Peluang Bisnis Action Figure Anime Khas Jepang di Indonesia
February 19, 2020
Tokusatsu

Kalian pasti sangat familiar dengan serial televisi Ultraman dan Kamen Rider asal Jepang yang pernah sangat populer di Indonesia pada periode tahun 2000-an dan sempat ramai menghiasi acara siaran di beberapa channel televisi swasta Tanah Air. Bila kalian penggemar berat tokoh-tokoh superhero asal Negeri Sakura tersebut, pasti juga sudah tidak asing dengan istilah Tokusatsu.

APA ITU TOKUKATSU DI JEPANG?

Sebenarnya, Tokusatsu itu tidak melulu soal Ultraman dan Kamen Rider yang terkenal dengan serialnya yang banyak jenisnya itu. lho. Tokusatsu (特撮) sejatinya merupakan sebuah kependekan dari istilah Tokushu Satsuei, yang dalam Bahasa Jepang didefinisikan sebagai “special photography” yang mengarah pada penggunaan efek khusus (special effect) dalam sebuah film atau pertunjukan buatan Jepang. Orang yang bertanggung jawab terhadap urusan efek khusus biasanya disebut Tokushu Gijutsu atau Tokusatsu Kantoku yang berarti “special techniques” (istilah yang dulu digunakan dalam penyebutan “special effects”).

Di Jepang sendiri, tokusatsu sangat digemari kalangan anak-anak yang perlahan mulai ditinggalkan, meskipun sebenarnya tokusatsu memiliki jalan cerita yang rumit dan kompleks untuk dipahami anak-anak. Selain itu, tokusatsu mulai kewalahan bersaing dengan karya anime dan manga yang kini lebih populer dan telah mendunia. Namun, hal tersebut tidak lantas menjadikan para perusahaan pembuat tokusatsu menghentikan langkahnya. Mereka telah memodifikasi sedemikian rupa jalan cerita dari tayangan tokusatsu yang lebih fresh dan tidak kaku, sehingga mampu menarik perhatian para penikmat tokusatsu yang dulu sempat meredup. Bahkan, beberapa tokusatsu pun mulai beralih dengan mengadaptasi karya tokusatsunya kedalam sebuah tayangan anime demi menghidupkan kembali pamor tokusatsu.

Tokusatsu

Sumber: http://anmtv.xpg.com.br/

Serial tokusatsu memiliki banyak jenis atau genre, seperti Kaiju monster (contoh: Godzilla, Gamera, Ultraman, Super Sentai/Power Rangers), Kamen Rider (contoh: Ichigo, Nigo, Black, Ryuki), Metal Hero (contoh: Gaban Spielban), dan masih banyak lagi. Di beberapa serial tokusatsu juga kita seringkali mendengar kata “Henshin” yang dalam Bahasa Indonesia berarti “Berubah”. Salah satu jenis tokusatsu yang paling terkenal adalah Kamen Rider yang biasanya digambarkan sebagai tokoh pahlawan bertopeng asal Jepang, lengkap dengan peralatan tempur canggihnya.

Kamen rider yang pertama kali tayang adalah kamen rider Ichigo, kemudian diikuti kamen rider Nigo dan kamen rider V3, yang selanjutnya mulai bermunculan banyak serial kamen rider yang dikemas lebih menarik dan futuristik. Di Indonesia sendiri, kamen rider juga populer dengan sebutan lain yaitu “ksatria baja hitam”. Kamen rider seri lama dikenal dengan sebutan “Showa Rider” dan yang terbaru mulai tahun 2000-an seterusnya disebut “Heisei Rider” yang lebih banyak diminati oleh penggemar tokusatsu zaman sekarang.

Sejarah Singkat dan Perkembangan Tokusatsu

Tokusatsu

Sumber: https://www.flickr.com/

Pada awal tahun 1950-an, mulai diciptakannya seri Tokusatsu yang pertama kali di Jepang dalam wujud karakter monster raksasa Godzilla yang sekaligus menjadi Tokusatsu jenis kaiju yang paling populer di seluruh dunia sampai sekarang. Godzilla dibuat oleh seorang seniman dan ahli Special Effect, Eiji Tsuburaya bersama dengan Sutradara Ishiro Honda pada tahun 1954 di perusahaan Tsuburaya yang terinspirasi dari film buatan Amerika yaitu King Kong yang waktu itu sangat populer. Film Godzilla dalam pembuatannya memakai teknik-teknik canggih, salah satunya adalah suitmation, dimana terdapat seorang aktor yang mengenakan kostum monster berteknologi canggih dan bertugas memerankan karakter monster raksasa tersebut. Bagian wajah dan ekor dapat digerakkan menggunakan remote control sehingga nampak layaknya monster sungguhan, lengkap dengan setting kota-kota berukuran mini dengan berbagai miniatur bangunan, kendaraan, dan pemandangan alam serupa dengan dunia nyata pada aslinya. Karakter monster Godzilla dan King Ghidorah cukup melambung tinggi namanya dan sangat populer pada masa itu.

