Jepang Jadi Salah Satu Negara Yang Mempelajari Bahasa Indonesia: Bukti Kedekatan Bahasa Indonesia Dan Jepang

Jakarta Di Mata Orang Jepang Sangatlah Menarik Sehingga Mereka Ramai Ingin Belajar Bahasa Indonesia
May 7, 2022
hiburan orang Jepang di Jakarta
Little Tokyo, Pusat Hiburan Orang Jepang Di Jakarta
May 10, 2022

Smart asian startup small entrepreneur standing confident portrait with friends partner casual meeting brainstorm with white board and business financce paper chart anslysis in office background

Bahasa menjadi salah satu komponen utama antar manusia bisa saling berkomunikasi satu sama lain. Tiap daerah pasti memiliki bahasanya masing masing karena pengaruh geografis dan budaya yang berbeda pula. Meskipun tiap daerah punya bahasanya sendiri, pasti ada satu bahasa yang disepakati bersama sebagai bahasa bersama atau bahasa internasional. Meskipun belum menjadi bahasa internasional, bahasa indonesia sudah terkenal ke mana mana. Bisa dilihat dari kedekatan bhs indonesia dan Jepang, bahasa indonesia jadi salah satu kurikulum pelajaran, dan lain sebagainya. 

Bahasa indonesia memang memiliki potensi untuk bisa menjadi salah satu bahasa internasional. Hal tersebut salah satu faktornya adalah nilai sejarah yang dimiliki bangsa indonesia dan peranan bangsa indonesia di dalam sejarah kehidupan dunia. Terletak di lokasi yang sangat strategis di tatanan dunia, memiliki sumber daya alam yang sangat melimpah, sumber daya manusia juga banyak tentunya sangat menarik perhatian banyak bangsa dari seluruh dunia di masa lalu sehingga berbondong-bondong menuju indonesia.

Pengaruh itu terbawa hingga saat ini. Hal tersebut salah satunya terbukti dari segi bahasa indonesia yang digunakan sebagai salah satu bahasa alternatif di berbagai negara di seluruh dunia. Lalu dimana sajakah bahasa indonesia digunakan dan dipelajari secara serius? Berikut adalah beberapa di antaranya.

1. Australia

Bahasa indonesia jadi bahasa yang penting untuk dipelajari di negeri Kangguru itu. Bahkan Bahasa kita pernah 40 tahun dijadikan mata-pelajarna wajib.

Adalah Kirrilly McKenzie, Seorang guru Bahasa Indonesia di Eltham High School, Victoria, Australia, mengungkapkan pentingnya mempelajari bahasa Indonesia karena salah satu negara terdekat dengan Australia. Seperti ditulis ABC, kata Kirrily, “Untuk memperbaiki hubungan Australia dan Indonesia, kami harus belajar bahasanya,”.

2. Jepang

Jepang juga jadi salah satu negara di dunia yang dengan serius mempelajari bahasa indonesia. Bukan hanya karena nilai historis yang terjadi diantara kedua negara yang berkaitan sangat erat, tapi juga karena terjalinnya banyak kerja sama antara Jepang dan Indonesia di berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, pendidikan, bisnis, pariwisata, dan lain sebagainya. Oleh karenanya terdapat banyak kursus bahasa indonesia untuk Expatriat Jepang di Jakarta.

Bahkan di salah satu universitas terkemuka di Tokyo yaitu Tokyo University of Foreign Studies (TUFS) telah dibuka program studi khusus bahasa indonesia dan menjadi salah satu program studi yang paling diminati di sana.

3. Suriname

Bukan rahasia lagi kalau banyak keturunan indonesia yang tinggal di Suriname, terutama yang berasal dari suku jawa. Hal tersebut tentunya membuat penduduk sana sangat tertarik untuk mempelajari bahasa indonesia

Itulah beberapa negara yang mempelajari bahasa indonesia dengan serius, terutama kedekatan bhs indonesia dan Jepang. Untuk mempelajari bahasa indonesia-jepang atau jepang-indonesia maka salah satu tempat terbaik adalah di https://tensai-indonesia.com/ yang sudah berpengalaman dan memiliki banyak relasi di Jepang.

Leave a Reply

%d bloggers like this: