Robot pendeta Jepang
Mindar Si Robot Pendeta Jepang dengan Teknologi Artificial Intelligence
January 27, 2020
Teknologi Listrik di Jepang
Teknologi Listrik di Jepang: Potret Kecanggihan Inovasi Negeri Samurai
March 10, 2020
Virtual Youtuber

Sumber: https://shintavr.com/

Kemajuan teknologi Jepang tidak hanya berpengaruh dalam dunia industri manufaktur saja, namun juga turut memberikan imbas besar terhadap industri hiburan kreatif seperti pada salah satu platform berbagi video terkenal di dunia, yakni Youtube. Kini, Youtube tidak hanya diisi oleh konten kreator manusia sungguhan sebagai tokoh utamanya, melainkan saat ini terjadi fenomena unik yaitu munculnya Vtuber yang berkiblat dan lebih dulu tren di Jepang. Virtual Youtuber atau biasa disingkat Vtuber merupakan karakter fiksi berbentuk 2D maupun 3D layaknya seorang manusia yang berprofesi sebagai konten creator pada platform digital Youtube. Tokoh karakter Vtuber biasanya digambarkan sebagai cewek yang imut ala karakter anime di Jepang dengan balutan teknologi 3D CGI (Computer Generated Images) yang dapat menciptakan karakter virtual tersebut seolah-olah hidup dan mampu berinteraksi dengan penontonnya seperti mengubah ekspresi, mimik wajah, serta menggerakkan anggota tubuh layaknya manusia sungguhan.

Karakter virtual ini bekerja layaknya sebuah boneka animasi yang dikendalikan manusia di balik layar untuk menjadikannya nampak seperti manusia sungguhan menggunakan alat bernama “Motion Capture” yang berfungsi untuk merekam setiap gerakan maupun raut wajah untuk kemudian dikonversikan kedalam model karakter visual tersebut. Untuk membuat seorang karakter Virtual Youtuber kalian membutuhkan berbagai alat-alat canggih seperti Kamera, Green Screen, Motion Capture, Face Capture, Animator 3D CGI, serta editor video yang berkualitas terbaik agar penggambaran karakter visual nantinya nampak sempurna.

Virtual Youtuber

Sumber: https://ar-tracking.com/

Biasanya, untuk menjadi seorang Vtuber memerlukan dana yang tidak sedikit untuk membeli alat-alat canggih yang nantinya sangat diperlukan. Tak jarang, seorang Vtuber biasanya dikelola dan didanai oleh studio besar yang dikerjakan oleh banyak tim. Namun, hal tersebut sebanding dengan penghasilan dan kepopularitasan yang didapat nantinya. Menurut berbagai sumber, di Jepang sendiri, Vtuber ini dapat memberikan sumbangsih hingga total 2,1 Milyar Yen bagi Negeri Sakura melalui channel-channel Youtube Virtual mereka. Perkembangan Vtuber sendiri lebih pesat dibanding youtuber (manusia) pada umumnya. Tidak hanya dalam segi finansial, dengan adanya terjemahan hingga 10 bahasa yang dimuatnya, Vtuber juga membantu Jepang dalam mempromosikan beragam produk, budaya, serta pariwisatanya ke masyarakat di seluruh dunia diluar Jepang. Selain itu, beberapa Vtuber ternama Jepang yang menghadirkan konten musik bahkan telah menggelar konser musik sungguhan, serta menjadi bintang iklan sebuah produk.

Dengan adanya Vtuber ini, telah membuktikan bahwa inovasi teknologi terus berkembang mengikuti modernisasi zaman, salah satunya dengan merambah media Youtube yang dapat memberikan penghasilan dengan hanya menggunakan animasi bergerak. Maraknya fenomena Vtuber juga semakin menambah variasi konten yang ada di platform berbagi video tersebut. Di Indonesia sendiri, akhir-akhir ini juga mulai bermunculan karakter-karakter Vtuber yang tidak kalah populer dari Vtuber Jepang dan namanya langsung booming diperbincangkan di kalangan masyarakat Tanah Air yang memang sangat penasaran dengan setiap pembaruan di bidang teknologi, salah satunya Virtual Youtuber seperti Tessa, IpoChan, hingga Maya Putri.

Sejarah Singkat dan Perkembangan Dunia Virtual Youtuber

Virtual Youtuber

Sumber: https://www.resetera.com/

Kalian pasti sudah sangat mengenal salah satu platform tempat berbagi video terpopuler di dunia yang bernama Youtube. Situs yang pertama kali hadir pada tahun 2005 tersebut telah sejak lama menjadi pilihan utama warga net untuk mengunggah video dengan tema yang bebas yang kemudian disebarluaskan ke khalayak para pengguna Youtube itu sendiri. Situs web besutan Google tersebut juga turut berperan dalam menyebarkan tren video blogging atau biasa disebut vlog yang gemar dilakukan oleh sejumlah Youtuber yang semakin digandrungi masyarakat di seluruh dunia.

Jepang pun tak mau kalah dengan adanya tren vlog tersebut. Diantara para vlogger yang biasa menyebut dirinya sebagai Youtuber atau konten kreator itu, muncul satu nama tokoh Youtuber yang saat itu ramai diperbincangkan di dunia maya, utamanya bagi mereka para pecinta segala hal tentang Jepang. Ia adalah Kizuna Ai yang merupakan seorang karakter Youtuber dengan konsep virtual pertama yang namanya sangat populer di kalangan para pengguna Youtube karena konsepnya yang berbeda dari para Youtuber pada umumnya. Ai-chan, begitulah panggilannya, telah memulai karirnya di dunia Youtube sejak November 2016 lalu, dan berhasil menjadi karakter Vtuber yang pertama kali mencapai 1 juta subscriber di tahun 2017 kemarin.

Kizuna Ai mulai dikenal dan populer karena penggambaran karakternya yang imut, polos, dan menjalin komunikasi yang baik dengan pada penonton setianya di Youtube. Melalui channel Youtube-nya, ia mulai berbagi unggahan konten-konten video menarik layaknya yang dilakukan oleh seorang Youtuber pada umumnya seperti membuat vlog, membicarakan topik yang sedang populer, menjalankan tantangan unik yang direquest para penonton, memainkan game, hingga menyanyikan lagu menjadi sebuah klip video. Beberapa videonya bahkan telah dilengkapi dengan subtitle berbahasa Inggris dan Indonesia karena melihat tingginya penonton channel Kizuna Ai yang berasal dari Indonesia dan beberapa negara diluar Jepang lainnya. Di Indonesia, fenomena Virtual Youtuber mulai masuk pada awal tahun 2018 dengan munculnya beberapa tokoh-tokoh Vtuber populer seperti Tessa dan Maya Putri.

5 Karakter Vtuber Terkenal di Jepang dan Indonesia

1. Kizuna Ai

Sumber: https://www.reddit.com/

Kizuna Ai merupakan karakter Vtuber yang paling terkenal diantara tokoh-tokoh Virtual Youtuber lainnya. Mulai populer pada akhir tahun 2016 dengan nama channel A.I.Channel, tidak butuh waktu lama bagi Ai-chan memiliki jumlah subscriber 200.000 pada awal kemunculannya. Dengan suaranya yang imut, Ai-chan merekam berbagai aktivitasnya sebagai konten seperti bermain game populer seperti PUBG, berlatih Bahasa Inggris, bermain game VR, berolahraga, hingga membicarakan tokoh anime yang ia sukai. Tokoh Vtuber yang diyakini seumuran dengan anak perempuan SMA ini bahkan beberapa kali juga terlihat berkolaborasi dengan Youtuber ternama seperti Pewdiepie yang memiliki rekor jumlah subscriber Youtube terbanyak hingga saat ini. Yang terbaru, A.I.Channel sukses mencapai hingga lebih dari 2,69 juta subscriber dan ditonton lebih dari ratusan juta views pada beberapa konten video Youtubenya.

2. Kaguya Luna

Sumber: https://geekandgear.com/

Kaguya Luna adalah seorang Virtual Youtuber asal Jepang yang memulai debut Youtubenya pada tanggal 9 Desember 2017 lalu. Karakter Vtuber yang satu ini terkenal dengan ciri khasnya berupa rambut poni tailnya yang berwarna putih. Aksi uniknya pada beberapa konten videonya selalu menarik perhatian penggemarnya. Beberapa penggemar bahkan mulai menerjemahkan videonya kedalam Bahasa Inggris, Korea, China, Spanyol, Rusia, Bahasa Melayu, hingga Bahasa Indonesia. Kaguya Luna juga terlihat akrab dengan karakter Vtuber lainnya yang telah lebih dulu terkenal, yakni Kizuna Ai. Yang terbaru, Kaguya Luna juga turut serta membintangi sebuah iklan brand makanan terkenal asal Jepang. Vtuber dengan nama channel Kaguya Luna Official tersebut kini telah mencapai sebanyak 997 ribu subscriber.

3. Siro-chan

Sumber: https://japantoday.com/

Karakter virtual dari channel Youtube asal Jepang lainnya, Siro Channel ini juga tak mau kalah dengan para Vtuber pendahulunya yang mendulang banyak subscriber.  Siro-chan digambarkan sebagai seorang gadis muda dengan suara yang tinggi. Ia tampil dengan rambut dan kostumnya yang dominan berwarna putih, lengkap dengan hiasan Bando telinga kucing-nya yang memberi kesan imut. Di channel miliknya, ia sering mengunggah berbagai konten video mulai dari Vlog lucu tentang kesehariannya, hingga bermain game. Kini, Siro Channel telah memiliki 704 subscriber.

4. Aoi Fuji

Sumber: https://www.crunchyroll.com/

Vtuber yang berpenampilan layaknya gadis SMA di Jepang ini juga merupakan salah satu karakter Virtual Youtuber terfavorit. Aoi Fuji memiliki rambut berwarna hitam dan ciri khas tahi lalat dibawah mata kirinya, lengkap dengan seragam sekolah yang ia kenakan. Vtuber asal Jepang yang memiliki channel Youtube bernama Aoi ch. ini memiliki konten-konten video berupa musik klip video dengan suaranya yang merdu layaknya penyanyi professional, serta beberapa konten vlog kesehariannya. Aoi ch. telah mengumpulkan hingga kini sebanyak 262 ribu subscriber.

5. Maya Putri

Sumber: https://dailysocial.id/

Eiits.. tokoh Virtual Youtuber atau Vtuber tidak hanya bisa kalian temui di Jepang saja lho. Di Indonesia juga terdapat salah satu karakter Vtuber yang hits belakangan ini, yang pertama kali diperkenalkan melalui event AFA Jakarta 2018 bernama Maya Putri.  Karakter ini diciptakan oleh Shinta VR, sebuah perusahaan kolaborasi Jepang-Indonesia yang pertama kali berinovasi dengan teknologi VR. Hebatnya, hanya dalam waktu singkat, Channel Youtube Maya Putri berhasil mencapai 200 ribu lebih subscriber. Vtuber yang memiliki ciri khas mengenakan baju putih berdesain batik dan mengaku berasal dari Solo, Jawa Tengah namun berlogat layaknya gadis Jepang tersebut memiliki berbagai konten seru diantaranya yaitu cover lagu, bermain game populer, berbincang seputar hal yang sedang hangat, hingga berkolaborasi dengan sejumlah Youtuber dan tokoh ternama Tanah Air .

Kemajuan teknologi di era modern ini semakin dirasakan efeknya, utamanya teknologi yang berkiblat dari Negeri Sakura, Jepang. Tidak dapat dipungkiri, bahwa manusia sangat membutuhkan teknologi di masa mendatang. Tetapi, jangan sampai kebutuhan akan teknologi tersebut menimbulkan ketergantungan yang berlebihan terhadap teknologi sehingga melupakan rutinitas yang biasa kita lakukan sehari-hari. Virtual Youtuber merupakan bukti nyata betapa pesatnya kemajuan teknologi yang melanda berbagai bidang profesi manusia, salah satunya Youtuber. Teknologi digital virtual berbasis AI pun semakin berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat di era millenial ini.

Virtual Youtuber

Sumber: https://japanesestation.com/

Nah, bagi kalian yang tertarik berkunjung langsung ke Negeri Sakura yang terkenal dengan tokoh-tokoh Vtuber terkenalnya, atau sekiranya hanya ingin mempelajari dan mencari tahu lebih dalam hal seputar Jepang, tidak cukup hanya dengan mempersiapkan segala perbekalan fisik dan informasi-informasi umum seputar Jepang saja. Namun, perlu kiranya untuk juga mempersiapkan skill berbahasa Jepang yang baik dan benar yang harus terus dilatih sampai kalian mahir dan fasih mengucapkan berbagai kosa kata dan percakapan dalam Bahasa Jepang. Atas dasar itulah, Tensai Nihongo Bunka Gakuin hadir sebagai LKP Bahasa Jepang terdepan dan terpercaya nomor 1 di Karawang, bahkan Jawa Barat. Kami telah berkiprah selama lebih dari 8 tahun melayani masyarakat akan kebutuhan jasa kursus dan pelatihan Bahasa Jepang.

Referensi

Artikel di atas dibuat dengan bersumberkan:

 

Leave a Reply

Butuh Penawaran / Info Lebih Lanjut?