Go to Top

Tokyo Skytree Perpaduan Unsur Tradisional dan Teknologi Jepang

Tokyo Skytree perpaduan unsur tradisional dan teknologi Jepang. Jepang memang terkenal sebagai negara yang tak pernah ada hentinya untuk terus maju. Buktinya adalah telah dibangunnya sebuah menara yang menjadi salah satu ikon negara Jepang sekaligus menandakan bahwa Jepang semakin maju dalam bidang teknologi dan inovasi, namun tanpa menghilangkan aspek tradisionalnya juga.

Ya, menara Tokyo Skytree. Menara yang berlokasi di Oshiage, Sumida-ku, Prefektur Tokyo ini resmi dibuka untuk umum pada tanggal 22 Mei 2012 dengan ketinggian total mencapai 634 meter dan menara tersebut disertifikasi dalam buku Guiness World Records sebagai menara besi yang berdiri bebas tertinggi di dunia.

Tokyo Skytree dalam Tradisional dan Teknologi

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - thomasgittel.wordpress.com - kursus bahasa jepang

Dalam pembangunan menara yang dulunya hanya difungsikan sebagai pemancar untuk menyiarkan gelombang radio dan televisi ini, keterampilan Jepang tradisional dan teknologi terkini telah diaplikasikan. Salah satu contohnya yaitu pemilihan warna Tokyo Skytree yang merupakan warna orisinil dan berdasarkan warna tradisional Jepang “aijiro” yang artinya putih sedikit kebiruan.

Tokyo Skytree - JAPAN CHERRY BLOSSOM

Tidak hanya itu, desain Jepang tradisional lainnya pun digunakan dalam pembangunan menara kebanggaan orang Jepang ini. Menurut hasil rancangan sketsa penampang melintangnya, bagian bawah menara ini berbentuk seperti segitiga sama sisi yang kesannya memberikan stabilitas.

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.worldfortravel.com - kursus bahasa jepang

Kontur bangunan ini yang mewah, memungkinkannya mekar dari bentuk segitiga dari bagian lantai bawahnya ke bentuk melingkar pada lantai-lantai di atasnya. Seperti terlihat dalam bentuk lengkungan tradisional Jepang (yang terdapat pada pedang khas Jepang) dan bentuk camber (bentuk melengkung ke atas pada pada atap kuil-kuil di Jepang).

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.japantimes.co.jp - kursus bahasa jepang

Dalam bidang teknologi yang digunakan pada menara ini yaitu adanya elevator tercepat Jepang, yang mampu membawa 40 orang ke dek pengamatan (Tembo) dalam waktu sekitar 50 detik atau bisa dikatakan elevator ini bekerja kira-kira 600 meter/menit.

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - megalopolisnow.com - kursus bahasa jepang

Terdapat dua bagian tempat pengamatan, yaitu Dek Tokyo Skytree Tembo yang berada di ketinggian 350 meter dengan kapasitas daya tampung sebanyak 2.000 orang. Pada Dek Tembo terdapat beberapa bagian lantainya yang terbuat dari kaca sehingga bisa terlihat indahnya dunia yang berada di bawah di antara kaki Anda. Ada juga Tokyo Space Time Navigation yaitu peta digital layar sentuh yang menggambarkan tiap landscape kota Tokyo (pada siang dan malam hari beserta keterangan nama lokasinya), serta terdapat beberapa cafeteria mini di tempat pengamatan ini.

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.tokyotimes.com - kursus bahasa jepang

Tempat pengamatan yang lainnya yaitu Galleria Tokyo Skytree Tembo yang sengaja didesain miring, sehingga akan terasa seperti berjalan di langit. Galleria Tembo berada pada ketinggian 450 meter dan hanya berkapasitas sebanyak 900 orang.

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.wallpapervortex.com - kursus bahasa jepang

Dari tempat pengamatan di Galleria Tembo menara ini, tidak hanya Gunung Fuji dan Istana Kekaisaran saja yang terlihat. Bahkan akan terlihat pula pemandangan yang menakjubkan dari beberapa tempat sejauh 75 Km, seperti Odawara dan Semenanjung Boso!

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.seejapan.co.uk - kursus bahasa jepang

Waktu yang paling tepat untuk berkunjung ke menara Tokyo Skytree ini adalah pada petang hari, karena akan terlihat pemandangan matahari terbenam dan indahnya pemandangan kota Tokyo yang penuh gemerlap cahaya lampu yang menakjubkan.

Galeri Foto-foto Skytree Jepang

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.arabianbusiness.com - kursus bahasa jepang

 

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - shanecorderoy.wordpress.com - kursus bahasa jepang

Menara yang didaulat sebagai tempat dimana pengunjung bisa melihat 30 juta orang ini, mulai beroperasi pada jam 08.00 – 22.00 waktu Tokyo. Harga tiket masuk menuju ke Dek Tokyo Skytree Tembo untuk dewasa berumur lebih dari 18 tahun yaitu sekitar ¥2.000 dan tiket dijual pada konter di lantai 4 (konter tutup pada pukul 21.00 waktu Tokyo).

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.agc-glass.eu - kursus bahasa jepang

Sedangkan untuk menuju ke Galleria Tokyo Skytree pengunjung hanya tinggal menambah membeli tiket lagi seharga ¥1.000 yang dibayarkan pada konter di Dek Tembo (konter tutup pada pukul 21.20 waktu Tokyo).

Tokyo Skytree - Tokyo Skytree - www.panoramio.com - kursus bahasa jepang

Minna san ingin pergi ke sana? Makanya buruan gabung kursus bahasa Jepang di Tensai. Siapa tau Minna san yang menjadi pemenang undian JET (Japan Education Tour) 2016 bersama Tensai berwisata edukasi ke Jepang.

Tokyo Skytree - A Last Sunset In Tokyo 2013

, ,