Go to Top

Mengapa Orang Jepang Begitu Disiplin

Mengapa Orang Jepang Begitu Disiplin

Ingin tahu Mengapa Orang Jepang Begitu Disiplin? Belajar bahasa Jepang tentu memiliki banyak manfaat, kursus bahasa Jepang? Di tensai Karawang adalah tempatnya. Namun, selain mempelajari bahasa Jepang, banyak juga hal yang bisa dipelajari khususnya budaya dan juga gaya hidup mereka meskipun tidak semuanya. Beberapa di antaranya yaitu bagaimana cara hidup mereka yang disiplin dan mengedepankan dalam melakukan komitmen saat bekerja khususnya untuk melakukan yang terbaik.

Sehingga bangsa Jepang bisa menjadi salah satu contoh karena memang dikenal sebagai bangsa yang memiliki tingkat produktivitas tinggi sekaligus juga disiplin yang tinggi. Sehingga, sekalipun negera Jepang merupakan kawasan asia. Namun dalam segi ekonominya, Jepang memiliki kesejajaran dengan negara maju yang ada di belahan dunia eropa maupun juga amerika.

Mengapa orang Jepang begitu disiplin?

Mengapa orang Jepang begitu disiplin? Kedisiplinan dan juga produktivitas bangsa Jepang yang tinggi dilihat dari etos kerja bangsa dari negara matahari terbit ini. Sehingga dengan memiliki etos kerja yang luar biasa dari masyarakat Jepang, membuat negara ini menjadi maju dalam soal kebangkitan segi ekonominya. Semuanya dimulai saat Jepang mengalami kekalahan dan juga kemunduran akibat pemboman di wilayahnya. Namun semangat untuk bangkit sangat lah tinggi dan juga terus ditanamkan hingga ke generasi modern saat ini melalui jalur pendidikan.

Perlu diketahui jika Jepang memiliki berbagai disiplin yang menjadi dasar mereka untuk memiliki etos kerja yang tinggi termasuk juga dengan semangat disiplinnya. Disiplin tersebut merupakan prinsip yang dimiliki oleh mereka, di antaranya yaitu;

Pertama adalah prinsip bushido yang merupakan prinsip tentang bekerja keras. Prinsip ini diturunkan dari generasi ke generasi. Semangat dengan melakukan proses belajat dan juga tidak mudah menyerah. Meskipun awalnya prinsip ini didapat oleh bangsa Jepang dari barat, tapi justru saat ini barat menjadi lebih kagum dan belajar dari Jepang yang menerapkannya dengan sangat baik.

Kedua yaitu prinsip disiplin samurai di mana prinsip ini mengedepankan sikap pantang menyerah. Salah satu sikap yang berupa tindakan di masa lalu dari para samurai yaitu hara-kiri jika mereka kalah bertarung demi memulihkan harga diri akibat kalah perang misalnya. Hingga seKarawang, sekalipun tidak berupa hara-kiri, namun bangsa Jepang dikenal akan semangat mereka yang tidak menyerah dalam membangun ekonomi, harga diri bangsa dan juga kehormatan yang dulu hancur akibat kekalahan.

Ketiga yaitu prinsip budaya keishan merupakan budaya kerja dengan selalu berupaya mendapatkan inovasi, kreatif dan juga produktif dalam bekerja. Kesungguhan, minat dan juga keyakinan yang menjadi motivasi agar selalu mau belajar sekalipun dari orang lain.

Ke empat adalah prinsip kai zen yang membantu bangsa Jepang untuk selalu memiliki komitmen dalam setiap melakukan pekerjaannya. Contoh kecilnya yaitu setiap pekerjaan yang haus dilakukan dan juga diselesaikan dengan sesuai jadwalnya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi pemborosan, baik energi maupun juga waktu sehingga mereka sangat disiplin jadwal atau waktu.

Ke enam berdedikasi tinggi terhadap tempat ia bekerja. Degan kata lain, semangat dan juga disiplin yang akan membentuk mereka memiliki mental dan juga sikap kerja yang positif. Mereka juga akan sangat patuh serta loyal pada perusahaan, karena mereka akan selalu memiliki pemikiran jika perusahaan untung besar maka ia pun akan memiliki keuntungan seperti halnya kompensasi yang sesuai. Oleh karena itu, mereka selalu bertanggung jawab dan juga berupaya untuk melakukan pekerjaan sebaik mungkin.

Itulah mengapa orang Jepang begitu disiplin dan beberapa contoh disiplin tersebut memang hanya seberapa namun patut untuk ditiru oleh bangsa indonesia. Karena disiplin bukan hanya memberikan keuntungan secara pribadi tetapi juga untuk negara. Salah satunya yaitu disiplin juga dalam mempelajari bahasa asing, seperti halnya Jepang. Oleh karena itu, kursus bahasa Jepang? Di tensai Karawang.

Save

Save

Save

, ,