Go to Top

Persiapan Menjadi Imigran Indonesia di Jepang

Persiapan Menjadi Imigran Indonesia di Jepang

Bagaimana Persiapan Menjadi Imigran Indonesia di Jepang? Populasi penduduk Jepang berusia tua semakin banyak, sementara angka kelahiran sangat rendah. Jepang kini dilanda masalah tenaga kerja. Kurangnya tenaga muda di Jepang memaksa negeri Sakura tersebut mempermudah imigrasi pendatang asing guna ditempatkan di banyak sektor lapangan kerja.

Jepang sekarang membutuhkan banyak imigran asing bahkan untuk tinggal menetap di Jepang. Jika Anda tertarik untuk magang bekerja atau tinggal dalam waktu lama menjadi imigran Indonesia yang tinggal bekerja di Jepang, Tensai Karawang bisa membantu Anda.

Persiapan Visa Bagi Anda calon imigran Indonesia di Jepang

Siapkan Visa

Visa tidak dibutuhkan jia Anda hanya ingin tinggal untuk 15 hari, misalnya untuk mengunjungi teman atau kerabat, konferensi, bisnis, atau jalan-jalan. Visa itu dibutuhkan ketika Anda memutuskan untuk tinggal lama di Jepang, biasanya untuk keperluan pendidikan, magang atau aktivitas yang mendapatkan upang. Semenjak Desember 2014, yang layak untuk mendapatkan bebas visa bagi Indonesia adalah mereka yang memeiliki e-paspor standar dari ICAO (International Civil Aviation Organization) dan telah mendaftarkan kedutaan, konsulat jenderal, atau kantor konsuler Jepang di Indonesia. Sementara untuk pendaftaran lebih lanjut biasanya berakhir dalam 3 tahun atau saat masa paspor berakhir.

Siapkan Paspor

Jika Anda ingin menetap di Jepang, maka pastikan Paspor Anda berlaku sampai akhir masa Anda menetap. Perlu Anda ketahui bahwa Visa, paspor, dan segala informasi lainnya terkait persiapan menjadi imigran Indonesia di Jepang dapat berubah tanpa pemberitahuan, oleh karena itu pastikan Anda mendatangi Kedutaan, Konsulat, atau agen perjalanan untuk informasi ini lebih tepat.

Tentang Karantina

Jika Anda membawa bawaan baik itu barang, hewan maupun tanaman, ketika masuk Jepang, bawaan Andabawa harus melewati inspeksi karantina hewan dan tanaman.

Isilah Kartu Migrasi

Kemudian isilah kolom dalam formulir yang Anda terima ketika penerbangan atau di meja di area inspeksi imigrasi.

Di Bea Cukai

Di tempat ini Anda harus menyerahkan formulir Deklarasi Bea Cukai. Formulir ini adalah tentang pernyataan barang bawaan pribadi dan barang yang dikirim terpisah.

Adakah Imunisasi?

Anda tidak akan mendapatkan imunisasi apapun ketika masuk Jepang.

Bolehkah bawa Rokok, parfum atau Alkohol?

Anda dibolehkan membawa dengan ketentuan kepemilikan rokok, alkohol dan parfum bebas pajak sbb:

  • Tembakau saja: 200 rokok asing
  • 200 rokok Jepang
  • Cerutu saja: 50
  • Adapun untuk Alkohol: 3 botol (masing-masing 760 mL)
  • Parfum (tidak termasuk eau de cologne dan eau de toilette): 2 ons (1 ons = sekitar 28mL)

Waktu, Iklim dan Musim di Jepang

Dibandingkan dengan waktu Indonesia bagian barat, waktu di Jepang 2 jam lebih cepa, dan 1 jam lebih cepat dibandingkan dengan zona Waktu Indonesia Tengah. Berarti waktu di Jepang adalah sama dengan zona Waktu Indonesia Timur.

Iklim dan Musim di Jepang

Iklim sedang dialami oleh sebagian besar pulau-pulau di Jepang sehingga ada 4 musim yang berbeda. Berbeda dengan Indonesia, wilayah Jepang membentang panjang dari utara ke selatan, karena itulah setiap wilayah memiliki iklim yang berbeda. Untuk wilayah subpolar ada di Hokkaido dan subtropis ada di Okinawa.

Musim hujan di Jepang terjadi di bulan Juni dan Juli kecuali wilayah Hokkaido. Biasanya curah hujan di Jepang selalu mengalami peningkatan dan seringkali berkepanjangan. Perlu Anda waspadai, badai topan tropis muncul di perairan samudra selatan menuju utara pada bulan Juli hingga Oktober, . Adapun badai seperti angin kencang yang bisa membawa bencana alam kadang terjadi di Okinawa dan Kyushu.

Musim Semi di jepang terjadi di bulan Maret hingga Mei, beberapa hari di musim ini kadang relatif lebih hangat. Di musim ini, meski siang hari panas, sebaiknya kenakan jaket tipis.

Untuk Musim Panas dengan cuaca panas dan lembab akan terjadi di bulan Juni sampai Agustus.

Musim Gugur akan Anda alami di Jepang pada September sampai November. Hari-hari lembab di musim panas berangsur hilang dengan datangnya musim ini yang ditandai dengan cuaca yang lebih nyaman.

Dan musim Dingin di bulan Desember sampai Februari, Anda akan merasakan angin musiman yang akna mengakibatkan banyaknya salju di Laut Jepang dan angin dingin berhembus dari Pasifik. Pada musim ini suhu udara turun cukup rendah, Anda harus menggunakan mantel atau jaket tebal.

Mata uang, Money Changer, Kurs, Tip, dan Pajak

Imigran Indonesia di Jepang

Mata Uang dan Nilai Tukar

Yen adalah mata uang di Jepang dan ditandai dengan simbol huruf Y yang distrip (Â¥). Pada 11 Oktober 2018, nilai 1 yen adalah sekitar Rp. 135. Untuk uang koin ada 6 jenis koin dan uang kertas Yen ada4 jenis yang beredar dan digunakan secara resmi. Pecahan koin itu adalah 1, 5, 10, 50, 100, dan 500 yen. Adapun uang kertas yang berlaku adalah 1,000, 2,000, 5,000, dan 10,000 yen. Ada juga uang kertas 2000 yen, tapi sangat jarang.

Pajak konsumsi

ketika di Jepang, ada pajak konsumsi sebesar 8% saat membeli sebuah produk atau makanan. Berlaku juga ketika pembelian tiket masuk ke tempat rekreasi. Di tempat pemandian / onsen, Anda akan dikenakan pajak mandi, besarnya berbeda-beda tapi sekitar 150 yen. Untuk mendapatkan pembelian yang bebas pajak konsumsi, carilah toko-toko bebas pajak. Di toko-toko itu pembelian barang bebas pajak, untuk nominal 5.401 yen atau lebih pada satu toko per hari.

Penukaran mata uang

Uang Rupiah Anda dapat ditukarkan di loket valuta asing, di bank, atau di kantor pos terdekat. Juga tersedia loket money changer di bandara. Tukarkanlah uang Anda sesuai kebutuhan setelah tiba di Jepang.

Memberikan Uang Tip

Tip atau biaya layanan biasanya akan ditambahkan pada tagihan Anda, meskipun tidak lazim. Selain itu, di Jepang juga masih ada kebiasaan tradisional memberikan tip dalam amplop bermotif hiasan, sebagai ungkapan terima kasih kepada pelayan di penginapan kelas atas Jepang.

Tegangan Listrik

Sementara di Indonesia tegangan listrik adalah 220, untuk di Jepang bagian timur menggunakan 110 V dengan frekuensi 50 Hz dan 60 Hz di Jepang barat. Tidak perlu bingunng antara timru dan barat Jepang dalam hal pengunaan tegangan listrik, sipakanlah sebuah transformer ketika menggunakan perangkat yang tidak diproduksi di Jepang. Adapun untuk stecker, agar Anda tidak main colok listrik sembarangan, di Jepang menggunakan stecker Tipe A dengan 2 paralel pin persegi panjang.

