Go to Top

15 Penemuan Jepang yang Bermanfaat dan Sangat Mendunia

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Jepang memang telah menorehkan namanya secara abadi di dunia teknologi. Bukan hanya kontribusi terhadap video game hingga dan teknologi robot, Jepang juga telah menciptakan banyak perkakas yang gunakan setiap harinya. Sebagia besar perkakas itu bahkan ditemukan Jepang jauh sebelum penemuan video game? Inilah 15 penemuan oleh Jepang yang bermanfaat  dan merupakan sumbangan untuk dunia.

Sementara  itu jika Anda ingin terinspirasi dari kreativitas negeri matahari terbit itu dengan mulai mempelajari bahasanya, kami lembaga pendidikan bahasa dan budaya Jepang, Tensai di Karawang siap membantu Anda semua. Datang dan bergabunglah dengan metode kursus bahasa Jepang kami. Selain itu, kami menyediakan pula jasa interpreter dan translasi.

15 penemuan berikut ini bisa dikatakan penemuan yang sangat lekat dengan Jepang. Ayo baca sampe habis, Anda akan menemukan beberapa kejutan!

Daftar Penemuan Jepang yang Bermanfaat

1 – Mie Instan

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Penemuan Jepang yang bermanfaat 1

Ramen Jepang sangat terkenal di seluruh dunia karena itu kemungkinan besar mie instan ditemukan di Jepang bukanlah hal aneh. Tahukah Anda bahwa mie instan pertama kali dibuat dalam bentuk cangkir oleh Momofuku Ando dari Nissin Foods pada tahun 1971?

Mie instan sangatlah populer, tidak saja di Indonesia tapi seluruh dunia. Pada tahun 2010, tercatat sekitar 95 miliar porsi mi instan dimakan di seluruh dunia setiap tahun dan jumlah itu terus bertambah. Makanan pokok para mahasiswa ini diperkirakan akan bertahan selama beberapa generasi mendatang.

2 – Electronic Rice Cooker / Penanak Nasi Listrik

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Penemuan Jepang yang bermanfaat 2

Ngomong-ngomong tentang makanan, penanak nasi elektronik diciptakan pada tahun 1940 oleh Mitsubishi Electric. Sebelum mesin yang luar biasa ini menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari, dulu para juru masak haru terampil merebus dan atau mengukus beras sehingga menjadi nasi dengan menggunakan kompor. Tentu saja dengan berhati-hati agar nasi tidak gosong karena panci kehabisan air atau api terlalu besar.

Produk Mitsubishi adalah pot aluminium dengan koil pemanas di dalamnya dan dengan sistem yang menjaga nasi tidak gosong atau panci terbakar. Siapapun bisa mudah mengoperasikannya. Jadi, berterima kasihlah kepada Mistubishi Electric atas teknologi yang memudahkan membuat nasi yang lezat dalam sekejap dan kapan saja!

3 – Anestesi / Pembiusan

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Penemuan Jepang yang bermanfaat: Dr Hanaoka Seishū 

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Dalam dunia medis, apa yang membedakan dulu dan sekarang? Ya, dokter di Jepanglah yang pertama kali menggunakan anestesi / pembiusan di ruang operasi. Adalah Hanaoka Seishū adalah ahli bedah pertama di dunia yang menggunakan anestesi umum dalam pembedahan pada tahun 1804.

Hanaoka Seishū menggunakan anestesi selama operasi pengangkatan kanker di payudara dan orofaring, menghilangkan tulang nekrotik, dan untuk melakukan amputasi.

Terima kasih dokter Hanaoka Seishū karena telah membuat penemuannya menjadi milik umum dan membuat operasi tidak menyakitkan.

4 – Novel

lukisan portret Murasaki Shikibu

Tidak perlu diperdebatkan bahwa The Tale of Genji (源氏物語 Genji monogatari) karya Murasaki Shikibu adalah novel pertama yang ditulis pada awal abad ke-11 sekitar puncak periode Heian.

Novel ini menceritakan tentang seorang putra Kaisar Jepang, Hikaru Genji yang harus terdepak dari garis pewaris tahtan dan harus hidup sebagai rakyat jelata.  Novel yang menceritakan kehidupan karir Genji yang mengejar karier sebagai perwira kekaisaran sekaligus menjalani kehidupan romansanya dengan beberapa wanita ini berlatang belakang adat istiadat dari masyarakat aristokrat saat itu.

Bukan saja sebagai novel paling pertama, novel tersebut juga dianggap sebagai novel psikologis pertama yang kemudian menjadi standard novel-novel modern.

5 – Airsoft Gun

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Jepang adalah negara dengan tingkat kejahatan senjata terendah di dunia yang memegang penemuan waralaba senjata mainan nomor 1 di dunia. Tanio Kobayashi menemukan senjata airsoft pertama pada akhir 1970-an dan dengan cepat menyebar ke Inggris pada 1980-an dan awal 1990-an dengan sebuah perusahaan bernama LS.

Peralatan Airsoft dirancang untuk meniru senjata nyata dan sejak pertengahan 1980-an, mereka telah diadaptasi dengan aplikasi rekreasi murni untuk dimainkan oleh segala usia. Cukup menarik, banyak lembaga penegak hukum di AS menggunakan Airsoft untuk latihan kekuatan-on-force hari ini.

6 – Kalkulator Elektronik

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Kalkulator elektronik ditemukan pertama kali pada tahun 1957 oleh Casio. Kalkulator elektronik itu memungkinkan pengguna melakukan penambahan dan pengurangan dengan cepat sehingga membuat pelajaran matematika jauh lebih mudah.

Pada tahun 1970-an permintaan untuk benda praktis ini sangat tinggi sehingga dibuat lebih nyaman dengan versi produk berukuran saku.

Kalkulator elektronik bermacam bentuknya, dari “Kalkulator Mini” Sanyo ICC-0081 hingga Canon “Pocketronic” dan meskipun kalkulator awal ini sangat mahal, kemajuan dalam elektronik ini, bersama dengan perkembangan dalam teknologi layar, memungkinkan dalam beberapa tahun kalkulator saku murah tersedia untuk semua.

7 – Compact Disk / CD dan Bluray

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Yuk membahas portabel. Munculnya era baru dalam informasi portabel dimulai dengan floppy disc pada akhir 1960-an dan Compact Disc buatan Jepang pada tahun 1976.

Sony, bersama Philips di Belanda, mengembangkan cakram mengkilap yang keren ini dan merilis CD audio pertama pada bulan September tahun itu, menampilkan waktu pemutaran 150 menit.

Setelah itu disk ini menjadi kendaraan pertama untuk mengangkut file gambar sehingga berbagi file menjadi lebih mudah.

8 – CD Player and Discman

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Dengan hadirnya teknologi CD audio, tentu saja dibutuhkan player untuk memainkannya. Jadi pada tahun 1982 Sony merilis CD player pertama, CDP-101, yang menampilkan desain slide-out tray untuk compact disc.

Tetapi hanya dua tahun kemudian, pada tahun 1984, Sony’s Discman dirilis; pemutar CD portabel sehingga Anda dapat membawa musik ke mana pun Anda pergi.

9 – Videocassette Recorder or VTR

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Tidak jauh dari era compact disc, perekam videocassette (VHS) juga ditemukan. Pada tahun 1971, Sony mengeluarkan pemutar kaset video VP-1100 dan perekam kaset video VO-1700 yang secara efektif menggantikan kartrid film 8mm sebagai alat pembuatan video rumahan.

10 – Flash Memory

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Salah satu kemajuan terbesar dalam teknologi modern terjadi pada tahun 1980-an oleh Dr. Fujio Masuoka saat bekerja untuk Toshiba. Memori flash tidak hanya digunakan di stik flash Anda tetapi juga digunakan di ponsel, tablet, komputer, jam tangan, dan banyak lagi lainnya. Memori flash adalah media penyimpanan komputer yang tidak pasti yang dapat dihapus dan diprogram ulang dan digunakan di sebagian besar setiap peralatan “berteknologi tinggi” saat ini. Percayalah, tanpa teknologi Dr. Masuoka, maka hari ini akan sangat berbeda.

11 – Kamera Foto Digital

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Diciptakan pada tahun 1981 (lagi-lagi oleh Sony ) kamera digital membuka rekaman memori instan dengan menekan satu tombol. Anda dapat langsung melihat gambar dan mengambil banyak dari semuanya sekaligus dengan ruang penyimpanan yang jauh lebih banyak daripada yang tersedia sebelumnya. Tentu kamera digital ini mengalahkan kamera floppy disk 3 ½ inci yang dulu ada di sekolah menengah.

12 – Kamera Video Digital

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Dan, tentu saja, jika Jepang dapat mengalahkan dirinya sendiri dalam kamera gambar dan penyimpanan, mereka juga dapat melakukan sendiri rekaman video. Namun anehnya bukan Sony. NHK dan Nippon Columbia mencatatkan nama di seluruh perekam digital komersial pertama, dirilis bahkan sebelum kamera digital Sony pada tahun 1971.

13 – Monitor Layar Datar dan TV Plasma

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Penemuan Jepang yang Bermanfaat : TV Flat

Teknologi saat ini tidak akan terlihat futuristik tanpa penemuan ini. Tablet, TV, telepon, dan monitor yang ramping tidak akan mungkin terjadi tanpa pengembangan pertama Sony pada 1950-an. Panel layar datar pertama dirilis pada tahun 1958, sementara layar plasma baru dirilis pada tahun 1964 yang menjadi penyepurna teknologi layar. Perkembangan teknologi layar datar telah berkambang dari plasma ke kristal cair ke panel fosfor elektroluminesen.

14 – Shinkansen

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

(新幹線)  juga sering dipanggil kereta peluru yang juga berasal dari Jepang. Kereta peluru ini berkecepatan mencapai 130mph (210 km / jam) dalam layanan penumpang maksimum, Tōkaidō Shinkansen dalam Seri 0, yang dibangun oleh Kawasaki Heavy Industries, dirilis pada Oktober 1964.

Tapi itu bahkan bukan yang tercepat! Jika dalam keadaan kosong (kereta ini bisa memuat dua belas mobil besar) kecepatan kereta ini bisa mencapai kecepatan tertingginya yaitu160 mph (256 km / jam) dalam pengujian pertamanya pada tahun 1963.

15 – Mesin Karaoke

Penemuan Jepang yang Bermanfaat

Penemuan Jepang yang bermanfaat yang kelima belas, adalah salah satu kegiatan hangout yang paling banyak dilakukan oleh mereka bersama kelompok teman atau kolega; yaitu Karaoke.  Ya, dari kumpul-kumpul santai hingga pesta lajang, Karaoke adalah salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk dilakukan dengan siapa pun yang Anda inginkan.

Tetapi jika itu bukan kare musisi Jepang Daisuke Inoue, pada tahun 1970-an, kita tidak akan memiliki mesin yang fantastis yang dikenal sebagai Mesin Karaoke ini. Bahkan nama itu sengaja dibuat untuk menyinggung apa arti mesin ini; “Kara”, artinya ‘kosong’, dan “oke”, yang merupakan versi singkat dari ‘orkestra’.

Nah pembaca itulah 15 penemuan Jepang yang bermanfaat. Seberapa jauh Jepang telah mempengaruhi teknologi pada abad terakhir? Anda bisa temukan fakta lainnya du sumber yang berbeda! Kami yakin Anda kini terkejut mengetahui seberapa besar Jepang membantu mengembangkan perangkat modern.

Jangan cukup di website ini saja, silahkan baca-baca lagi lebih jauh, Anda akan mendapati penemuan jepang dari layar datar dan flash drive. Dari kaset video ke media digital dan dari makanan yang nikmat hingga perjalanan yang nyaman, Jepang telah sangat memengaruhi banyak aspek kehidupan kita sehari-hari.

Kami harap Anda menikmati wawasan tentang beberapa penemuan terbesar Jepang yang mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari.  Nantikan lebih banyak fakta di balik teknologi di masa depan dengan fakta yang lebih menyenangkan! Kita akan terus melihat tidak hanya kemajuan teknologi terbaru dari Jepang tetapi juga bermacam jenis hiburan yang Jepang ciptakan.

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.