Go to Top

Uniknya Desain Payung Jepang Modern

Desain Payung Jepang Modern

Apa saja inovasi unik dari Negeri Sakura? Jepang memang salah satu negara yang selalu memberikan ‘gebrakan’ baru dalam membuat desain unik. Di negara ini banyak innovator dan creator yang berlomba-lomba mengaplikasikan ide cemerlang mereka guna menjawab kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Mulai dari inovasi  alat-alat elektronik super canggih, otomotif keren, robotika yang mendunia, makanan unik, fashion trendy, perabot rumah tangga super praktis, dan masih banyak lagi. Tak terkecuali penemuan desain payung. Bagaimana uniknya desain payung Jepang modern di masa kini?

Yaps, benda yang dianggap ‘sebelah mata’ dan hanya diperlukan saat musim hujan ini pun mendapat perhatian khusus dari para innovator Jepang. Penasaran? Berikut Tensai Nihongo Bunka Gakuin sebagai  lembaga kursus bahasa Jepang merangkum untuk Anda. 😀

3 Payung Jepang Modern dengan Desain Unik

Dalam dunia perpayungan, Jepang memang dianggap surganya. Tak hanya wanita, kaum pria di Jepang pun terlihat tak gengsi menenteng payung di jalanan lho! Nah, inilah beberapa contoh desian unik payung dari Jepang.

1. Payung Anti Basah (Unbrella Upside Down)

Di Jepang pantang hukumnya membawa payung dalam kondisi basah (setelah dipakai saat hujan turun) ke dalam ruangan. Tertinggal atau kehilangan payung adalah resiko karena meninggalkan payung di rak khusus ruang depan sebelum masuk ke ruangan, meskipun Jepang dikenal dengan tingkat kriminalitas terendah di dunia lho ya? Sebenarnya bisa juga payung basah itu dimasukkan ke dalam plastik, tapi masalahnya kantong plastik tak selalu tersedia di Jepang.

Demi memberi solusi terhadap masalah payung basah tersebut, Kajimoto Hiroshi mendesain payung unik ‘Anti Basah’ alias Unbrella yang mengusung konsep berkebalikan dengan standar mekanisme pembukaan payung pada umumnya sehingga akan mengembang berlawanan. Kerangka metal payung anti basah ini berada di luar ketika payung di buka. Ketika payung ditutup, bagian yang basah berada di bagian dalam sehingga tak perlu repot lagi dengan titik-titik air yang akan membasahi ruangan deh. Apalagi saat dibawa naik kereta yang penuh sesak, dijamin aman tidak mengenai orang-orang di sekitarnya. Inovasi yang luar biasa!

Desain Payung Jepang Modern

Keuntungan lainnya dengan desain kerangka luar menjadikan payung ini lebih tahan menghadapi terjangan angin kencang. Sayangnya payung anti basah ini dibanderol dengan harga US$95 atau sekitar lebih dari Rp. 1.000.000. Woow, harganya lumayan fantastis ya! Harus disimpan dengan baik, jangan sampai hilang.

2. Payung Mirip Sayuran (Vegetabrella)

Bagi yang sedang travelling di Jepang, tak salah jika membelikan desain payung Jepang modern yang satu ini sebagai omiyage atau oleh-oleh unik dari negeri segudang inovasi itu. Payung yang diberi nama Vegetabrella ini terlihat berbentuk seperti daun selada ketika ditutup. Payung unik dengan pilihan varian warna hijau, ungu, dan oranye yang menyejukkan mata ini diproduksi oleh  sebuah perusahaan khusus produksi payung trendy yang bernama Tokyo Nobel. Bahkan payung ini asli buatan tangan lho. Unik banget ya 😀

Desain Payung Jepang Modern 2

3. Payung Katana

Ada payung dengan desain unik lagi nih, terutama buat kaum pria yang saat ini kebanyakan ‘gengsi’ enggan membawa payung saat hujan turun. Anda maupun pria Jepang akan tetap terlihat gagah dengan membawa payung bergagang mirip pedang Katana khas Jepang. Ketika payung  ini belum digunakan dan disilangkan di punggung, pembawanya seperti membawa katana sungguhan. Pastinya sangat cocok nih dibawa sebagai aksesoris saat bermain cosplay.

Nah, buat kaum pria maupun anak cosplayer yang tertarik dengan payung ini, bisa membeli desain payung Jepang modern itu di toko-toko souvenir di tempat wisata bersejarah seperti di Asakusa dan Kamakura. Cocok juga sebagai omiyage atau pun menambah koleksi payung di rumah.

Desain Payung Jepang Modern

Saat hujan turun mengguyur  bumi Sakura, selain mengembangnya beberapa desain payung Jepang modern seperti yang sudah Tensai  bahas di atas dan payung transparan yang terbuat dari plastik seharga 500 Yen, akan terlihat pula payung dengan berbagai macam motif dan warna cantik.  Banyak toko di Jepang yang menyediakan payung dengan motif dan desain yang pastinya jarang dijumpai di negara-negara lain. Bahkan ada payung berwarna polos namun akan terlihat motifnya jika terkena air. Wow, keren bukan?

Ayo, saatnya generasi muda Indonesia berinovasi mulai dari hal-hal kecil namun akan berdampak luar biasa! Jangan mau kalah donk!!

Mari isi masa muda kita dengan kegiatan positif dan tetap semangat belajar, yakin dan pasti bisa!

(sumber : HaloJepang!)

,