Destinasi Wisata dengan Budaya Jepang di Surabaya
May 15, 2022
4 Pekerjaan Terpopuler Pusat Expat Jepang di Surabaya
May 17, 2022

Melirik Kesamaan Industri Jepang di Surabaya dan Karawang. Indonesia kembali menjadi tujuan utama negara Jepang dalam mengembangkan industrinya. Kawasan Karawang dan Surabaya dipilih sebagai tempat untuk berkembangnya industri Jepang. Inilah alasan dan kesamaan industri Jepang di Surabaya dan Karawang

Industri Jepang di Karawang

Kawasan Karawang – Bekasi memang dikenal sebagai wilayah industri terbesar di Indonesia. Bahkan kawasan tersebut sering dijuluki kawasan paling panas karena banyaknya kegiatan industri. Seperti yang diketahui bahwa setiap kegiatan industri yang dilakukan pasti menghasilkan dampak untuk lingkungan sekitar, salah satunya adalah suhu yang meningkat drastis. 

Jepang memilih kawasan industri di Karawang karena merupakan lokasi strategis. Hingga saat ini diperkirakan terdapat lebih dari 1.182 orang pekerja dari Jepang yang terdaftar di Disnakertrans Kabupaten Karawang. Selain itu ada lebih dari 148 perusahaan Jepang di Karawang, masing-masing tersebar di kawasan industri KIIC, kawasan KIM, kawasan Indotaisei Cikampek dan kawasan Suryacipta. 

Industri Jepang di Surabaya

Jawa Timur akhirnya menjadi tujuan dari sejumlah perusahaan asal Jepang untuk investasi. Pihak Jepang mengatakan bahwa Surabaya menjadi kawasan terbaik sebagai ladang investasi. Perusahaan Jepang yang dibangun diharapkan mampu membawa kabar baik bagi masyarakat setempat. 

Alasan lain dari pemindahan sebagian industri Jepang dari Karawang ke Surabaya dikarenakan oleh keamanan. Pihak Jepang mengatakan bahwa pabrik mereka yang kerap menjadi sasaran ketika demonstrasi sangat tidak nyaman. Selain itu Upah Minimum Provinsi di Jawa Timur juga lebih murah dibandingkan Jakarta. Kesamaan Industri Jepang di Surabaya dan Karawang terletak pada jenis industri yang kelolanya. 

Keuntungan dan Kerugian Indonesia Karena Industri Jepang di Surabaya dan Karawang

Perusahaan Jepang dapat dikatakan sebagai perusahaan asing karena berasal dari luar negeri. Jika dilihat dari sisi keuntungannya, maka ada beberapa hal yang dinilai menguntungkan. Indonesia dapat mengubah potensi ekonomi menjadi kekuatan ekonomi yang riil. Penanaman modal dari pihak asing dapat mempercepat pembangunan ekonomi nasional sehingga kedaulatan politik terwujud dengan baik. 

Selain itu kehadiran perusahaan asing juga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan. Perusahaan juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi masyarakat lokal sehingga ekonomi masyarakat terjamin. 

Perusahaan Jepang di Indonesia juga dikelola oleh pekerja dari negaranya sendiri yang disebut expatriat. Mereka menguntungkan penyedia kursus Bahasa Indonesia untuk expatriat Jepang di Surabaya maupun Karawang. 

Sementara untuk kerugian lebih merujuk pada perubahan fungsi lahan yang mengancam keseimbangan lingkungan. Apalagi jika limbah industri tidak dikelola dengan baik seperti kejadian yang ditimbulkan oleh Lapindo Brantas di mana hingga kini belum mampu diselesaikan. Kerugian lainnya yakni terjadi eksploitasi berlebihan terhadap sumber daya sehingga memicu kerusakan alam dan kerugian lainnya. 

Sekian penjelasan tentang kesamaan industri Jepang di Surabaya dan Karawang. Semoga bermanfaat. 

Leave a Reply

%d bloggers like this: