Go to Top

Layanan Pelanggan di Jepang: 5 Hal yang Menjadikannya Terbaik

Layanan Pelanggan di Jepang

Layanan pelanggan di Jepang: 5 hal yang menjadikannya terbaik. Di antara banyak hal-hal top di Jepang seperti manga, anime, teknologi, dan sushi, pelayanan terhadap pelanggan juga merupakan salah satu hal dari masyarakat Jepang yang dikagumi dunia. Dari restoran, tempat wisata, hotel, dan toko hingga petugas toko lokal yang nyaman atau petugas pompa bensin, semua orang di Jepang menerima pekerjaan mereka dan mereka serius dalam memberikan pelayanan terhadap para pelanggan. Apa saja keistimewaan layanan pelanggan di Jepang sehingga dikatakan terbaik di dunia?

Seperti lembaga pendidikan bahasa dan budaya Tensai Karawang yang selalu memberikan layanan terbaik kepada siswa dan komunitasnya, baik dalam metode pengajaran kursus bahasa Jepang maupun jasa interpretasi dan translasi.

5 Keistimewaan Layanan Pelanggan di Jepang

1. Kemudahan

Di kota yang serba cepat, berteknologi tinggi, dan ramai, di Jepang tidak ada ruang untuk kesalahan. Kita tahu bahwa hampir semua aspek kehidupan Jepang dilengkapi dengan berbagai alat yang membuat hidup menjadi lebih mudah. Ada loket tiket otomatis, mesin penjual otomatis, dan pintu geser di mana-mana, tetapi salah satu hal unik yang membuat semua kecanggihan ini menjadi kenyamanan yang nyata adalah sentuhan pribadi.

Layanan di Jepang dibuat agar pengalaman sehari-hari lebih mudah dan menyenangkan. Pintu taksi otomatis di Jepang membuat calon penumpang mudah masuk meskipun kerepotan karena banyak barang bawaan. Restoran dakafe-kafe di Jepang menyediakan tombol untuk memanggil staf sehingga memastikan para tamu tidak sering memutar-mutarkan leher mereka untuk menemukan anggota staf yang tersedia.

Bahkan ketika Anda lupa tujuan Anda ketika naik bus, Anda bisa melakukan perubahan rute dengan cepat dan tepat secara otomatis. Di negara kita, seseorang mungkin harus dengan malu-malu bertanya kepada penumpang lain jika ada perubahan, di bus Jepang mungkin ada penukar koin di papan di mana Anda dapat menebus perubahan sebelum membayar sopir bus atau bahkan mesin yang menerima tagihan.

2. Kenyamanan

Meskipun berbelanja atau bepergian adalah pengalaman yang menyenangkan dan mengasyikkan, namun aktivitas itu bisa sangat melelahkan terutama jika Anda membawa banyak barang bawaan atau berjalan-jalan. Penyedia bisnis di Jepang menyediakan layanan bagi pelanggan dengan sangat memahami kesibukan dan tekanan yang sering membuat stress, oleh karena itu mereka bekerja keras untuk mengatasi kedua masalah itu, misalnya banyak toko dan salon menawarkan teh atau kopi saat Anda berbelanja.

Saat berbelanja untuk produk yang lebih besar, staf akan membawa produk ke counter untuk disimpan saat Anda berbelanja dan jika Anda membawa banyak tas kecil, staf akan bertanya apakah Anda ingin semuanya ditempatkan dalam satu tas besar sehingga lebih mudah untuk dibawa.

Banyak department store memiliki ruang tunggu yang nyaman, operator lift pribadi untuk menjawab pertanyaan, dan bahkan kursi di lift untuk duduk dan beristirahat sejenak sampai Anda mencapai tujuan yang Anda inginkan.

3. Kecepatan

Hal lainnya dari keistimewaan layanan pelanggan di Jepang adalah kecepatan. Di toko dan restoran di Jepang, Anda tidak akan pernah membuang-buang waktu karena harus menunggu, mengantre, dan itu sangat menguntungkan Anda ketika tengah terburu-buru. Tidak hanya hanya di restoran besar seperti Starbucks, McDonald, dan tempat-tempat makanan cepat saji, tetapi bahkan kafe kecil dan toko juga akan mengakomodasi jadwal waktu Anda.

Misalnya, begitu Anda duduk, pesanan Anda akan langsung dilayani, dan makanan yang dipesan akan segera tiba beserta tagihannya. Untuk membayar makanan bisa di konter daripada di meja dan bahkan tersedia mesin penjual tiket makanan untuk membayar sebelum Anda makan sehingga memudahkan Anda makan dan lalu kembali bekerja atau pulang.

Staf layanan bersikap sangat efisien dan sangat faham ketika melayani pelanggan di jam-jam sibuk. Di toko atau supermarket, ketika ada antrean yang mulai menumpuk, kasir atau staf lainnya akan dengan cepat membuka antrian baru dan mengambil pelanggan berikutnya sebelum seorang manajer bahkan harus bertanya.

Meskipun terdapat prosedur check-out line yang sangat besar, pembungkus produk dan penjelasan kartu poin, line-up di Jepang cenderung bergerak jauh lebih cepat daripada negara lain.

4. Kecermatan

Orang Jepang rata-rata memiliki sikap yang sangat cermat, rinci dan mendetail. Hal tersebut tentu bisa baik atau buruk, tergantung pada situasinya. Dalam hal layanan pelanggan yang harus mendetail, Jepang menjadi salah satu contoh terbaik dari layanan pelanggan di seluruh dunia.

Ketelitian dalam kebersihan restoran dan toko, desain dan pencahayaan yang menciptakan suasana, dan hal-hal kecil semuanya membantu menjadikan pengalaman berbelajnja menjadi berkesan dan menyenangkan.

Hal detail yang sangat menunjang layanan pelanggan di antaranya adalah hal-hal kecil seperti memiliki tas penutup payung di pintu masuk untuk menempatkan payung Anda di dalam untuk menghindari kebocoran air di toko. Selain itu, Di Jepang, paket produk yang membutuhkan pendinginan akan ditambahkan es. Atau misalnya, tisu basah, sumpit, garpu, dan sendok akan disertakan jika Anda membeli produk makanan dan Anda memutuskan untuk memakannya sebelum pulang.

Bahkan tempat parkir di pusat perbelanjaan memiliki tampilan elektronik tentang berapa banyak ruang yang tersedia dan apa yang penuh. Detail kecil namun bermanfaat ini dapat membuat perbedaan antara belanja dengan bahagia dan belanja tapi penuh frustrasi.

5. Kepedulian

Jepang dan layanan pelanggan di Jepang memang identik dengan staf yang sopan yang membungkuk dan mengatakan Irasshaimase (Selamat Datang) ketika seseorang memasuki restoran atau toko mereka. Akan tetapi, pada dasarnya bukan sekedar etika menyambut pelanggan datang, ada hal yang jauh lebih penting.

Ketika Anda memasuki sebuah toko di Jepang, pada saat keluar Anda akan merasakan pelayanan pelanggan yang patut dicontoh. Setelah sambutan, staf mungkin mengumumkan waktu penjualan di mana produk didiskon untuk jumlah waktu tertentu.

Staf juga akan menanyakan apakah Anda memerlukan bantuan, menunjukkan kepada Anda kamar yang pas, memeriksa ukuran dan warna serta menawarkan untuk menelepon cabang lain jika produk yang Anda inginkan tidak tersedia.

Setelah Anda memutuskan untuk membeli suatu produk, staf akan mengantar Anda ke kasir, menempatkan pakaian atau barang dengan rapi di dalam tas dan menerima uang tunai menggunakan baki khusus.

Setelah pertukaran selesai, staf dapat mengambil tas dan memandu Anda ke pintu keluar melewati pembelian Anda dan berterima kasih atas kedatangan Anda dan berharap Anda akan kembali lagi.

Apakah toko itu sibuk atau kekurangan staf dan tidak peduli seberapa mahal atau murah produk yang Anda beli, setiap pembelian dari toko menerima senyum, terima kasih, dan pengiriman. Perhatian dari toko atas kenyamanan Anda sebagai pelanggan tampaknya benar-benar menjadi bagian yang penting bagi pemiliki bisnis di Jepang.

Apakah Anda hanya membeli sebungkus permen di minimarket, atau televisi layar datar 4K high end terbaru di toko elektronik, layanan pelanggan di Jepang selalu sopan, asli, dan berlimpah. Petugas gas akan membungkuk dan memastikan jalannya bersih saat membimbing Anda keluar dan petugas makanan cepat saji akan menempatkan sedotan di cangkir tetapi meninggalkan bagian atas tertutup untuk melindungi terhadap kuman tanpa gagal.

Tidak ada negara yang begitu sempurna dalam melayani pelanggan di setiap toko mereka kecuali Jepang.

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.