Go to Top

Tensai No Odori Kurasu

Tensai No Odori Kurasu

Tensai No Odori Kurasu. Sesuai dengan namanya, Tensai Nihongo Bunka Gakuin adalah sebuah lembaga pendidikan informal yang tidak hanya mengajarkan tata bahasa Jepang, namun juga mengajarkan berbagai budaya asal Negeri Sakura sehingga siswa selain dapat jenius dalam hal berbahasa tetapi sekaligus juga jenius dalam hal memahami budaya Jepang yang sangat kaya.

Tensai No Odori Kurasu

Salah satu praktek budaya yang berhasil diselenggarakan Tensai adalah “Kelas Menari”. Tentu saja inti kelas ini memang mengajak dan mengajarkan tarian, tetapi masih banyak lagi rangkaian acara yang menyenangkan lainnya loh. Penasaran? Yuk baca artikel ini selengkapnya.

KELAS MENARI TENSAI

Pada tanggal 4 Nopember 2017 lalu, Tensai mengajak siswa-siswinya untuk mengikuti sebuah kelas menari secara gratis, loh. GRATIS!!! TIS!! TIS!!

Tensai No Odori Kurasu. Kelas ini dibuka untuk pertama kalinya oleh Koordinator Edukasi Tensai yaitu Romi Sensei. Beliau berharap agar kelas menari tersebut dapat bermanfaat bagi siswa-siswi Tensai yang memiliki ketertarikan lebih pada budaya Jepang terutama pada tarian-tariannya. Lalu setelah kelas resmi dibuka, kelas manari dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh Nanda Sensei. Nanda Sensei adalah alumni Klub Menari Sastra Jepang Universitas Padjadjaran yang tentunya sudah memiliki banyak pengalaman dalam tarian Jepang.

Tensai No Odori Kurasu

Materi yang disampaikan adalah mengenai tarian-tarian tradisoanal Jepang yang dalam bahasa Jepang disebut Nihon Buyou. Tarian-tarian tradisional tersebut di antaranya adalah Kabuki, Bon Odori, Kasa Odori, Ara Uma, Oni Kenbai dan Shouran Boushi. Setelah materi selesai disampaikan, Nanda Sensei mengajak siswa-siswi yang hadir untuk langsung mempraktikkan salah satu dari tarian tersebut yaitu Shouran Boushi.

Tarian Shouran Boushi adalah tarian yang berasal dari Hokkaido, Jepang. Tarian tersebut menggambarkan kehidupan para nelayan di Hokkaido yang bersemangat saat menangkap ikan. Gerakan-gerakannya pun memiliki filosofi yang berkaitan dengan laut seperti ombak, jaring nelayan dan teriakkan nelayan yang riang gembara saat panen ikan.

Tensai No Odori Kurasu

Tensai No Odori Kurasu. Gerakan-gerakan yang bersemangat tersebut akan berakibat kurang baik bagi tubuh jika keadaan badan tidak dalam kondisi fit. Oleh sebab itu sebelum memulai gerakan tarian, Nanda Sensei memimpin pemanasan kepada siswa-siswi agar tubuh siap untuk melakukan tarian Souran Boushi yang sangat energik.

Tensai No Odori Kurasu

Setelah selesai pemanasan, kegiatan selanjutnya adalah mempraktikkan gerakan Shouran Boushi yang dipimpin oleh Nanda Sensei. Walapun gerakan pada tarian Shouran Boushi sedikit sulit dan membutuhkan tenaga yang cukup banyak, semua siswa mengikuti gerakan tarian dari awal hingga akhir dengan sangat antusias dan bersemangat.

Tensai No Odori Kurasu

Tensai No Odori Kurasu. Acara pun tiba di puncaknya. Setelah semua step disampaikan tibalah saatnya siswa-siswi beserta seluruh staf Tensai yang hadir menarikan tarian Shouran Boushi bersama-sama. Dengan diiringi musik yang bersemangat, tarian pun menjadi semakin terasa energik dan menyenangkan.

Tidak terasa kelas manari pun telah sampai pada akhir acara, siswa-siswi dan staf Tensai yang telah manari bersama dengan bersemangat tentu kehilangan tenaga yang cukup besar tetapi hal tersebut tergantikan setelah seluruh peserta yang hadir meminum macha ice yang segar serta diselingi obrolan-obrolan ringan. Suasana akrab langsung terjalin antara seluruh peserta dan seluruh staf yang hadir di sana.

Tensai No Odori Kurasu

Bagi kamu, kamu, kamu yang tidak dapat hadir di kelas menari bulan Nopember tidak usah merasa galau gelisah dan gundah gulana, ya. Karena tingginya antusisme peserta yang hadir maka kelas manari akan dibuka kembali, loh!  Jangan lupa daftarkan diri kalian, ya. Kami tunggu di kelas menari selanjutnya^^

Tensai adalah lembaga kursus bahasa dan budaya Jepang profesional di Karawang. Kami terdekati di area KIIC Suryacipta hingga Jababeka Hyundai Ejip Bekasi. Kelas menari di Karawang adalah bagian dari pengenalan kebudayaan Jepang. So, tunggu apalgi belajar bahasa Jepang ala kursus menari di Tensai. Yuk.

,