Go to Top

Beasiswa Jepang 2019

Beasiswa ke Jepang 2019

Kami  lembaga pendidikan bahasa Jepang dan penyedia jasa penerjemah Jepang, interpretasi dan translasi, kali ini kami akan membahas untuk Anda, Beasiswa ke Jepang dan link-linknya yang bisa diakses para siswa di Indonesia, khususnya beasiswa tahun 2019 ini, baik program beasiswa dari pemerintah Jepang melalui dinas pendidikannya (mombukagakusho), maupun program beasiswa swasta (misal dulu dari Kansai Paint). Juga beasiswa yg bisa diakses langsung ke Universitasnya spt  ABP (Asia Bridge Program dari Shizuoka University) dll.

Beasiswa ke Jepang 2019

Jepang dikenal sebagai salah satu negara dengan ragam keunikan, baik dari segi kuliner, teknologi, fashion hingga sampai pada bidang pendidikan. Berbicara mengenai sistem pendidikan di Jepang, proses ajar-mengajar di Jepang bahkan telah menjadi satu yang terbaik di dunia. Tidak mengherankan jika banyak sekali orang yang berlomba-lomba agar bisa memperoleh kesempatan menempuh pendidikan di negara tersebut. Nah, khusus untuk Anda yang sangat mendambakan studi di Jepang, maka pastikan Anda telah memeriksa semua beasiswa ke Jepang di tahun 2019 ini. Sebagai informasi tambahan, berikut beberapa daftar beasiswa ke Jepang tahun 2019 yang kami rangkum untuk Anda.

Beasiswa Research Students dari Mombukagakusho/ MEXT

Jepang melalui dinas pendidikannya (Mombukagakusho/ MEXT)  kembali menawarkan beasiswa ke Jepang khusus untuk Anda yang ingin melanjutkan studi dan melakukan riset pascasarjana sebagai mahasiswa peneliti. Bagi Anda yang tertarik, beasiswa ini juga membuka kesempatan besar untuk Anda yang ingin langsung menempuh jenjang S2 atau S3 di Jepang tanpa harus melalui jalur riset peneliti  terlebih dahulu, dengan catatan Anda telah memperoleh izin dari profesor pembimbing yang ada di universitas Jepang. Untuk melamar beasiswa MEXT program Research Student pada dasarnya akan diberikan 2 pilihan jalur, yaitu jalur Embassy Recommendation dan jalur University Recommendation.

Jalur Embassy Recommendation (G to G) ialah jalur pendaftaran di mana seluruh proses penyeleksian akan dilakukan langsung oleh Kedutaan Besar Jepang. Sedangkan untuk jalur University Recommendation (U to U) merupakan jalur pendaftaran yang proses penyeleksiannya dan prosedurnya itu akan dilakukan oleh universitas-universitas pilihan di Jepang dan tidak melalui Kedutaan Besar Jepang. Beberapa fasilitas yang bisa Anda dapatkan dengan memperoleh beasiswa ini ialah seperti biaya kuliah yang sepenuhnya ditanggung, tunjangan hidup, tiket pesawat pulang pergi Indonesia-Jepang, bebas biaya visa pelajar dan tanpa adanya ikatan dinas. Selain itu, terdapat beberapa universitas yang menyediakan asrama di Jepang. Mengenai prosedur pendaftaran,  persyaratan atau informasi lebih lanjut seputar beasiswa Research Student, Anda bisa mengunjungi laman resmi program beasiswa dari Kedutaan Besar Jepang di Indonesia.

Beasiswa S1 Jepang dari ABP (Asia Bridge Program) Shizuoka

Beasiswa S1 Asia Bridge Program Shizuoka merupakan satu dari sekian banyak program beasiswa unggulan ke Jepang. Beasiswa ini diberikan untuk Anda yang tertarik ingin melanjutkan studi S1 di Jepang. Dalam program beasiswa ini, pemerintah Jepang melakukan kerjasama dengan Universitas yang ada disana untuk membuka peluang bantuan dana bagi para pelajar lulusan SMA sederajat yang berasal dari Indonesia, Thailand, Vietnam dan India untuk melanjutkan pendidikan lebih tinggi ke jenjang S1. Nilai plus dari beasiswa Asia Bridge Program Shizuoka ialah kesempatan terbuka lebih besar untuk Anda memperoleh pekerjaan di Jepang setelah lulus dari universitas yang Anda tuju. Anda juga akan mendapatkan tunjangan hidup dan biaya kuliah di Jepang jika berhasil menjadi salah satu kandidat yang berhasil lulus beasiswa ini.

