusi. Di Indonesia, status sosial mereka sama seperti halnya penduduk asing yang berasal dari wilayah Asia Timur lainnya.

Kesuksesan Orang Jepang di Tanah Rantau

Tidak bisa dipungkiri, apabila individu atau sekelompok orang yang pergi merantau ke suatu tempat lalu menemukan kesuksesannya, akan menjadi magnet tersendiri bagi masyarakat tempat kelompok tersebut berasal, termasuk masyarakat Jepang. Kisah kesuksesan orang Jepang di perantauan ini menarik perhatian orang Jepang lainnya untuk datang dan mengadu nasib ke Asia Tenggara, salah satunya Indonesia.

Akhirnya, terjalinlah perluasan hubungan dagang antara kedua negara. Salah satu contohnya yakni pada tahun 1910, dimana perusahaan pelayaran asal Jepang, Nanyo Yusen membuka jalur pelayaran reguler hingga ke wilayah Indonesia, tepatnya Pulau Jawa.

Jepang Sering Memberikan Bantuan Kepada Indonesia

Pada 12 September 1940, sebuah delegasi Jepang dibawah pimpinan I. Kobayashi bertemu dengan perwakilan dari beberapa pimpinan nasionalis di Indonesia. Pertemuan tersebut membahas berbagai persoalan terkait politik dan ekonomi. Tersiar isu bahwa pada pertemuan ini terjadi sebuah pertukaran rencana antara pihak delegasi Jepang dengan para pimpinan nasionalis Indonesia mengenai bentuk pemerintahan Indonesia yang dicampur tangani oleh pihak Jepang.

Namun, nyatanya kedatangan mereka adalah salah satunya yaitu untuk memberikan bantuan keuangan kepada pers Indonesia dalam bentuk pemasangan iklan pada beberapa surat kabar di Indonesia. Hal tersebut diakui merupakan sebuah relasi hubungan yang lebih nyata antara Jepang dan Indonesia.

Hubungan kerjasama Jepang dan Indonesia sejatinya bukan hanya berbicara soal politik dan ekonomi saja. Di dunia industri Otomotif misalnya terdapat beberapa brand yang sukses mengembangkan inovasinya di Tanah Air. Salah satunya adalah Toyota yang sudah hampir 50 tahun lancar menjalankan bisnis Otomotifnya di Indonesia.

Masa Depan Kerjasama Indonesia-Jepang

Pemerintah Indonesia dan Jepang telah sejak lama membangun hubungan kerjasama yang harmonis demi kemajuan bangsa dari kedua negara. Hal tersebut juga bertujuan agar kedepannya diharapkan, Indonesia dan Jepang bisa terus konsisten berkolaborasi dalam segala bidang aspek kehidupan di negaranya masing-masing.

Dilansir dari Antaranews, Wakil Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Keiichi Ono mengatakan bahwa peringatan 60 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Jepang dimaknai sebagai momentum untuk membangun masa depan yang makmur bagi kedua negara.

“Peringatan 110 tahun Kebangkitan Nasional dan 60 tahun hubungan diplomatik memiliki makna yang sangat mendalam untuk mengembangkan hubungan Indonesia dan Jepang,” kata Keiichi dalam Pameran dan Seminar Kesejahteraan “Hubungan Indonesia-Jepang dalam Lintas Sejarah” di Perpustakaan Nasional RI, Jakarta, Kamis (2/8/2018).

Indonesia dan Jepang menjalin hubungan yang saling menguntungkan satu sama lain. Dimana hampir setiap tahunnya Indonesia selalu mengirimkan tenaga kerjanya ke Jepang yang sangat membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas sebagai penggerak industri mereka. Di satu sisi, Jepang diuntungkan dengan penambahan jumlah pekerja di industri mereka. Di sisi lain, diharapkan tenaga kerja asal Indonesia bisa mendapatkan ilmu dan pengalaman yang berharga sewaktu bekerja di Jepang demi memajukan industri di dalam negeri nantinya.

Kerjasama di Bidang Teknologi

Dewasa ini, perkembangan teknologi kian meningkat pesat di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Dengan kebutuhan di bidang teknologi yang semakin meningkat, maka sangat dibutuhkan inovasi terkait teknologi terbaru menyesuaikan dengan perkembangan zaman. Jepang menjadi salah satu negara dengan kemajuan teknologinya yang luar biasa dan berpengaruh di dunia. Di Indonesia sendiri, peran Jepang sebagai salah satu negara yang bekerjasama di bidang teknologi sangat mempengaruhi masyarakat kita. Sering ditemui teknologi terkini di Indonesia yang bertolak ukur dari teknologi di negeri Matahari Terbit tersebut.

