Keuntungan dan Kerugian Membangun Pabrik Jepang di Surabaya dan Karawang

5 Faktor yang Mempengaruhi Seberapa Murah Tenaga Kerja Pabrik di Surabaya
May 21, 2022
Tempat Kursus Bahasa Indonesia untuk Expatriat Jepang di Surabaya
Tempat Kursus Bahasa Indonesia untuk Expatriat Jepang di Surabaya
May 23, 2022

Keuntungan dan Kerugian Membangun Pabrik Jepang di Surabaya dan Karawang.

Surabaya dan Karawang merupakan kota industri yang populer baik di kalangan perusahaan Indonesia maupun perusahaan asing, terutama Jepang. Perusahaan Jepang membangun pabrik Jepang di Surabaya dan Karawang karena memanfaatkan prospek ekonomi di kedua kota ini cukup stabil dan baik dilihat dari pendapatan rata-rata penduduk yang terus meningkat.

Bagi perusahaan asing, ada beberapa keuntungan dan kerugian yang diperoleh jika membangun pabrik di kedua kota industri terbesar di Indonesia yang akan dibahas pada artikel ini. Simak penjelasannya berikut ini.

Keuntungan Membangun Pabrik Jepang di Surabaya dan Karawang

1. Hemat Biaya Distribusi

Jumlah penduduk Indonesia mendorong banyak perusahaan asing membangun pabrik di Indonesia. Kebutuhan masyarakat akan suatu produk memberikan keuntungan tersendiri bagi pendiri karena permintaannya yang besar dari masyarakat akan produk yang dihasilkan. 

Apabila mendirikan pabrik di Indonesia, perusahaan bisa lebih hemat dalam biaya distribusi produk. Dengan begitu, harga jual yang dikenakan kepada konsumen di Indonesia juga akan lebih murah.

2. Tenaga Kerja yang Lebih Murah

Tingkat pendidikan masyarakat Indonesia umumnya masih rendah sehingga upah tenaga kerja karena tidak adanya tawar menawar upah. Dengan upah yang murah dan banyaknya tenaga kerja yang tersedia dapat menekan biaya produksi perusahaan. Dengan biaya yang relatif murah tetapi perusahaan bisa menjual produk yang dihasilkan dengan harga yang mahal.

3. Adanya Stabilitas Keamanan yang Memadai

Pemerintah Indonesia sudah memiliki kebijakan dalam bidang keamanan yang sangat mendukung bertahannya perusahaan asing di Indonesia. Adanya keamanan yang stabil mendorong perusahaan asing untuk mendirikan perusahaan atau pabrik di Indonesia. Peran pemerintah disini sangat penting untuk menciptakan penegakan hukum yang tegas bagi setiap pelanggar hukum baik bagi semua masyarakat Indonesia maupun Expatriat yang ada di Indonesia.

Kekurangan Membangun Pabrik Jepang di Indonesia

4. Kualitas SDM Relatif Masih Rendah

Jika perusahaan ingin memanfaatkan tenaga kerja dari Indonesia mungkin akan lebih murah dari sisi upah tenaga kerja. Namun karena kebanyakan penduduknya hanya sampai lulusan sekolah menengah, mungkin akan kesulitan memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang perlu tenaga ahli di bidang tertentu. Hal ini mengakibatkan banyaknya pencari kerja dan persaingan dalam memperoleh pekerjaan semakin ketat.

5. Terlalu Banyak Jalur Birokrasi

Di Indonesia untuk membangun pabrik atau perusahaan tentunya ada kebijakan-kebijakan tertentu yang harus diikuti. Bagi warga Indonesia sendiri ada banyak persyaratan yang harus dipenuhi dalam jangka waktu yang cukup lama, apalagi bagi perusahaan Jepang. 

6. Perbedaan Bahasa

Jika membangun pabrik Jepang di Indonesia yang memungkinkan tenaga kerjanya campuran penduduk dari Jepang dan Indonesia, otomatis bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi adalah Bahasa Indonesia dan Bahasa Jepang. 

Perbedaan bahasa tersebut bisa menjadi kendala bagi berjalannya operasional perusahaan sehari-hari. Untuk mengatasi kendala tersebut, perusahaan bisa memberikan kursus bahasa indonesia untuk Expatriat Jepang di Surabaya.

Pemberian kursus Bahasa Indonesia dapat membantu para tenaga kerja untuk menguasai Bahasa Indonesia yang tepat dengan cara yang benar. Pastikan memilih kursus Bahasa Indo bersertifikat di Tensai Indonesia yang memberikan jaminan belajar Bahasa Indonesia sampai bisa.

Leave a Reply

%d bloggers like this: