Go to Top

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas. Tahukah Mina san dengan WASABI? Apakah sudah ada yang pernah mencoba wasabi dari Jepang ini?

Bagi penikmat kuliner Jepang tentu sudah tidak asing lagi mendengar kata wasabi. Yaps, wasabi atau yang memiliki nama ilmiahnya adalah Eutrema japonica (lobak jepang) merupakan tanaman asli Jepang yang berasal dari suku kubis-kubisan (Brassicaceae) dan termasuk ke dalam kategori tanaman angiospermae. Dalam bahasa Inggris, tanaman wasabi juga dikenal dengan sebutan Japanese Horseradish. Masih penasaran dengan yang namanya wasabi? Yuk, simak selengkapnya berikut ini !

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Parutan yang berasal dari bagian rimpang (rhyzoma) tanaman ini yang dikenal dengan pasta wasabi berwarna hijau nan sedap dipandang mata ini biasanya dimakan sebagai penyedap masakan Jepang seperti pada sashimi, sushi, soba, dan ochazuke. Bagian daun, tangkai, dan rimpang dari tanaman wasabi memiliki aroma harum sekaligus rasa tajam yang menyengat  hingga ke hidung, sama  seperti mustard. Namun parutan wasabi justru tidak menimbulkan sensasi rasa pedas di lidah seperti cabai.

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Unsur kimia yang menjadikan wasabi memiliki rasa menyengat dan pedas ‘semriwing’ adalah isotiosianat yang terdiri dari 6-methylthiohexyl isothiocyanate, 7-methylthioheptyl isothiocyanate, dan 8-methylthiooctyl isothiocyanate. Senyawa isotiosianat ini bersifat antimikroba yang menghambat pertumbuhan bakteri dan menginduksi metabolisme racun.  Sehingga sangat cocok jika irisan ikan segar pada makanan khas Jepang selalu disajikan dan dimakan dengan wasabi, karena manfaat dari kandungan zatnya.

Tanaman wasabi sangat sulit untuk tumbuh dan sangat sensitif terhadap lingkungan pertumbuhannya. Tanaman ini membutuhkan air bersih, segar, dan jernih untuk pertumbuhan akar. Bahkan wasabi akan mati pada kondisi lingkungan dengan kelembaban tinggi. Maka tak mengherankan jika tanaman wasabi dibanderol dengan harga yang cukup mahal, yaitu berkisar mencapai US$ 160 per kilogramnya.

Wasabi Sensasi Rasa Pedas Nan Khas

Wasabi mengandung serat dan protein yang sangat tinggi, juga rendah lemak. Bagi Anda yang suka dan terbiasa dengan wasabi saat menyantap makanan Jepang berbahan dasar ikan mentah, tentunya sensasi rasa pedas wasabi yang menusuk hidung hingga mengeluarkan air mata merupakan sebuah kenikmatan tersendiri kan? Bahkan ada yang bilang bahwa rasa pedas wasabi ini hampir mirip dengan rasa pasta gigi alias odol lho! Ada-ada saja ya 😀

Mau mencoba wasabi? Yuuuk wisata kulineran khas Jepang!

Ikutan gabung juga kursus bahasa Jepang di Tensai Nihongo Bunka Gakuin, biar suasana tambah seru pas pesan makanan pake bahasa Jepang juga dong!

Kami tunggu kehadiran Mina san di Tensai… 😀

CP : 0896-1157-4857 (WA/Line)

 

, ,