Go to Top

Bagaimana Cara Mendapatkan Akses Internet Lancar di Jepang?

Akses Internet Lancar di Jepang

Bagaimana Cara Mendapatkan Akses Internet Lancar di Jepang? Bagi Anda yang menjadi turis di Jepang, koneksi Internet yang handal sangat penting. Akses internet lancar di Jepang akan membantu Anda merencanakan dan menavigasi perjalanan Anda. Namun demikian, Wi-Fi publik Jepang, nampaknya lebih menyulitkan daripada memudahkan turis membaca email mereka atau mengunjungi situs web favorit.

Tapi jangan takut! Tulisan ini akan membantu Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang. Bersumber dari: Tofugu yang telah mengumpulkan daftar opsi Wi-Fi untuk meningkatkan konektivitas Anda, dan kelancaran perjalanan Anda. Dari hotspot gratis yang paling andal ke berbagai opsi berbayar dan portabel, kami menyediakan Anda dan mendapatkan pengalaman pribadi untuk mendukungnya.

Kami adalah lembaga pendidikan Tensai Karawang dengan layanan kursus bahasa Jepang dan interpreter serta translasi. Kami menciptakan lingkungan belajar yang nyaman dengan pendekatan yang aktraktif interaktif menyenangkan. Tenaga pengajar kami native speaker dan profesional. Tenaga interpreter bahasa Jepang kami tersumpah dan paham akan budaya dan konteks bahasa, demikian juga dalam translasi dokumen.

Pengen Internet Lancar di Jepang? Inilah Caranya!

Kembali ke soal akses internet di Jepang, berikut ini daftar Wifi dan cara mengaksesnya agar  Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang. Semoga berguna jika Anda nanti berada di Jepang sebagai turis, pelajar atau pekerja.

Akses Internet Lancar di Jepang

Akses Internet Lancar di Jepang

Hotspot Wi-Fi Publik Gratis

Meskipun Wi-Fi cepat dan gratis mungkin sudah tersedia di negara asal Anda, pengalaman Anda di Jepang mungkin sangat berbeda. Terkadang, Anda harus berjalan satu mil untuk mendapatkan sinyal. Ketika Anda menemukannya, Anda akan sering harus mendaftar berulang kali, setiap kali Anda mendaftar — bukan sesuatu yang ingin Anda khawatirkan selama jam sibuk di stasiun kereta atau terminal bandara dengan hanya lima menit untuk menemukan (dan membuat) koneksi Anda.

Bandara, Hotel, dan Kereta Api

Tiba di salah satu dari tiga bandara internasional utama Jepang (NRT, HND, dan KIX) memberi Anda akses ke beberapa Wi-Fi gratis dan langka yang akan Anda temukan di perjalanan Anda. Dan meskipun Anda dapat membayar untuk kecepatan yang lebih cepat dan keamanan kunci WEP jika Anda mau, jaringan ini terbuka — dan lambat.

Hotel Jepang sedikit lebih baik: beberapa menawarkan Wi-Fi gratis, meskipun di hotel non-bisnis Anda mungkin perlu membayar koneksi Internet.

Sebagian besar stasiun kereta, terutama yang berada di area Tokyo yang lebih besar, menyediakan Wi-Fi gratis. Mungkin sulit untuk terhubung saat Anda sedang transit, tetapi begitu Anda tiba, Anda harus dapat memeriksa Google Maps atau email atau pesan LINE teman yang Anda temui untuk makan siang. Jalur kereta utama berikut ini menawarkan Wi-Fi gratis:

Dan mereka juga telah membuat kemajuan yang cepat! Mungkin 5-10 tahun lalu, Anda tidak pernah melihat Wi-Fi di stasiun kereta. Sekarang, saat Jepang mempersiapkan Olimpiade 2020, dengan cepat Wi-Fi menjadi lebih sesuatu yang umum.

Aplikasi Agregasi Hotspot dan Layanan Nasional

Di negara Anda, mungkin banyak restoran dan area perbelanjaan menyediakan Wi-Fi gratis. Sementara di Jepang sebagian besar mengharuskan Anda untuk mendaftar atau mendaftar setiap kali Anda masuk.

Melakukannya berulang kali bisa mengganggu. Beberapa aplikasi dan layanan, bagaimanapun, dengan mudah memungkinkan Anda untuk mendaftar hanya sekali,  setelah itu Anda akan secara otomatis masuk ke salah satu dari banyak jaringan Wi-Fi di Jepang.

  • Japan Connected-free Wi-Fi. Salah satu aplikasi Wi-Fi paling populer, dengan lebih dari 170.000 titik akses.
  • NTT East Free Wi-Fi Japan. Layanan agregasi hotspot ini terkait dengan aplikasi Wi-Fi gratis yang terhubung ke Jepang (di atas). Jika Anda membutuhkan Wi-Fi hanya-timur, itu sempurna; jika tidak, Anda mungkin juga mendapatkan akses nasional dengan aplikasi. (Pembaruan: tampaknya NTT menyadari redundansi layanan ini, karena laman untuk Wi-Fi gratis ini dihapus.)
  • Travel Japan Wi-Fi. Sangat berguna, dengan lebih dari 200.000 titik akses.
  • FREESPOT. Meskipun situs web mereka sudah usang, FREESPOT menawarkan Wi-Fi di seluruh Jepang. Tidak ada aplikasi; Anda hanya perlu menemukan jalur akses dan mendaftar. Setelah Anda melakukannya, Anda dapat terhubung ke semua hotspot FREESPOT di negara ini.
  • Free Wi-Fi Passport. Opsi Internet gratis Softbank memerlukan beberapa perdebatan dengan operator seluler dan perangkat Anda, tetapi setelah Anda siap, Anda mendapat Internet selama dua minggu dari sekitar 400.000 hotspot. (Untuk panduan pengaturan langkah demi langkah, lihat video YouTube ini.)

Bisnis

Layanan bisnis berikut ini menawarkan Wi-Fi gratis di Jepang, sebagian besar dengan registrasi. Yuk coba nantinya satu persatu agar bisa mendapatkan internet lancar di Jepang.

  • McDonald’s. Membutuhkan pendaftaran dengan akun media sosial.
  • Starbucks. Akses gratis satu jam ketika Anda mendaftar media sosial Anda.
  • Tully’s. Warung kopi ini menawarkan Wi-Fi gratis tanpa registrasi atau data pribadi.
  • 7-Spot. Layanan multi-mitra tersedia di 7-Eleven, Denny’s, Loft, Ito-Yokado, dan lainnya. Buat akun dan kata sandi untuk masuk.
  • Family Mart. Warkop konbini yang populer memiliki Wi-Fi gratis, tetapi mendaftar tidak nyaman: Anda harus membuat akun dan kata sandi.
  • Apple Store. Semua Toko Apple di Jepang memiliki Wi-Fi terbuka.
Akses Internet Lancar di Jepang

Akses Internet Lancar di Jepang

Opsi Hotspot Publik Lainnya

Terkadang dengan Wi-Fi gratis, Anda mendapatkan apa yang Anda bayar. Sedikit persiapan – dan kemauan untuk membelanjakan sejumlah uang – dapat membantu memperbaiki konektivitas agar Anda mendapatkan akess internet lancar di Jepang.

Wi-Fi Hotspot Berbayar

Jika Anda kesulitan mencari (atau Anda bosan mendaftar) Wi-Fi gratis, agar  Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang, Anda dapat membayar untuk mendapatkan akses Internet yang lebih cepat atau lebih luas melalui layanan berikut:

  • Docomo. Jaringan telepon seluler nasional menawarkan akses ke hotspot Wi-Fi mereka seharga ¥ 388 / hari atau ¥ 972 / minggu.
  • Wi2. Akses untuk memilih hotspot di jaringan Wi2 berharga ¥ 2.000 / minggu. Ini adalah jaringan yang sama yang mengoperasikan aplikasi Wi-Fi Travel Jepang (di atas), yang menawarkan konektivitas gratis. Seorang staff Tofugu tidak pernah menggunakan layanan apa pun, dan tidak ada laman yang menjelaskan manfaat membayar untuk Wi2, jadi disarankan untuk mencoba aplikasi gratis terlebih dahulu sebelum menyerahkan kartu kredit Anda.
  • SoftBank Wi-Fi Spot (EX). Jika Anda bukan pengunjung asing tetapi masih ingin mengakses hotspot Wi-Fi manis SoftBank, biayanya ¥ 467 / hari, ditambah pajak. Jika Anda seorang turis, Anda dapat mendaftar untuk Paspor Wi-Fi Gratis (di atas).

Wi-Fi dari Ruang Coworking Jepang

Terkadang Anda perlu melakukan lebih dari sekadar memeriksa Google Maps atau melihat-lihat di Twitter. Jika Anda ingin menyelesaikan beberapa pekerjaan nyata, kemas laptop Anda dan carilah salah satu ruang kerja coworking Jepang. Berikut beberapa area co-working agar  Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang:

Pocket Wi-Fi yang Teruji

Mungkin Anda tidak ingin khawatir tentang mencari Wi-Fi gratis atau berbayar. Mungkin Anda menginginkan sesuatu yang selalu tersedia di mana pun atau kapan pun Anda membutuhkannya. Di sebagian besar perjalanan kami ke Jepang, kami telah memecahkan masalah konektivitas kami dengan Wi-Fi saku, router seluler kecil yang dapat Anda hubungkan ke ponsel, tablet, komputer, dan (mungkin) prosesor makanan IoT Anda. Mereka didukung oleh baterai yang dapat diisi ulang, dan dilengkapi dengan semua kabel yang diperlukan. Persewaan tersedia di sebagian besar bandara, tetapi aturan seputar sewa, pembayaran, dan pengembalian bisa sedikit rumit.

Pupuru

Pupuru adalah Pocket Wi-Fi yang bisa dikatakan terbaik. Perusahaan ini menawarkan dua perangkat / rencana harga: opsi “Kecepatan Tinggi” dengan penggunaan data tanpa batas untuk ¥ 700 / hari, dan opsi “Cakupan Luas” dengan penggunaan data tidak terbatas untuk ¥ 1.000 / hari. Untuk kedua paket itu, ada satu kali biaya ¥ 1.000 pengiriman.

Wifi Rental Dotcom (Wifi レ ン タ ル ど っ と こ む)

Rental Wifi Dotcom adalah layanan sewa Wi-Fi saku dasar, dengan harga terjangkau, dengan dua belas pilihan yang tersedia. Pengalaman Tofugu dengan router SoftBank 303ZT sangat baik, dengan mudah mengambil dan mengembalikan, baterai yang tahan lama (selama kita ingat untuk mengisi daya setiap malam), dan pemuatan halaman yang cepat bahkan di daerah pedesaan. Situs web perusahaan dan layanan pelanggan sangat bagus … meskipun semuanya dalam bahasa Jepang.

Genki Mobile

Genki Mobile memberikan pocket Wi-Fi gratis untuk dicoba. Untuk 1GB (per hari), pocket Wi-Fi ini akan dikenakan biaya ¥ 300 per hari. Untuk 2GB, harganya mencapai ¥ 500 per hari. Ada opsi ketiga untuk masa menginap jangka panjang dari enam puluh hari atau lebih yang akan dikenakan biaya ¥ 200 per hari, meskipun Anda terbatas pada 1GB. Seperti layanan pocket Wi-Fi lainnya, melebihi batas data harian Anda akan menghasilkan batas data 200kbps (hingga hari berikutnya dimulai). Ini tentu saja cukup untuk turis rata-rata, tetapi tidak akan bertahan di bawah pekerjaan berat atau streaming Netflix.

Opsi pocket Wi-Fi Lainnya

Rental pocket Wi-Fi di Jepang sangatlah beragam, tetapi tidak berarti lengkap. Agar  Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang, Anda dapat memilih untuk mencoba beberapa opsi lain yang tercantum di bawah ini:

JAL ABC

JAL menawarkan dua paket: jenis router Wi-Fi (¥ 1.290 / hari) berfungsi sebagai hotspot normal; opsi USB (¥ 980 / hari) berfungsi ketika dicolokkan ke sumber listrik, seperti laptop. Kedua paket tersebut tidak memiliki batasan data atau biaya tambahan; Anda dapat melakukan pick up dan drop off pada salah satu dari tiga bandara utama Jepang. JAL ABC terhubung dengan Japan Airlines, dan setiap ¥ 100 yang Anda belanjakan menghasilkan JAL miles tambahan (yang berada di bawah payung United / Delta).

Silahkan Anda pesan perangkat Anda terlebih dahulu secara online atau melalui telepon — jika Anda memesan melalui telepon, Anda memiliki pilihan pengiriman ke mana pun Anda tinggal di Jepang. Jika Anda tiba di NRT, HND, atau KIX, Anda dapat menyewa perangkat (dengan uang tunai atau kartu) tanpa memesan terlebih dahulu. Drop-off hanya untuk bandara.

Jepang Wireless

Japan Wireless menawarkan beberapa keistimewaan yang tidak biasa, yang pertama penggunaannya tidak terbatas — tidak perlu membatasi kebiasaan streaming Anda. Baterai mobile gratis memastikan Anda tidak akan kehilangan daya pada momen-momen penting, dan kebijakan pengiriman satu hari tidak akan membuat Anda menunggu.

Perusahaan menawarkan dua jenis perangkat, yang membuat belanja menjadi mudah, meskipun harganya rumit. (Ini adalah bagan yang menjelaskan cara kerjanya. Pada dasarnya, semakin lama Anda menyewa, semakin murah harganya, mereka juga menawarkan asuransi dan opsi kartu SIM.

Anda dapat memesan perangkat Anda secara online dengan kartu kredit, dan pilih lokasi pengiriman Anda. Sayangnya, tidak ada penjemputan di bandara – Anda harus tahu di mana Anda tinggal sebelum Anda memesan. Seperti Pupuru, pengembalian dilakukan dengan amplop prabayar.

Global Advanced Communications

Sementara Global Advanced menawarkan hotspot Wi-Fi termurah di Jepang, itu juga bermasalah. Masing-masing dari empat perangkat hadir dengan rencana berbeda: Super Premium, model super cepat dengan cakupan luas; Premium, dengan kecepatan sangat cepat dan cakupan luas; Standar, dengan kecepatan sangat cepat dan tidak ada cakupan luas; dan ECO, dengan kecepatan lebih lambat dan tidak ada cakupan luas.

Memesan dan menetapkan harga sangat rumit, dan tampaknya tidak ada jaminan bahwa mereka akan memiliki perangkat yang Anda inginkan ketika Anda menginginkannya. Jika tersedia, perusahaan akan mengirimkan instruksi pembayaran dan info tentang proses pengambilan.

Kabar baiknya GAC menerima kartu kredit, dan dapat mengirim hotspot Anda di mana pun di Jepang — mereka juga melayani enam bandara. Seperti Pupuru, pengembalian dilakukan melalui surat dengan amplop prabayar.

Berita yang tidak terlalu bagus: meskipun situs web mereka mengiklankan “akses Internet tak terbatas”, paket Standar dibatasi hingga batas data 10GB per bulan — hampir tidak mungkin untuk tidak mengisi waktu satu bulan. Ini pilihan yang buruk. Pada akhirnya, Global Advanced Communication dapat menghemat uang Anda, tetapi Anda harus teliti dengan ketentuan berlakunya (dan mungkin perlu membatasi kebiasaan streaming Anda)

Ninja Wifi

Ninja Wifi adalah versi Wifi Rental Dotcom yang dapat diakses dalam bahasa Inggris (di atas). Sayangnya, kenyamanan memesan dalam bahasa Inggris menghasilkan harga yang lebih tinggi daripada rekan Jepangnya.

Jika itu tidak mengganggumu, layanan Ninja Wi-Fi cukup bagus. Hanya ada satu perangkat, tetapi dilengkapi dengan semua jenis add-on untuk dipilih: charger mobil dua port, paket baterai eksternal, perangkat penerjemahan Pocketalk, dan berbagai opsi asuransi. Perusahaan ini menawarkan poin penjemputan paling banyak dari layanan penyewaan hotspot, dengan penghitung di setiap bandara utama Jepang (ditambah biaya pengiriman ¥ 500).

Cakupan Ninja LTE adalah 99% dari Jepang, dan aktivasi hanya sekejap — cukup aktifkan perangkat dan masukkan kata sandi. Anda dapat memesan hotspot Anda hingga satu hari sebelum Anda membutuhkannya (ギ リ ギ リ, seperti yang mereka katakan dalam bahasa Jepang), dan perusahaan menerima semua kartu kredit utama.

