Mengenal Profil Perusahaan Jepang Softbank Serta Peluang Karirnya
July 15, 2022
Profil Perusahaan Jepang Sumitomo Mitsui Financial; Info Karier, dan Peluang Bisnis
August 2, 2022

Japan Post Holding adalah perusahaan besar pos di Jepang. Perusahaan ini dikenal sebagai salah satu perusahaan pos dengan ukuran bisnis paling besar di dunia. Banyak orang memandang bisnis pos tidak terlalu menguntungkan, tapi ternyata Japan Post Holding bisa berkembang walaupun melawan banyak bisnis logistic internasional di Jepang.

Apa Sebenarnya Japan Post Holding Itu?

Jika ingin mengenal Japan Post Holding, Anda bisa bandingkan perusahaan ini dengan Kantor Pos Indonesia. Perusahaan besar ini telah berdiri lama di Jepang dan tidak tersaingi dengan perkembangan layanan logistic dari perusahaan internasional lain.

Fedex dan JNE contohnya, mendominasi kebutuhan post paket di Indonesia. Namun di Jepang, kondisinya berbeda. Perusahaan ini tidak terganggu dengan layanan logistic paket lain yang banyak digunakan secara internasional.

Ukuran Japan Post Holding ditunjukan lebih jelas pada laporan Warta Ekonomi. Dalam artikel tersebut dijelaskan bagaimana perusahaan ini sering mengalami kondisi naik turun selama beroperasi. Awalnya Japan Post Holding merupakan perusahaan yang dikontrol pemerintah 100%. Namun pada tahun 2015, perusahaan ini melakukan IPO untuk 10% dari total sahamnya.

Penjualan saham ini digunakan pemerintah tidak hanya untuk perbaiki pelayanan pos tapi juga modal perbaikan berbagai infrastruktur masalah tsunami di tahun 2011. Sejak sukses IPO, perusahaan ini terus berkembang walaupun dengan track record yang masih bermasalah.

Reformasi pemerintah tentang kinerja perusahaan pos ini memberi impact lebih besar. Sebelumnya, Japan Post Holding hanya mengerjakan logistic seperti Kantor Pos Indonesia. Namun lama kelamaan, perusahaan ini diizinkan memegang kebutuhan finansial seperti pengiriman uang, asuransi, pembayaran tol jalan dan bahkan digital payment.

Sejak reformasi tersebut, Japan Post Holding mampu menempati peringkat ke 58 dalam list laporan Global 500 dari organisasi Fortune di tahun 2022 ini. Diperhitungkan total kekayaan perusahaan ini mencapai 2,64 triliun US Dollar. 

Potensi Japan Post Holding Untuk Bisnis di Indonesia

Tahun ini Japan Post Holdings masuk dalam kategori perusahaan terbesar Jepang dan terbaik versi Forbes. Dari penjelasan di atas, Anda bisa melihat peluang bisnis yang terbuka jika bekerja sama dengan Japan Post Holding. Di tanah Jepang, bisnis pembelian online dan logistiknya di dominasi Japan Post Holding dan Amazon.

Kedua perusahaan ini sampai saat ini masih bersaing dan sering memiliki masalah dari segi penggunaan pasarnya. Bagi perusahaan Indonesia yang ingin masuk ke pasar Jepang, penggunaan layanan Amazon memang menarik. Namun Anda harus tahu bahwa Amazon memiliki persaingan ketat dalam marketplace-nya.

Opsi lain yang bisa Anda coba adalah kerja sama langsung dengan Japan Post Holding. Jika Anda merupakan perusahaan besar dengan kebutuhan transfer logistic barang keluar masuk Jepang yang sering, penggunaan layanan Japan Post Holding jauh lebih lancar.

Keuntungan berurusan dengan perusahaan pemerintah Jepang langsung salah satunya adalah birokrasi. Jika berhasil kerja sama, 100% bisnis logistic Anda jelas legal di Jepang. Reach layanan bahkan bisa merata ke seluruh pelosok negara ini. 

Anda bisa baca artikel dari Ship24 ini untuk melihat bagaimana kinerja Japan Post untuk pengiriman barang. Tracking barang selalu akurat dan bahkan bisa menarget area pedesaan Jepang yang jauh dari pusat kota seperti Tokyo. Jika menggunakan perusahaan logistic lain, belum tentu bisa sampai pelosok.

Peluang Kerja Sama dengan Japan Post Holding

Walaupun potensi kerja sama sangat menarik, Anda harus pertimbangkan dulu peluang kerja sama dengan perusahaan ini. Bagi pemilik bisnis di Indonesia yang sukses, jalur logistic pengiriman barang dapat menggunakan perusahaan lain. Bekerja sama dengan perusahaan logistic internasional seperti Amazon jauh lebih mudah.

