Go to Top

Bagaimana Cara Membaca Sikap dan Bahasa Isyarat Orang Jepang?

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Bagaimana Cara Membaca Sikap dan Isyarat Orang Jepang? Gerakan tubuh atau sikap dan bahasa isyarat adalah bagian integral dari komunikasi dan budaya semua bangsa.

Sikap dan isyarat ini selalu digunakan bersama-sama dengan kata-kata verbal untuk menambah penekanan pada pernyataan, atau bahkan digunakan sendiri ketika dimasukkan ke dalam situasi di mana kata-kata tidak dapat digunakan.

Namun, budaya yang berbeda mungkin mengekspresikan gerak-gerik ini secara berbeda. Russell Peters, seorang komedian asal Kanada mengatakan bahwa, gerakan yang bermaksud menanyakan “Apakah Anda ingin makan” kepada orang India, bagi orang Italia, sikap itu dianggap tidak sopan.

Karena itulah, kami Tensai Karawang, lembaga pendidikan kursus bahasa Jepang dan jasa interpretasi translasi ingin berbagi beberapa penjelasan bagaimana cara membaca sikap dan isyarat orang Jepang!

23 Bahasa Isyarat Orang Jepang ini Umum di gunakan, pelajarilah

1. Ya dan Tidak

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Isyarat YA dan TIDAK sama dengan yang dilakukan di Barat, mengangguk ya dan menggelengkan kepala untuk tidak. Namun untuk dicatat, orang Jepang menggunakan anggukan dan gelengan kepala sedikit berbeda saat menjawab pertanyaan, dan ini mungkin membingungkan bagi orang barat! Mereka dapat menggunakannya secara bergantian tergantung pada konteks pertanyaan.

Misalnya, anggukan pada pertanyaan, “Tidakkah Anda akan memakannya?” berarti bahwa mereka tidak akan memakan makanan, sedangkan goyangan berarti mereka akan memakannya.

Ini mungkin menjadi penyebab kebingungan bagi sebagian besar turis di Jepang, namun jangan khawatir, sekarang Anda sudah tahu membedaknnya.

2. Nomor

Di sinilah perbedaan dimulai: kita akan mulai dengan cara memberi sinyal nomor kepada orang lain. Orang Jepang melakukan ini dengan cara yang sama seperti yang dilakukan orang Barat pada angka 1 hingga 4 dan 10. Namun, mereka melakukan hal-hal yang agak berbeda dari angka 6 hingga angka 9. Mereka menempatkan jari telunjuk pada telapak tangan yang terbuka untuk menunjukkan 6, menambahkan jari tengah membuatnya 7, menambahkan jari manis membuat 8, dan menambahkan kelingking membuatnya 9.

3. Saya

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Bagaimana Anda menyebut diri Anda menggunakan gerakan? Kemungkinannya adalah, Anda akan menunjuk atau meletakkan telapak tangan Anda di dada untuk merujuk pada diri Anda sendiri. Meskipun tidak biasa sekarang, orang Jepang akan menunjuk ke hidung mereka untuk merujuk pada diri mereka sendiri selama percakapan.

4. Kamu

Bahasa Isyarat Orang Jepang Bahasa Isyarat Orang Jepang

Namun, jika mereka menunjuk ke arah hidung Anda: jangan khawatir! Mereka tidak kasar. Itu adalah cara normal untuk menunjukkan “Anda” dalam percakapan.

Biasanya tidak dianggap kasar untuk menunjuk ke seseorang atau terhadap suatu objek di Jepang, karena ini adalah metode untuk membuat subjek pembicaraan menjadi jelas.

Namun, tren berubah karena pengaruh media Barat dan pengunjung, dan sekarang agak jarang bagi orang untuk menunjuk.

5. Tertawa

Bahasa Isyarat Orang Jepang Bahasa Isyarat Orang Jepang

Secara tradisional sangat kasar untuk menunjukkan gigi Anda saat tertawa, dan dengan demikian, mulut biasanya tertutup ketika tertawa dalam suasana formal.

Gerakan ini bisa dijelaskan dengan dua alasan. Untuk laki-laki, itu dianggap sebagai tanda kelemahan bagi mereka untuk menunjukkan giginya saat tertawa, dan dengan demikian mereka melakukan upaya terbaik untuk menyembunyikannya jika mereka tertawa.

Bagi wanita, ini berasal dari tradisi menghitamkan gigi mereka yang telah menikah. Sangat memalukan untuk memiliki gigi putih, karena itu merupakan indikator bahwa seseorang telah kehilangan kesempatan untuk menikah, dan dengan demikian mereka menyembunyikan fakta ini dengan menutup mulut mereka ketika mereka tertawa.

