Peluang Bisnis Cemilan Khas Jepang di Indonesia
Peluang Bisnis Cemilan Khas Jepang di Indonesia
February 16, 2020
Ragam Santapan Bento Khas Jepang
Mencicipi Ragam Santapan Bento Khas Jepang
March 20, 2020

Kaiseki Ryori, Seni Menyajikan Makanan Tradisional Khas Jepang. Berbicara soal sajian kuliner sudah pasti membuat siapapun yang membayangkannya tak bisa menahan lapar dan ingin segera menyantapnya. Terdapat salah satu jenis kuliner khas yang hampir dimiliki oleh setiap negara yang biasa disebut haute cuisine, yaitu kuliner tingkat tinggi yang perlu persiapan khusus dan presentasi tingkat tinggi dalam penyajiannya. Di Jepang, ternyata tradisi kuliner khasnya tidak hanya ramen dan sushi saja, namun juga terdapat haute cuisine khas Negeri Sakura yang biasa disebut dengan istilah Kaiseki. Ada dua jenis kaiseki yang dikenal di Jepang, yaitu cha-kaiseki (kaiseki yang dihidangkan saat upacara minum teh di Jepang) dan kaiseki ryori yang akan kita ulas lebih lanjut.

Menu kaiseki ryori terdiri dari multi menu yang jumlahnya bisa mencapai 9 sampai 10 menu makanan atau lebih. Uniknya, seluruh menu kaiseki ryori ini disajikan dalam porsi sedikit ala masakan Jepang pada umumnya, dan dengan presentasi yang sangat baik dan pas, sehingga tidak akan membuat orang yang memakannya sampai kekenyangan. Selain itu, tidak ada pengulangan bahan makanan atau teknik memasak yang sama di antara menu-menu makanan kaiseki ryori satu sama lainnya. Misal, jika pada satu menu telah menggunakan wortel sebagai bahan masakannya, maka kalian tidak akan menemui wortel tersebut di menu yang lainnya. Tak hanya itu, seluruh menu masakan juga diolah dengan cara yang berbeda-beda. Namun, pengecualian untuk menu ikan yang menggunakan berbagai jenis ikan berbeda, sehingga tidak terhitung sebagai bahan makanan yang diulang pemakaiannya.

Kaiseki Ryori

Sumber: https://www.ukai.co.jp/

Dalam sebuah susunan kaiseki ryori, biasanya terdiri dari makanan yang berasal dari bahan-bahan lokal dan dibeli dari pasar lokal, yang memiliki keistimewaan dari daerahnya masing-masing. Juru masak kaiseki ryori memang memiliki izin khusus untuk bisa menambahkan bahan-bahan makanan musiman (khusus dan terbatas) yang bisa ditemukan di daerah tempat masakan tersebut dibuat, sehingga kaiseki ryori di seluruh wilayah Jepang bisa berbeda keunikan rasa masakannya. Walaupun, terdapat sebuah menu pada kaiseki ryori yang sama, namun akan terdiri dari kombinasi bahan-bahan yang berbeda.

Cara penyajian makanan dalam kaiseki ryori termasuk jenis yang paling mahal dikarenakan banyaknya jenis makanan yang disajikan dan suasana tempat restoran yang penuh dengan nuansa mewah ala Jepang. Beberapa restoran yang mennyajikan kaiseki ryori di Jepang, bahkan juga menyediakan kamar khusus bagi pelanggannya yang hendak menikmati kaiseki ryori dengan suasana yang lebih tenang tanpa diganggu orang lain atau biasa disebut private dining room. Namun, tentu saja harga yang ditawarkan akan jauh lebih mahal.

Sejarah Singkat dan Susunan Hidangan Dalam Kaiseki Ryori

Kaiseki Ryori

Sumber: https://www.evaair.com/

Kaiseki ryori merupakan set makanan dengan beraneka menu yang sudah mulai disajikan di Jepang sejak ratusan tahun silam. Seni menyajikan makanan khas Jepang ini bermula dari set makanan yang disajikan saat upacara minum teh, lalu perlahan berkembang menjadi menu masakan yang biasa disajikan bagi para kaum bangsawan Jepang. Asal usul nama kaiseki ryori sendiri diterjemahkan secara literal Jepang yang berarti “batu di dada” yang diambil dari kebiasaan para pendeta Zen yang selalu memakai batu hangat yang dibungkus kain dan diganjal di sekitar perut untuk membantunya menahan lapar.

Kaiseki Ryori termasuk jenis makanan mewah yang dijual dengan kisaran harga mulai dari 15.000-40.000 Yen atau sekitar Rp 2-5 juta, belum termasuk harga minuman. Karena harga yang cukup mahal, biasanya para pelancong yang berkunjung ke Jepang menyiasatinya dengan menginap di salah satu Ryokan (penginapan tradisional ala Jepang) atau dengan mengunjungi Ryotei (restoran tradisional ala Jepang) untuk mencicipi kuliner tradisional khas Jepang. Biasanya menu kaiseki ryori dalam Bahasa Jepang disebut sebagai “Oshinagaki” dan disajikan dalam jumlah 10 sampai 14 hidangan atau bahkan lebih, dengan porsi mungil.

Berikut, beberapa susunan hidangan lengkap “Kaiseki Ryori” diantaranya yaitu:

Sakizuke (先附) : Hidangan pembuka yang ringan.

Kaiseki Ryori

Sumber: https://picpanzee.com/

Zensai (前菜) atau Hassun (八寸)

Hidangan kedua yang dibuat dari bahan-bahan lokal musiman seperti sushi dan makanan kecil lainnya. Biasanya akan ada 3 sampai 5 hidangan berbeda yang disajikan dalam porsi kecil.

Kaiseki Ryori

Sumber: http://myfunfoodiary.com/

Mukozuke (向付)

Hidangan sepotong sashimi yang dibuat dari ikan segar musiman.

Kaiseki Ryori

Takiawase (煮合)

Sayuran yang disajikan bersama dengan daging, ikan, atau tofu (tahu khas Jepang).

Kaiseki Ryori

Futamono (蓋物)

Sajian hidangan dalam mangkuk tertutup yang diisi dengan sup dengan rasa yang ringan atau bisa juga diisi ikan yang sudah dikukus.

Kaiseki Ryori

Dainomono (台の物)

Hidangan yang disajikan didalam piring atau mangkuk berukuran besar dengan diisi berbagai macam hidangan dalam porsi kecil.

Kaiseki Ryori

Yakizara (焼き皿) atau Yakimono (焼物)

Hidangan yang disajikan dengan cara dibakar, seperti ikan bakar atau sayur bakar yang musiman.

Kaiseki Ryori

Su-zakana (酢肴)

Makanan kecil untuk penghilang rasa makanan yang tertinggal dimulut.

Kaiseki Ryori

Hiyashi-bachi (冷し鉢)

Masakan yang berbahan dasar sayur-sayuran, hanya disajikan pada musim panas.

Kaiseki Ryori

Naka-choko (中猪口)

Semangkuk sup untuk penghilang rasa makanan yang tertinggal dimulut.

Kaiseki Ryori

Agemono (揚げ物)

Makanan yang digoreng, seperti tempura.

Kaiseki Ryori

Tome-wan (止椀)

Sup miso atau sayuran, disajikan bersama dengan nasi.

Shiizakana (強肴) : Makanan sejenis hot pot

Gohan (御飯) : Semangkuk nasi hangat

Konomono (香の物)

Konomono (香の物) : Acar atau sayur-sayuran yang tergantung dengan musim.

Mizumono (水物)

Mizumono (水物) adalah hidangan pencuci mulut atau penutup seperti buah-buahan, manisan, es krim, dan kue.

Restoran Kaiseki Halal yang ‘Ramah’ Muslim di Jepang

Sumber: https://www.happycow.net/

Biasanya, sajian lengkap kaiseki ryori diawali dengan meminum segelas alkohol seperti sake atau wine. Namun, hal tersebut justru menjadi kekhawatiran tersendiri bagi para penganut agama Islam yang tengah melancong ke Negeri Sakura dan ingin mencoba sajian tradisional nan mewah kaiseki ryori ala Jepang. Kini, tidak perlu khawatir lagi karena sudah ada restoran yang menyajika hidangan kaiseki ryori yang halal dan ramah muslim di Jepang, tepatnya berada di sekitar daerah Nishi-Azabu, Minato-ku, Tokyo. Restoran kaiseki halal tersebut bernama Ise Sueyoshi.

Restoran tersebut menyajikan hidangan dengan konsep “Kokoro no Ryuutsuu” yaitu menyajikan hidangan yang terbuat dari bahan makanan pilihan langsung dari produsennya. Hidangan halal disini menjadi daya tarik tersendiri bagi para pelancong muslim yang sedang berkunjung ke Jepang dan penasaran dengan sajian kaiseki ryori. Selain itu, restoran ramah muslim ini juga menyediakan lembar panduan menu dan penjelasan dari sang pemilik restoran dalam bahasa Inggris. Kebijakan menu halal yang dikembangkan restoran ini menjadikan menu-menu didalamnya tidak mengandung bahan-bahan yang haram bagi umat Muslim seperti alkohol, mirin, dan bahan baku hewani yang berasal dari hewan babi.

Pengelola Restoran Ise Sueyoshi, Yuuki Tanaka mengatakan bahwa, ia telah mengikuti pelatihan Halal Manager Training and Exam di Japan Islamic Trust Masjid Otsuka. Ia juga mengakui bahwa sebelumnya, pihaknya juga pernah mengolah hidangan non-halal. Namun, bumbu yang dipakai disini hanya berupa kaldu Miso dan kecap asin biasa yang tidak mengandung kadar alkohol sedikitpun. Restoran halal ini buka mulai pukul 17.30 sampai 23.00 waktu setempat, dan tutup di hari Minggu.

Nah, itu dia beberapa informasi mengenai seni menyajikan makanan tradisional ala Jepang, kaiseki ryori. Bagi kalian yang sangat tertarik untuk tinggal maupun sekedar mengunjungi Negeri Sakura, tidak cukup hanya dengan perbekalan fisik dan informasi umum terkait Jepang saja. Namun, juga perlu menguasai skill berbahasa Jepang yang baik dan lancar. Rutin berlatih adalah salah satu cara untuk dapat terus mengasah kemampuan Bahasa Jepang yang telah kita kuasai dan dipraktekkan langsung dalam obrolan berbahasa Jepang.

Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami siap membantu Anda mewujudkan impian agar bisa fasih mengucapkan kalimat-kalimat dalam Bahasa Jepang. Segera hubungi nomor kontak pelanggan Kami di 0813-1704-3583 untuk informasi lebih lanjut.

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?