Japan Mobile Rental

Japan Mobile Rental adalah layanan tanpa embel-embel (meskipun belum tentu yang termurah), dengan dukungan bahasa Inggris penuh dan jangkauan jaringan nasional. Ini menawarkan dua rencana: yang lebih cepat dengan batas data, dan yang lebih lambat dengan data tidak terbatas. Ini sedikit rumit, karena biaya didasarkan pada penggunaan, dan termasuk beberapa biaya dimuka yang harus Anda ketahui.

Anda dapat dengan mudah mengambil perangkat Anda di NRT atau KIX; mereka menawarkan pilihan pengiriman hotel juga, dengan biaya tambahan. Ada juga biaya admin yang tidak dapat dikembalikan sebesar ¥ 1.000, dan deposit ¥ 10.000 yang dapat dikembalikan. Tidak ada biaya pembatalan.

Internet nirkabel yang sebenarnya Anda dapatkan cukup berguna, tetapi tidak ada yang istimewa. Meskipun rencana Tidak Terbatas lebih lambat, lebih murah, dan Anda tidak akan pernah kehabisan data. Minggu pertama akan dikenakan biaya ¥ 1.200 / hari, setelah itu harga turun menjadi ¥ 580 / hari. Tidak masalah bagi dasar-dasar web, tetapi “tidak cocok untuk streaming video resolusi tinggi.” (Bukankah setiap video tinggi akhir-akhir ini?)

Paket Data 4G sangat cocok untuk mereka yang menginginkan kecepatan cepat tetapi tidak keberatan memiliki batas penggunaan data harian dan bulanan mereka: hingga 300MB / hari dengan batas total 7GB untuk bulan tersebut. Setelah topi ini, itu ¥ 800 / 500MB diunduh. Tarif harian adalah ¥ 1.500, tetapi ini turun menjadi ¥ 1.200 setelah tujuh hari pertama.

Telecom Square

Perusahaan Jepang yang lama, Telecom Square, menawarkan dua perangkat Wi-Fi saku dengan beragam paket pembayaran. “Tipe Lebar,” yang dapat digunakan di daerah pedesaan, biaya ¥ 1.512 / hari. (Paket Pack30 jangka panjang, yang ¥ 16.200 / 30 hari, rata-rata ¥ 540 / hari.) Router “City Type” paling baik di daerah perkotaan, tetapi mungkin tidak dapat diandalkan ketika Anda keluar ke inaka. Ini ¥ 1,296 / hari, atau Anda dapat memilih dari berbagai paket pembayaran yang lebih lama digunakan. (Paket A30, misalnya, mengurangi biaya hingga ¥ 432 / hari.)

Cukup mudah melakukan pemesanan secara online: lakukan pemesanan Anda sebelum jam 5:00 sore sehari sebelumnya (untuk pengiriman kurir, waktu yang sama tetapi dua hari sebelumnya), dan Anda dapat mengambil (dan menurunkan) di tujuh bandara utama. Telecom Square menawarkan dukungan teknis selama dua puluh empat jam dan semua jenis pengaya opsional, termasuk baterai seluler dan rencana asuransi. Pembayaran ditangani pada akhir periode sewa Anda.

Dengan Telecom, Anda dapat memesan di konter bandara tanpa reservasi, dan (tergantung ketersediaan) mengambilnya saat itu juga. Senang mengetahui kapan Anda mendapatkan tiket pesawat yang super murah, dua hari sebelumnya!

Rakuten Wi-Fi Hotspot

Secara teknis, Rakuten bukan layanan sewa Wi-Fi. Namun jawaban Jepang untuk Amazon telah menjadikan dirinya sebagai pusat untuk transaksi layanan hotspot Wi-Fi yang berbahasa Jepang, yang diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris. Sementara tawaran Rakuten akan jauh lebih murah daripada situs-situs berbahasa Inggris yang tercantum di atas, beberapa petunjuk perusahaan dalam bahasa Inggris di web ini kurang mendetail dan tidak jelas. Anda akan menemukan harga rendah, tetapi terjemahan yang kurang baik (atau mungkin disengaja) dapat mengarahkan Anda untuk sesuatu yang tidak Anda tawar. Hati-hati!

Demikianlah beberapa tips agar  Anda mendapatkan akses internet lancar di Jepang.

, ,