Namun, sekali lagi, tren memang berubah, sehingga orang tidak lagi mempraktikkannya. Namun, penduduk setempat mungkin terkesan dengan betapa baiknya perilaku Anda jika Anda menutup mulut saat tertawa.

6. Setuju

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika teman Jepang Anda memukul satu telapak tangan dengan tangan terkepal, jangan khawatir, mereka tidak ingin memulai perkelahian! Gerakan ini menyatakan bahwa orang tersebut setuju dengan sesuatu yang Anda katakan, atau bahwa mereka memiliki pencerahan setelah mendengar apa yang Anda katakan. Gerakan ini juga bisa disertai dengan な る ほ ど! (Naruhodo! / Aku mengerti! / Itu masuk akal!)

7. Tidak, bukan itu masalahnya

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika teman Jepang Anda mengibaskan tangan terbuka dengan gerakan melambai setelah menerima pujian, kemungkinan besar mereka menyangkal apa yang Anda katakan.

Ini adalah reaksi khas orang Jepang jika mereka dipuji, jadi tolong jangan tersinggung. Kerendahan hati adalah kebajikan di Jepang, jadi itu normal bagi mereka untuk menolak pujian, karena mereka ingin bersikap rendah hati.

8. Saya Tidak Tahu

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika orang Jepang melambaikan tangan mereka yang terbuka tetapi dengan ibu jari menghadap wajah mereka, dan kadang-kadang disertai dengan gelengan kepala, ini berarti bahwa mereka mengatakan bahwa mereka tidak tahu. Jika Anda berada di Jepang, tersesat, dan mencoba menanyakan arah, jika Anda mendapat reaksi ini, itu berarti orang tersebut tidak tahu atau tidak bisa berbahasa Inggris.

9. Mari kita kesampingkan hal itu

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika teman Jepang Anda menggerakkan kedua tangannya dengan cara yang terlihat seperti membawa benda dan kemudian mengesampingkannya, ini berarti mereka ingin mengubah topik pembicaraan.

10. Saya Marah

Gerakan selanjutnya mengekspresikan kemarahan, dan sebagian besar digunakan oleh anak-anak dan beberapa wanita dewasa di Jepang. Jika orang itu menggembungkan pipinya dan menunjukkan ekspresi frustrasi, kemungkinan besar mereka marah!

11. Menunjukkan kemarahan orang  / Okanmuri

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika Anda tidak dapat menangkap ungkapan di atas, dan ditemani oleh orang Jepang lainnya, dia mungkin bisa membantu dan menampilkan gerakan ini untuk membantu Anda!

Jika mereka diam-diam melihat orang tersebut dan membentuk tanduk di kepala mereka dengan kedua jari telunjuk, itu pertanda yang mengatakan bahwa, orang lain marah!

12. Maaf

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Sekarang situasinya agak tak nyaman, wajar saja jika Anda ingin meminta maaf. Namun, selain meminta maaf, menambahkan gerakan ini dapat membantu peluang Anda untuk dimaafkan! Tempatkan kedua telapak tangan di depan wajah Anda, tutup mata Anda dan sedikit menundukkan kepala ke bawah ke lengan Anda.

13. Terima Kasih

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Sekarang mari kita cari tahu bagaimana mengekspresikan rasa terima kasih kita dengan isyarat. Untuk memberi isyarat terima kasih, angkat tangan dengan ibu jari menghadap ke atas ke arah depan wajah Anda dan berikan sedikit anggukan. Pegulat sumo menggunakan versi yang lebih rumit dari gerakan ini ketika mereka menerima hadiah uang setelah memenangkan pertandingan.

14. Menunjukkan Ada Pertengkaran

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika Anda ingin menunjukkan bahwa dua orang saat ini berada di tengah-tengah pertengkaran, maka ada juga isyarat untuk itu! Untuk melakukan ini, silangkan kedua jari telunjuk Anda bersamaan sambil membuat gerakan menggosok yang cepat dengannya. Gerakan ini mengingatkan pada citra dua orang yang berduel dengan pedang.

15. Tunggu Sebentar

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Untuk memberi isyarat kepada seseorang untuk menunggu sebentar, cukup letakkan telapak tangan Anda di depan Anda ke arah orang tersebut. Namun dalam pengaturan yang lebih formal, disarankan untuk menggunakan kedua tangan.

16. Kemarilah

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Untuk memberi isyarat kepada seseorang untuk bergerak ke arah Anda, dengan telapak tangan menghadap ke bawah, goyangkan tangan ke bawah dengan lembut secara terbalik, gerakan “kemari” sambil mempertahankan kontak mata. Untuk menyuruh mereka menjauh, lakukan gerakan yang persis sama, dengan gerakan menyentak yang lebih rumit dari tubuh Anda, sambil memotong kontak mata:

17. Lewat Sini / Duduklah di sini

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika Anda kebetulan bekerja di sektor perhotelan di Jepang, gerakan ini adalah salah satu gerakan yang paling penting untuk Anda gunakan. Untuk melakukan gerakan ini, perlihatkan telapak tangan Anda dan gerakkan dengan lembut ke arah tempat Anda ingin bergerak.

Penting bagi Anda untuk sedikit menundukkan kepala dan melihat ke arah yang Anda inginkan. Gerakan ini biasanya disertai dengan “こ ち ら へ ど う ぞ” (Kochira e douzo / Tolong berjalanlah dengan cara ini).

18. Permisi

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Di Jepang, dianggap sangat kasar untuk melintas di depan seseorang secara langsung tanpa mempedulikannya. Jika Anda ingin berlaku sopan santun saat melintas di depan seseorang, tekuk sedikit kepala Anda saat membulatkan punggung, dengan satu tangan di depan Anda dengan ibu jari menghadap ke atas, dengan gerakan memotong, gerakkan tangan Anda ke atas dan ke bawah dengan lembut.

Untuk efek tambahan, katakan, “す み ま せ ん 、 ま え を お り り す” (Sumimasen, mae o torimasu / Maaf, saya akan lewat di depan Anda).

19. Kepanasan

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Jika panas, dan Anda ingin menunjukkannya kepada orang lain, cukup tarik ke telinga Anda dengan ibu jari dan jari telunjuk!

Daun telinga dipercaya sebagai bagian terdingin dari tubuh kita, dan orang-orang terbiasa mengambilnya setelah mereka tanpa sengaja menyentuh sesuatu yang panas, dan dengan demikian melahirkan gerakan itu.

20. Kedinginan

Gerakan selanjutnya ini bisa dilihat secara luas di anime pada akhir-akhir ini. Tumpang tindih kedua tangan sambil meraih kedua siku, dan goyangkan tubuh Anda. Ini menunjukkan kepada orang lain bahwa Anda kedinginan, dan membutuhkan kehangatan!

21. Ajakan makan

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Apakah Anda ingin mengajak teman Jepang untuk keluar dan makan bersama Anda?

Ini juga bisa dengan mudah dilakukan dengan gerakan! Sebagian besar makanan di Jepang dimakan dengan sepasang sumpit di tangan kanan dan semangkuk nasi di tangan kiri, yang perlu Anda lakukan adalah meniru tindakan ini sambil melihat teman Anda dan mereka akan mendapatkan pesannya.

Untuk melakukan ini, berpura-pura telunjuk dan jari tengah tangan kanan Anda adalah sumpit, sementara tangan kiri Anda berbentuk seperti memegang mangkuk, bawa tangan kanan lebih dekat dan menjauh dari mulut dengan gerakan naik dan turun beberapa kali, dan hanya itu

22. Enak nih

Bahasa Isyarat Orang Jepang

Bayangkan sekarang bahwa Anda akan memiliki makanan lezat dengan teman yang telah Anda undang. Ketika makan tiba, teman Anda melakukan gerakan yang sepertinya sedang menyeka air liur yang mengalir di pipinya.

Jangan khawatir, dia menunjukkan fakta bahwa makanan itu terlihat enak dan dia tidak sabar untuk memakannya. Untuk melakukan gerakan ini, dengan telapak tangan Anda menghadap ke bawah, geser tangan Anda di sepanjang lekukan dagu Anda seakan menyeka air liur. Katakan, “お い し そ う!” (Oishi sou! / Ini terlihat enak!) Sambil melakukan gerakan untuk menambah efek!

23. Uang

Tentu saja, dua kegiatan yang disebutkan di atas melibatkan uang dan ada isyarat untuk uang juga untuk orang Jepang! Tekuk dan genggam jempol dengan jari telunjuk untuk membentuk “O” sementara telapak tangan diletakkan mendatar secara horizontal untuk memberi isyarat uang. Ini mengingatkan pada tanda “Ok” yang digunakan di Barat.

Gambar dari: https://justintimeforfun.wordpress.com/

,

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.