Kemudian, di tahun 1957, muncul tokusatsu lainnya yaitu Super Giant yang merupakan pahlawan bertopeng dengan wujud raksasa. Super Giant adalah tokusatsu bertema superhero yang pertama kali menggunakan spesial efek super canggih. Selanjutnya, pada tahun 1958 mulai dirilis juga tokusatsu jenis baru bernama Moonlight Mask (月光仮面 Gekko Kamen) yang merupakan tokusatsu pertama yang memiliki genre atau jalan cerita Dorama (drama). Gekko Kamen adalah wujud superhero yang mengendarai motor, yang nantinya menjadi cikal bakal seri-seri Kamen Rider yang kita kenal sekarang. Lalu, di tahun 1966, dunia tokusatsu mulai diperhitungkan namanya dengan kemunculan Ambassador Magma (マグマ大使, Maguma Taishi) dan Ultraman yang merupakan perwujudan pahlawan dengan fisik raksasa yang berasal dari luar angkasa.

5 Pilihan Tokusatsu Terbaik Jepang Sepanjang Masa

1. Kamen Rider Ryuki

Tokusatsu

Sumber: https://www.greenscene.co.id/

Serial Kamen Rider yang satu ini dapat dikatakan memiliki jalan cerita dan tema yang cukup berbeda dari Kamen Rider kebanyakan, yang mana para rider berusaha membasmi musuh-musuhnya berwujud monster jahat. Namun, di seri Kamen Rider Ryuki, pemandangan itu tidak akan kalian temui. Disini, para rider akan bertarung satu sama lain dengan Rider Ryuki yang memiliki kekuatan naga api sebagai tokoh utamanya. Disini, bahkan karakter yang sebelumnya jahat pun dapat berubah menjadi seorang rider yang protagonis. Hal ini yang membuatnya menarik dan berkesan di mata para penggemarnya.

2. Kamen Rider Black

Tokusatsu

Sumber: https://www.eknightmedia.com/

Kamen Rider Black merupakan serial Kamen Rider ke-8 dari seluruh rangkaian serial Kamen Rider di Jepang. Di Indonesia sendiri, superhero ini lebih dikenal dengan nama “ksatria baja hitam”. Serial kamen rider ini adalah seri tokusatsu yang paling diingat dan bersejarah bagi masyarakat Indonesia. Kamen Rider Black bercerita tentang dua orang pemuda sebagai tokoh utamanya, yaitu Kotaro Minami dan Nobuhiko Akizuki yang dibekali dengan kekuatan Cyborg. Sehingga, Kotaro bisa berubah menjadi seorang karakter Kamen Rider Black. Sedangkan, Nobuhiko berubah menjadi Shadow Moon yang jadi karakter antagonis atau villain di seri tokusatsu ini. Kemudian, seri ini berlanjut ke seri Kamen Rider Black RX.

3. Godzilla

Tokusatsu

Sumber: https://www.tvovermind.com/

Karakter monster fenomenal asal Jepang yang satu ini merupakan cikal bakal munculnya karakter-karakter kaiju lainnya seperti Gamera, Mothra, dan King Ghidorah. Godzilla merupakan sesosok makhluk berwujud kadal yang diceritakan berubah menjadi semakin membesar layaknya raksasa akibat pengaruh radiasi nuklir di pulau bernama pulau Odo. Monster ini kemudian diceritakan menjadi semakin brutal dengan menghancurkan seisi kota hingga menimbulkan kerusakan yang luar biasa dan banyak berjatuhan korban jiwa. Pada seri film pertamanya, Godzilla berhasil menembus angka penjualan tiket yang fantastis, yakni 9,1 juta buah tiket habis terjual dan meraup keuntungan hingga sebesar 152 juta Yen atau sekitar Rp 20 miliar. Sampai dengan saat ini, Godzilla masih merupakan salah satu mahkluk raksasa fiksi yang paling populer hingga menghadirkan beberapa sequel film terbarunya, salah satunya yaitu di pertengahan tahun 2019 lalu dengan judul Godzilla: King of the Monster dan di tahun 2020 ini juga rencananya mulai digarap film Godzilla vs King Kong.