Multimedia

Video dan DVD

Di Jepang, sistem TV menggunakan NTSC, dan kode wilayah DVD adalah wilayah 2. Jika Anda membawa DVD dari Indonesia, maka kemungkinan tidak dapat berfungsi pada DVD player Jepang.

Blu-ray

Untuk kode wilayah Blu-ray Jepang adalah A.

Surat Menyurat

Di jepang, kantor pos layanan langsung pada loket biasanya tersedia dari pukul 9.00 hingga pukul 16.00. Kadang beda tempat atau cabang, jam layalan akan bervariasi, juga layanan yang ditawarkan. Misalnya, beberapa cabang memiliki loket Yuyu yang menawarkan layanan pos pada hari Sabtu.

Adapun pengiriman kartu pos melalui pos udara biayanya akan sama ke berbagai negara yaitu 70 yen. Ada 4 jenis layanan surat internasional: Express Mail Service (EMS), pos udara, Economy Air (SAL), dan pos laut. Setiap layanan memiliki tarif dan waktu pengiriman yang berbeda-beda.

Panggilan Telepon

Bagaimana cara melakukan panggilan melalui telepon untuk urusan dari dan baik Indonesia maupun Jepang?

Menelepon dari Indonesia ke Jepang

  • Tekan 001, 007(Nomor identifikasi telepon internasional) >> 81 (Kode Negara, Jepang) >> X X (Hilangkan angka 0 pertama untuk kode daerah) >> 1234-5678 (Nomor telepon pihak lain)

Menelepon dari Jepang ke Indonesia

  • 010 (Nomor Identifikasi Internasional) >> 62 (Kode Negara, Indonesia) >> 123-4567 (Nomor telepon pihak lain)

Hari Libur / Hari Libur Nasional

Bagi Anda calon imigran Indonesia di Jepang, seperti di Indonesia, hari libur nasional di Jepang ditetapkan oleh Undang-Undang pemerintah. Tahun 2018 lalu Jepang memiliki 16 hari libur. Jika hari libur jatuh pada hari Minggu, maka hari Senin selanjutnya akna diliburkan sebagai pengganti. Jika hari kerja terletak di antara dua hari libur, maka tersebut akan menjadi hari libur nasional, bukankah Anda senang? 😀

Berikut ini hari libur nasional di Jepang untuk tahun 2019

Januari 2019

  • 1 Januari: Hari Tahun Baru
  • Senin kedua di bulan Januari: Hari Kedewasaan

Februai 2019

  • 11 Februari: Hari Pembentukan Negara

Maret 2019

  • 21 Maret: Hari Ekuinoks Musim Semi

April 2019

  • 29 April: Hari Showa

Mei 2019

  • 3 Mei: Hari Peringatan Konstitusi
  • 4 Mei: Hari Hijau
  • 5 Mei: Hari Anak
  • 6 Mei: Liburan pengganti

Juli 2019

  • Senin ketiga di bulan Juli: Hari Laut

Agustus 2019

  • 11 Agustus: Hari Gunung
  • 12 Agustus: Liburan pengganti

September 2019

  • Senin ketiga di bulan September Hari Penghormatan Orang Lanjut Usia
  • 23 September: Hari Ekuinoks Musim Gugur

Oktober 2019

  • Senin kedua di bulan Oktober: Hari Kesehatan dan Olahraga

November 2019

  • 3 November: Hari Kebudayaan
  • 4 November: Liburan pengganti
  • 23 November: Hari Pekerja

Berbahasa Jepang

Bekerja di Jepang ya harus bisa berbahasa Jepang. Maka pastikan Anda kursus bahasa Jepang yang bisa membuat Anda pintar seketik, misalnya di Tensai Karawang. Selain bahasa Jepang, bahasa Inggris dapat digunakan di hotel dan restoran atau perusahaan katering untuk orang asing. Untuk level masyarakat umum di Jepang, bahasa Inggris tidak diminati, Anda harus menggunakna bahasa Jepang.

