9 Fakta Menarik Bahasa Jepang yang Harus Anda Ketahui

Covid-19 Jepang: Abe Nyatakan Keadaan Darurat
Covid-19 Jepang: Abe Nyatakan Keadaan Darurat
April 12, 2020
Fakta Menarik Bahasa Jepang

Tahukah Anda apa sajakah fakta – fakta menarik bahasa Jepang? Bukankah Anda sudah tahu semua tentang anime, Anda sudah berkaraoke dengan lagu-lagu JPop, dan Anda sudah makan sepuasnya dengan sushi dan sashimi? Beneran kan, budaya Jepang sudah pasti terkenal di dunia internasional? Tunggu dulu, sekarang, seberapa banyak yang Anda ketahui tentang bahasanya? Apakah Anda tahu tentang sistem kehormatannya yang kompleks? Atau bahwa penutur bahasa Jepang merupakan kurang dari 2% dari populasi dunia, tetapi hampir 10% dari pengguna internet? Teruslah membaca untuk hal-hal ringan tapi menarik dan lebih menyenangkan tentang bahasa Jepang. Untuk kursus dan jasa penerjemah bahasa Jepang, kami ahlinya di seantero Karawang hingga Jabotabek. Percayalah.

9 Fakta Menarik Bahasa Jepang

1. Salah satu bahasa tercepat dalam pengucapan

Sebuah studi terbaru membandingkan kecepatan (dalam suku kata per detik) di mana penutur asli dari berbagai bahasa berbicara. Jepang berada di puncak daftar dengan 7,84 suku kata rip-roaring per detik! Sebagai perbandingan, bahasa Inggris dituturkan pada suku kata yang relatif siput 6,19 per detik.

Anda mungkin pengguna sabuk hitam di karate atau penikmat komik manga, tetapi kami menduga Anda tidak tahu tentang kata pinjaman Jepang dari bahasa Portugis, atau delapan arti “shin” yang berbeda!

2. Kata Kerja tidak dikonjugasikan.

Yang ini melegakan bagi pelajar Jepang: kata kerja tidak dikonjugasikan untuk orang atau angka, jadi setelah Anda mempelajari kata kerja dasar, Anda tidak perlu menghafal banyak turunan sial. Sebagai gantinya, Anda dapat memusatkan perhatian pada kompleksitas sistem penulisan Jepang yang terkenal sulit.

3. Jepang tidak memiliki hubungan dengan bahasa utama lainnya.

Tidak seperti bahasa Inggris, yang terkait erat dengan Roman (mis., Spanyol, Prancis) dan bahasa Jerman (mis., Jerman), bahasa Jepang tidak terkait erat dengan bahasa utama lainnya. Bahkan, sampai saat ini, itu diklasifikasikan sebagai isolat bahasa, yang berarti bahwa itu benar-benar unik di antara semua bahasa dunia saat ini. Sejak itu, ahli bahasa telah menemukan akar yang sama antara bahasa Jepang dan bahasa Ryukyuan, yang merupakan bahasa asli yang digunakan di Jepang selatan.

4. Bahasa Jepang menampilkan kata-kata pinjaman dari bahasa di seluruh dunia.

Jepang mengandung sejumlah besar 外来 語 (“gairaigo”, kata pinjaman dari bahasa lain). Namun, ini tidak hanya berasal dari bahasa Inggris. Beberapa kata seperti テ レ ビ (“terebi”) berasal dari bahasa Inggris. Memang, bahasa lain juga ada: パ ン (“pan”, roti) berasal dari pao Portugis, dan ア ル バ イ ト (“arubaito”, pekerja paruh waktu) berasal dari kata Jerman Arbeit (pekerjaan).

5. Kata Jepang untuk “Jepang” berarti “Negeri Matahari Terbit”.

Kata “Jepang” adalah kata asing – orang Jepang menyebut negara mereka に ほ ん (Nihon) atau に っ ぽ ん (Nippon), yang secara kasar diterjemahkan menjadi “Negeri Matahari Terbit”.

6. Hampir 10% pengguna Internet menggunakan bahasa Jepang.

Jepang adalah bahasa ke-9 yang paling banyak digunakan di seluruh dunia, tetapi merupakan bahasa ketiga terbesar di Internet, setelah bahasa Inggris dan Spanyol. Meskipun penutur bahasa Jepang hanya mewakili kurang dari 2% dari populasi dunia, namun mereka membentuk hampir 10% dari pengguna internet.

Seberapa baik bahasa Jepang Anda? Gabung yuk di Instagram Tensai untuk tes onlinenya!

7. Bahasa Jepang berkembang pada abad ke-6 dari orang-orang Yamato.

Sekitar 1500 tahun yang lalu, orang Yamato mendirikan dinasti pertama di tempat yang sekarang dikenal sebagai Jepang. Bahasa mereka akhirnya berkembang menjadi bahasa Jepang modern seperti yang kita kenal sekarang.

8. Homofon berlimpah.

Jika Anda berpikir bahwa bahasa Inggris memiliki banyak homofon (kata-kata yang memiliki arti berbeda tetapi diucapkan sama), cobalah belajar bahasa Jepang! Kedelapan karakter di bawah ini diucapkan shin, tetapi semuanya memiliki arti yang sama sekali berbeda: Tuhan, untuk maju, untuk percaya, baru, benar, melar, hati, dan orangtua, dari kiri ke kanan.

9. Banyak tingkat penghormatan juga.

Jepang menggunakan tingkat penghormatan secara ekstensif, yang melibatkan penambahan sufiks pada kata-kata untuk menunjukkan berbagai tingkat penghormatan. Sufiks kehormatan yang berbeda digunakan untuk teman sebaya, anak-anak, tamu, orang tua, kolega, guru, dan banyak lagi!

Ada banyak hal lain di Jepang selain hal-hal ringan dan menyenangkan di website ini. Jika Anda ingin belajar lebih banyak, pertimbangkan mengambil kelas yang dibuat khusus dari pengajar khusus yang berpengalaman. Bergabunglah dengan Tensai. Ada tombol pendaftaran di menu atas atau hubungi kami via kontak

Demikianlah 9 fakta menarik bahasa Jepang. Apakah Anda ingin belajar tatap muka atau melalui WhatsApp, ada banyak metode dan pilihan cara belajar yang kami miliki. Segera hubungi kami untuk mencari tahu informasi lebih banyak lagi agar keterampilan bahasa Jepang Anda ke posisi teratas!

Open chat
Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?
Hi, Anda butuh penawaran atau info lebih lengkap tentang jasa kami? WhatsApp kami sekarang!