Sebagai contoh, perkembangan ponsel dari masa ke masa juga berasal dari peran kemajuan teknologi pada beberapa brand ponsel ternama Jepang di Indonesia seperti Sony yang pernah jaya pada masanya. Sayang, pada sekitar periode tahun 2016, kejayaan ponsel Sony di Tanah Air mulai meredup. Hal tersebut dikarenakan kesalahan target pasar Sony di Indonesia yang rata-rata mengincar masyarakat menegah keatas. Namun, Sony masih memiliki beberapa produk unggulannya di Indonesia selain ponsel diantaranya yaitu laptop, kamera, dan konsol game.

Kerjasama di Bidang Industri Hiburan

Seperti kita ketahui, anak-anak generasi tahun 90-an Indonesia pasti sudah tidak asing dengan salah satu tayangan animasi televisi asal Jepang, Doraemon. Ya, di dunia industri hiburan, hubungan Indonesia dan Jepang sudah lama terjalin dan masih berjalan baik sampai sekarang, salah satunya di industri hiburan perfilman.

Selain itu, di bidang industri hiburan musik, Jepang juga menjalin hubungan baik dengan Indonesia, salah satu contohnya yaitu terbentuknya grup musik JKT48 pada tahun 2011, yang berkiblat pada grup musik AKB48 asal negara asalnya, Jepang. JKT disini berarti kota Jakarta di Indonesia, sedangkan AKB adalah singkatan dari kota Akihabara, di Jepang.

Kerjasama di Bidang di Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, di Indonesia sendiri telah menjamur berbagai macam tempat pelatihan kursus Bahasa Jepang yang memiliki hubungan keterkaitan langsung dengan institusi pendidikan dari negara asalnya, Jepang. Para pelajar dan mahasiswa di Indonesia pun berlomba-lomba mendapatkan beasiswa untuk bersekolah dan melanjutkan pendidikan di Negeri “Samurai” tersebut.

Nah, salah satu Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Bahasa Jepang bersertifikat Internasional terbaik di Indonesia adalah Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang. LKP Tensai Nihongo berlokasi di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya no. 5, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang. Jawa Barat.

Kerjasama di Bidang di Bidang Otomotif

Industri Otomotif nampaknya semakin gencar menyasar seluruh pangsa pasar di Indonesia, salah satunya industri Otomotif yang berasal dari negara Jepang. Beberapa brand ternama yang berhasil survive dan terus berkembang di dunia industri Otomotif Indonesia sampai saat ini yaitu Honda, Suzuki, Toyota, Nissan, dll.

Meski beberapa brand ternama dari Eropa dan China mulai menjajah industri Otomotif di Indonesia baru-baru ini. Namun, beberapa brand ternama asal Jepang yang telah lebih dulu berjaya di Tanah Air nampaknya masih bisa bersaing dan terus mengembangkan inovasi kepada para pelanggan setianya.

Industri Otomotif Jepang di Indonesia

Saat ini, industri Otomotif Jepang berencana akan menanam investasi lebih dalam ke Indonesia. Beberapa brand besar, sebut saja Toyota dan Honda rencananya akan menambah kucuran dana untuk mengembangkan bisnisnya di Tanah Air.

Dikutip dari JawaPos, Honda merupakan salah satu pabrikan yang sudah membeberkan rencana terkait ekspansi kedepannya. “Investasi Rp 5,1 triliun itu dimanfaatkan untuk roda empat, pengembangan model baru, dan pendalaman lokasi industri,” papar Direktur Inovasi Bisnis, Marketing dan Aftersales PT Honda Prospect Motor (HPM), Yusak Billy saat ditemui di acara Honda Festival 2019 di Jakarta, Minggu (24/11).

Angka tersebut hanya sebagai modal pengembangan mobil konvensional dan belum termasuk mobil listrik atau mobil ramah lingkungan. Nantinya, aka nada investasi terpisah dari pihak Honda terkait dengan elektrifikasi.

Selain perusahaan Honda, pesaingnya yakni Toyota juga dikabarkan telah berencana untuk berekspansi di Indonesia. Rencananya, Toyota akan menambah investasi untuk pengembangan Toyota, Daihatsu, dan Hino. Investasi tersebut kabarnya akan direalisasikan dalam jangka periode tahun 2019 sampai 2023.

Dengan demikian, perkembangan industri Otomotif di Jepang di Indonesia kedepannya nampak cerah dan optimis bakal bersaing dengan brand-brand pesaing, baik dari Eropa, Amerika, bahkan yang terbaru brand competitor asal negeri China.

Daftar 10 Merk Mobil Jepang Terbesar

Kebutuhan masyarakat akan kendaraan untuk dipakai bepergian jauh sekeluarga, tanpa khawatir terkendala cuaca pun melahirkan industri kendaraan mobil yang terus berinovasi. Salah satu produsen mobil terbesar adalah negara Jepang dengan beberapa brand ternamanya, diantaranya:

  1. Nissan
  2. Toyota
  3. Mazda
  4. Honda
  5. Mitsubishi
  6. Subaru
  7. Daihatsu
  8. Suzuki
  9. Lexus
  10. Acura

Daftar Merk Motor Terkenal Jepang di Indonesia

Kebutuhan akan kendaraan yang bisa melaju cepat di medan jalan apapun membuat produsen motor berlomba-lomba mengembangkan inovasinya agar tetap mendapat kepercayaan dari pelanggannya. Tak terkecuali produsen motor asal Jepang. Berikut beberapa brand atau merk motor terkenal di Indonesia yang berasal dari Jepang, yaitu:

  1. Honda
  2. Yamaha
  3. Suzuki
  4. Kawasaki

Pentingnya Jasa Penerjemah khusus Industri Otomotif

Kegiatan penerjemah Bahasa merupakan suatu hal yang penting dan perlu dilakukan demi proses penukaran informasi lintas negara. Selain itu, pentingnya kegiatan penerjemah untuk mengikuti dan mempelajari perkembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) dari negara lain yang lebih maju dari negara kita, Indonesia. Salah satu negara maju tersebut adalah Jepang. Cara paling konvensional menerjemahkan Bahasa Jepang yaitu melalui kamus baik offline maupun online. Namun, cara tersebut dinilai kurang efektif dan tidak efisien untuk menerjemahkan Bahasa Jepang dengan cepat dan mudah.

Industri otomotive Jepang di Indonesia sangat pesat. Sebagian besar menyerap tenaga kerja Indonesia. Terpenting adalah semakin terbukanya kesempatan bisnis pelaku industri lainnya untuk mendukung berkembangnya otomotif. Kendala bahasa tidak akan menjadi halangan jika Anda temukan layanan jasa penerjemah kami.

Penerjemah Jepang Industri Otomotif  Tensai

Hubungi kami untuk mendapatkan penawaran paling sesuai dengan budget dan kebutuhan penerjemahan, baik translasi, interpretasi, dokumen, legalitas, dan sebagainya. Tingkatkan bisnis di sektor otomotif dengan bantuan penerjemahan yang profesional.

Kini, terdapat pilihan jasa penerjemah yang lebih mudah melalui berbagai Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Bahasa Jepang yang menyediakan jasa layanan penerjemah bagi customernya. Salah satunya yaitu Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang, sebagai pelopor Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Jepang nomer 1 di Karawang.

Kesimpulan

Kemajuan teknologi Jepang sangat berpengaruh di Tanah Air. Walaupun dengan maraknya kompetitor dari negara lain yang berlomba-lomba masuk ke Indonesia. Namun, rasanya brand asal Jepang telah mendapatkan tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia yang sangat menjaga kepercayaan pelanggan akan kualitas dari produk-produk Jepang tersebut. Hingga kini, beberapa brand Jepang masih menjadi prioritas produk yang paling laris di pasar Indonesia.

Seiring kemajuan zaman, sangat penting bagi kita mempelajari dan mengikuti perkembangan dunia IPTEK lintas negara, salah satunya Jepang. Maka dari itu, jasa penerjemah sangatlah dibutuhkan demi lancarnya proses penyampaian informasi antar kedua negara tersebut. Dari situlah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin Karawang hadir melayani kebutuhan masyarakat akan jasa pembelajaran dan pelatihan Bahasa Jepang di Indonesia, khususnya di wilayah Karawang. Tensai juga menyediakan jasa penerjemah Bahasa Jepang maupun Indonesia bagi customernya yang membutuhkan jasa tersebut.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

  1. https://finance.detik.com/infrastruktur/d-3886103/sejarah-kereta-cepat-jkt-bdg-digagas-jepang-digarap-china
  2. https://highlight.id/daftar-merek-brand-mobil-pabrik-perusahaan-produsen-otomotif-asal-jepang/4/
  3. https://nasional.kompas.com/read/2019/01/15/16362931/peristiwa-malari-1974-protes-modal-asing-atau-dampak-perpecahan-militer?page=all
  4. https://www.antaranews.com/berita/732735/indonesia-jepang-bangun-masa-depan-makmur-bersama
  5. https://www.jawapos.com/oto-dan-tekno/otomotif/25/11/2019/otomotif-jepang-tambah-investasi-di-indonesia/
  6. https://www.kompasiana.com/ryakair/55172856a333111b06b65a96/dinamika-hubungan-indonesia-jepang-akhir-abad-ke-19-tahun-1970an-bag-1
, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!
Powered by