Profil Perusahaan Jepang Sumitomo Mitsui Financial; Info Karier, dan Peluang Bisnis
August 2, 2022
Mitsubishi
Profil Perusahaan Jepang Mitsubishi; Info Karir, dan Peluang Bisnis
August 4, 2022

Banyak orang tertarik bekerja di bawah perusahaan Jepang Honda Motor. Namun bagaimana peluang kariernya? Apakah ada orang Indonesia yang bisa menembus batas global dan bekerja di perusahaan Jepang pusat? Ingin tahu peluang kariernya? Mari bahas dalam artikel berikut ini!

Mengenal Perusahaan Honda Motor

Perusahaan Honda Motor adalah perusahaan otomotif besar yang sudah terkenal secara internasional. Berawal sebagai perusahaan yang menyediakan mesin pabrik, perusahaan ini membuat otoped pertama di Jepang. Sejak itu, perusahaan ini terus berkembang sebagai perusahaan otomotif mendunia.

Di tahun 2022 ini, Honda Motor Global bahkan menempati posisi 44 di list Global 500 dari Fortune. Hal ini adalah peningkatan dibandingkan posisi 48 di tahun 2021 lalu. Sebagai perusahaan otomotif besar, tentu cabangnya juga tersebar di mana – mana.

Di Indonesia, Honda Motor memiliki cabang bernama Astra Honda Motor. Perusahaan ini sudah lama ada di Indonesia dan menjadi brand motor nomor satu di era 2000. Nama Honda sinonim dengan nama motor. Kedua tidak dipisahkan. Jika Anda bisa bekerja di bawah perusahaan besar seperti ini, tentu karier Anda akan lebih terbuka.

Daya Tarik Bekerja di Honda Motor

Sebelum melihat potensi karier di perusahaan ini, ada baiknya melihat dulu daya tarik bekerja di sini. Berikut adalah beberapa bahasannya:

1.    Gaji Cukup Besar

Daya tarik utama kerja di Honda Motor adalah gaji-nya. Jika menempati posisi staff tertentu, Anda besar upahnya. Posisi seperti manager tentu lebih tinggi lagi tanggung jawabnya, jadi tidak aneh jika bayaran jauh lebih besar.

Honda Motor sendiri adalah perusahaan dengan banyak cabang, posisi dan tanggung jawab. Anda bisa jadi salah satu sales manager di cabang show room Honda Motor atau memegang posisi staff digital engineering untuk system komputer internal perusahaan. Walaupun posisi yang Anda tempati bisa beragam, gaji rata – rata bekerja di Honda Motor tetap saja besar.

2.    Memiliki Bayak Jaminan

Sebagai perusahaan besar, jaminan pensiun Honda Motor juga terjamin. Anda yang ingin pensiun dengan nyaman bisa memilih jalur karier bekerja di bawah perusahaan ini.

3.    Perusahaan Relatif Stabil

Siapa sih yang tidak kenal Honda Motor? Perusahaan ini memegang peran sebagai salah satu brand sepedar motor terbesar di Indonesia. Karena stabil penjualan motornya, perusahaan ini jarang terkena masalah walaupun di situasi krisis ataupun pandemi sekalipun.

4.    Nama Perusahaan Besar dengan Potensi Networking Banyak

Perusahaan besar dapat dijadikan akses membuat networking yang baik. Anda bisa mengenal orang – orang di dunia otomotif dan bahkan staff Jepang Honda. Networking ke luar negeri atau ke para ahli industri otomotif pasti membuka peluang karier Anda menjadi lebih besar.

5.    Ada Potensi Bekerja di Cabang Internasional

Selain itu, Anda memiliki peluang kerja di cabang internasional Honda. Di Indonesia, Honda memiliki cabang marketing, service dan sales, tapi untuk main office yang besar, cabangnya ada di Jepang, Amerika, Eropa, Arab, Thailand dan China. Informasi tentang kantor ini tertera jelas di main website Honda Motor Global.

Peluang Karir Honda Motor Jepang dan Cabang Indonesia

Karena banyak hal menarik dapat dinikmati bekerja di Honda Motor, tidak aneh jika angka pelamar kerja di perusahaan ini makin besar tiap tahunnya. Karena jumlah peminat ini, peluang karir di Honda Motor bisa dibilang ketat persaingannya.

Selain itu, Anda harus bedakan karier di Honda Motor Jepang, Indonesia dan cabang global lainnya. Seperti yang disinggung sebelumnya, cabang Honda Motor banyak dan tersebar global. Tiap negara bahkan memiliki fungsi kantor sendiri. Di Thailand contohnya ada pabrik dan kantor pusat untuk area ASEAN. Sedangkan di Indonesia, kantor lebih ditujukan untuk marketing dan sales cabang Indonesia.

Anda yang melihat peluang karier coba lebih fokus pada cabang Indonesia saja. Peluang diterima kerja di cabang Indonesia lebih besar dibandingkan cabang lainnya. Bagi Anda yang ingin mengincar kerja di Honda Motor Jepang, jalur yang diambil bisa dari cabang Indonesia.

Untuk posisi job di cabang Indonesia, Anda bisa cek website Astra Honda Motor. Website ini selalu update dan memberikan detail posisi kerja yang dicari. Jadi untuk perbesar peluang karier diterima, pastikan mengambil kesempatan ambil posisi yang cocok dengan kemampuan Anda segera!

Jika sudah diterima di posisi cabang Indonesia, ada jalur untuk naik jabatan dan transfer kantor ke Honda Motor global. Jalur ini lebih pada kemampuan Anda plus koneksi. Tanpa koneksi yang tepat, Anda tidak akan bergerak dari cabang Indonesia.

Tantangan Karir Mengincar Posisi Kerja Honda Motor Jepang

Jika memang berniat incar posisi staff Honda Motor Jepang, ada beberapa tantangan yang harus Anda pahami. Memahami tantangan ini memastikan Anda lebih siap untuk bersaing bekerja di kantor pusat Honda Motor Jepang:

1.    Harus Melalui Cabang Indonesia Terlebih Dahulu

Pertama Anda harus mampu bekerja di cabang Indonesia dan menghasilkan kinerja yang baik. Contoh saja sebagai ahli analisis digital marketing, Anda dapat mengajukan proposal program marketing yang efektif di dunia digital. Jika program ini memang bagus dan berguna untuk Honda Motor secara global, Anda bisa diambil oleh kantor pusat Jepang untuk kembangkan strategy marketing yang lebih baik.

2.    Belum Tentu Dikirim ke Jepang

Seperti yang disinggung sebelumnya, sebaik apapun kinerja Anda belum tentu bisa dikirim ke Jepang. Jangan berharap Anda bisa mudah bekerja di negara lain. Anda minimal harus punya koneksi selain kemampuan lebih sebagai aset perusahaan yang baik. Politik kantor biasanya berperan dalam hal ini.

3.    Persaingan yang Cukup Ketat

Setiap cabang Honda Motor di negara lain pasti mengincar posisi di kantor pusat Jepang. Hal ini membuat persaingan lebih ketat karena melibatkan cabang seluruh dunia.

4.    Birokrasi yang Rigid

Jepang memiliki birokrasi yang rigid. Anda harus pastikan paham beda budaya kantornya. Aturan yang berlaku di negara berbeda akan menyulitkan Anda transisi. Karena itu, Anda harus belajar soal birokrasi ini dan mampu menanganinya.

5.    Requirement yang Cukup Banyak

Masalah requirement juga menjadi tantangan tersendiri. Anda harus menawarkan skill tinggi dan mampu menunjukan produktivitas yang tinggi juga. Selama spec kemampuan Anda tinggi, kemungkinan bisa ke Jepang lebih tinggi.

6.    Masalah Komunikasi dan Bahasa

Bahasa juga menjadi masalah tersendiri. Anda harus bisa bahasa Inggris dan Jepang. Dua bahasa ini harus Anda kuasai dengan fasih dan tidak sekedar komunikasi normal saja. Di platform formal seperti rapat, penggunaan bahasa yang baik dan benar lebih dibutuhkan dibandingkan saat komunikasi kinerja di kantoran biasa.

Asah Kemampuan Bahasa Jepang Anda Bersama Tensai Karawang

Untuk meningkatkan potensi Anda bekerja di Honda Motor Jepang, pastikan asah kemampuan bahasa Jepang Anda di Tensai Karawang. Perusahaan jasa ini menyediakan layanan untuk kebutuhan expat Jepang juga. Baik translasi, pelatihan bahasa Indonesia, kursus bahasa Jepang dan bahkan latihan komunikasi fasih dapat Anda dapatkan di sini.

Sudah banyak perusahaan bekerja sama dengan Tensai Karawang untuk melayani pelatihan expat luar negeri dan hasilnya bagus. Jika Anda belajar di sini, interaksi dengan para expat yang fasih bahasa Jepang akan percepat kemampuan Anda menyerap bahasa ini. Ayo, buka peluang karier Anda dimulai dengan belajar bahasa Jepang di Tensai Karawang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: