Go to Top

Lengkap dan Praktisnya Vending Machine Jepang Jidouhanbaiki

Vending machine Jepang Jidouhanbaiki

Apa itu & bagaimana lengkap dan praktisnya vending machine Jepang Jidouhanbaiki? Pernah dengar mesin penjual otomatis atau vending machine? Kedengarannya memang sudah tak terlalu asing lagi  dengan hal tersebut ya, apalagi saat ini kemajuan teknologi di dunia semakin bertambah modern saja. Kalau di Indonesia sendiri terutama di kota-kota besarnya, mungkin hanya ada beberapa mesin penjual otomatis dan sekedar menjual minuman saja. Tetapi, pernahkah Anda mengetahui ada banyak mesin penjual otomatis di Jepang yang sangat komplit?

Ya, tak bisa dipungkiri bahwa negara Jepang memang terlalu unggul dalam bidang teknologi dan inovasi modern-nya. Mereka justru tak pernah lelah berfikir bagaimana menciptakan sesuatu yang bisa dipakai sepraktis mungkin sehingga menghemat waktu dan tenaga. Tak terkecuali dengan Jidouhanbaiki? Apakah itu?

Jidouhanbaiki (自動販売機) atau yang sering disingkat dengan Jihanki (自販機) merupakan  mesin penjual otomatis yang banyak terdapat di setiap sudut kota Jepang. Tentunya Anda yang baru pertama kali menginjakkan kaki di bumi Sakura, jangan shock ketika menemukan mesin Jihanki berderet di sepanjang jalanan kota Jepang.

Yang lebih mengejutkan justru Jihanki di Jepang tergolong komplit dan lengkap banget lho. Mulai dari rokok, minuman alias soft drink, es krim, snack, susu, bir, cup-noodle, koran, CD musik, batere kamera, payung, beras, tissue, peralatan mancing, bahkan hingga ke pakaian dalam. Cukup dengan memasukkan uang baik berupa lembaran 1000, 5000, 10.000 Yen atau bahkan berupa pecahan koin senilai 10, 100, 500 Yen maka siapa saja bisa memanfaatkan mesin tersebut. Pecahan koin terkecil yang bisa digunakan adalah senilai 10 Yen, sedangkan untuk pecahan koin bernilai 1 dan 5 Yen tidak bisa dipergunakan pada mesin penjual otomatis ini.

Vending machine Jepang Jidouhanbaiki

Vending machine Jepang Jidouhanbaiki itu Praktis!

Uniknya lagi, Jihanki di Jepang bisa melayani pembelian dengan uang berlebih (dari harga barang yang dibeli) yang secara otomatis akan mengeluarkan uang kembalian beserta struknya. Sehingga selain tak perlu ngantri berlama-lama di kasir layaknya belanja di supermarket, belanja melalui Jihanki sangat efisien bukan? Harga barang yang ditawarkannya pun relatif lebih murah dibandingkan yang dijual di supermarket.

Ada juga Jihanki yang lebih modern, karena dibantu dengan sensor wajah dan meminta kartu identitas. Jihanki yang dimaksud berlaku pada penjualan rokok dan minuman keras. Pembeli yang kedapatan belum berusia 20 tahun, secara otomatis akan ditolak untuk membeli barang tersebut. Jadi meskipun Jihanki secara umum bisa digunakan oleh siapa saja hingga usia anak-anak, tapi khusus untuk penjualan rokok dan miras tetap dibatasi ya! Good Job!

Restoran-restoran cepat saji seperti Matsuya (resto gyudon terbesar di Jepang) dan beberapa tempat lainnya banyak juga yang memanfaatkan mesin penjual otomatis ini untuk menjual kupon makanan sesuai dengan menu yang diinginkan pembelinya. Sambil melihat menu dan memilih makanan yang diinginkan, kita tinggal memasukkan sejumlah uang dan memencet tombol di bawah menu tersebut. Kemudian kupon makanan akan keluar beserta uang kembaliannya. Setelah itu kita tinggal memilih tempat duduk sambil menyerahkan kupon tersebut kepada karyawan restorannya, dan menunggu makanan yang kita pesan datang deh!

Orang Jepang sepertinya tidak akan bisa lepas dari Jihanki karena kepraktisannya dan kekomplitan barang yang ditawarkan. Bahkan pada Jihanki khusus minuman,  jenis minuman yang tersedia bisa disesuaikan dengan musim yang terjadi pada saat itu lho. Contohnya ketika musim panas, semua minuman yang ditampilkan hanya minuman dingin saja. Tetapi pada saat musim dingin tiba, mesin tersebut akan menjual minuman hangat. Mantap!

Tak tanggung-tanggung, biasanya Jihanki yang dekat dengan daerah yang menghasilkan peternakan pun ada yang khusus menjual telur bahkan daging segar melalui mesin otomatis ini lho! Ada juga Jihanki khusus sayuran segar, bunga, dan berbagai macam kebutuhan lainnya.

Vending machine Jepang Jidouhanbaiki

Wah, Jepang memang sudah sangat modern sekali ya! Semuanya serba praktis dan tanpa ribet. Yang perlu diacungi jempol dan perlu kita tiru adalah sikap warga masyarakatnya yang sangat berhati-hati alias tidak ceroboh saat menggunakan Vending machine Jepang Jidouhanbaiki ini! Semua mesin penjual otomatis di sana terawat dengan baik, sehingga meminimalisir tingkat kerusakan mesin tersebut! Subarashii!!

Mau ke Jepang?  Penasaran pengin cobain Vending machine Jepang Jidouhanbaiki? Makanya segera gabung kursus bahasa Jepang dulu di Tensai Nihongo Bunka Gakuin dong.

Biar makin kece dan PeDe ngomong pake bahasa Jepang sebelum berangkat ke sana!

sumber: Tensai Ice Breaking

,