Anda harus ingat bahwa perusahaan Jepang apalagi yang dikontrol pemerintah akan sangat restriktif. Ini sama saja jika perusahaan luar ingin bekerja sama dengan Kantor Pos dalam distribusi barangnya. Pasti pemerintah akan hati – hati melakukan hal tersebut. Jadi jangan harap prosesnya mudah.

Di sisi lain, biaya penggunaan jasa mereka akan lebih tinggi. Jika bekerja sama dengan Japan Post langsung, biaya yang diperlukan bisa ditekan. Selam partnership sudah dibuat, Anda lebih bebas melayani pasar di Jepang.

Dari segi peluang kerja sama, sebenarnya hal ini lebih mudah di era Globalisasi sekarang. Berkat hubungan bilateral antara ASEAN dan Jepang, peluang kerja sama jauh lebih terbuka. Anda bisa coba manfaatkan peluang ini untuk menjalin bisnis dengan Japan Post Holding dengan lebih baik.

Tantangan yang Akan Dihadapi Dalam Menjalin Kerja Sama

Walaupun peluang kerja sama dengan perusahaan ini cukup baik potensinya, Anda harus tahu beberapa tantangan yang akan dihadapi. Tanpa mengetahui apa tantangan yang dihadapi, Anda bisa gagal melakukan kerja sama. Karena itu, pastikan baca beberapa tantangan berikut ini dulu sebelum memproses langkah kerja sama bisnis Anda:

Bisnis Anda Harus Mengikuti Tata Cara Jepang yang Kaku

Birokrasi di Jepang sering dipandang kaku oleh mata bisnis Internasional. Hal inilah yang menyebabkan investasi di negara ini tidak terlalu banyak. Bisnis yang ingin kerja sama dengan perusahaan Jepang juga akan alami hal yang sama.

Karena itu, pastikan Anda pelajari dulu birokrasi dan tata cara bisnis Jepang sebelum mengajukan proposal kerjasama dengan Japan Post Holding. Hal ini penting agar potensi proposal kerjasama diterima lebih besar jika menggunakan tata cara standar birokrasi Jepang.

Proses Bisa Memakan Waktu Lama

Birokrasi dengan perusahaan Jepang selalu memakan waktu. Hal ini karena perusahaan Jepang lebih mengutamakan kesempurnaan. Mulai dari kontrak, proses dokumen dan komunikasi akan diproses secara hati – hati. Karena itu, Anda harus sabar dan teliti melakukan prosesnya agar berhasil kerja sama.

Ukuran Bisnis Anda Harus Besar

Perusahaan ukuran menengah memiliki kesempatan kecil bekerja sama dengan Japan Post Holding. Anda harus memiliki ukuran sukses besar di Indonesia terlebih dahulu untuk dapat bekerja sama dengan perusahaan ini.

Tentu saja perusahaan ukuran menengah tetap dapat menjalin koneksi. Namun peluangnya lebih sulit. Untuk tingkatkan peluang dan probabilitas keberhasilan kerja sama, lebih baik pastikan bisnis Anda besar terlebih dahulu.

Masalah Bahasa dan Komunikasi

Masalah lain yang akan menjadi tantangan adalah komunikasi dan bahasa untuk interaksi. Anda harus siap belajar bahasa Inggris dan bahasa Jepang yang baik. Perusahaan Jepang yang terikat dengan pemerintah sering bermasalah soal komunikasi.

Memang bahasa internasional tetap bisa digunakan, namun untuk koneksi yang lebih dekat, sangat disarankan menggunakan bahasa Jepang. Anda harus pastikan bisa menguasai kedua bahasa ini dan lancar menggunakannya. Jika tidak lancar, kecil peluang proposal kerjasama Anda diterima.

Buka Peluang Komunikasi Menggunakan Tensai Karawang

Untuk membuka peluang kerja sama, komunikasi Anda dengan pihak Japan Post Holding harus dibangun dengan baik. Bagi Anda yang belum bisa berbahasa Jepang, Tensai Karawang dapat membantu.

Perusahaan jasa Tensai Karawang membuka kesempatan bagi staff bisnis Anda meningkatkan skill bahasa Jepang. Selain itu, Anda bahkan dapat gunakan jasa translator dari perusahaan Tensai Karawang. Semua ini memastikan potensi kerja sama makin terbuka.

Bagaimana? Apakah Anda sekarang mengerti apa Japan Post Holding itu? Mengenal salah satu perusahaan besar logistic di Jepang dapat membuka lahan bisnis baru ke pasar negara tersebut. Jangan remehkan keuntungan membuka pasar baru jika ingin kembangkan usaha Anda lebih jauh!

Leave a Reply

%d bloggers like this: