Go to Top

Fakta Hubungan dan Jasa Jepang bagi Bangsa Indonesia

Fakta Hubungan dan Jasa Jepang bagi Bangsa Indonesia

Apasajakah fakta – fakta hubungan dan jasa Jepang bagi bangsa Indonesia? Masa lalu antara Jepang dan Indonesia memang tidak lepas dari cerita penjajahan, namun saat ini indonesia justru memiliki minat pada kebudayaan Jepang khususnya dalam mempelajari bahasa mereka. Jadi Kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang yang akan memberikan banyak kemudahan dalam mempelajarinya. Dengan kata lain, titik damai yang ada di antara Jepang dan juga Indonesia telah terjadi dan bahkan juga memiliki hubungan bilateral sekaligus juga hubungan diplomatik di mana keduanya saling membutuhkan satu sama lain. Jika dihitung, Jepang dan Indonesia telah memiliki kerjasama yang terjadi sekitar lima puluh tahun lebih dengan kerjasama di berbagai sektor.

Saat ini, sekalipun Jepang merupakan pihak yang kalah saat perang dunia ke 2 dahulu. Namun dengan kebudayaan disiplinya yang kuat dan juga kerja keras yang berkomitmen menjadikan negara yang juga dikenal sebagai salah satu macan Asia ini memiliki tingkat ekonomi yang tinggi. Sehingga, Indonesia memiliki kesempatan dan juga paluang yang baik khususnya dalam soal bantuan pembangunan dengan adanya hubungan diplomasi tersebut.

Fakta Hubungan dan Jasa Jepang bagi Bangsa Indonesia

Sejak dulu, bangsa Jepang yang meskipun pernah menjajah Indonesia namun mereka juga yang berhasil membangkitkan semangat juang bangsa Indonesia dalam mengusir para penjajah. Oleh karena itu, hingga seKarawang, hubungan yang terjalin antara Jepang dan juga Indonesia menjadi hubungan yang bisa dibilang menarik. Karena keduanya berhasil melakukan kerjasama yang saling menguntungkan satu sama lain.

Berikut beberapa kerjasama yang telah dilakukan oleh Jepang dengan Indonesia, di antaranya yaitu;

  • Di bidang ekonomi; yang merupakan kerjasama paling utama di mana Indonesia mendapatkan bantuan secara ekonomi dari Jepang. Tentunya, hal ini juga bisa dijelaskan di mana negara berkembang dibantu oleh negara maju yang salah satunya yaitu Indonesia sebagai negara berkembang. Baik itu dalam bidang ekonomi hingga bantuan untuk bencana alam merupakan bagian yang diambil oleh Jepang untuk membantu negara berkembang.
  • Di bidang perdagangan; yang masih merupakan bagian dari bidang ekonomi di mana terjalinnya impor dan juga ekspor yang dilakukan oleh kedua negara. Jika dari Indonesia mengimpor barang berupa sumber daya alam seperti halnya tanaman holtikura, hasil tambang, gas, dan minyak. Lain halnya dengan impor Jepang ke indoensia di mana lebih sering berupa otomotif, barang elektronik, mesin dan juga kendaraan. Bidang ini juga termasuk dengan bagian investasi Jepang di Indonesia.
  • Di bidang sosial; yaitu dalam segi budaya dan juga pendidikan. Bidang ini merupakan salah satu cara yang akan mempererat dan juga mempertahankan agar berlanjutnya hubungan baik antara Indonesia dan juga Jepang. Bisa dilihat dari banyaknya generasi Indonesia yang memiliki ketertarikan dalam mempelajari bahasa maupun juga kebudayaan Jepang, termasuk juga untuk belajar di sana. Begitu juga dengan para pelajar Jepang yang juga tidak sedikit memiliki ketertarikan untuk datang dan belajar di Indonesia. Selain itu juga, jika dalam segi pariwisatanya, para pelancong dari Jepang juga memiliki minat yang besar terhadap kebudayaan Indonesia. Begitu juga sebaliknya dari indoensia yang rata-rata mereka ingin mempelajari bahasa Jepang karena memiliki ketertrikan yang besar terhadap Jepang. Misalnya saja dimulai dari kesukaan pada manga, anime, hingga musiknya.
  • Di bidang politik; yang sebenarnya termasuk ke dalam bidang ekonomi. Karena politik pada dasarnya berkaitan dengan hal-hal perekonomian negara.

Itulah fakta yang bisa mengungkapkan bahwa baik Indonesia maupun juga Jepang memiliki jasa satu sama lain khususnya untuk memajukan negara masing-masing. Orang Indonesia juga sudah seharusnya mencontoh nilai positif mereka untuk memajukan negara, seperti halnya nilai disiplin dalam berbagai segi. Disiplin mempelajari sesuatu hal yang bermanfaat dan juga jika Kursus Bahasa Jepang? Di Tensai Karawang.

Save

, ,