Menguak Kebiasaan Orang Jepang Gemar Pakai Masker
Menguak Kebiasaan Orang Jepang Gemar Pakai Masker
March 4, 2020
Pentingnya Budaya Meminta Maaf Bagi Orang Jepang
Pentingnya Budaya Meminta Maaf Bagi Orang Jepang
March 12, 2020
Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Bagaimana Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang? Stres atau perasaan tidak tenang merupakan suatu hal yang wajar dan pasti pernah dialami oleh semua orang saat menghadapi berbagai permasalahan. Biasanya saat mengalami stres yang berlebihan, kita akan memilih beberapa opsi untuk menangkalnya seperti pergi berlibur, bersantai menghabiskan waktu dengan melakukan hobi yang disukai, hingga menonton film dan mendengarkan musik-musik favorit. Namun, hal tersebut cukup berbeda dengan yang dilakukan orang Jepang saat alami perasaan stres.

CARA JEPANG MENGHILANGKAN STRESS

Negeri Sakura memang terkenal dengan tingkat keuletan masyarakatnya yang tinggi terhadap pekerjaan. Hal tersebut dinilai cukup rentan untuk menimbulkan kecemasan atau perasaan stres terhadap tekanan yang dirasakan orang Jepang. Pemerintah Jepang pun telah melakukan segala upaya pencegahan dalam meminimalisir tekanan hidup warganya, mulai dari menyesuaikan kembali durasi jam bekerja, menambahkan berbagai bonus dalam pekerjaan, dan masih banyak lagi.

Stres atau perasaan cemas dan tertekan biasanya muncul karena beberapa situasi seperti beban pekerjaan yang dirasa sangat melelahkan, tugas-tugas kuliah yang menumpuk, baru saja alami putus cinta, dan beberapa hal lainnya yang membuat pikiran dan hati merasa gelisah dan tertekan. Dalam kondisi terburuk, stres yang berlebihan bahkan dapat membuat pengidapnya menjadi depresi hingga berniat mengakhiri hidupnya karena merasa tidak mampu lagi menampung perasaan stres yang dialaminya. Maka, penting bagi kita untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat menenangkan hati dan pikiran, serta menjauhi hal-hal yang dapat mengarahkan kita kepada perbuatan negatif yang merugikan diri sendiri. Orang Jepang memiliki metode-metode uniknya tersendiri dalam mengontrol emosi saat alami perasaan stres.

Unik! Tempat Wisata Penghilang Rasa Stres di Jepang, Crash Box Osaka!

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://crash-box.jp

Perasaan stres yang tengah melanda seseorang terkadang dapat meluapkan berbagai macam emosi yang meledak-ledak. Berbicara menghilangkan penat dan stres dengan cara yang ekstrem, Jepang punya tempat yang cocok untuk melampiaskan stres atau tekanan hidup yang sedang kita rasakan. Crash Box, yang baru dibuka pertengahan tahun 2019 lalu di Osaka, Jepang merupakan sebuah tempat wisata unik yang ditujukan bagi pengunjungnya untuk menyalurkan emosinya saat merasa stres dengan cara menghancurkan benda-benda yang tersedia disini. Tempat unik ini sekaligus menjadi yang pertama kali di daerah Jepang bagian barat.

Jasa layanan unik yang menghancurkan barang ini terinspirasi dari ‘Anger Room’ yang populer pertama kali di Amerika Serikat para tahun 2008 lalu. Kini, tempat-tempat yang menawarkan jasa penghancuran barang-barang ini telah tersebar hingga ke 30 tempat di seluruh dunia, termasuk Jepang. Crash Box adalah ‘Anger Room’ versi Jepang yang untuk pertama kalinya dibangun di Jepang barat. Didalamnya, pengunjung Crash Box dapat menghancurkan berbagai jenis barang mulai dari peralatan makan seperti gelas dan piring, furnitur, botol-botol, dan beberapa peralatan rumah tangga lainnya yang akan disediakan pihak pengelola di dalam sebuah ruangan khusus. Tapi, tenang saja, segala kegiatan di Crash Box ini dijamin keamanannya karena telah dilengkapi juga dengan memakai pelindung tubuh dan kepala, seperti rompi khusus atau fullbody suit, sarung tangan, helm, dan kaca pelindung wajah.

Pengunjung bebas memilih sendiri benda yang ingin dihancurkan beserta peralatan yang nantinya digunakan untuk menghancurkan barang seperti palu, tongkat golf atau baseball, hingga senjata palu mjolnir milik superhero fiksi Thor dan Buster Sword milik karakter Cloud pada game dan film ternama asal Jepang, Final Fantasy. Dekorasi ruangan yang unik juga bisa dimanfaatkan pengunjung untuk bersua foto mengabadikan momen seru saat berada di Crash Box. Tempat unik ini beralamat lengkap di Nishishinsaibashi, Chuo-ku, Osaka, Jepang dan buka pada jam 11.00-21.00 waktu setempat. Biaya yang dibayarkan pun bervariasi tergantung dari jenis barang yang kita pilih untuk dihancurkan, detail lebih lengkap dapat dilihat dalam website resmi Crash Box.

8 Metode Hilangkan Stres ala Orang Jepang

Orang Jepang memiliki beberapa metode dalam mengatasi rasa stres yang dialaminya saat merasakan sebuah tekanan dalam menghadapi masalah. Mulai dari cara yang biasa, unik, bahkan ekstrem, inilah 8 cara atau metode hilangkan penat dan stres ala orang Jepang.

1. Meminum Segelas Matcha Buatan Sendiri

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.japantravel-centre.com/

Matcha merupakan salah satu jenis olahan minuman teh hijau asal Jepang. Salah satu metode yang bisa kalian coba ala orang Jepang untuk menghilangkan stres adalah dengan membuat matcha atau teh hijau sendiri di rumah. Kalian hanya harus menyiapkan bubuk matcha, sebuah cawan, chasen atau kocokan teh hijau khas Jepang, dan air panas mendidih untuk membuat semangkuk teh hijau. Membuat sendiri matcha di rumah dan menyeruput sedikit demi sedikit teh hijau Jepang itu diyakini dapat mengembalikan fokus dan menghilangkan perasaan stres untuk sesaat atas segala beban pikiran yang sedang kita rasakan.

2. Ashiyu Foot Spa

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://meganannblog.com

Orang Jepang biasanya melakukan kegiatan relaksasi melepas penat dan stres dengan berendam di onsen (kolam air hangat). Namun, hal itu cukup merepotkan karena harus mendatangi tempat-tempat yang menyediakan jasa berendam air panas asal Jepang tersebut. Kini, ada metode yang lebih sederhana bisa kalian coba sendiri dirumah yaitu Ashiyu Foot Spa. Berbeda dengan onsen, metode ini hanya merendam bagian kaki saja air hangat pada sebuah bak kecil dengan tambahan aroma wewangian relaksasi seperti irisan tipis buah lemon yang cukup untuk mengurangi stres dan menjernihkan kembali pikiran.

3. Metode Zen

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.inhamamatsu.com/

Meditasi yang biasa dilakukan orang Jepang ini awalnya hanya dilakukan oleh kaum Buddhist Zen, salah satu aliran dalam ajaran agama Buddha. Zen dalam Bahasa Jepang berarti meditasi. Layaknya olahraga Yoga, metode Zen dilakukan dengan cara duduk tegak sambil menutup mata dan menarik nafas dalam-dalam lalu keluarkan, lakukan berkali-kali tanpa memikirkan hal apapun dalam pikiran kita sejenak lupakan segala permasalahan hidup. Kalian bisa melakukan meditasi ini dimanapun dan kapanpun, namun biasanya orang Jepang melakukan metode Zen di kuil yang mereka sebut sebagai kegiatan Zazen.

4. Memakai Kostum Zentai

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.dismantlemag.com/

Salah satu cara menghilangkan stres yang dirasa cukup aneh dan unik di Jepang adalah memakai kostum Zentai yang menutupi seluruh tubuh dengan desain kostum yang ketat dan berwarna mencolok. Di dunia film, kostum ini mungkin mengingatan kita dengan kostum salah satu karakter superhero marvel yaitu Spiderman yang punya tekstur elaktis mengikuti lekuk tubuh. Meski terlihat aneh dan sempit saat dipakai, namun bagi sebagian orang di Jepang, kostum Zentai justru dirasa lebih membuat mereka merasa ‘bebas’ dari segala tekanan hidup.

5. Membawa Hewan Peliharaan ke Kantor

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://at-jinji.jp/

Salah satu pemilik perusahaan IT di Jepang, Hidenobu Fukuda menerapkan kebijakan unik kepada para karyawan. Ia mengizinkan karyawannya untuk membawa hewan peliharaannya ke area kerja atau kantor atas dasar permintaan salah satu pekerjanya. Ia juga akan memberikan uang sebesar 5000 Yen atau sekitar Rp 600 ribu bagi karyawannya yang mengadopsi kucing dan membawa hewan peliharaanya itu ke kantor. Dipercaya bahwa memelihara kucing dapat menetralisir perasaan gelisah dan stres.

6. Berteriak Sekeras Mungkin di ‘Shouting Festival’

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.fukuoka-now.com/

Emosi yang sudah meledak-ledak didalam hati kita saat sedang merasa stres akan tekanan hidup yang berat memang baiknya dikeluarkan, namun dengan cara-cara yang positif. Salah satunya yaitu dengan berteriak sepuas hati dan sekencang-kencangnya pada festival Nasional di Jepang, yaitu ‘Shouting Festival’ di Yufu, Oita, Jepang. Festival rutin tahunan yang unik ini mengharuskan setiap pesertanya untuk berteriak sekeras mungkin dan nantinya yang paling keras teriakannya, ia dianggap sebagai pemenang dan layak mendapatkan sebuah hadiah. Wah, selain dilakukan secara positif, hadiah yang didapat juga menjadikan kita semakin semangat lagi nih dalam menjalani hidup!

7. Sakebi no Tsufu

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.asahi.com/

Dikala perasaan stres melanda, beberapa orang Jepang akan menggunakan Sakebi no Tsufu, yaitu sebuah vas khusus yang dianggap bisa menghilangkan stres. Yup, vas berbentuk unik itu memang didesain agar kedap suara, yang memungkinkan kalian untuk bebas berteriak sekeras mungkin tanpa khawatir mengganggu orang-orang disekitar kalian dengan suara yang bising. Eits, tenang aja, walaupun suara teriakan kalian sangat kencang, vas ini punya desain yang kokoh dan tidak mudah rusak, lho!

8. Otona Maki

Metode Hilangkan Penat dan ‘Stres’ ala Orang Jepang

Sumber: https://www.nipponnews.net

Baru-baru ini, orang Jepang punya cara unik dalam hal merelaksasi pikiran dari rasa stres yang melanda. Caranya yaitu dengan membungkus diri sendiri menggunakan selembar kain layaknya bayi yang dibedong. Cara ini biasa disebut dengan istilah Otona Maki. Metode unik dan terkesan aneh bagi sebagian orang ini dipercaya dapat memberikan rasa nyaman tersendiri dan menetralisir rasa khawatir atau gelisah yang berlebihan bagi orang Jepang.

Nah, itu dia beberapa informasi seputar cara-cara orang Jepang dalam menangani rasa penat dan stres. Bagi kalian yang tertarik tinggal maupun sekedar hanya berkunjung ke Jepang, tidak cukup hanya dengan berbekal kebutuhan berbentuk fisik dan informasi umum terkait Jepang saja. Namun, juga diperlukan kemampuan berbahasa Jepang yang fasih. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah kemampuan Bahasa Jepang yang telah kita kuasai dan dipraktekkan langsung dalam obrolan berbahasa Jepang. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih mengucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang.

Tensai Nihongo Bunka Gakuin berencana akan membuka kelas baru Bahasa Jepang di level reguler B atau N5 akhir pada jadwal hari Minggu pagi pukul 09.00-13.30 WIB di kelas Tensai cabang, yang berlokasi di Jalan Singaperbangsa (belakang kantor imigrasi Karawang). Kelas dimulai tanggal 15 Maret 2020. Sssst… khusus promo selama bulan Maret ini, GRATIS! Gantungan kunci menarik dari Tensai buat kamu. Ayo, tunggu apalagi? Buruan daftar, sebelum kehabisan! Promo terbatas, lho..!!

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?