Shizuoka merupakan salah satu universitas yang berlokasi di Zhizuoka, Jepang. Pada universitas ini, para mahasiswa akan dituntun dengan pendidikan yang lebih mengutamakan bidang bisnis, berfikir ilmiah, fokus pada keterampilan personal dan kehebatan di bidang teknis. Dengan pendekatan pembelajaran tersebut, maka para mahasiswa akan memperoleh materi dan kegiatan pembelajaran yang lebih menarik, sebut saja seperti magang, seminar wajib hingga pengadaan lokal karya. Kesempatan mendapatkan kerjaan setelah lulus dari universitas akan jauh lebih mudah karena Asia Bridge Program Shizuoka telah menjalin kerjasama dengan beberapa perusahaan ternama yang siap menerima alumni fresh graduate.

Beasiswa Specialized Training College (D2) dari Monbukagakusho/ MEXT

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahun dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT) memang dikenal selalu memberikan program beasiswa untuk masyarakat Indonesia. Beasiswa dari pemerintah Jepang ini menawarkan kesempatan bagi Anda yang ingin mendapatkan pelajaran di Specialized Training College. Sangat banyak poin menguntungkan yang bisa Anda peroleh jika berhasil mengantongi beasiswa ini, sebut saja seperti kesempatan mendapatkan biaya studi dan biaya hidup, bebas ikatan apapun sehingga Anda bisa leluasa mengejar pekerjaan di mana saja. Tentu sangat menarik bukan?

Para pelamar beasiswa juga akan ditawarkan berbagai pilihan jurusan yang nantinya bisa dipelajari di Jepang. Jika Anda merupakan lulusan IPA, maka jurusan yang bisa Anda pilih ialah seperti Civil engineering dan Architecture, Wireless Communication, Information Processing, Electrical and Electronic Engineering, Computer. Sedangkan untuk Anda yang lulusan IPS, maka Anda akan ditawarkan jurusan Nourishment, Nursery Teacher Training, Cooking, Social Welfare, Nursing Welfare, Management, Business, Harmony Dressmaking, Travel, Design, Photograph, Music, Art dan lainnya. Menariknya lagi, Anda tidak perlu takut karena belum bisa menguasai bahasa Jepang karena pemerintah Jepang dengan terbuka siap memberikan pelatihan bahasa Jepang pada 1 tahun pertama. Untuk tata cara pelaksanaan, prosedur pendaftaran hingga persyaratan yang harus dipersiapkan, Anda bisa mencari tahu lebih banyak pada laman info beasiswa D2 Specialized Training College.

Beasiswa S1 Jepang dari Mitsui-Bussan Scholarship

Beasiswa S1 Jepang dari Mitsui-Bussan Scholarship untuk Indonesia merupakan kesempatan yang bisa Anda upayakan untuk bisa melanjutkan S1 ke Jepang. Beasiswa ini ditujukan untuk para pelajar lulusan SMA yang ada di Indonesia dan didanai langsung oleh Mitsui & Co. Ltd atas hasil kerjasama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Beasiswa bersifat penuh ditawarkan secara rutin setiap tahunnya sehingga para siswa bisa lebih leluasa menjalankan kesempatan studi di negeri matahari terbit tersebut.

Beasiswa S1 Jepang dari Mitsui-Bussan Scholarship sangat cocok untuk Anda semua yang ingin mengetahui dan mempelajari lebih mendalam tentang kebudayaan Jepang. Hal ini dikarenakan para siswa yang berhasil lolos seleksi beasiswa memang ditujukan untuk mempelajari budaya dan tradisi di Jepang dan diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk membangun Indonesia setelah selesai menempuh pendidikan di Jepang nantinya. Selain itu, beasiswa ini akan diberikan selama 5.5 tahun meliputi kursus bahasa Jepang sekitar 1.5 tahun, masa studi S1 selama 4 tahun. Bagi Anda yang tertarik buruan persiapkan berkas dan mental.

Mengenai cakupan beasiswa, bidang studi yang bisa dipilih, persyaratan, prosedur pendaftaran dan lainnya, maka coba simak info pada link beasiswa S1 Mitsui-Bussan Scholarship. Untuk Anda yang ingin mendaftar, maka Anda wajib melewati beberapa langkah. Pertama lakukan pendaftaran akun email dan ikuti semua petunjuk dan instruksi yang dikirimkan oleh panitia penyelenggara. Dan pastikan kemudian Anda mempersiapkan semua berkas dokumen yang dibutuhkan untuk melamar menjadi calon penerima beasiswa S1 Mitsui-Bussan Scholarship.

Itulah beberapa program beasiswa ke Jepang yang bisa Anda upayakan. Lakukan yang terbaik dengan usaha keras dan doa sehingga Anda bisa menerima kesempatan menjadi salah satu yang bisa melanjutkan studi ke Jepang. Silahkan mencoba dan semoga sukses!

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.