Go to Top

Furoshiki Tradisi Unik Membungkus Barang

Tradisi Unik Membungkus Barang. Jepang memang terkenal dengan pelestarian terhadap warisan budaya dan tradisi yang masih tetap dipertahankan hingga kini. Terbukti di tengah kehidupan masyarakatnya sebagai negara maju dan berteknologi modern, mereka tetap mengadakan beberapa perayaan atau festival (matsuri), upacara minum teh, dan segudang tradisi unik lainnya.

Nah, pernah lihat tidak dalam film anime Jepang ada yang selalu membawa bekal makanan (bento) yang dibungkus dengan kain? Terutama yang suka nonton anime “Ninja Hatori” nih, pasti tau dong apa yang selalu dibawa dalam bungkusan? Cari tau jawabannya yuuk, bersama Tensai dijamin makin tambah ilmu tentang Jepang 😀

Furoshiki Tradisi Unik Membungkus Barang

Ada sebuah tradisi unik dari Jepang yang dikenal dengan nama Furoshiki. Apakah itu? Furoshiki (風呂敷) merupakan seni membungkus barang dengan menggunakan selembar kain lebar berbentuk persegi empat.

Furoshiki Tradisi Unik Membungkus Barang

Seni ataupun budaya Furoshiki ini diperkirakan mulai muncul dan populer pada masa Periode Edo (1615-1868). Seni ini begitu populer karena sangat praktis dan bisa dipakai untuk membungkus berbagai macam barang, baik benda berbentuk kotak polos persegi (seperti kotak nasi sebagai bekal perjalanan pada masa itu), berbagai benda berbentuk bulat (seperti semangka), benda berbentuk botol, ataupun pakaian.

Pada masa itu tentu saja plastik belum dikenal sehingga Furoshiki menjadi satu satunya cara yang memudahkan untuk membungkus sekaligus memudahkan untuk dibawa. Pada jaman itu,  Furoshiki juga berfungsi sebagai handuk setelah mandi dalam menempuh perjalanan jauh.

Yang menarik dari Furoshiki ini bukan cuma sebatas bungkusannya saja. Namun juga kain yang digunakan sangat kaya dengan berbagai motif, hampir mirip seperti kain batik kalau di Indonesia. Jadi dengan cara unik ini, mereka secara tidak langsung sudah melestarikan budaya ragam hias kain bermotif atau batik yang mereka miliki. Teknik membungkusnya pun berbeda-beda, tapi inilah sisi unik dari seni Furoshiki yang mendunia.

Furoshiki Tradisi Unik Membungkus Barang

Unik banget kan? Buktinya orang Jepang tetap PD aja dan nggak gengsi lho membawa bungkusan dengan cara Furoshiki ini. Justru disitu lah letak kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Jepang dengan budaya asli mereka.

Yuuk cari tau informasi unik dan menarik tentang Jepang lainnya hanya di website resmi Tensai di alamat : tensai-indonesia.com  dan akun FB resmi kami : Tensai Nihongo

(sumber : Tensai Ice Breaking)

,