Kedutaan Republik Indonesia di Jepang

  • 5-2-9 Higashigotanda, Shinagawa-Ku, Tokyo 141-0022
  • Telepon+81-3-3441-4201
  • Website: https://kbritokyo.jp/

Jam kerja di Jepang

2 kali dalam seminggu, instansi pemerintah, swasta, dan bank secara umum tutup. Jam buka dan tutup toko dan restoran berbeda-beda tergantung pada ketetapannya.

Bank

Senin hingga Jumat, pukul 9:00 hingga pukul 15:00; tutup pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur. Harap dicatat bahwa penukaran mata uang tidak tersedia kecuali ada layanan langsung di loket. ATM umumnya tersedia dari pukul 8:00 hingga pukul 23:00 pada hari kerja dan Sabtu dan hingga pukul 21:00 pada hari Minggu.

Restoran

Bagi Anda calon imigran Indonesia di Jepang, Jam operasional restoran berbeda-beda. Restoran waralaba untuk bersantap santai umumnya buka pada pukul 7:00 hingga malam. Ada juga resto yang buka 24 jam. Restoran pribadi punya berbagai jenis waktu buka, misalnya buka pada pukul 11:00 hingga pukul 14.00 untuk makan siang, lalu tutup pada sore hari, dan buka ladi pukul 18:00 hingga pukul 22:00 untuk makan malam.

Pusat perbelanjaan dan toko-toko

Dari pukul 10:00 atau pukul 11:00 hingga pukul 20:00 atau pukul 21:00. Lantai restoran di kebanyakan pusat perbelanjaan tetap buka hingga pukul 22:00 atau pukul 23:00.

Toko Swalayan

Untuk toko swalayan, supermarket dan sebagainya, sebagian besar tempat-tempat perbelanjaan ini akan buka selama 24 jam sehari, 365 hari dalam setahun.

Batas Umur

Untuk mengkonsumsi rokok dan minuman keras, Anda harus berusia minimal 20 tahun. Di bawah usia itu, dilarang.

Toilet

Secara umum, toilet dan di fasilitas umum itu gratis. Toilet pria dan wanita yang terpisah dan ditandai dengan gambar siluet orang dengan rok untuk toilet wanita dan seseorang yang dengan celana untuk toilet pria. Ada beberapa tempat memiliki toilet multiguna untuk pengguna kursi roda. Atau untuk keperluan pengasuh dengan anak, toilet akan dilengkapi dengan pegangan tangan, meja untuk ganti popok, dan kelengkapan lainnya. Toilet yang berada di luar fasilitas umum, tidak selalu dalam keadaan sangat bersih, meskidemikian biasanya dibersihkan secara teratur. Tisu toilet yang sudah Anda gunakan, harus disiram ke dalam toilet.

Tata Krama

Melepas sepatu menjadi bagian dari etika tatakrama di Jepang. Jangan lupa untuk melepas sepatu Anda sebelum masuk ke dalam sebuah ruangan atau bertamu. Ketika menaiki eskalator, beradalah pada satu sisi agar orang lain yang terburu-buru akan mudah lewat pada sisi lainnya. Di lift atau kereta, prioritaskan mereka yang akna turun dari kereta.

Merokok

Dilaarang merokok bagi yang berusia di bawah 20 tahun. Beberapa daerah di Jepang memiliki peraturan melarang merokok sambil berjalan, itu  untuk mencegah luka bakar atau ketidaknyamanan untuk pejalan kaki lainnya. Jika Anda ingin merokok, gunakan tempat yagn telah disediakan. Meningkatnya bisnis resto dan kafe di Jepang, membuat tempat atau ruang terpisah untuk merokok, ada pula beberapa restoran dan kafe tidak mengizinkan merokok selama jam makan siang.

, ,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.