4. Ultraman Seven

Tokusatsu

Sumber: https://www.yidio.com/

Ultraman Seven merupakan seri ketiga dari serial Ultra dan seri kedua yang menampilkan karakter Ultraman. Agen 340 dari Nebula M-78 datang ke bumi memberantas berbagai ancaman dan memutuskan untuk tinggal, serta melindungi Bumi. Agen 340 menyamarkan dirinya menjadi seorang manusia bernama Dan Moroboshi, untuk kemudian bergabung pasukan Angkatan Pertahanan Bumi, yaitu Ultra Garrison. Ultraman Seven adalah karakter Ultraman yang paling populer di Jepang.

5. Ultraman Tiga

Tokusatsu

Sumber: https://en.tsuburaya-prod.co.jp/

Ultraman Tiga merupakan awal kebangkitan dari serial Ultraman setelah redup selama hampir 15 tahun lamanya. Sama halnya seperti seri Ultraman lainnya, jalan cerita Ultraman Tiga diawali dengan kehadiran pasukan khusus yang ditugaskan untuk menyelamatkan bumi. Pada serial Ultraman yang satu ini, selain menajamkan titik berat dari kehebatan tokoh utama, namun juga menggambarkan nilai-nilai moral pentingnya sikap saling berbagi dan cinta damai didalam hati manusia. Alasan tersebut yang menjadikan Ultraman Tiga layak menyandang status serial Tokusatsu terbaik sepanjang masa menurut para penggemar.

Nah, bagi kalian yang tertarik tinggal atau berkunjung ke Jepang yang terkenal dengan karya Tokusatsunya, tidak cukup hanya dengan mempersiapkan perbekalan fisik dan informasi umum seputar Jepang saja. Namun, juga diperlukan kemampuan berbahasa Jepang yang fasih. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah Bahasa Jepang yang telah kita pelajari agar semakin menguasai dan melekat di ingatan kita untuk kemudian diaplikasikan langsung dengan orang Jepang saat kita berinteraksi. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang.

Kabar Gembira!! Tensai Nihongo Bunka Gakuin akan membuka kelas baru edukasi Bahasa Jepang level N5-awal di jadwal hari minggu siang, 8 Maret 2020 pukul 14.00-18.30 WIB. Khusus bulan Maret ini, ada Promo Menarik bagi kalian yang mendaftar menjadi siswa Tensai! Gratis, satu buah gantungan kunci keren, khusus bagi kalian yang segera melakukan registrasi pendaftaran di Tensai. Tunggu apalagi? Yuk, daftar langsung dengan mendatangi kantor pusat atau cabang Tensai Nihongo Bunka Gakuin di Karawang, promo terbatas lho!

Tensai juga menyediakan layanan jasa penerjemah Bahasa Jepang-Indonesia yang terpercaya dan bersertifikasi. Kami selalu berkomitmen untuk terus memberikan pelayanan terbaik bagi para pelanggan setia Tensai. Kami juga selalu berusaha maksimal dalam menjaga kepercayaan customer layanan jasa penerjemah cepat Bahasa Jepang dari dan ke Bahasa Indonesia yang Kami tawarkan.

Lokasi kantor pusat Tensai mudah dijangkau dan dekat dengan pusat Kota Karawang. Cukup menempuh waktu 10 menit perjalanan dari Akses Gerbang Tol Karawang Barat, dan 15 menit dari Stasiun Kereta Api Karawang. Telah bekerjasama dengan lebih dari 80 perusahaan besar di kawasan perindustrian Karawang dan sekitarnya, menjadikan kebanggaan tersendiri untuk Kami. Bagi Anda yang merasa tertarik dengan jasa layanan yang Kami tawarkan, dapat langsung datang ke kantor pusat Tensai Nihongo Bunka Gakuin dengan alamat lengkap di Ruko Emporium, Jl. Galuh Mas Raya No.5, Sukaharja, Kec. Telukjambe Timur, Kab. Karawang, Jawa Barat. Atau bisa juga dengan menghubungi layanan kontak pelanggan Kami yang tertera di pojok website, serta dengan mengakses akun-akun sosial media Tensai agar dapat terus mengupdate perkembangan terkait promo-promo terbaru dari Kami, maupun informasi unik seputar Jepang dan kebudayaannya.

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!