Perusahaan Jepang Terbesar
Mengagumkan, Inilah 10 Peringkat Perusahaan Jepang Terbesar dan Terbaik Menurut Pengamatan Forbes
July 5, 2022
Profil Perusahaan Jepang Nippon Telegraph & Telephone
July 7, 2022

Berbicara mengenai bidang otomotif yang ada di zaman sekarang ini, Anda tentunya tidak asing lagi dengan salah satu perusahaan otomotif besar Jepang seperti Toyota Motor Corporation, bukan? Ya, Toyota ini sendiri dikenal sebagai perusahaan yang mampu menghasilkan berbagai produk otomotif terkemuka yang hingga sekarang masih memiliki banyak peminat di kalangan masyarakat dunia. Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda bagaimana sejarah dan profil dari perusahaan otomotif ternama yang berasal dari Negeri Sakura ini? Jika Anda penasaran, simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Awal mula berdirinya Toyota Motor

Seperti yang kita ketahui, bahwa Toyota merupakan salah satu produsen mobil terbesar di dunia. Perusahaan yang berkedudukan di Tokyo, Jepang ini sendiri sudah berdiri sejak 28 Agustus 1937 silam. Pendiri dari perusahaan ini yakni bernama Kiiciro Toyoda yang merupakan anak tertua dari Sakichi Toyoda, pencetus industri Toyota yang semua pernah membuat mesin jahit di awal tahun 1900-an.

Pada waktu itu, Sakichi Toyoda mampu menjadi titik terang bagi industri Jepang. Bahkan, pekerjaan para buruh tenunnya semakin dipermudah berkat mesin otomatis yang diciptakan untuk menambah kapasitas serta produksi tekstil di waktu itu. Keterampilan yang dimiliki Sakichi inilah yang pada akhirnya menurun kepada Kiichiro. Sebab, sejak kecil Kiichiro sudah biasa melihat ayanya bekerja pabrik.

Setelah lulus dari universitas, Kiichiro bergabung dengan perusahaan milik keluarga bernama Toyoda Automatic Loom Works sebagai cikal bakal berdirinya Toyota Industries Corporation. Meskipun awalnya Kiichiro diamanatkan untuk meneruskan bisnis mesin jahit, akan tetapi siapa sangka jika dirinya lebih tertarik dalam industri otomotif. Keputusan yang diambilnya ini juga penuh dengan berbagai risiko karena memang pada waktu itu belum banyak perusahaan yang terjun di industri otomotif.

Akan tetapi, siapa sangka jika keputusan yang diambil Kiichiro tersebut untuk memproduksi kendaraan di dalam negeri ternyata mendapatkan sambutan dan dukungan penuh dari pemerintah Jepang. Hal itulah yang pada akhirnya membuat Kiichiro terbang ke Eropa dan Amerika Serikat (AS) pada tahun 1929 untuk mempelajari serta mengambil inspirasi dalam pengembangan industri otomotif.

Belajar penuh di Negeri Paman Sam, Kiichiro akhirnya berhasil menciptakan mobil pertama tahun 1935 yang dirakit dengan berbagai komponen mobil asal AS. Di samping itu, dia juga sudah mulai merintis Toyota Motor Company sebagai anak perusahaan Toyoda Automatic Loom Woorks. Tak berselang lama, Kiichiro juga mengubah nama perusahaannya dri Toyoda menjadi Toyota karena dinilai memiliki keberuntungan dari segi marketing dan lebih mudah ditulis dalam huruf Jepang. 

Menariknya lagi, Toyota juga ternyata turut andil dalam Perang Dunia II lantaran dapat memproduksi kendaraan militer yang lahir dari pabrik di Pulau Honshu. Bahkan truk – truk tahan banting model awal Land Cruiser Jeep yang menjadi cikal bakal Toyota Land Cruiser model BJ dan juga hingga saat ini sukses terjual di AS dan seluruh dunia. Di tahun 1952, Kiichiro tutup usia dan sebelumnya sudah mewariskan perusahaannya dalam memproduksi mobil dan kendaraan lain untuk mulai diekspor ke berbagai negara di dunia.

Pada tahun 1966, Toyota sudah mulai mengakuisisi perusahaan bus dan truk besar di antaranya seperti Nippon Denso, Hino dan Daihatsu Motor Company. Bahkan di tahun 1970-an, Toyota juga sudah berhasil menjual lebih dari satu juta kendaraan secara global. Di samping itu, perusahaan ini juga dikenal sebagai produsen mobil terbesar di Jepang dan terus berkembang di pasaran industri otomotif.

Bahkan hingga saat ini, Toyota juga semakin dikenal sebagai produsen mobil yang memiliki fasilitas produksi di berbagai negara. Di antaranya yakni seperti Argentina, Cina, Indonesia, Mesir, Malaysia, Thailand, Vietnam dan berbagai negara lain di seluruh penjuru dunia.

Bagaimana bisnis Toyota Motor Corporation di Indonesia?

Membahas mengenai bisnis dari perusahaan otomotif besar Toyota Motor sendiri, tentu saja penuh dengan perjuangan sebelum bisa sesukses dan dikenal luas oleh kalangan masyarakat di penjuru dunia seperti sekarang ini. Pada awalnya, para konsumen di Indonesia yang menginginkan untuk membeli produk otomotif buatan Toyota, maka harus memesan langsung ke Negeri Sakura tersebut.

Adapun dalam pemberitaan resmi di tahun 1965, Toyota diketahui sudah menerima pesanan kendaraan dari Indonesia yang satu itu berjumlah sekitar 504 buah. Dimana, pesanan kendaraan ini terdiri dari beberapa kendaraan seperti misalnya land cruiser, truk besar dan tank. Tujuan dari pemesanan kendaraan ini dilakukan untuk digunakan oleh pihak Angkatan Darat (AD) demi menunjang sektor militer di Indonesia.

Melihat begitu tingginya antusiasme kalangan masyarakat / konsumen di Indonesia, menjadikan perusahaan tersebut pada akhirnya mendirikan cabang perusahaan bernama Toyota Astra Motor (TAM) yang didirikan pada 12 April 1971. Awalnya, perusahaan ini didirikan hanya sebagai pihak pengimpor kendaraan Toyota beserta distributor resmi dari Jepang saja. Namun selang setahun kemudian, didirikanlah perakitan PT Multi Astra khusus untuk pasar Indonesia yang digunakan untuk merakit mobilnya sendiri di bawah lisensi Toyota.   

Pada 29 Mei 1996, akhirnya dibangun pabrik otomotif milik Toyota Motor manufacturing Indonesia yang berlokasi di Karawang International Industrial City (KIIC), Teluk Jambe, Jawa Barat. Pabrik ini sendiri berdiri di area tanah seluas 1.000.000 meter persegi dengan luas bangunan 300.000 meter persegi. Dimana, pabrik ini menggunakan konsep pabrik otomotif kelas dunia yang memadukan teknologi tinggi, keahlian sumber daya manusia serta kepedulian terhadap karyawan dan lingkungan.

Sementara itu, untuk produksinya sendiri yakni lebih berfokus pada produksi kendaraan Innova. Yang mana nantinya akan ditujukan untuk pasar domestik dan internasional.

Apa saja produk yang dihasilkan oleh perusahaan otomotif Toyota Motor?

Bergerak di bidang otomotif, perusahaan Toyota Motor ini sendiri memiliki kegiatan utama yakni dalam merakit mobil, membuat alat pencetak bodi mobil, membuat komponen kendaraan dan mengekspor kendaraan serta berbagai macam part komponen kendaraan. 

Di samping itu, perusahaan Toyota Motor ini juga turut berperan penting dalam memproduksi barang dengan tingkat presisi yang sermpurna sehingga hasilnya dapat berkualitas tinggi. Terlebih lagi, tujuan utama dari perusahaan ini yakni untuk memberikan tingkat kepuasan bagi konsumen terhadap kualitas produk yang ditawarkan.

Tahun ini Toyota masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Adapun mengenai produk yang dihasilkan oleh perusahaan otomotif raksasa Toyota Motor ini sendiri cukup beraneka ragam. Bahkan, hampir setiap produk yang dihasilkannya sukses di pasaran dan memiliki daya tarik tersendiri di kalangan masyarakat dunia. Adapun beberapa produk berkualitas yang umumnya dihasilkan oleh perusahaan Toyota Motor untuk dijual kepada para konsumennya di seluruh penjuru dunia di antaranya yakni sebagai berikut :

  • Hatchback : Starlet, Yaris, Agya, Etios Valco
  • Sedan : Camry, Vios, Soluna, Mark X
  • Mobil sport : 86, GR Supra, GR Yaris
  • Kendaraan penumpang tipe MPV : Kijang, Kijang Inova, Toyota Cross
  • Kendaraan penumpang tipe SUV : Fortuner, Rush, Land Cruiser
  • Truk dan kendaraan niaga : Kijang Pickup, Dyna, HiAce

Itulah tadi informasi sekilas mengenai perusahaan Toyota Motor Corporation yang bisa Anda pahami. Tensai Karawang adalah lembaga pendidikan bahasa Jepang dan Indonesia terdepan, seperti Toyota, kami memiliki visi untuk menjadi perusahaan global dengan layanan yang fokus berorientasi kepada kualitas.

Leave a Reply

%d bloggers like this: